• Save
Graphic design   pert 6b
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Graphic design pert 6b

on

  • 516 views

 

Statistics

Views

Total Views
516
Views on SlideShare
516
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Graphic design   pert 6b Graphic design pert 6b Presentation Transcript

  • Graphic designPert 6aIllustrasi sebagai daya tarik iklanDeddi Duto HartantoDosen Jurusan Desain Komunikasi VisualFakultas Seni dan Desain - Universitas Kristen Petra
  • • Visualisasi sebuah iklan merupakan gabungan beberapa elemen-elemen mulai headline, subheadline, bodycopy , splash ,closing , caption dan ilustrasi. Semuanya dikomposisikanmenjadi iklan yang menarik. Tidak hanya sekedar “asal tampil”karena agar enak dilihat, tetapi disamping bisa memberikankepuasan bagi kreatornya lebih dari itu komunikatif bagi targetaudiencenya .• Munculnya iklan dengan penggunaan ilustrasi sebagai daya tarik,sudah ada sejak jaman penjajahan. Iklan-iklan tersebut padaumumnya hanya menampilkan ilustrasi dengan gambar danwarna yang sederhana. Suatu kesederhanaan yang memberikankesan unik karena hanya mengandalkan kemampuan hand-drawing.• Dari segi komunikasi iklan tempoe doeloe terbilang cukupkomunikatif meskipun tanpa metode riset secanggih sekarang,namun sudah mempertimbangkan aspek psikografis dandemografis target audience , kecuali itu ilustrasi iklan – iklantempo dulu tergolong cukup berani.
  • iklan – iklan tempo dulu tergolong cukup berani
  • Tidak semua ilustrasi iklan memberikanimpact daya tarik kepada targetaudience .Tidak sedikit tampilan ilustrasi iklandengan gambar sekenanya. Mestinyailustrasi tidak hanya berperan sebagaigambar untuk menjelaskan tetapi jugasebagai gambar yang mampumerangsang dan menarik perhatiansehingga menimbulkan keinginan untuksegera mengetahui isi pesannya.
  • Ilustrasi dalam iklan berfungsi sebagai judul dalam bentuk gambar,untuk menekankan judul bahkan menggantikan posisinya yangpenting. Hal ini karena potensi gambar yang dapat menjelaskan artilebih luas daripada kata-kata, khususnya apabila gambar itu dilukisuntuk mengemukakan ide. Melalui gambar orang, bahkan yang butahuruf , dapat menerima dari belajar sesuatu informasi secara lebihmudah.Ilustrasi iklan yang menonjolkan kekuatan gambar lebih mudahuntuk mengkomunikasikan detil produk yang ditawarkan.Penggunaan teknik ilustrasi pada iklan media massa cetakmenggunakan fotografi dan gambar. Ilustrasi dengan menggunakangambar dengan berbagai macam teknik misalnya cratchboard,pensil, crayon, arang, cat minyak, acrylic, tempera, cat air danlain-lain.Pada media massa cetak ilustrasi dapat dijumpai pada surat kabardan majalah. Surat kabar tersebut memiliki sirkulasi nasionalmaupun daerah. Ada yang terbit secara harian (pagi atau sore),atau terbit secara berkala. Penerbitan majalah juga dibedakan atasdasar topik bahasanya.
  • • Iklan mempunyai tujuan untuk membantu dalam penjualansuatu produk atau jasa dengan jalan membujuk dan mendorongkomunikan agar tertarik produk yang ditawarkan. Berbagaistrategi kreatif ditawarkan oleh para kreator iklan mulaipendekatan produk, image dan positioning, semua bertujuanagar iklan yang dibuat komunikatif dan mempunyai nilai jual.Pemilihan media juga penting dalam keberhasilan iklan. Mediatelevisi berbeda dengan media cetak, media cetak berbedadengan media radio.• Transformasi dari media televisi ke media cetak juga bukanpekerjaan yang mudah.• Pemilihan media massa cetak sebagai eksekusi kreatif harusmelihat karakteristik media yang bersangkutan terlebih dahulu.Beberapa elemen struktur iklan media cetak seperti headline ,sub headline , bodycopy dan ilustrasi harus menjadi satukesatuan yang menarik minat komunikan untuk mengerti iklanyang ditawarkan.
  • Video : proses pembuatan iklan
  • Headline dalam iklan memegang peranan penting, banyak iklanmemperkuat headline dengan mengharmonikan dengan ilustrasi jadiada keterkaitan antara headline dan ilustrasi. Menurut GambarAnom (1994) survey pembaca di Amerika Serikat menyimpulkanbahwa dari 10 pembaca hanya 2 orang yang terus membaca bodycopy iklan 80 % tidak membaca.Ilustrasi sebagai salah satu unsur dalam iklan haruslah menariksecara visual dan memberikan perhatian terhadap komunikan.Sehingga fungsi dari ilustrasi bukan saja sekedar hiasan tetapi lebihdari itu. Penggunaan ilustrasi sebagai daya tarik dalam iklan pentingapalagi ilustrasi berhubungan dengan headline atau bodycopyiklan.