Your SlideShare is downloading. ×
Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface

2,261

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
2,261
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
79
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PEMOGRAMAN BERBASIS OBYEK Oleh : Ibrahim Naki Nim : 131312017 Laporan Praktikum 11 Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface
  • 2. 1 LaporanPraktikum11|Oleh:IbrahimNaki Laporan Praktikum 11 Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface Pada praktikun ini saya membuat contoh class induk yang saya beri nama Person. Yang selanjutnya membuat class lain bernama Student. Karena Student juga sebagai Person, kita putuskan hanya meng-extend class Person, sehingga kita dapat mewariskan semua properti dan method dari setiap class Person yang ada. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contoh programnya  Percobaan 1 Mendefinisikan Subclass dan Superclass Progrm diatas adalah contoh program dengan nama class Person, yang berfungsi sebagai class induk yaitu sebuah class yang atribut-atributnya dapat diakses oleh subclasses dari superclassess. Untuk lebih jelas saya membuat class Student seperti gambar dibawah ini, yang mengakses atribut-atribut dari class person.
  • 3. 2 LaporanPraktikum11|Oleh:IbrahimNaki Class ini akan mengakses atribut yang ada pada class Person sehingga ketika dijalankan akan tampil seperti gambar berikut:  percobaan 2 polimorphisme Pada percobaan ini, saya akan menambahkan subclass pada class induk Person dan subclass Student dari contoh sebelumnya. Yaitu subclass dengan nama Employee. Di bawah ini adalah hierarkinya Dengan Hasil Tampilan seperti berikut ini:
  • 4. 3 LaporanPraktikum11|Oleh:IbrahimNaki  Percobaan 3 Menampilkan Abstract Class Sebuah class abstract adalah class yang tidak dapat di-instantiate. Seringkali muncul di atas hirarki class pemrograman berbasis object, dan mendefinisikan keseluruhan aksi yang mungkin pada object dari seluruh subclasses dalam class. Method ini dalam class abstract yang tidak mempunyai implementasi dinamakan method abstract. Untuk membuat method abstract, tinggal menulis deklarasi method tanpa tubuh class dan digunakan menggunakan kata kunci abstract. Contohnya Untuk menjalankan extend class abstract LivingThing, dibutuhkan untuk override method abstract walk(), atau lainnya, juga subclass yang akan menjadi class abstract, misalnya seperti program berikut ini: Dengan hasil tampilan seperti berikut jika berhasil, tapi jika tidak berhasil dijalankan akan muncu pesan error.
  • 5. 4 LaporanPraktikum11|Oleh:IbrahimNaki  Percobaan 4 Interface Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature(atau constant). Interface mendefinisikan sebuah(signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh. Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class, untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukkan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface. Misalnya berikut: Yang kemudian akan mendeklarikan pprogram berikut:

×