• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Contoh kalimat deduktif dan induktif
 

Contoh kalimat deduktif dan induktif

on

  • 75,317 views

 

Statistics

Views

Total Views
75,317
Views on SlideShare
75,317
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
136
Comments
1

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

11 of 1 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • mantap
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Contoh kalimat deduktif dan induktif Contoh kalimat deduktif dan induktif Document Transcript

    • Contoh Kalimat Deduktif dan Induktif1. Contoh Paragraf DeduktifKecelakaan berbagai jenis peralatan utama sistem persenjataan milik TNI masih sering terjadi. Sepanjangtahun 2010 saja, tercatat sudah 76 anggota TNI tewas dalam berbagai kecelakaan. Korban jiwa takhanya jatuh dari pihak TNI, namun rakyat sipil pun kadang juga turut menjadi korban. Kondisi seperti inidikhawatirkan akan semakin menjatuhkan moral prajurit TNI.2. Contoh Paragraf InduktifSemakin pesatnya perkembangan zaman, maka teknologi manusiapun juga semakin berkembang. Takterkecuali teknologi informasi dan komunikasi. Pekembangan teknologi informasi dan komunikasi darizaman purba hingga sekarang terus mengalami kemajuan yang sangat berarti.Penggunaan jasa internet sudah semakin marak. Pasalnya internet dinilai lebin cepat dan lebih instandari pada media yang lain. Oleh karena itu, banyak masyarakat dari kalangan atas maupun bawahmemilih internet untuk dijadikan media informasi. Bukan hanya cepat dan instan saja, internet jugamenyediakan segudang informasi yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Dengan kelebihan yangdimiliki internet, masyarakat menjadi semakin mudah mendapatkan informasi.Contoh paragraf induktif :......Di lingkungan kita banyak sampah yang tidak pada tempatnya. Fenomena ini bukan hanya kitajumpai di lingkungan sekitar kita saja, tapi fenomena ini sudah banyak tersebar di daerah-daerah lain,hampir di seluruh Indonesia. Bahkan di ibukota Jakarta sendiri sampah-sampah sudah merajalela,sehingga sampah merupakan benda yang sangat mudah dijumpai di Indonesia khususnya di Jakarta.
    • Oleh karena itu jakarta sering terjadi bencana banjir yang sangat merugikan masyarakat. Akibatnya, dimata Dunia Indonesia merupakan salah satu negara yang kurang peduli pada kebersihan lingkungan.Berdasarkan Letak Kalimat Utamanya, ada (2) yaitu :a. Paragraf DeduktifYaitu paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok/kalimat topik kemudian diikutidengan kalimat-kalimat penjelas.*Ciri–ciri : ~ metode dari hal umum ke khusus.~ kalimat utama terletak di awal paragraf.*Contoh :Kemauannya sulit untuk diikuti. Dalam rapat sebelumnya sudah diputuskan bahwa dana itu harusdisimpan dulu. Para peserta sudah menyepakati hal itu. Akan tetapi, hari ini ia memaksamenggunakannya membuka usaha baru.b. Paragraf Induktifyaitu paragraf yang djkk imulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan kemudian diakhiridengan kalimat topik.*Ciri-ciri : ~ metode dari hal khusus ke umum.~ kalimat uatama terletak di akhir paragraf.*Contoh : Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang.Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicaridi buku. Itulah beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasionalfajar kuncoroSabtu, 07 Januari 20121. Beberapa contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Deduktif-Induktif.
