Your SlideShare is downloading. ×
Green Computing
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Green Computing

605
views

Published on

Published in: Technology

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
605
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
56
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Green computing adalah perilaku menggunakan sumber dayakomputasi secara efisien, dengan cara memaksimalkan efisiensienergi, memperpanjang masa pakai perangkat keras,meminimalkan penggunaan kertas, dan beberapa hal teknislainnya.
  • 2. o Fenomena green computing ini mulai muncul tahun 1992.o Asal mulanya dengan munculnya teknologi sleep mode, yang berfungsi untuk meminimalkan energi komputer ketika komputer sedang tidak digunakano Apple juga semakin ramah lingkungan dengan produk-produknya, salah satunya adalah Macbook.o SAP mengklaim akan mengurangi emisi karbon hingga 61% pada tahun 2020.o Consorsium The Green Grid, merupakan aliansi dari perusahaan- perusahan besar di dunia (contoh: AMD, Dell, HP, IBM, Intel, Microsoft, RackubloSys) merumuskan standar untuk pembuatan suatu data center.
  • 3. o Mengatasi problem krisis energi dan global warmingo Penghematan daya yang digunakano Dapat memperpanjang masa pakai komputer / alat elektroniko Ramah lingkungano Mengurangi penggunaan bahan berbahayao Memaksimalkan efisiensi energi selama daur hidup produko Mempromosikan daur ulang atau biodegradabilitas produk mati dan limbah komputer
  • 4. Elemen-elemen green computing adalah:1. Sustainability, yaitu daur ulang.2. Ramah lingkungan3. Penggunaan energi secara efisien4. Penggunaan sumber daya secara efisien5. Mengurangi pekerjaan yang tidak berguna
  • 5. o Perangkat Keras (Hardware)  Dapat dipastikan perangkat keras TI (komputer, media menyimpan data, dan monitor), yang diproduksi sekitar pertengahan tahun 1990-an sudah memenuhi syarat green computing.  Perangkat keras tersebut sudah memiliki fitur power management, ini bisa kita lihat pada sertifikasi progran Energy Star pada perangkat keras.  Energy Star diluncurkan pada tahun 1992 oleh Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat, dan direvisi pada Oktober 2006 dengan lebih meningkatkan efisiensi pada perangkat komputer.
  • 6. o Perangkat Lunak (Software)  Standar industri Anvanced Configuration and Power Interface (ACPI) menetapkan antarmuka pemrograman strandar yang memungkinkan operating system (OS) mengontrol secara langsung penghematan konsumsi daya perangkat keras.  Penghematan ini terjadi ketika OS secara otomatis mematikan periferal seperti monitor dan pengendali hard disk setelah komputer tidak aktif selama periode tertentu, atau proses hibernate pada komputer laptop. Semua ini akan terjadi kalau pengguna mengaktifkan fitur tersebut.
  • 7. o Pengguna (User)  Sebenarnya faktor inilah yang menjadi masalah utama dalam mewujudkan green computing, karena menyangkut kepedulian individu (kemampuan dan kamauan) dan kebijakan organisasi, yang pada gilirannya akan membentuk kultur organisasi.  Dari sisi individu, setiap orang harus memiliki kepedulian untuk mengaktifkan fitur power options yang sudah disediakan pada setiap perangkat komputer yang berada dalam tanggung jawabnya.  Dari sisi organisasi, kebijakan untuk mulai menerapkan less paper untuk semua sistem administrasi yang telah memanfaatkan TI telah memberi dampak yang cukup besar.
  • 8. o Data center membutuhkan biaya yang besar. Biaya ini dibutuhkan untuk operasional dan maintenance.o Permasalah utama adalah untuk: konsumsi listrik, pendingin, dan ruangan.o Solusi:  Teknologi server hemat energi  Teknologi virtualization  Teknologi Blade Server  Data Center Power Efficiency Metrics
  • 9. o Sebaran konsumsi PC paling besar di monitor.o Workstation adalah penyedot energi terbesar di perkantoran.o Solusi:  Teknologi power management, yang terdapat pada BIOS. Melalui ACPI (Advanced Configuration & Power Interface) akan memotong rata-rata 25% konsumsi energi.  Tim klien: hanya menggunakan 50% konsumsi energi  Ganti dengan laptop, karena konsumsi energi jauh lebih kecil.
  • 10. o Solusi:  Skype, solusi voip (dengan Asterisk)  Solusi IM (instant messaging)  Solusi unified communication (voip + IM)  Teleworker  Virtual office  Teleconferenceo Keuntungan:  Konvergensi data dan suara dalam 1 jaringan berbasis IP  Hemat biaya maintenance  Hemat biaya operational  Hemat biaya energi  Hemat space ruang kerja  Hemat biaya transportasi
  • 11. o Teliti dalam membeli perangkat, pastikan lulus uji hemat energi dan lingkungan.o Gunakan monitor LCD daripada CRT, karena lebih hemat energi.o Hindari mencetak e-mail atau dokumen elektronik.o Gunakan e-mail untuk menggantikan fax dan sirkulasi dokumen.o Cetak dokumen yang tidak terlalu penting bolak-balik.o Gunakan kertas daur ulang untuk mencetak dan gunakan printer inkjet daripada laser jeto Perkecil ukuran font dan spasi.o Matikan komputer/alat-alat lain yang tidak bekerja pada malam hari maupun akhir minggu.o Gunakan remote admin ke server daripada menggunakan monitor.o Optimalisasi penggunaan komputer, minimalkan penggunaan komputer untuk hal-hal yang tidak penting.
  • 12. e-Waste o Penghancuran alat-alat elektronik komputer sampai menjadi partikel-partikel kecil. o Bukan dengan dibakar, karena saat dibakar akan mengakibatkan menipisnya lapisan ozon. o Di dalam perangkat-perangkat komputer terdapat zat-zat yang tidak ramah lingkungan yang mana jika dibakar, maka zat-zat tersebut akan tersebar diudara dan menjadi polusi.
  • 13. e-Recycle o Penggunaan ulang alat-alat elektronik komputer yang tidak terpakai, dengan kata lain didaur ulang.
  • 14. Virtualization
  • 15. Virtualization
  • 16. Virtualization Sebuah teknik yang digunakan untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sistem operasi, aplikasi, atau peralatan penyimpanan) dengan tujuan untuk menghemat pemakaian energi serta sumber daya komputer.
  • 17. Virtualization Keuntungan o Pengurangan Biaya Investasi Hardware o Kemudahan Backup & Recovery o Kemudahan Deployment o Mengurangi Panas o Kemudahan Maintenance & Pengelolaan o Mengurangi Biaya Space o Alokasi Sumber Daya / Load Balancing o Kemudahan Replacement.
  • 18. Virtualization Kendala / Kerugian o Satu Pusat Masalah. jika server induk bermasalah, semua sistem virtual machine didalamnya tidak bisa digunakan. Hal ini bisa diantisipasi dengan menyediakan fasilitas backup secara otomatis dan periodik atau dengan menerapkan prinsip fail over/clustering o Spesifikasi Hardware. Virtualisasi membutuhkan spesifikasi server yang lebih tinggi untuk menjalankan server induk dan mesin virtual didalamnya o Satu Pusat Serangan. Penempatan semua server dalam satu komputer akan menjadikannya sebagai target serangan.
  • 19. GO GREEN- Start from ourself now -