Diksi

7,782 views

Published on

4 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
7,782
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
820
Actions
Shares
0
Downloads
275
Comments
4
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Diksi

  1. 1. BAHASA INDONESIA ‘Diksi atau Pilihan Kata’ Dosen Pengajar : Drs. Nursal Hakim, M.Pd.Disusun oleh :1. Diennissa Putriyanda Nim : 12091140652. Dyah Purwitosari Nim : 12091345683. Rido Tri Sandi Rambe Nim : 12091121204. Sharah Marsela Nim : 1209134821
  2. 2. MATERIPEMBAHASAN Kesalahan dalam Penggunaan Pemilihan Elemen Diksi dalam Diksi Diksi Kalimat Syarat-syarat Ketetapan dan Kesesuaian DiksiPengertian Diksi
  3. 3. 1. Pengertian DiksiKamus Besar Bahasa Indonesia• Pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan).Hermandra: 131• Mencakup pengertian kata-kata mana yang dipakai untuk menyampaikan suatu gagasan, bagaimana membentuk pengelompokan kata-kata yang tepat atau menggunakan ungkapan-ungkapan yang tepat, gaya mana yang paling baik digunakan dalam suatu situasi.Pendapat Kami• Pemilihan kata yang tepat dalam membuat suatu kalimat yang memiliki pengungkapan arti yang bertujuan agar mudah dipahami.
  4. 4. Gorys Keraf• Pilihan kata atau diksi mencakup pengertian kata-kata mana yang harus dipakai untuk mencapai suatu gagasan, bagaimana membentuk pengelompokan kata-kata yang tepat atau menggunakan ungkapan-ungkapan, dan gaya mana yang paling baik digunakan dalam suatu situasi.• Pilihan kata atau diksi adalah kemampuan membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna dari gagasan yang ingin disampaikan, dan kemampuan untuk menemukan bentuk yang sesuai (cocok) dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki kelompok masyarakat pendengar.• Pilihan kata yang tepat dan sesuai hanya dimungkinkan oleh penguasa sejumlah besar kosa kata atau perbendaharaan kata bahasa itu. Sedangkan yang dimaksud pembendaharaan kata atau kosa kata suatu bahasa adalah keseluruhan kata yang dimiliki suatu bahasa.
  5. 5. 2. Syarat-syarat Ketetapan dan Kesesuaian DiksiKetetapan Diksi : sebuah kemampuan sebuah kata untukmenimbukan gagasan yang sama pada imajinasi pembaca ataupendengar, seperti yang dipikirkan atau dirasakan oleh penulisatau pembicara,maka setiap penulis atau pembicara harusberusaha secermat mungkin memlih-milih katanya untukmencapai maksud dari kata tersebut. Berikut syarat-syaratketetapan diksi:Membedakan secara cermat denotasi dankonotasi. Membedakan dengan cermat kata-kata yang hampir bersinonim. Membedakan kata-kata yang mirip dalam ejaannya.
  6. 6. …lanjutanHindari kata-kata ciptaan sendiri. Dapat memahami kata abstrak dan konkrit. Dapat membedakan kata umum dan kata khusus.
  7. 7. Kesesuaian Diksi : kecocokan dalam mempergunakankata, kecocokan pertama tama mencakup soal kata manayang yang akan digunakan dalam kesempatan tertentu.Dibutuhkan agar tidak merusak makna, suasana, dansituasi yang hendak ditimbulkan, dengan syaratkesesuaiannya:• Hindarilah sejauh mungkin bahasa aatau unsur substandard dalam situasi yang formal.• Gunakanlah kata-kata ilmiah dalam situasi yang khusus saja. Dalam situasi yang umum hendaknya penulis dan pembicara mempergunakan kata-kata popular.• Hindarilah jargon dalam tulisan untuk pembaca umum.• Penulis atau pembicara sejauh mungkin menghindari pemakaian kata-kata slang• Dalam penulisan jangan mempergunakan kata percakapan.• Hindarilah ungkapan-ungkapan usang (idiom yang mati).
  8. 8. Fonem Uteran Silabel s ElemenHubung an Diksi Konjung si Infleksi Nomina Verba
  9. 9. 4. Penggunaan Diksi Dalam Kalimat Aninditya Sri Nugraheni: 195 Pada dasarnya kalimat adalah rangkaian kataterpilih yang mengandung unsur-unsur tertentu, sepertisubjek, predikat, objek, dan keterangan (S-P-O-K).Dalam hal ini, kemampuan memilih kata-kata atau diksisangat menentukan kualitas kalimat yang akan disusun.Dalam perkembangan selanjutnya, kalimat dituntutuntuk lebih efektif agar tidak boros kata-kata danmembuat makna didalamnya menjadi kabur. Kalimatyang komunikatif, mampu menyampaikanpesan, gagasan, perasan, ataupun pemberitahuan
  10. 10. Berikut teknik menggunakan Diksi dengan baik1 • Ringkaslah kalimat yang akan disampaikan, jangan boros kata-kata.2 • Hindari pengulangan kata yang tidak perlu. • Hindari penggunaan anak kalimat. Bahasa radio adalah bahasa tutur sehari-hari. Dalam berbicara, kita jarang3 menggunakan anak kalimat. Jika menemukan anak kalimat, pecahlah menjadi beberapa kalimat. Sehingga semakin sederhana struktur kalimat, akan semakin baik.4 • Hindari mendahulukan kata kerja. • Jangan menempatkan ‘kata kerja penting’ di akhir kalimat, karena pembaca berita biasanya menurunkan5 suaranya di akhir kalimat. Jika hal ini terjadi, makna kata kunci tadi akan hilang.
  11. 11. 5. Kesalahan dalam Pemilihan Diksi1. Menggunakan dua kata bersinonimdalam satu frasa.2. Menggunakan kata tanya yang tidakmenanyakan sesuatu: di mana, yangmana, bagaimana, mengapa, dan lain-lain.3. Menggunakan kata berpasanganyang tidak sepadan: tidak hanya-tetapiseharusnya tidak hanya-tetapi juga;bukan hanya-tetapi seharusnya bukanhanya-melainkan juga.4. Menggunakan kata berpasangansecara idiomatik yang tidakbersesuaian. Misalnya: sesuai bagiseharusnya sesuai dengan;membicarakan tentang seharusnyaberbicara tentang atau membicarakansesuatu.5. Diksi atau kalimat kurang baik(kurang santun).
  12. 12. Terimakasih atas perhatianteman-teman sekalian…

×