TA. 2012/2013
Oleh : Ibrahim Naki
LAPORAN 14 SISTEM
OPERASI
Linux Booting Procces
Teknik Informatika
Politeknik Gorontalo
Oleh : Ibrahim Naki
1
LAPORAN 14 SISTEM OPERASI
Linux Booting Procces
1. Pada percobaan 1 lihatlah urutan eksekusi pada sa...
Oleh : Ibrahim Naki
2
3. Apakah kegunaan menggunakan perintah service ? Berikan contoh.
Jawab:
service adalah file ASCII y...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Laporan 14 Sistem Operasi Linux

292

Published on

setelah saya menjalankan peritah cat /etc/inittab yang bermaksud untuk melihat uraian diatas ternyata tidak dapat di lakukan, bahkan yang muncul adalah pesan error yang memberikan informasih bahwa file tersebut tidak ada.
2. Laporkan hasil perubahan password pada mode single user pada percobaan 9. Gunakan password root “redhat” (jangan lainnya !).

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
292
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Laporan 14 Sistem Operasi Linux

  1. 1. TA. 2012/2013 Oleh : Ibrahim Naki LAPORAN 14 SISTEM OPERASI Linux Booting Procces Teknik Informatika Politeknik Gorontalo
  2. 2. Oleh : Ibrahim Naki 1 LAPORAN 14 SISTEM OPERASI Linux Booting Procces 1. Pada percobaan 1 lihatlah urutan eksekusi pada saat startup dan shutdown pada runlevel 5 untuk file : a. netfs b. pcmcia c. nfslock d. kudzu e. portmap f. wlan g. isdn h. network i. syslog j. keytable Analisis: setelah saya menjalankan peritah cat /etc/inittab yang bermaksud untuk melihat uraian diatas ternyata tidak dapat di lakukan, bahkan yang muncul adalah pesan error yang memberikan informasih bahwa file tersebut tidak ada. 2. Laporkan hasil perubahan password pada mode single user pada percobaan 9. Gunakan password root “redhat” (jangan lainnya !). Analisis : untuk memngganti atau melakukan perubahan password pada mode single user, terlebih dahulu saya harus masuk dulu kedalam super user dengan perintah $ sudo su. Setelah itu muncul pesan untuk membuat memasukan password baru dan pada kesempatan ini saya menggunakan password tipoligon, setelah itu muncul pesan kedua untk memasukan kembali paswordnya.
  3. 3. Oleh : Ibrahim Naki 2 3. Apakah kegunaan menggunakan perintah service ? Berikan contoh. Jawab: service adalah file ASCII yang menyediakan pemetaan antara nama tekstual untuk layanan internet, yang mendasari nomor port yang ditugaskan dan jenis protokol. Setiap program jaringan harus melihat ke dalam file ini untuk mendapatkan nomor port (dan protokol) untuk layanan. Misalnya seperti untuk dns, mysql dan masih banyak lagi. conthnya: 4. Apa kegunaan menggunakan perintah chkconfig ? Berikan contoh. jawab: chkconfig menyediakan alat baris perintah sederhana untuk menjaga / etc / rc [0-6] d hirarki direktori dengan membebaskan administrator sistem tugas secara langsung memanipulasi berbagai link simbolik dalam direktori tersebut. chkconfig memiliki lima fungsi yang berbeda: yaitu menambahkan layanan baru untuk manajemen, menghapus layanan dari manajemen, daftar informasi startup saat ini untuk layanan, mengubah informasi startup untuk layanan, dan memeriksa keadaan startup layanan tertentu. Contohnya: KESIMPULAN Dalam pratikum kali ini saya dapat mengetahuai bagian-bagian dari booting proses pada linux diantaranya adalah linux init process dan masih banyak lagi. Selain itu saya juga mengetahuai bagaimana cara membuat atau mengganti password di linux dan ternyata mudah tidak seselut yang saya bayangkan.

×