Analisis Investasi dan Pasar Modal
Iffa Nazula Tabahati
08390074 / KUI-A
I. KONSUMSI, INVESTASI, DAN PERANAN PASAR MODAL
P...
Analisis Investasi dan Pasar Modal
mau mengorbankan satu unit konsumsi sekarang dengan tingkat bunga kepuasan
subyektif ya...
Analisis Investasi dan Pasar Modal
reksa dana ini berisi dengan paling tidak 80% aktiva saham dan sisanya
dapat berupa akt...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Konsumsi, investasi, dan peranan pasar modal

1,471
-1

Published on

Published in: Economy & Finance
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,471
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
47
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Konsumsi, investasi, dan peranan pasar modal

  1. 1. Analisis Investasi dan Pasar Modal Iffa Nazula Tabahati 08390074 / KUI-A I. KONSUMSI, INVESTASI, DAN PERANAN PASAR MODAL Produksi dan konsumsi yang dilakukan oleh Robinson Crusoe, seorang yang tinggal sendirian di suatu pulau, merupakan contoh kegiatan ekonomi yang hanya dilakukan oleh satu orang saja, yaitu dirinya sendiri. Apa yang diproduksi olehnya akan dikonsumsinya sendiri. Untuk keadaan seperti ini, Robinson Crusoe dihadapkan dengan pilihan untuk melakukan konsumsi sekarang atau konsumsi mendatang. Penundaan konsumsi sekarang yang dimasukkan ke dalam aktiva atau proses produksi yang produktif yang hasilnya untuk konsumsi mendatang dapat dikatakan sebagai suatu investasi. Dengan adanya proses produksi yang produktif, investasi ke produksi ini dapat meningkatkan kepuasan individu. KONSUMSI Ialah pemakaian sumber daya yang ada untuk mendapatkan kepuasan atau utiliti. Konsumsi dan investasi merupakan dua kegiatan yang berkaitan. Penundaan konsumsi sekarang dapat diartikan sebagai investasi untuk konsumsi di masa mendatang. Setiap individu diasumsikan menyukai konsumsi lebih daripada konsumsi yang kurang. Asumsi ini dapat diartikan bahwa utiliti marginal dari konsumsi adalah positip, yaitu penambahan konsumsi akan meningkatkan utiliti (kepuasan). Asumsi yang lain adalah bahwa utiliti marginal dari konsumsi sifatnya adalah menurun, yaitu peningkatan utiliti untuk konsumsi yang sama akan semakin lebih kecil dari sebelumnya. Indifference curve adalah kurva yang memberikan utiliti yang sama untuk setiap titiknya. INVESTASI Ialah penundaan konsumsi sekarang untuk digunakan di dalam produksi yang efisien selama periode waktu yang tertentu. Titik-titik yang berada di indifference curve yang sama menjelaskan tingkat substitusi obyektif dari individu untuk konsumsi-konsumsi yang berbeda waktunya. Substitusi ini menjelaskan berapa unit konsumsi mendatang yang harus diterima supaya individu
  2. 2. Analisis Investasi dan Pasar Modal mau mengorbankan satu unit konsumsi sekarang dengan tingkat bunga kepuasan subyektif yang sama. Investasi ke dalam produksi yang efisien dapat berbentuk aktiva nyata (rumah, tanah, dan emas) atau berbentuk aktiva keuangan (surat-surat berharga) yang diperjualbelikan di antara investor (pemodal). Investor melakukan investasi untuk meningkatkan utilitinya dalam bentuk kesejahteraan keuangan. TIPE – TIPE INVESTASI KEUANGAN Investasi langsung dilakukan dengan membeli langsung aktiva keuangan dari suatu perusahaan baik melalui perantara atau dengan cara yang lain. Sebaliknya investasi tidak langsung dilakukan dengan membeli saham dari perusahaan investasi yang mempunyai portofolio aktiva-aktiva keuangan dari perusahaan-perusahaan lain. ; Investasi Langsung Adalah pembelian langsung aktiva keuangan suatu perusahaan. Macam- macam Investasi langsung Investasi langsung yang tidak dapat diperjualbelikan (Tabungan, Deposito) Investasi langsung dapat diperjualbelikan (investasi langsung di pasar uang: T- Bill, Deposito yang dapat dinegosiasi; Investasi langsung di pasar modal: Surat-surat berharga pendapatan tetap, Saham-saham) Investasi langsung di pasar turunan (Opsi, Futures Contract) ; Investasi Tidak Langsung Adalah pembelian saham dari perusahaan investasi yang mempunyai portofolio aktiva-aktiva keuangan dari perusahaan-perusahaan lain. Perusahaan investasi dapat diklasifikasikan sebagai unit investment trust, closed-end investmnt companies dan open-end investment companies Ditinjau dari aktiva yang diinvestasikan, reksa dana dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam sbb: 1. reksa dana pasar uang (money market mutual fund) reksa dana ini membentuk portofolionya dengan aktiva-aktiva surat berharga utang jangka pendek yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. 2. reksa dana pendapatan tetap (fixed income mutual fund) reksa dana ini berisi dengan paling tidak 80% aktiva obligasi dan sisanya dapat berupa aktiva lain, misalnya saham. Tujuannya untuk membentuk portofolio yang lebih aman. 3. reksa dana saham atau reksa dana ekuitas (equity mutual fund)
  3. 3. Analisis Investasi dan Pasar Modal reksa dana ini berisi dengan paling tidak 80% aktiva saham dan sisanya dapat berupa aktiva lain, misalnya obligasi. Tujuannya untuk menghasilkan return yang tinggi. 4. reksa dana campuran (mixed mutual fund) reksa dana ini berisi dengan aktiva campuran dalam bentuk obligasi, saham dan aktiva lainnya. PERANAN PASAR MODAL Pasar modal merupakan sarana perusahaan untuk meningkatkan kebutuhan dana jangka panjang dengan menjual saham atau mengeluarkan obligasi. Saham merupakan bukti pemilikan sebagian dari perusahaan. Obligasi (bond) merupakan suatu kontrak yang mengharuskan peminjam untuk membayar kembali pokok pinjaman ditambah dengan bunga dalam kurun waktu tertentu yang sudah disepakati. Untuk menarik pembeli dan penjual untuk berpartisipasi, pasar modal harus bersifat liquid dan efisien. Suatu pasar modal dikatakan likuid jika penjual dapat menjual dan pembeli dapat membeli surat-surat berharga dengan cepat. Pasar modal dikatakan efisien jika harga dari surat-surat berharga mencerminkan nilai dari perusahaan secara akurat. Pasar modal juga mempunyai fungsi saran alokasi dana yang produktif untuk memindahkan dana dari pemberi pinjaman ke peminjam. Alokasi dana yang produktif terjadi jika individu yang mempunyai kelebihan dana dapat meminjamkannya ke individu lain yan lebih produktif yang membutuhkan dana. Sebagai akibatnya, peminjam dan pemberi pinjaman akan lebih diuntungkan dibandingkan jika pasarmodal tidak ada.

×