Perncanaan pembelajaran

2,363 views
2,221 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,363
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
108
Actions
Shares
0
Downloads
120
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perncanaan pembelajaran

  1. 1. PERENCANAAN PEMBELAJARA IDAY HIDAYAT 1001133 PENDIDIKAN TEKNIK ARSITEKTUR FAKULTAS PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA WELCOME...
  2. 2. PENGERTIAN Cunningham mengemukakan bahwa perencanaan ialah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, fakta, imajinasi, dan asumsi untuk masa yang akan datang dengan tujuan memvisualisasi dan memformulasi hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang diperlukan, dan perilaku dalam batas-batas yang dapat diterima yang akan datang serta usaha untuk mencapainya.
  3. 3. PENGERTIAN perencanaan pembelajaran adalah persiapan mengajar yang berisi hal-hal yang perlu atau harus dilakukan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembeajaran yang antara lain meliputi unsur-unsur : pemilihan materi, metode, media, dan alat evaluasi.
  4. 4. Konsep Perencanaan Pembelajaran Abdul 2009:17  Perencanaan pengajaran sebagai teknologi  Perencanaan pengajaran sebagai suatu sistem  Perencanaan pengajaran sebagai sebuah disiplin  Perencanaan pengajaran sebagai sains (science)  Perencanaan pengajaran sebagai sebuah proses  Perencanaan pengajaran sebagai sebuah realitas
  5. 5. DIMENSIPERENCANAAN Abdul, 2009:18-20  Signifikasi  Fleksibilitas  Relevansi  Kepastian  Ketelitian  Adaptabilitas  Waktu  Monitoring  Isi perencanaan
  6. 6. DasarPerlunyaPerencanaan Pembelajaran  untuk memperbaiki kualitas pembelajaran perlu diawali dengan peren-canaan pembelajaran yang diwujudkan dengan adanya desain pembe-lajaran;  untuk merancang suatu pembelajaran perlu menggunakan pendekatan sistem;  perencanaan desain pembelajaran diacukan pada bagaimana seseorang belajar;  untuk merencanakan suatu desain pembelajaran diacukan pada siswa secara perseorangan;  pembelajaran yang dilakukan akan bermuara pada ketercapaian tujuan pembelajaran, dalam hal ini akan ada tujuan langsung pembelajaran, dan tujuan pengiring dari pembelajaran;  sasaran akhir dari perencanaan desain pembelajaran adalah mudahnya siswa untuk belajar;  perencanaan pembelajaran harus melibatkan semua variabel pembelajaran;  inti dari desain pembelajaran yang dibuat adalah penetapan metode pembelajaran yang optimal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  7. 7. MANFAATPERENCANAAN PEMBELAJARAN (Dodi, 2012)  Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan  Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan  Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun unsur murid  Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerja, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan keterkambatan kerja  Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja  Untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya
  8. 8. (Andi, 2011)  Dengan perencanaan yang matang dan akurat, akan dapat diprediksi seberapa besar keberhasilan yang akan dicapai.  Sebagai alat untuk memecahkan masalah.  Untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar secara tepat.  Perencanaan akan membuat pembelajaran berlangsung secara sistematis.
  9. 9. Fungsiperencanaan pembelajaran  Fungsi kreatif  Fungsi Inovatif  Fungsi selektif  Fungsi Komunikatif  Fungsi prediktif  Fungsi akurasi  Fungsi pencapaian tujuan  Fungsi kontrol Sumber : Andi N. (2011). Manfaat dan Fungsi perencanaan. Online : http://andinurdiansah.blogspot.com/2011/11/manfaat-dan-fungsi-perencanaan.html. Diakses :29 juni 2013.
  10. 10. MANAJEMENDALAM PEMBELAJARAN Manajemen pembelajaran diartikan sabagai usaha dan tindakan kepala sekolah sebagai pemimpin instructional di sekolah dan usaha maupun tindakan guru sebagai pemimpin pembelajaran di kelas dilaksanakan sedemikian rupa untuk memperoleh hasil dalam rangka mencapai tujuan program sekolah dan juga pembelajaran.
  11. 11. FUNGSI-FUNGSIMANAJEMEN DALAMPEMBELAJARAN  Penerapan fungsi perencanaan dalam kegiatan pembelajaran  Penerapan Fungsi Pengorganisasian dalam Kegiatan Pembelajaran  Penerapan Fungsi Penggerakan dalam Kegiatan Pembelajaran  Penerapan Fungsi Pengawasan dalam Kegiatan Pembelajaran  Tenaga Kependidikan
