Your SlideShare is downloading. ×
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Rpp terpadu uas fix
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Rpp terpadu uas fix

3,232

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
3,232
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
87
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PERANGKAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SD KELAS 1 SEMESTER 2 ( PKn DAN IPS )Tugas Ini Disusun Sebagai Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu Semester V Dosen Pengampu: Kristi Wardani, M.Pd. Disusun oleh: Heriyanto (10015052) PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA 2013
  • 2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIKSatuan Pendidikan : SD KEBANGSAANTahun Ajaran : 2012/2013Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial dan PKnTema : LingkunganKelas/ Semester : I/2Alokasi Waktu : 2 x 35 MenitI. Standar Kompetensi : A. Ilmu Pengetahuan Sosial 2. Mendeskripsikan lingkungan rumah B. PKn 4. Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolahII. Kompetensi Dasar : A. Ilmu Pengetahuan Sosial 2.2. Mendeskripsikan letak rumah B. PKn 4.1Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolahIII. Indikator :A. Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Kognitif Produk  Menunjukkan letak rumah  Mendeskripsikan letak rumah  Menyebutkan alamat rumah  Menyebutkan fungsi alamat rumah  Mendeskripsikan ruang-ruang dalam rumah  Menyebutkan fungsi rumah.
  • 3. 2. Kognitif Proses  Mengidentifikasi letak rumah  Membandingkan denah rumah sendiri dengan rumah teman  Mengidentifikasi ruang dalam rumah 3. Afektif Karakter  Menyebutkan alamat rumah dengan percaya diri.  Menunjukkan denah letak rumah dengan tepat.  Menyebutkan fungsi alamat rumah dengan logis.  Menjelaskan fungsi alamat rumah dengan sopan.  Menyebutkan fungsi rumah dengan logis  Mengidentifikasi ruang dalam rumah cermat. 4. Afektif Keterampilan Sosial  Mendeskripsikan denah letak rumah dengan sikap terbuka.  Meembandingkan denah rumah sendiri dengan rumah tema n dengan sikap saling menghormati.  Mendeskrisikan ruang dalam rumah dengan terbuka. 5. Psikomotor  Menggambarkan denah letak rumah teman dengan luwes.  Menceritakan denah letak rumah yang telah digambar dengan runtut  Menyampaikan alamat rumah dengan tepat.  Menuliskan alamat rumah dengan terampil.  Menyusun alamat rumah dengan lincah.B. PKn 1. Kognitif Produk  Menyebutkan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah  Menjelaskan kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah. 2. Kognitif Proses  Mengidentifikasi contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah  Membedakan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
  • 4. 3. Afektif Karakter  Mengidentifikasi contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan teliti  Membedakan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan serius.  Menyebutkan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan cermat 4. Afektif Keterampilan Sosial  Melalui pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan teliti  Melalui bertanya jawab, siswa mampu membedakan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan serius.  Dengan bertanya jawab, siswa mampu menyebutkan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan cermat 5. Psikomotor  Menuliskan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan rapi.  Menuliskan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan sistematis.  Menyampaikan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan jelas.  Menceritakan kewajiban siswa yang pernah dilakukan di rumah dan di sekolah dengan lancar.  Mengelompokan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan benar.IV. Tujuan PembelajaranA. Ilmu Pengetahuan Sosial 1. Kognitif Produk  Melalui pengamatan denah, siswa mampu menunjukkan letak rumah dengan tepat.
