Hidrosfer!

4,242 views

Published on

0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,242
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
371
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hidrosfer!

  1. 1.  Alsha Merancia oleh  Dwi Rangga  Hadyan Ahmad Farizi  Iffah Sulistyawati Hartana  Muhammad Raihan Apa itu Hidrosfer?Hidrosfer berasal dari katahydro yang berarti air dansphaira yang artinya lapisan.Jadi, Hidrosfer adalah bagianlapisan air yang menutupi atauberada dalam bumi kita. Ilmuyang mempelajari tentangHidrosfer disebut Hidrologi.
  2. 2. Siklus hidrologi adalah polasirkulasi air dalam ekosistemyang dimulai dengan adanyaproses pemanasanpermukaan bumi oleh sinarmatahari, lalu terjadipenguapan hingga akanterjadi kondensasi uap air,yaitu proses perubahan uapair menjadi titik air.Kumpulan titik air diatmosphere dinamakanawan.
  3. 3. Siklus Pendek Air laut Membentuk Kembali ke Kondensasi Turun Hujan menguap awan lautSiklus Menengah Membentuk Air laut Hujan jatuh Mengalir ke Kondensasi awan di atas menguap di daratan sungai daratan Siklus Panjang Membentuk Jatuh Air laut awan di Kembali Mengalir Kondensasi pegunungan sebagaimenguap ke laut ke sungai tinggi Gletser
  4. 4. • Air baik di laut • uap air naik ke lapisan • Awan bergerak ataupun di darat atmosphere yang lebih mengelilingi dunia, dipanasi oleh sinar tinggi sehingga terjadi diatur oleh arus perubahan wujud matahari lalu menjadi embun, titik udara. menguap. air, salju.Evaporasi Kondensasi Presipitasi • air hujan yang jatuh • Air bergerak secara ke permukaan bumi vertikal maupun meresap ke dalam horizontal di bawah tanah melalui celah permukaan tanah dan celah/pori-pori tanah kembali memasuki dan batuan. sistem air permukaan. Surface run Infiltrasi off
  5. 5. Perairan Darat (Satu slide full gambar + faktor ya yon!
  6. 6. Air tanah
  7. 7. Sungai
  8. 8. Danau• Danau adalah suatu cekungan di permukaan bumi yang digenangiair dalam jumlah yang relative banyak.• Air danau berasal dari : 1. Sungai 2. Air tanah 3. Air hujan• Pengaliran air danau melalui : 1. Sungai 2. Penguapan 3. Perembesan ke dalam tanah
  9. 9. DanauBerdasarkan proses terjadinya dibagi menjadi :1. Danau Tektonik : Danau yang terbentuk akibat penurunan muka bumi karena pergeseran / patahan2. Danau Vulkanik : danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanisme / gunung berapi. Terbagi atas : 1. Danau Maar : letusan gunung berapi menimbulkan lubang, kemudian terisi air hujan. 2. Danau Kawah : Kawah bekas letusan gunung berapi atau lubang kepundan terisi air hujan. 3. Danau bendungan : Danau yang terjadi akibat terbendungnya aliran sungai oleh lava sebagai akibat letusan gunung merapi.
  10. 10. Danau3. Danau Tektovulkanik : Danau yang terbentuk akibat percampuran aktivitas tektonisme dan vulkanisme.4. Danau Karst : Danau yang terbentuk akibat pelarutan tanah kapur.5. Danau Glasial : Danau yang terbentuk akibat mencairnya es / keringnya daerah es yang kemudian terisi air6. Danau Buatan : Danau yang sengaja dibuat oleh manusia guna kepentingan tertentu.
  11. 11. Rawa• Rawa : Genangan air secara alamiah yang terjadi terus menerus atau musiman akibat drainase alamiah yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisik, alamiah, dan biologis. Rawa bias juga merupakan cekungan yang menampung luapan air di sekitarnya.• Jenis-jenis rawa berdasarkan airnya : 1. Rawa Asam 2. Rawa Payau 3. Rawa Tawar 4. Rawa Asin• Manfaat : Selain rawa air asam dapat dimanfaatkan sebagai tambak. Rawa air asam tidak bisa karena tidak ada makhluk hidup yang dapat hidup disana.
  12. 12. Air AirPermukaan Adalah air hujan yang pada saat menyentuh Tanah permukaan tanah, Air tanah adalah air tidak langsung diserap yang berada di oleh tanah tetapi bawah permukaan mengalir ke danau- tanah di dalam zona danau atau sungai- jenuh (saturation). sungai yang akan bermuara di laut.
  13. 13. Kegunaan Kegunaan AirPermukaan Air Tanah Sebagai cadangan Untuk mandi, air di musim mencuci, minum, dijadikan sumber kemarau, untuk tenaga listrik, dll. dijadikan sumber air melalui sumur, dll.
  14. 14. • Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.• Banjir disebabkan karena: 1. hujan yang airnya mengalir melalui hutan-hutan gundul dan daerah yang kurang bervegetasi di permukaan bumi sehingga daya serapnya sangat kurang. 2. pendangkalan, penyempitan dan penyumbatan aliran sungai.• Dampak dari banjir : 1. Menimbulkan kerugian bagi manusia seperti rumah rusak, jalan rusak dan jembatan hancur dll. 2. Terjadi gagal panen karena daerah sawah ikut tergenang air. 3. Pada daerah pemukiman pendudu ang terkena banjir akan terjadi polusi air, sehingga dapat mempermudah penyebarab penyakit.
  15. 15. • Pencegahan Banjir : 1. Melakukan penghijauan dan penghutanan kembali hutan yang gundul untuk meningkatkan kapasitas resapan air. 2. Membuat terasiring pada lahan miring. 3. Membuat tanggul-tanggul dipinggir sungai untuk menahan luapan air sungai pada musim hujan. 4. Mengeruk sungai untuk menanggulangi pendangkalan sungai. 5. Membuat terusan saluran air. 6. Membuat bendungan serba guna untuk menampung dan memanfaatkan air sepanjang tahun. 7. Membuat kanal-kanal sungai, selokan-selokan di kota-kota, membuat pintu air dan membuat tanggul-tanggul pada tepikota sepanjang batasan aliran sungai. 8. Meningkatkan kesadaran penduduk dalam upaya memelihara lingkungan hidup melalui pendidikan formal maaupun nonformal atau bahkan melalui media massa.

×