Your SlideShare is downloading. ×
0
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Part 3 struktur bahasa prolog
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Part 3 struktur bahasa prolog

1,173

Published on

Struktur Program Prolog

Struktur Program Prolog

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,173
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
72
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd Pertemuan ke 3 STRUKTUR PROGRAM PROLOG
  • 2. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd Membuat suatu aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Prolog Menjelaskan Struktur Program Prolog
  • 3. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd Jenis Bahasa Pemrograman yang Dikenal 1. Bahasa pemrograman prosedural, seperti misalnya BASIC, PASCAL, C++, JAVA . Pada bahasa pemrograman prosedural, kita memberitahu kepada komputer “How to solve a problem”. 2. Bahasa pemrograman deklarative seperti PROLOG, LISP. Pada bahasa pemrograman deklarative kita memberitahu kepada komputer “What problem we want to solve”
  • 4. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd Struktur Program Prolog DOMAINS CLAUSES PREDICATES GOAL COMPILER DIRECTIVES CONSTANTS DATA BASE Struktur program prolog secara lengkap terdiri atas :
  • 5. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd 1. COMPILER DIRECTIVES Compiler directives digunakan untuk memberi perintah kepada Turbo Prolog 2.0 tentang hal-hal tambahan yang harus dilakukan pada saat kompilasi. Perintah ini dituliskan dibagian awal program, atau dapat melalui menu Option/Compiler Directives akan tetapi hal yang sudah ditentukan dalam menu akan ditimpa oleh yang ditulis dalam program.
  • 6. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd 2. CONTANTS Untuk menyatakan konstanta yang ada (digunakan) dalam program.
  • 7. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd 3. DOMAINS Domains berisi deklarasi (pernyataan) tentang jenis data yang digunakan dalam fakta dan aturan. Mirip dengan bahasa Pascal atau C. Ada 6 buah ” DOMAINS” standar yang dikenal dalam Turbo Prolog, yaitu : Integer : Bilangan bulat dengan range -32.768 sampai dengan 32.767 Real : Bilangan riil dari 1*e-307 sampai dengan 1*e+308 Char : Karakter tunggal yang berada diantara tanda ’ ’ yang terdiri atas angka, huruf atau atau simbol khusus. Contoh : ’a’, ’4’, ’K’, ’%’. String : Kumpulan karakter yang berada diantara tanda ” ”. Contoh : ”Anda”, ”Aku”, ”Pergi belanja”. Symbol : Kumpulan karakter dan harus diawali dengan huruf kecil. Contoh : mari, abu, amin File : Digunakan untuk operasi file. Selain domains standard, pemrogram dapat mendefinisikan domains lain yang terdiri dari domains standard.
  • 8. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd 4. DATABASE Untuk menyimpan informasi dalam basis data internal. Bagian DATABASE boleh lebih dari satu. Program dalam prolog is a database of facts and rules Contoh : DATABASE Data_pribadi(nama,alamat,jabatan) Perlu diingat bahwa predikat basis data boleh lebih dari satu, tetapi predikat yang sudah dinyatakan sebagai basis data tidak dapat digunakan lagi sebagai predikat biasa. Syarat predikat yang dinyatakan dalam basis data : 1. Hanya fakta yang boleh disimpan dalam basis data, aturan tidak diperbolehkan. 2. Fakta tersebut tidak boleh mengandung variabel bebas.
  • 9. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd DATABASE (....) Dalam Turbo Prolog 2.0 ada dua basis data, yaitu Basis Data Internal dan Basis Data Eksternal. Dalam basis data internal semua data baik yang bersifat statis (dalam program) maupun yang bersifat dinamis disimpan dalam memori. Bagian DATABASE boleh lebih dari satu, jika demikian, maka masing-masing harus diberi nama. Contoh : DATABASE_DaftarMahasiswa mahasiswa(nama,nim,alamat) DATABASE_DaftarNilaiAI nilai(nim,nilai) Jika database tidak diberi nama (hanya satu bagian), maka secara otomatis Turbo Prolog 2.0 akan memberi nama dbasedom
  • 10. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd 5. PREDICATES PREDICATES adalah nama simbolik untuk relasi. Contoh : Terdapat fakta bahwa Anto ayah dari amin. Dapat disajikan sebagai : ayah(Anto,amin). adik_kandung(marini,mario) ayah merupakan nama predicates sedangkan Anto dan amin adalah obyek yang berjenis symbol Dalam predicates di atas, Anto dan amin disebut sebagai argumen. Predicates tersebut menyatakan relasi antara Anto dan amin, yaitu Anto adalah ayah dari amin, marini adik_kandung mario.