  • 5.  Dengan mengamati denah, siswa mampu mendeskripsikan letak rumah secara jelas.  Melalui pengamatan contoh alamat, siswa mampu menyebutkan alamat rumah dengan tepat.  Dengan mengamati denah, siswa mampu mendeskripsikan ruang-ruang dalam rumah secara jelas.  Dengan bertanya jawab, siswa mampu menyebutkan fungsi alamat rumah dengan tepat.  Dengan bertanya jawab, siswa mampu menyebutkan fungsi rumah dengan tepat.2. Kognitif Proses  Melalui media denah, siswa mampu mengidentifikasi letak rumah dengan tepat.  Melalui tanya jawab, siswa mampu membandingkan denah rumah sendiri dengan rumah teman secara cermat.  Melalui bertanya jawab, siswa mampu menyebutkan fungsi alamt rumah dengan tepat.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi ruang-ruang dalam rumah.3. Afektif Karakter  Dengan mengamati contoh, siswa mampu menyebutkan alamat rumah dengan percaya diri.  Melalui media denah, siswa mampu menunjukkan denah letak rumah dengan tepat.  Melalui bertanya jawab, siswa mampu menyebutkan fungsi alamat rumah dengan logis.  Melalui bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan fungsi alamat rumah dengan sopan.4. Afektif Keterampilan Sosial  Melalui bertanya jawab, siswa mampu mendeskripsikan denah letak rumah dengan sikap terbuka.  Melalui bertanya jawab, siswa mampu membandingkan denah rumah sendiri dengan rumah teman dengan sikap saling menghormati.
  • 6. 5. Psikomotor  Dengan bertanya jawab, siswa mampu menggambarkan denah letak rumah teman dengan luwes.  Dengan tanya jawab, siswa mampu menceritakan denah letak rumah yang telah digambar dengan runtut  Melalui bertanya jawab, siswa mampu menyampaikan alamat rumah dengan tepat.  Dengan bertanya jawab, siswa mampu menuliskan alamat rumah dengan terampil.  Dengan mengamati contoh, siswa mampu menyusun alamat rumah dengan lincah.B. PKn 1. Kognitif Produk  Melalui pengamatan gambar, siswa mampu menyebutkan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan cermat.  Melalui bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan tata tertib di rumah dan di sekolah dengan runtut. 2. Kognitif Proses  Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan tepat.  Dengan bertanya jawab, siswa mampu membedakan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan cermat. 3. Afektif Karakter  Melalui pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan teliti  Melalui bertanya jawab, siswa mampu membedakan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan serius.  Dengan bertanya jawab, siswa mampu menyebutkan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan cermat 4. Afektif Keterampilan Sosial  Dengan bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan sikap terbuka.
  • 7.  Dengan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan saling menghargai pendapat teman. 5. Psikomotor  Melalui bertanya jawab, siswa mampu menuliskan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan rapi.  Melalui bertanya jawab, siswa mampu menuliskan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan sistematis.  Melalui pengamatan, siswa mampu menyampaikan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan jelas.  Melalui bertanya jawab, siswa mampu menceritakan kewajiban siswa yang pernah dilakukan di rumah dan di sekolah dengan lancar.  Dengan permaianan, siswa mampu mengelompokan contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan benar.V. Materi Pembelajaran  Kewajiban mengikuti tata tertib di Lingkungan rumah dan di lingk ungan sekolah (terlampir)VI. Model dan Metode Pembelajaran  Model Pembelajaran : Tematik  Metode Pembelajaran : Pengamatan, Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab, PenugasanVII. Langkah-langkah Pembelajaran A. Kegiatan awal (10 Menit) 1. Apersepsi  Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam  Menyiapkan siswa untuk berdoa sesuai dengan kepercayaan masing- masing  Guru melakukan presensi 2. Motivasi  Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai  Guru dan siswa bernyanyi bersama, menyanyikan lagu yang berjudul “Bangun Tidur” 3. Orientasi  Guru bersama siswa bertanya jawab mengaitkan isi lagu dengan materi yang akan dipelajari
  • 8.  Guru menyampaikan rencana pembelajaran, termasuk prosedur yang harus diikuti siswa.B. Kegiatan inti (50 Menit) 1. Eksplorasi  Siswa mengamati denah ruang-ruang dalam rumah dan mengidentifikasi gambar keadaan ruang dengan bertanya jawab.  Siswa mengamati contoh denah letak rumah yang disajikan guru.  Siswa memperhatikan contoh alamat rumah yang ditulis guru di papan tulis  Beberapa siswa menunjukan letak rumah yang ada pada denah dan siswa lain secara bersama-sama mendeskripsikan letak rumah tersebut.  Siswa dan guru bertanya jawab tentang denah letak rumah.  Siswa menyanyikan lagu berjudul “Pergi Belajar”  Siswa mengamati gambar kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah yang disajikan oleh guru. 2. Elaborasi  Siswa menyanyikan lagu “Lingkaran Kecil” sambil membuat lingkaran dengan bergandengan tangan dan mengayunkan kaki ke kiri dan ke kanan (meja dan kursi membentuk segi empat berada di tengah lingkaran)  Siswa menyampaikan alamat diri kepada teman sebelah kanan secara bergantian sampai semua siswa mendapat giliran menyampaikan.  Siswa menyampaikan kegiatan mengikuti tata tertib yang sering dilakukan di rumah kepada teman sebelah kanan secara bergantian sampai semua siswa mendapat giliran menyampaikan.  Siswa duduk di kursi yang tersedia, lalu mengerjakan LKS I yang dikerjakan secara individu.  Siswa mengerjakan LKS I yang berkaitan dengan denah rumah teman sebelah kiri dan menggambar denah tersebut pada LKS I.
