Bentuk energi dan bahasa termodinamika

  • 705 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
705
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
11
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1.  -002- Nur Ahmad Fajri  -013- Rangga Aditya Nasution  -024- Ary Kustriani
  • 2.  Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha  Menurut hukum Termodinamika Pertama, energi bersifat kekal.  Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnakan, tetapi dapat berubah bentuk (konversi) dari bentuk energi yang satu ke bentuk energi yang lain. Salah satu contoh pemanfaatan energi tersebut yaitu energi kimia.
  • 3.  Energi Kimia merupakan energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron di mana dua atau lebih atom/molekul berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Energi kimia hanya dapat terjadi dalam bentuk energi tersimpan  Sumber energi yang penting bagi manusia adalah reaksi kimia eksotermis yang pada umumnya disebut reaksi pembakaran.
  • 4.  Salah satu contoh aplikasi energi kimia dalam kehidupan manusia yaitu fuel cell. FUEL CELL  Saat ini fuel cell dianggap sebagai salah satu sumber energi alternatif yang sangat bersih, ramah lingkungan, aman, dan mempunyai resiko yang sangat kecil. Di beberapa negara maju, fuel cell sudah digunakan sebagai sumber energi gerak kendaraan bermotor. Sistem fuel cell ini merupakan pembangkit energi listrik berbahan bakar hidrogen dan tidak tertutup kemungkinan suatu saat akan menjadi bahan bakar atau sumber energi yang paling berkembang.
  • 5.  Salah satu proyek masa depan dalam dunia transportasi adalah penggunaan mobil listrik, agar menggantikan kendaraan yang berbahan bakar minyak bumi.
  • 6.  Pengertian Menurut Bahasa Termodinamika berasal dari bahasa Yunani, yaitu thermos yang berarti panas, dan dynamic yang berarti perubahan.  Pengertian Secara Umum yaitu kajian mengenai kalor (panas) yang berpindah.
  • 7. Sistem bagian dari alam semesta yang kita amati atau yang dipelajari Lingkungan bagian diluar sistem yang yang masih berpengaruh atau dipengaruhi oleh sistem Batas (boundary) bagian yang memisahkan sistem dengan lingkungan
  • 8.  Hukum Awal (Zeroth Law) Hukum ini menyatakan bahwa dua sistem dalam keadaan setimbang dengan sistem ketiga, maka ketiganya dalam saling setimbang satu dengan yang lainnya.  Hukum I Termodinamika: hukum ini terkait dengan kekekalan energi. Hukum ini menyatakan perubahan energi dalam dari suatu sistem termodinamika tertutup sama dengan total dari jumlah energi kalor yang disuplai ke dalam sistem dan kerja yang dilakukan terhadap sistem.  Hukum II Termodinamika: Hukum kedua temodinamika terkait dengan entropi. Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu sistem termodinamika terisolasi cenderung untuk meningkat seiring dengan berjalannya waktu, mendekati nilai maksimumnya.  Hukum III Termodinamika Hukum ketiga termodinamika terkait dengan temperatur non absolut.hukum ini menyatakan bahwa pada saat suatu sistem mencapai temperatur nol absolut, semua proses akan berhenti dan entropi sistem akan mendekati nilai minimum. Hukum ini juga menyatakan bahwa entropi benda berstruktur kristal sempurna pada temperatur nol absolut bernilai nol.
  • 9.  Rangga _013_  Fajri_002_  Ary _024_