Perkembangan Emosi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Perkembangan Emosi

on

  • 729 views

 

Statistics

Views

Total Views
729
Views on SlideShare
729
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
9
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Perkembangan Emosi Perkembangan Emosi Presentation Transcript

  • EMOSI INDRALAYA, MARET 2013 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
  • HERIYANI (06121011007) BRESHA LERINA LUBIS (06121011011) TRI NANDA AMILIA (06121011036)
  • HAKIKAT EMOSI TEORI-TEORI EMOSI PERKEMBANGAN EMOSI TIMBULNYA EMOSI GANGGUAN EMOSIONAL MACAM-MACAM EMOSI EKSPRESI DAN EMOSI PERASAAN DAN EMOSI AGRESI SEBAGAI REAKSI EMOSI MENGENDALIKAN EMOSI
  •  Menurut Wiliam James (dalam edge, 1995), emosi adalah kecenderungan untuk memilik operasaan yang khas bila berhadapan dengan objek tertentu dalam lingkungannya.  Emosi merupakan gejala perasaan diseai dengan perubahan atau perilaku fisik seperti marah yang ditunjukkan dengan suara keras atau tingkah laku yang lain. Begitu pula sebaliknay yang gembira akan melonjak kegirangan.
  • Emosi, meminjam ungkapan Jalaluddin Rakhmat (1994) memberiakan bumbu kepada kehidupan , tanpa emosi hidup ini kering da gersang.
  • 1. 2. 3. Teori Emosi Dua Faktor Schachter-Singer. Emosi merupakan fungsi dari reaksi-reaksi tubuh. Teori Emosi James-lange. Emosi adlah hasil persepsi seseorang terhadap perubahanperubahan yang terjadi pada tubuh sebagai respon terhadap berbagai rangsanagn yang datang dari luar. Teori “Emergency” Cannon. Emosi adalah reaksi yang diberikan oleh oragnisme dalm situasi emergency (genting).
  •  Empat aspek emosi : stimulus, perasaan respon-respon internal, pola-pola tingkah laku.  Dengan membbandingkan antara responrespon emosional anak dan respon-respon orang dewasa, bisa diketahui bahwa perkembangan itu bergerak dari tingkat sederhana ke tingkat yang rumit.
  •  Selama masa awal  Fase selanjutnya  Perkembangan akhir
  •  Rangasangan yang menimbulkan emosi  Perubahan fisik dan fisiologis
  • 1. 2. 3. Teori Lingkungan yang menganggap bahw apenyakit mental diakibtakan oleh berbagai kejadian yang menyebabkan tinbulnya stres. Teori Aafektif yang menganggap bukan lingkungan yang menimbulkan gangguan, tetapi perasaan perasaan bawah sadar seseorang. Teori kognitif yang menganggap penderitaan mental tidak disebabkan langsung oleh masalah kita atau perasaaan bawah sadar kita akan masalah tersebut , meliankan dari pendapat yang salah dan iraional, yang disadari maupun tidak disadari akan masalah-masalah yang kita hadapi.
  •  Tingkah laku emosional dapat dibagi menjadi empat macam, yaitu : Marah, orang bergerak menentang sumber frustasi. 2. Takut, orang bergerak meninggalkan frustasi. 3. Cinta, orang bergerak menuju sumber kesenangan. 4. Depresi, orang menghentikan respon-respon terbukanya dan mengalihkan emosi ke dalam dirinya sendiri. (Mahmud, 1990) 1.
  •  Dalam kaitannya dengan emosi, kita dapat membagi ekspresi emosional (emotional expression) dalam tiga macam, (Dirgagunasa, 1996:138), yakni: 1. 2. 3. Startle respon atau reaksi terkejut Ekspresi wajah dan suara 9facial dan vocal expression) Sikap dan gerak tubuh (posture dan gesture)
  •  Perasaan adalah suatu keadaan dalam kesadaran manusia yang karena pengaruh pengetahuannya dinilai sebagai keadan positif dan negatif (koentjaraningrat, 1980).  Max Scheler membagi perasaan dalam empat golongan, yaitu: 1. 2. 3. 4. Perasaan penginderaan Perasaan vital Perasaan psikis Perasaan pribadi
  •  W. Stern mengadakan pembagian perasaan sebagai berikut: Perasaan yang bersangkutan denagn masa kini Perasaan yang bersangkutan dengan masa lampau Perasaan yang bersangkutan dengan masa yang akan datang 1. 2. 3. E.B. Titchener mengemukaan bahwa perasaan mempunyai beberapa ciri, yaitu:  1. 2. 3. Perasaan dapat dilihat intensitasnya Perasaan dapat dilihat kualitasnya Perasaan menghinggapi seseorang unntuk jangka waktu tertentu
  •  Descartes, 1. 2. 3. 4. 5. 6. emosi-emosi dasar meliputi: Desire (keinginan) Hate (benci) Wonder (kagum) Sorrow (kesedihan) Love (cinta) Joy (kegembiraan)
  •  “agressiveness is the exercise of your own rights in ways that violate other people’s rights”, kata Calhoun dan Accocella (1990:354)  Jadi sikap agresir adalah penggunaan hak sendiri dengan cara melanggar hak orang lain.  Penyebab agresi pada anak yaitu tingkah laku agresif yang dilakukan untuk menyerang atau melawan orang lain atau sebgai sikap memepertahankan diri terhadap kesenanagn dari luar.
  •  Menurut Wedge, rahasia hidup yang bahagia dapat dinyatakan dalam satu kalimat singkat: “Pilihlah emosi Anda seperti Anda memilih sepatu Anda”.  Peraturan untuk mengendalikan emosi (Mahmud, 1990) meliputi: 1. 2. 3. 4. Hadapilah emosii tersebut Jika mungkin tafsirkanlah kembali situasinya Kembangkanlah rasa humor dan sikap realistis Atasilah secara langsung problem-problem tersebut