  • 9.  Dalam siswa mengerjakan LKS I, siswa dapat menggali informasi dari teman sebelah kiri dengan cara bertanya.  Siswa membentuk kelompok berjumlah lima siswa untuk berdiskusi menyelesaikan soal masalah yang ada pada LKS II. 3. Konfirmasi  Dengan bimbingan guru, setiap siswa yang namanya tertera pada LKS I, maka tugasnya adalah mengoreksi LKS I dan mendeskripsikan kepada teman lain tentang denah yang sudah dibuat.  Setiap kelompok menyampaikan jawaban dari hasil diskusi, sekaligus guru dan siswa bersama-sama mengoreksi LKS II (secara bergantian nomor demi nomor).  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab tenta ng hal- hal yang belum diketahui  Guru bersama siswa meluruskan kesalahan pemahaman dan memberikan penguatan terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan C. Kegiatan Akhir (10 Menit) a. Merangkum Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. b. evaluasi Guru memberikan soal evaluasi untuk dikerjakan siswa secara individu. c. Refleksi Siswa dan guru membahas hal yang sudah dilakukan dan yang belum dilakukan.VIII. Media / Alat / Sumber Belajar 1. Media :  Denah sekolah dan rumah sekitar sekolah  gambar kegiatan anak yang berkaitan dengan kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.  Papan tulis  LKS (terlampir)  Slide PowerPoint dan LCD Projector
  • 10. 2. Sumber Belajar:  Setiawan Saptiarso, Eko dan Suranti. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial;Jilid 1 untuk SD dan MI Kelas I, Jakarta :Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.  Sarjan dan Nugroho, Agung. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan 1 : Bangga Menjadi Insan Pancasila Untuk SD/MI Kelas I, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.IX. Penilaian a. Teknik penilaian : tes tertulis, penilaian sikap, unjuk kerja b. Bentuk Instrumen Penilaian : pilihan ganda, menjodohkan , esai, lembar pengamatan c. Alat Penilaian : 1. Lembar Penilaian Kognitif (terlampir) 2. Kunci Lembar Penilaian Kognitif dan Kriteria Penilaian (terlampir) 3. Lembar Pengamatan afektif dan Kriteria Penilaian (terlampir) 4. Lembar Penilaian Psikomotor dan Kriteria Penilaian (terlampir) Mengetahui, Yogyakarta,12 Juni 2012 Kepala Sekolah Guru Kelas Heriyanto, S.Pd.SD. (c) Dian Satro Wardoyo, S.Pd.SD. (c) NIP :081227522000 NIP : 81227522000
  • 11. LAMPIRAN
  • 12. MATERI PEMBELAJARANTEMA LINGKUNGAN Kewajiban mengikuti tata tertib di Lingkungan rumah dan di lingkungan sekolah Lingkungan Rumah Lingkungan sekolah Pengertian dan Denah Sekolah Fungsi rumah Ruang-ruang dalam Rumah Alamat rumah dan Denah Rumah Kegiatan Mengikuti Kegiatan Tata tertib di Rumah MengikutiTata tertib di Sekolah
