Pengembangan koleksi dan pengadaan koleksi

5,615 views
5,191 views

Published on

Menjelaskan kebijakan pengembangan koleksi dan pengadaan koleksi perpustakaan

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,615
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
145
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengembangan koleksi dan pengadaan koleksi

  1. 1. PENGEMBANGAN KOLEKSI dan PENGADAAN KOLEKSI
  2. 2. PENGEMBANGAN KOLEKSI • Pengembangan koleksi mencakup semua kegiatan untuk memperluas koleksi yang ada di perpustakaan, terutama kegiatan yang berkaitan dengan pemilihan dan evaluasi bahan pustaka. • Kegiatan ini meliputi berbagai aktivitas, seperti penyusunan kebijaksanaan, penetapan prosedur seleksi, pengadaan koleksi, serta evaluasi yang biasanya tertuang dalam program pengembangan koleksi suatu perpustakaan.
  3. 3. PENDEKATAN DALAM PENGEMBANGAN KOLEKSI • Mana yang lebih ditekankan? – PENDIDIKAN atau REKREASI – KUALITAS atau PERMINTAAN PEMAKAI – KUALITAS atau KUANTITAS – KEBUTUHAN PEMAKAI atau NON PEMAKAI
  4. 4. ALIRAN PENGEMBANGAN KOLEKSI • Paham Idealisme: Faham ini tumbuh dan berkembang pada masyarakat yang telah maju jalan pikirannya, mendorong terciptanya masyarakat ilmiah dan maju. Buku2 berkualitas menjadi pilihan, tetapi tetap memperhatikan the needs, interest dan selera pemakai. Tujuan akhir adalah terciptanya koleksi lengkap, tepat, berkualitas tinggi (needs, demand, and taste). • Paham Realisme Mendasarkan pembinaan koleksi pada kebutuhan (demand) masyarakat yang dilayani saja, sedangkan kualitas dipandang sebagai faktor sekunder. Biasanya tumbuh pada masyarakat yang tingkat pendidikannya belum maju, minat baca belum berkembang. Tujuan paham ini adalah terbinanya koleksi sesuai dengan realitas tuntutan pemakai (tahap permulaan) • Paham Kompromisme Mengkompromikan dua faham, yaitu pengadaan koleksi untuk memenuhi tujuan perpustakaan. Kebutuhan pemakai mendapat perhatian yang sama. Tujuan dari paham ini adalah terwujudnya koleksi yang mendekati kebutuhan riil dari penggunanya.
  5. 5. Fungsi Kebijakan Pengembangan Koleksi 1. Sebagai pedoman bagi selektor untuk bekerja lebih terarah. 2. Sarana komunikasi untuk memberi tahu para pemakai, administrator, dewan pembina dan pihak lain, apa cakupan dan ciri-ciri koleksi yang telah ada, serta rencana untuk pengembangan selanjutnya. 3. Sarana perencanaan untuk membantu proses alokasi dana.
  6. 6. Prinsip pengembangan koleksi 1. Relevansi (sesuai kurikulum dan berorientasi pemakai) 2. Kelengkapan (tidak hanya buku teks wajib tetapi mencakup bidang ilmu terkait dengan kurikulum) 3. Kemutakhiran (sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan terkini) 4. Kerja sama (semua unsur terkait pembinaan koleksi harus berkerjasama yg baik dan harmonis)
  7. 7. Isi Kebijakan Pengembangan Koleksi 1. Penjelasan mengenai siapa yang bertanggung jawab atas pengelolaan perpustakaan dan siapa yang diberi wewenang untuk melakukan seleksi bahan pustaka. 2. Metode pemilihan, pengaturan anggaran, komposisi masyarakat yang dilayani, informasi ttg pedoman dan kriteria seleksi, serta alat seleksi. 3. Berbagai masalah khusus, harus dirinci seperti jenis bahan yang tidak dikoleksi, jumlah eksamplar setiap judul, dll. 4. Penjelasan mengenai komposisi koleksi yang akan dikembangkan berdasarkan subyek atau format bahan pustaka dan keterangan mengenai prioritas. 5. Penjelasan mengenai bahan pustaka berbahasa asing. 6. Jenis bahan pustaka serta definisi setiap jenisnya, keterangan mana yang dibeli dan tidak, serta pentingnya bahan itu bagi koleksi atau pemakai. 7. Hadiah dan cara penangannya. 8. Pinjam antar perpustakaan, jaringan kerjasama, dan bentuk kerjasama lain yang berpengaruh pada pengembangan koleksi. 9. Kriteria dan tata cara penyiangan. 10. Sikap perpustakaan terhadap sensor dan masalah lain yang berkaitan dengan intelectual freedom.
  8. 8. Pengadaan Bahan Pustaka
  9. 9. Seleksi Bahan Pustaka SELEKSI BAHAN PUSTAKA MEMPERHATIKAN PEDOMAN PENGEMBANGAN KOLEKSI YANG TELAH DIRUMUSKAN
  10. 10. Alat Bantu Seleksi Buku 1. Katalog penerbit dari dalam atau luar negeri 2. Tinjauan buku yang dimuat dalam majalah ilmiah. 3. Daftar buku IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) 4. Bibliografi Nasional Indonesia
  11. 11. Cara Pengadaan Koleksi 1. Pembelian 2. Hadiah atau Sumbangan 3. Tukar-menukar 4. Keanggotaan suatu organisasi 5. Pengadaan sendiri atau reproduksi (fotocopy, sheet, dsb.) DAFTAR BUKU YANG DIPERLUKAN OLEH PERPUSTAKAAN ..... BULAN / TAHUN : .................................. No Pengarang Judul Buku Edisi Jilid Tempat Terbit, Penerbit, Th terbit Jumlah Exp Harga Satuan Total Harga 1 Total harga koleksi di pesan
  12. 12. SEKIAN...!!!

×