  12. 12. TUJUANPERENCANAANPEMBELAJARAN  Menurut Robert F. Mager (1962), tujuan pembelajaran sebagai perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu.  Edwar L. Dejnozkadan David E. Kapel (1981), memandang bahwa tujuan pembelajaran adalah suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku dan penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan. Taksonomi tujuan pembelajaran biasanya diarahkan pada salah satu kawasan dari taksonomi.
  13. 13. Langkah-langkahpenyusunan perencanaanpembelajaran 1. Merumuskan tujuan khusus Dalam merancang pembelajaran, tugas pertama dari seorang guru adalah merumuskan tujuan pembelajaran khusus beserta materi pelajarannya. Sebab tujuan umum (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) dari pembelajaran sudah dirumuskan oleh para pengembang kurikulum.
  14. 14. Rumusan tujuan pembelajaran menurut Bloom (1964)  Domain kognitif  Domain afektif  Domain psikomotor
  15. 15. 2. Memilih pengalaman belajar Belajar bukan hanya sekedar mencatat dan menghafal, akan tetapi proses berpengalaman, sehingga siswa harus didorong secara aktif untuk melakukan kegiatan tertentu, mencari dan menemukan sendiri fakta. Ada kalanya proses pembelajaran juga dilakukan dengan simulasi dan dramatisasi. Tujuan yang hendak dicapai tidak hanya sekedar untuk mengingat, tapi juga menghayati suatu peran tertentu yang berkaitan dengan perkembangan mental dan emosi siswa.
  16. 16. 3. Menentukan kegiatan belajar mengajar Menentukan kegiatan belajar mengajar yang sesuai pada dasarnya dapat dirancang melalui pendekatan kelompok atau pendekatan individual. Pendekatan kelompok adalah pembelajaran yang dirancang dengan menggunakan pendekatan klasikal, yakni pembelajaran di mana setiap siswa belajar secara berkelompok baik kelompok besar maupun kelompok kecil. Pembelajaran Pembelajaran individual adalah pembelajaran di mana siswa belajar secara mandiri melalui bahan ajar yang dirancang demikian sehingga siswa dapat belajar menurut kecepatan dan kemampuan masing-masing.
  17. 17. 4. Menentukan orang yang terlibat dalam proses pembelajaran Peran guru dalam proses pembelajaran adalah sebagai pengelola pembelajaran. Agar guru dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya secara maksimal, maka guru harus memiliki kemampuan untuk berbicara dang berkomunikasi dengan menggunakan berbagai media. Selain itu, guru juga berperan sebagai pengatur lingkungan belajar yang memberikan pengalaman belajar yang memadai bagi siswa. Guru dituntut untuk dapat mendesain dan mengatur lingkungan agar siswa dapat belajar dngan penuh semangat sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing.
  18. 18. 5. Memilih bahan dan alat Penentuan bahan dan alat dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:  keberagaman kemampuan intelektual siswa  jumlah dan keberagaman tujuan pembelajaran khusus yang harus dicapai siswa  tipe-tipe media yang diproduksi dan digunakan secara khusus  berbagai alternatif pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran  bahan dan alat yang dapat dimanfaatkan  fasilitas fisik yang tersedia
  19. 19. 6. Ketersediaan fasilitas fisik Fasilitas fisik merupakan faktor yang akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Fasilitas fisik meliputi ruangan kelas, pusat media, laboratorium, dan lain-lain. Guru dan siswa akan bekerja sama menggunakan bahan pelajaran, memanfaatkan alat, berdiskusi, dan lain sebagainya dan kesemuanya itu dapat digunakan melalui proses perencanaan yang matang melalui pengaturan secara profesional termasuk adanya dukungan finansial sesuai dengan kebutuhan.
  20. 20. 7. Perencanaan evaluasi dan pengembangan Prosedur evaluasi merupakan faktor penting dalam perencanaan pembelajaran, sebab dengan evaluasi akan dapat dilihat keberhasilan pengelolaan pembelajaran dan keberhasilan siswa mencapai tujuan pembelajaran.
  21. 21. DAFTARPUSTAKA  http://sumberbelajarsmkn10.wordpress.com/kompetensi- guru/kompetensi-pedagodis/konsep-dasar-perencanaan-pembelajaran/  http://www.totosimandja.com/2013/03/makalah-perencanaan- pembelajaran.html  http://andinurdiansah.blogspot.com/2011/11/langkah-langkah- penyusunan-perencanaan.html  http://etzawijayanti.blogspot.com/2013/04/perencanaan- pembelajaran.html  http://somasalims.blogspot.com/2011/03/perencanaan-pengajaran- dalam.html  http://hendriansdiamond.blogspot.com/2012/01/pengertian- perencanaan-pembelajaran.html  http://www.referensimakalah.com/2012/06/pengertian-dan-tujuan- perencanaan.html
  22. 22. HATUR NUHUN...

×