Teori atom dalton

16,521 views
16,210 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
16,521
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
248
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Teori atom dalton

  1. 1. “PRESENTASI TEORI ATOM DALTON” M Idris Setiawan (X-MM 3/01) Septra Rahayu N. (X-MM 3/17) Usamah Huzaini (X-MM 3/28) 07 September 2012 Authored by : X MULTIMEDIA 3 | SMK Negeri 1 Surabaya
  2. 2. Teori Atom Dalton Hidup pada tahun 1766-1844
  3. 3. John DaltonTahukah Anda bahwa di dunia ilmu kimia ini patut dikenang satunama sebagai pencetus teori atom modern yang asli. Dia adalahseorang guru dan ahli kimia berkebangsaan Inggris bernama JohnDalton (1776 – 1844). Sumbangan Dalton merupakan keunikan dariteorinya yang meliputi dua hal :1. Dia adalah orang pertama yang melibatkan kejadian kimiawi seperti halnya kejadian fisis dalam merumuskan gagasannya tentang atom.2. Dia mendasarkan asumsinya pada data kuantitatif, tidak menggunakan pengamatan kualitatif atau untung-untungan.
  4. 4. Teori atom Dalton dikemukakan berdasarkan dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa dan hukumperbandingan tetap. Teori atom Dalton dikembangkan selama periode 1803-1808 dan didasarkan atas tiga asumsipokok, yaitu : 1. Setiap unsur kimia tersusun oleh partikel-partikel kecil yang tidak dapat dihancurkan dan dipisahkan yang disebut atom. Selama mengalami perubahan kimia, atom tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan. 2. Semua atom dari suatu unsur mempunyai massa dan sifat yang sama, tetapi atom-atom dari suatu unsur berbeda dengan atom-atom dari unsur yang lain, baik massa maupun sifat-sifatnya yang berlainan. 3. Dalam senyawa kimiawi, atom-atom dari unsur yang berlainan melakukan ikatan dengan perbandingan angka sederhana.
  5. 5. Pada tahun 1804, John Dalton mengemukakan tentang eksitensi dari suatu atom. Ia berpendapat bahwa konsepatom menurut Demokritus benar karena tidak bertentangan dengan hukum Hukum Kekekalan Massa dan HukumPerbandingan Tetap. Berdasarkan pada pemikiran tersebut ia merumuskan teori atom, teori tersebut sebagaiberikut : 1. Materi tersusun dari partikel-partikel kecil yang 4. Senyawa adalah materi yang tersusun dari disebut dengan atom. sekurang- kurangnya 2 jenis atom dari unsur- 2. Unsur adalah materi yang tersusun dari atom- unsur yang berbeda, dalam senyawa atom-atom atom yang sejenis dengan massa dan sifat yang tersebut berikatan melalui ikatan antar atom. sama. 5. Atom tdak dapat dimusnahkan. Reaksi kimia 3. Unsur yang berbeda memiliki atom-atom dengan hanyalah terjadi penataan ulang dari atom-atom massa dan sifat yang berbeda pula. yang terlibat dalam reaksi tersebut.
  6. 6. Dalton Menyimpulkan Teorinya Tentang Atom• Atom adalah bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi• Atom suatu unsur semuanya serupa dan tidak dapat berubah menjadi unsur lain• Dua atom atau lebih dapat membentuk molekul; misal H2O• Pada reaksi kimia atom-atom berpisah dan bergabung dengan unsur lain, tetapi massa seluruhnya tetap
  7. 7. Gabungan Atom-Atom Membentuk Molekul Molekul 2 Molekul Karbon 2 Molekul + = dioksida + Metana Oksigen Air
  8. 8. “ Beberapa hasil eksperimen menunjukkan kelemahan model atom Dalton diantaranya : ”• Percobaan tabung lucutan gas• Percobaan sinar katoda• Percobaan Milikan
  9. 9. “ Benarkah bahwa atom adalah bagian terkecil dari benda dan tidak dapat dibagi lagi? Tidak Benar !!! ” Karena, ada partikel yang lebih kecil dari ukuran atom sebagai penyusun atom.
  10. 10. Contoh gambar hasil eksperimen1.1 Percobaan tabung lucutan gas 1.2 Percobaan sinar katoda 1.3 Percobaan Milikan
  11. 11. “ Teori Dalton tentang model atom tidak dapat dipertahankan. Mengapa ??? ”Menurut para Ahli Fisika bahwa :Adanya pancaran sinar katoda (bermuatan negatif) dari tabung lucutan gas, ukurannya lebihkecil dari sebuah atom.
  12. 12. Terima KasihX – MULTIMEDIA 3|SMK Negeri 1 Surabaya

×