  • 13. Kewajiban mengikuti tata tertib di Lingkungan rumah dan di lingkungan sekolahMari Bernyanyi!Bangun Tidurbangun tidur kuterus manditidak lupa menggosok gigi habis mandi kutolong ibu membersihkan tempat tidurku Kita hidup di suatu lingkungan harus bisa mengerjakan kewajiban kita.Kewajiban kita adalah mengikuti tata tertib yang berlaku. Di rumah dan di sekolahmemiliki tata tertib yang harus diikuti.Tahukah kalian apa yang dimaksud dengankewajiban? Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita kerjakan. Sedangkan apakahkalian tahu apa yang dimkasud sdengan tata tertib? Tata tertib adalah aturan yangharus dipatuhi. Nah, setelah kalian tahu tentang pengertian ke wajiban dan tata tertib. Kitaakan mempelajari contoh-contoh kegiatan mengikuti tata tertib di rumah dan disekolah. Namun, sebelumnya kita akan mempelajari tentang rumah karena rumahadalah lingkungan paling dekat dengan kita. Apa fungsi rumah? Ruang apa sajayang ada di dalam rumah? Apa yang dimaksud dengan denah rumah? A. Lingkungan Rumah 1. Rumah Ada beberapa fungsi rumah, yaitu rumah sebagai tempat tinggal rumah sebagai tempat istirahat tempat berkumpul anggota keluarga tempat berlindung dari panas tempat berlindung dari hujan.
  • 14. 2. Ruang – ruang dalam Rumah Di dalam rumah terdiri atas ruang-ruang, yaitu ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, ruang mandi, ruang dapur, ruang makan, dan gudang. Gambar denah ruang-ruang di dalam rumah Ruang Tamu Ruang Ruang dapur Gudang makan Rruang Ruang Tidur Ruang tidur Ruang keluarga Mandi
  • 15. Gambar keadaan ruang di dalam rumah a. Ruang keluarga b. Ruang makan c.Ruang tidur d. Ruang dapure. Ruang tamu f. Gudang
  • 16. 3. Alamat Rumah dan Denah RumahAlamat rumah sebagai keterangan letak rumah. Alamat rumah berfungsi untukmemudahkan saat mencari letak rumah. Sedangkan denah rumah merupakangambar yang menunjukan letak rumah dan arahnya. Jalan KusumanegaraDenah di atas adalah denah Kota Jogotirto.Rumah Rinto berada di Jalan Kusumanegara, Jogotirto. Di sebelahselatan utara rumah Rinto terdapat Kantor POS. 4. Kegiatan Mengikuti Tata Tertib di Rumah a. menghormati orang tua b. mematuhi nasihat orang tua
  • 17. c. rajin belajard. menjaga kebersihan rumahe. bangun pagi dan merapikan kamar tidur
  • 18. Mari Bernyanyi! Pergi Belajar Oh, ibu dan ayah selamat pagi Ku pergi belajar sampai ‘kan nanti Selamat belajar ‘nak penuh semangat Rajinlah selalu tentu kau dapat Hormati gurumu Sayangi teman Itulah tandanya kau murid budimanB. Lingkungan Sekolah1. Denah Sekolah Letak sekolah berada di Gang Kutilang No.2 Jogotirto. Di sebelah utara SD Kebangsaan terdapat masjid, sebelah barat SD terdapat apotek dan sebelah timur terdapat toko buku.