  • 11. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd PREDICATES (1) Sebuah predicates dapat tidak memiliki argumen atau memiliki argumen dengan jumlah bebas. Jumlah argumen suatu predicates disebut arity (aritas). Syarat penulisan nama predicates : 1. Diawali dengan huruf kecil dan dapat diikuti oleh huruf, bilangan atau garis bawah. 2. Panjang maksimum nama predicates 250 karakter. 3. Tidak boleh menggunakan spasi, tanda bintang (*), tanda minus (-), dan garis miring (/).
  • 12. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd PREDICATES (2) Argumen dalam predicates tidak harus dituliskan dengan domains standard, tetapi dapat dinyatakan dengan argumen lain. Contoh : alamat(jalan,kota,kode_pos) kelahiran(tanggal,bulan,tahun)
  • 13. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd PREDICATES (3) Seperti dalam bahasa Pascal atau C, apabila argumen status predicates tidak dituliskan dalam domains Standard, maka argumen tersebut harus dinyatakan dalam bagian DOMAINS, demikian sebaliknya. Contoh : DOMAINS jalan,kota,kode_pos = string tanggal,bulan,tahun = integer PREDICATES alamat(jalan,kota,kode_pos) kelahiran(tanggal,bulan,tahun)
  • 14. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd 6. G O A L GOAL berisi pertanyaan yang anda ajukan kepada turbo prolog.Bagian GOAL ini hanya dituliskan menggunakan kata tunggal, karena hanya boleh ada sebuah GOAL. GOAL dapat terdiri dari beberapa SUBGOAL. Perlu diingat suatu pernyataan baik fakta, relasi atau GOAL dikatakan satu apabila diakhiri dengan tanda titik.
  • 15. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd GOAL (2) Ada 2 (dua) jenis GOAL : 1. GOAL eksternal : goal yang diberikan melalui compiler terpadu turbo prolog (di luar program) dan dalam jendela dialog. 2. GOAL internal : goal yang sekaligus dituliskan dalam program sehingga setiap kali dieksekusi tidak perlu lagi menuliskan goal yang diinginkan.
  • 16. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd G O A L (3) Catatan : Kalimat yang diapit dengan tanda /* .... */ menyatakan keterangan dan tidak dibaca oleh compiler Turbo Prolog 2.0. Turbo Prolog 2.0, logika and dituliskan dengan tanda koma “,”, kondisi if dituliskan dengan tanda “:-“.
  • 17. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd 7. C L A U S E S (KLAUSA) CLAUSES (KLAUSA) berisi fakta dan aturan yang membentuk keseluruhan program. Bagian klausa ini mirip dengan procedure pada bahasa Pascal. Bagian fakta umumnya dituliskan sebelum bagian aturan. Fakta atau aturan yang mempunyai relasi yang sama harus dituliskan berkelompok.
  • 18. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd C L A U S E S (2) CLAUSES suka(siti,anto) ayah(hendra,pranoto). ayah(hendra,kristanto). ayah(pranoto,bardan ). kakek(hendra,bardan). Dalam turbo prolog dapat juga digunakan pernyataan if dan dituliskan dengan simbol ”:-”. Misalkan suatu pernyataan aturan ”Dewi suka sesuatu yang disukai oleh Panji” : suka(dewi,sesuatu):- suka(panji,sesuatu).
  • 19. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd L A T I H A N
  • 20. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd Berikut ini adalah fakta dan aturan hubungan keluarga sebagai berikut : Fakta: Lisa, Ana, Liz, Aan dan Pat adalah Wanita. Tom adalah Pria. Bob, Cal, Pat, Jim dan Wil adalah Pria. Lisa dan Tom adalah Orang tua dari Bob dan Liz. Bob dan Ana adalah Orang tua dari Aan dan Pat Pat dan Cal adalah Orang tua dari Jim dan Wil.
  • 21. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd Aturan: X adalah ayah dari Y bila X adalah Pria. X adalah Ibu dari Y bila X adalah Wanita. X adalah Kakek dari Z bila X adalah Orang tua dari Y dan Y adalah Orang tua dari Z dan X adalah Pria. X adalah Nenek dari Z bila X adalah Orang tua dari Y dan Y adalah Orang tua dari Z dan X adalah Wanita. Y adalah Anak dari X bila X adalah Orang tua Y. X adalah Saudara Perempuan dari Z bila Y adalah Orang tua dari X dan Z dan X adalah Wanita. X adalah Saudara laki-laki dari Z bila Y adalah Orang tua dari X dan Z dan X adalah Pria. Tuliskanlah ke dalam bahasa Prolog! Siapa Saudara Laki-laki dari Bob? Siapa Orang Tua Lisa?
  • 22. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd http://www.henypratiwi.com/ Heny_pratiwi@ymail.com https://www.facebook.com/pages/Ayo-Kita-Kuliah
  • 23. Dosen : Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd

×