    • Disini saya akan menje,lskan apa itu Paragraf Deduktif, Induktif dan Deduktif-Induktif dan memberikan contoh pada masing-masing Paragraf agar dapat lebih mudah untuk dipahami :) *sebagai tambahan kalimat yang saya garis bawahi dan saya miringkan merupakan kalimat utama. Paragraf deduktif Paragraf dengan kalimat utama di awal, kemudian diikuti oleh kalimat penjelas. Contoh : Ini tentang gaya hidup para wakil rakyat kita di Senayan. Ya, baru-baru ini heboh beredar berita tentang gaya hidup para wakil rakyat kita. Mobil mewah yang berhaga milliaran rupiah, yang membuat rumah rakyat di Senayan itu seperti showroom mobil mewah. Ada Alphard, Hummer dan Bentley. Publikpun heboh. Saya berfikir, padahal kita lah yang diwakili mereka, dan mereka adalah wakil kita, tapi mengapa yang MERDEKA hanya mereka yang sebagai WAKIL KITA? Paragraf induktif Kalimat utama terletak di akhir paragraf setelah kalimat-kalimat penjelas. Contoh: Pada Lebaran tahun kemarin harga sembako seperti gula, minyak, telur dan lain-lain mengalami kenaikan secara signifikan, padahal lebaran pada saat itu masih seminggu lagi. Bukan hanya makanan, pakaian muslimpun juga tak ketinggalan mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi. Seperti halnya baju muslim untuk wanita, baju koko, kerudung, sajadah, mukena, kopiah dan lain-lain. Kenaikan harga pada barang-barang ini selalu terjadi menjelang Lebarang pada setiap tahunnya. Paragraf deduktif dan induktif Kalimat Utamanya terdapat pada awal paragraf dan akhir paragraf. Contoh: Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN). Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Oleh karena itu, maka sebaiknya para guru memberitahukan tips belajar menjelang UAN. 2. Disini saya akan mengembangkan kalimat yang merupakan gagasan pokok atau kalimat utama.1. Kekayaan nasional yang berupa Sastra Indonesia dan Sastra Daerah bermacam-macam jenisnya. Sastra-sastra di Indonesia sebagian telah mengalami kontak satu-sama lain.
    • Keragaman itu terjadi karena beranekanya keadaan dan pengalaman yang dijalani oleh komunitas pendukung sastra itu sendiri. Memang sastra daerah tak sepopuler dahulu. Tetapi, Sastra daerah sangat erat hubungannnya dengan sastra nasional.2. Adanya sesama manusia dan prinsip kemanusiaan, membuat kita melihat aspek fundamental lain, bahwa menusia ini makhluk sosial.Sebagai makhluk sosial kita diharapkan dapat saling menghormati pada sesame dan saling tolong-menolong pada setiap manusia. Karena, di dunia ini kita tidak hidup hanya sendiri. Pasti disuatu saat kita membutuhka bantuan atau pertolongan orang lain.3. Sebagai manusia kita perlu belajar dari pengalaman” orang lain. Karena dengan belajar dari pengelama-pengalaman orang lain dan perjalanan hidup orang lain yang bermanfaat, kita dapat menjadikan suatu pengalaman orang lain itu sebagai pembelajaran bagi kita, motivasi untuk kita atau inspirasi untuk kita agar dapat menggapai keberhasilan hidup .4. Cinta kasih yang sejati meminta korban. Itu merupakan judul dari buku yang ditulis oleh penulis novel yang terkenal itu. Di dalam buku tersebut diceritakan bahwa seorang anak pembunuh yang mencintai anak dari seorang polisi. Di dalam cerita tersebut ada konflik-konflik yang sangat menguras emosi dan ada juga segelintir cerita yang dapat membuat ada menangis tersedu-sedu, karna diakhir cerita sang anak pembunuh itu mati karna ditembak oleh sang ayah dari orang yang dicintainya. Penulis mempunyai inspirasi untuk menulis cerita tersebut berdasarkan kejadian yang terjadi pada salah satu sahabatnya.5. Pada saat ini jumlah penduduk semakin berkembang. Jumlah penduduk yang terus berkembang, maka jumlah produksi apapun harus terus bertambah melebihi jumlah penduduk saat ini. Tetapi saat ini malah sebaliknya. Jika dibiarkan Tambahan penduduk yang melebihi tambahan produksi dapat menyebabkan tingkat kemakmuran menjadi berkurang. Diposkan oleh fajar di 09:33 Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook 2 komentar: 1. nurul8 Maret 2012 00:03 teman, jangan lupa ya mencatumkan link Gunadarma http://www.gunadarma.ac.id. Sekarang kan sudah mulai perkuliahan softskill dan Sebagai salah satu penilaian mata kuliah softskill harus mencatumkan link Gunadarma. Balas 2. zijihye10 Juni 2012 06:28
    • terimakasih BalasMuat yang lain...Posting Lama BerandaLangganan: Poskan Komentar (Atom)PengikutArsip Blog ▼ 2012 (2) o ▼ Januari (2)  1. Beberapa contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan...  Pengertian Diksi atau Pilihan kata, Gaya bahasa ► 2011 (4)Mengenai Sayafajar gw oranga humorisLihat profil lengkapku Template Picture Window. Diberdayakan oleh Blogger.