  • 19. 2. Kegiatan Mengikuti Tata Tertib di Sekolaha. Datang tepat waktub. Berpakaian seragamc. Melaksanakan piketd. Membuang sampah pada tempatnya
  • 20. e. Menhormati guruf. Menyayangi teman
  • 21. LEMBAR KEGIATAN SISWA I (dikerjakan secara individu)Tujuan: Dengan mengerjakan LKS, siswa mampu mendeskripsikan denah letak rumah secara jelas. Dengan mengerjakan LKS, siswa mampu mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan tepat.Petunjuk: 1. Pada soal pertama, tulislah satu nama dan alamat temanmu di dalam titik- titik di bawah ini sesuai contoh! 2. Pada soal 2, tanyakan letak rumah temanmu dan gambarlah dengan jelas dengan memperhatikan arah! 3. Jika soal nomor 1 sampai 3 selesai, maka mintalah teman yang memiliki alamat tersebut untuk mengoreksi!Soal:1. Alamat temanku yang bernama ......... ...... adalah di ............. gang ............ .... Contoh alamat: Alamat temanku yang bernama Andi adalah di Jogotirto gang Mawar No.6.2. Denah letak rumah ............. (nama teman kamu) U3. Rumah menghadap ke ............................. Sebelah kanan rumah terdapat ............................. Sebelah kiri rumah ada ............................. Di depan rumah terdapat ............................. Sebelah belakang rumah ada.....................
  • 22. 4. Beri tanda centang () untuk menentukan kegiatan mengikuti tata tertib di rumah atau di sekolah sesuai gambar dan beri nama kegiatan tersebut Gambar Mengikuti Tata Mengikuti Tata Kegiatan Tertib di Rumah Tertib di Sekolah a. b. c. d. e.
  • 23. Gambar Mengikuti Tata Mengikuti Tata Kegiatan Tertib di Rumah Tertib di Sekolah f.5. Di bawah ini adalah gambar ruang-ruang di dalam rumah, tuliskan nama-nama ruang tersebut! Gambar keadaan ruang di dalam rumah b. .................. b. ................... c.............. d. ..................... e. ..................... f. ...............
  • 24. LEMBAR KEGIATAN SISWA II (dikerjakan secara kelompok)Tujuan:1.Dengan mengerjakan LKS, siswa mampu menunjukan ruang-ruang dalam rumah secara jelas.2. Dengan mengerjakan LKS, siswa mampu mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah dengan tepat.Petunjuk: 1. Bentuklah kelompok beranggotakan lima siswa! 2. Diskusikan semua jawaban pada soal-soal di bawah ini! 3. Setelah semua selesai mengerjakan, maka kita akan koreksi bersama.Soal:1. Ayo tentukan bersama kelompokmu apa saja bagian ruang-ruang pada denah berikut ini!
  • 25. 2. Gambar anak sedang apakah ini? Apakah salah satu anggota kelompok kalian selalu melakukan kegiatan seperti pada gambar? Apakah hal itu patut ditiru? ................................................................................................................................................. ................................................................................................................................................. .................................................................................................................................................3. Apa yang akan kalian lakukan jika pada suatu hari ruang kelas kalian kotor, padahal hari itu bukan jadwal piket kalian? ................................................................................................................................................. .................................................................................................................................................4. Ayo diskusikan dengan temanmu! Gambar 1 Gambar 2 Gambar mana yang menunjukan kegiatan mengikuti tata tertib di rumah? ..................................................................................................................
  • 26. 5. Dari jawaban kalian nomor 9, tuliskan alasan kalian? ............................................................................................................................................... ............................................................................................................................................... ..............................................................................................................................................
  • 27. KUNCI JAWABAN LEMBAR KEGIATAN SISWA IJwaban1. Alamat temanku yang bernama (nama teman) adalah di (alamat sesuai dengan pengakuan teman yang bersangkutan)2. Denah letak rumah sesuai nama teman pada nomor 1 (nama teman kamu) U (Denah jelas, nama jalan, dan gang, serta keterangan tempat)3. Rumah menghadap ke (disesuaikan dengan pengakuan yang bersangkutan) Sebelah kanan rumah terdapat (disesuaikan dengan pengakuan yang bersangkutan) Sebelah kiri rumah ada (disesuaikan dengan pengakuan yang bersangkutan) Di depan rumah terdapat (disesuaikan dengan pengakuan yang bersangkutan) Sebelah belakang rumah ada(disesuaikan dengan pengakuan yang bersangkutan)4. Beri tanda centang () untuk menentukan kegiatan mengikuti tata tertib di rumah atau di sekolah sesuai gambar dan beri nama kegiatan tersebut Gambar Mengikuti Tata Mengikuti Tata Kegiatan Tertib di Rumah Tertib di Sekolah  melaksanakan piket a.
