Presentation pkn: demokrasi dan korupsi di Indonesia

2,614 views
2,430 views

Published on

Published in: News & Politics
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,614
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
66
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentation pkn: demokrasi dan korupsi di Indonesia

  1. 1. KONSEPSI DEMOKRASI DAN KORUPSI DI INDONESIA
  2. 2. •DINDA PERMATA SARI HARAHAP •HERMILA SARI •LUTHFIA YURIANDINA YULSAM •RAHMI INDAH PUTRI •RIZA PRIMA SARI
  3. 3. DEMOKRASIBahasa yunani “democratos” gabungan darikata “demos = rakyat” , “cratos =kekuasaan atau kedaulatan”.Makna pemerintahan : dari rakyat (government of thepeople), pemerintahan oleh rakyat(government by people) dan pemerintahanuntuk rakyat (government for people).
  4. 4. Demokrasi Langsung Bentuk- bentukDemokrasi Demokrasi Perwakilan
  5. 5. Demokrasi LangsungDemokrasi langsung merupakan suatu bentukdemokrasi dimana setiap rakyat memberikan suara atau pendapat dalam menentukan suatu keputusan. Dalam sistem ini, setiap rakyat mewakili dirinya sendiri dalam memilih suatu kebijakan sehingga mereka memiliki pengaruh langsung terhadap keadaan politik yang terjadi.
  6. 6. Demokrasi PerwakilanDalam demokrasi perwakilan, seluruh rakyat memilihperwakilan melalui pemilihan umum untuk menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan bagi mereka.
  7. 7. prinsip-prinsip demokrasi adalah:a. Kedaulatan rakyat;b. Pemerintahanc. Kekuasaan mayoritas;d. Hak-hak minoritas;e. Jaminan hak asasi manusia;f. Pemilihan yang bebas dan jujur;g. Persamaan di depan hukum;h. Proses hukum yang wajar;i. Pembatasan pmrintah scra konstitusional;j. Pluralisme sosial, ekonomi, dan politik;k. Nilai-nilai toleransi, pragmatisme, kerjasama, dan mufakat.
  8. 8. dua asas pokok demokrasi, yaitu:a. Pengakuan partisipasi rakyat dalampemerintahan, misalnya pemilihan wakil-wakil rakyat untuk lembaga perwakilanrakyat secara langsung, umum, bebas, danrahasia serta jujur dan adil; danb. Pengakuan hakikat dan martabat manusia,misalnya adanya tindakan pemerintah untukmelindungi hak-hak asasi manusia demikepentingan bersama.
  9. 9. Ciri-ciri pemerintahan demokratisAdanya pengakuanAdanya persamaan hakAdanya lembaga peradilanAdanya pemilihan umumAdanya persAdanya pengakuan terhadap perbedaankeragamaanAdanya pemilihan umum yang bebasAdanya kebebasan
  10. 10. Tindak Pidana KorupsiKorupsi berasal dari bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere = busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok)menurut Transparency International adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legalmemperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.
  11. 11. Dari sudut pandang hukum, tindak pidanakorupsi secara garis besar mencakupunsur-unsur sebagai berikut:1. perbuatan melawan hukum;2. penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana;3. memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi;4. merugikan keuangan negara atau perekonomian negara;
  12. 12. Pemberantasan korupsi di Indonesia Orde Lama Orde Baru Reformasi

×