Industri

1,481 views
1,380 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,481
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
145
Actions
Shares
0
Downloads
56
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Industri

  1. 1. Mata Kuliah : Pengantar Lingkungan Oleh : HENDRICKSON 13410221
  2. 2. Kasus pencemaran lingkungan akibat industri perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Walaupunsudah ditetapkannya peraturan perundangan tentang hal ini namun masih banyak saja para pengawas dan pelaksana peraturan yang tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Mereka dengan mudah menerima uang suapan dan membiarkan pabrik-pabrik yang membuang limbahnya ke daerah pemukiman warga.
  3. 3. Beberapa masalah lingkungan yang terjadi di areal perindustrian,yaitu sebagai berikut :1. Udara disekitar industri menjadi sangat buruk, dikarenakan gasbuang berupa asap membumbung tinggi di udara bebas.2. Daerah sekitar industri menjadi panas, ini akibat adanyapeningkatan suhu yang ekstrim yang dihasilkan oleh gas-gas buangindustri tersebut.3. Tercemarnya sumber-sumber mata air sekitar industri, akibatpembuangan limbah ke sumber-sumber mata air tersebut.4. Industri juga dapat mempengaruhi peningkatan pemanasanglobal (global warming), yang saat ini sedang dilakukanpencegahan agar tidak lebih meluas.5. Pembangunan industri dapat menyebabkan banjir karenakurangnya daerah resapan air, daerah-daerah hijau atau resapan airsudah berubah fungsi menjadi daerah perindustrian.6. Polusi suara yang dihasilkan oleh deru-deru mesin produksiyang tak henti-henti, Polusi suara dapat membisingkan telingawarga yang tinggal disekitar areal perindustrian.
  4. 4. Akhir-akhir ini kasus keracunan logam berat yang berasal dari bahan pangan semakin meningkat jumlahnya. Pencemaran logam berat terhadap alam lingkungan merupakan suatu proses yang erat hubungannya dengan penggunaan bahan tersebut oleh manusia. Pencemaran lingkungan oleh logam berat dapat terjadi jika industriyang menggunakan logam tersebut tidak memperhatikan keselamatan lingkungan, terutama saat membuang limbahnya. Logam-logam tertentu dalam konsentrasi tinggi akan sangat berbahaya bila ditemukan di dalam lingkungan (air, tanah, dan udara).
  5. 5. Kemajuan industri selain membawa dampak positif seperti meningkatnya pendapatan masyarakat dan berkurangnyapemgangguran juga mempunyai dampak negatif yang harusdiperhatikan terutama menjadi ancaman potensial terhadap lingkungan sekitarnya dan para pekerja di industri. Salahsatu industri tersebut adalah industri bahan-bahan organik yaitu metil alkohol, etil alkohol dan diol.
  6. 6. Masyarakat sekitar suatu perusahaan industri harusdilindungi dari pengaruh-pengaruh buruk yang mungkinditimbulkan oleh industrialisasi dari kemungkinanpengotoran udara, air, makanan, tempat sekitar dan lainsebagainya yang mungkin dapat tercemari oleh limbahperusahaan industri.Semua perusahaan industri harus memperhatikankemungkinan adanya pencemaran lingkungan dimana segalamacam hasil buangan sebelum dibuang harus betul-betulbebas dari bahan yang bisa meracuni.
  7. 7. Definisi AMDAL :AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan pentingsuatu usaha dan/ atau kegiatan yang direncanakan padalingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilankeputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/ ataukegiatan.Dasar hukum AMDAL :Sebagai dasar hukum AMDAL adalah PP No.27/ 1999 yang didukung oleh paket keputusan menteri lingkungan hiduptentang jenis usaha dan/ atau kegiatan yang wajib dilengkapidengan AMDAL dan keputusan kepala BAPEDAL tentangpedoman penentuan dampak besar dan penting.
  8. 8. Tujuan dan sasaran AMDAL :Tujuan dan sasaran AMDAL adalah untuk menjamin suatuusaha atau kegiatan pembangunan dapat berjalan secaraberkesinambungan tanpa merusak lingkungan hidup.Dengan melalui studi AMDAL diharapkan usah dan / ataukegiatan pembangunan dapat memanfaatkan dan mengelolasumber daya alam secara efisien, meminimumkan dampaknegatip dan memaksimalkan dampak positip terhadaplingkungan hidup.Tanggung jawab pelaksanaan AMDAL :Secara umum yang bertanggung jawab terhadap koordinasiproses pelaksanaan AMDAL adalah BAPEDAL (BadanPengendalian Dampak Lingkungan).
  9. 9. Pendekatan Studi AMDAL :Dalam rangka untuk mencapai efisiensi dan efektivitaspelaksanaan AMDAL, penyusunan AMDAL bagi rencanausaha dan/atau kegiatan dapat dilakukan melaluipendekatan studi AMDAL sebagai berikut:1.Pendekatan studi AMDAL Kegiatan Tunggal2.Pendekatan studi AMDAL Kegiatan Terpadu3.Pendekatan studi AMDAL Kegiatan Dalam KawasanPenyusunan AMDAL :Untuk menyusun studi AMDAL pemrakarsa dapat memintajasa konsultan untuk menyusun AMDAL. Anggotapenyusun ( minimal koordinator pelaksana) harusbersertifikat penyusun AMDAL (AMDAL B). Sedangkananggota penyusun lainnya adalah para ahli di bidangnyayang sesuai dengan bidang kegiatan yang di studi.
  10. 10. Peran serta masyarakat :Semua kegiatan dan /atau usaha yang wajib AMDAL, makapemrakarsa wajib mengumumkan terlebih dulu kepadamasyarakat sebelum pemrakarsa menyusun AMDAL. Yaitupelaksanaan Kep.Kepala BAPEDAL No.08 tahun 2000 tentangKeterlibatan masyarakat dan keterbukaan informasi dalamproses AMDAL. Dalam jangka waktu 30 hari sejak diumumkan, masyarakat berhak memberikan saran, pendapat dantanggapan. Dalam proses pembuatan AMDAL peran masyarakat tetapdiperlukan . Dengan dipertimbangkannya dan dikajinya saran, pendapat dan tanggapan masyarakat dalam studi AMDAL. Pada proses penilaian AMDAL dalam KOMISI PENILAI AMDAL maka saran, pendapat dan tanggapan masyarakat akan menjadi dasar pertimbangan penetapan kelayakan lingkungan suatu rencana usaha dan/atau kegiatan.
  11. 11. Pengertian pembangunan industri secara luas meliputi industri primer (terutama pertambangan dan pertanian), industri sekunder (terutama konstruksi dan manufaktur),serta industri tersier (transportasi, komunikasi, dan sektor jasa lainnya). Dalam kegiatan industri yang sudah sangat maju, sudah diwarnai oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologiyang telah dicapai manusia sampai saat ini. Teknologi yang dikembangkan dalam menunjang industri di Indonesia diharapkan akan menunjukan pertumbuhan ekonomi.
  12. 12. Struktur ekonomi suatu negara dapat dilihat dari berbagaisudut tinjauan. Dalam hal ini, struktur ekonomi dapat dilihatsetidak-tidaknya berdasarkan empat macam sudut tinjauan,yaitu:1. Tinjauan makro-sektoral2. Tinjauan keruangan3. Tinjauan penyelenggaraan kenegaraan4. Tinjauan birokrasi pengambilan keputusanSedangkan pengertian lingkungan hidup adalah sistem yangmerupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya,keadaan dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusiadengan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupannya dan kesejahteraan manusia serta makhlukhidup lainnya.
  13. 13. SemogaBermanfaat…^_^

×