  • 28. Gambar Mengikuti Tata Mengikuti Tata Kegiatan Tertib di Rumah Tertib di Sekolah  Belajar sendiri b. merapikan tempat  tidur c.  Berpamitan kepada orang tua d. Berpakaian seragam  sekolah e. Membuang sampat  pada tempat sampah f.5. Gambar keadaan ruang di dalam rumah a.Ruang keluarga b.Ruang makan c.Ruang tidur d.Ruang tamu e. Gudang f. Dapur
  • 29. KUNCI JWABAN LEMBAR KEGIATAN SISWA II Jawaban1. Gambar denah ruang-ruang dalam rumah2. Ini adalah gambar anaksedang berpamitan kepada orang tua. Ya, salah satu anggota kami selalu berpamitan jika akan berangkat ke sekolah. Hal itu patut .3. Membersihkan semampunya dan mengingatkan teman yang hari itu piket.4. Gambar 2 adalah gambar kegiatan mengikuti tata tertib.5. Karena gambar 2 adalah gambar anak sedang membuang sampah pada tempatnya, sehingga lingkungan menjadi bersih.
  • 30. LEMBAR PENILAIAN KOGNITIFA. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan me mbeli silang pada huruf a, b, atau c! 1. Mematuhi tata tertib di rumah dan di sekolah merupakan ............. anak. a. Hak b. Kebebasan c. Kewajiban 2. Tata tertib adalah ................ a. keharusan b. Aturan yang harus ditaati c. kebiasaan 3. Memudahkan teman menemukan rumah kita merupakan salah satu...... alamat rumah. a. Pengaruh b. Fungsi c. Alasan 4. Rumah adalah ........... a. Tempat tinggal b. Keterangan letak tempat tinggal c. Petunjuk letak tempat tinggal 5. Di antara gambar di bawah ini yang manakah yang termasuk kegiatan mengikuti tata tertib di sekolah? a. b. c.B. Jawablah dengan singkat! 1. Alamat adalah .................. 2. Salah satu contoh mengikuti tata tertib di rumah adalah............orang tua 3. Denah rumah merupakan gambar yang menunjukan letak rumah dan.......... 4. Datang ke sekolah tepat waktu termasuk mengikuti tata tertib di ................ 5. Fungsi alamat rumah adalah....................
  • 31. KUNCI JAWABAN LEMBAR PENILAIAN KOGNITIFA. Pilihan Ganda 1. C 2. B 3. B 4. A 5. BB. Esai 1. Keterangan tempat tinggal 2. Menghormati 3. Arahnya 4. Sekolah 5. Memudahkan dalam menemukan rumah, mencegah tersesatC. Kriteria Penilaian Kognitif1. Pada pilihan ganda, setiap nomor skornya 12. Pada esai, setiap nomor skornya 23. Jumlah maksimal perolehan skor adalah 154. Nilai rata-rata adalah jumlah perolehan skor x 2 3
  • 32. LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF No Nama Sis wa Aspek Penilaian Jumlah Nilai skor Rata-rata Menghormati Keterbukaan Percaya Diri Kecermatan Menghargai Keseriusan Kesopanan Ketepatan Ketelitian Logis 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20Krite ria Penilaian: 1. Setiap satu aspek penilaian skor maksimal adalah 10 2. Jumlah skor maksimal yang diperoleh adalah 100 3. Nilai rata-rata = jumlah skor yang diperoleh : 10
  • 33. LEMBAR PENGAMATAN PSIKOMOTORNo Nama Aspek Penilaian Siswa Jumlah Nilai Keterampilan Keruntuttan skor Rata-rata Kelancaran Kelincahan Kebenaran Keluwesan Ketepatan Kejelasan Kerapian Sistmatis1234567891011121314151617181920Krite ria Penilaian: 1. Setiap satu aspek penilaian skor maksimal adalah 10 2. Jumlah skor maksimal yang diperoleh adalah 100 3. Nilai rata-rata = jumlah skor yang diperoleh : 10

×