Peranan manusia dalam perubahan lingkungan

8,866

Published on

0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
8,866
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
283
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Peranan manusia dalam perubahan lingkungan

  1. 1. BRANDASK /KDINDIKATORTUJUANPEMBELAJARMATERILATIHANSOALUJIKOMPETENSIREFERENSIPENYUSUN
  2. 2. BRANDASK /KDINDIKATORTUJUANPEMBELAJARMATERILATIHAN SOALUJIKOMPETENSIREFERENSI
  3. 3. BRANDA INDIKATORSK /KDINDIKATORTUJUAN 1. Menjelaskan beberapa kegiatanPEMBELAJAR manusia yang menyebabkan perusakan lingkungan.MATERI 2. Menjelaskan polusi udara. 3. Menjelaskan polusi tanah.LATIHAN SOAL 4. Melakukan percobaan polusi air. 5. Memberikan contoh berbagaiUJI kegiatan manusia yanhg dapatKOMPETENSI memperbaiki lingkunganREFERENSI
  4. 4. BRANDASK /KD TUJUAN PEMBELAJARANINDIKATOR Setelah akhir pelajaran siswa dapatTUJUANPEMBELAJAR menjelaskan memberikan berbagaiMATERI contoh kegiatan manusia yangLATIHAN SOAL menyebabkan perusakan lingkungan dan cara mengatasi kerusakanUJIKOMPETENSI lingkungan.REFERENSI
  5. 5. Keseimbangan Lingkungan Dalam ekosistem selalu terjadi dinakmika kehidupan, seperti rantai makanan, jaring- makanan, produktifitas, siklus materi, siklus energi dll. Sifat tersebut bersifat fluktuatif, luwes, elastis, serta dinamis. Jika dinamika ekosistem berjalan normal sesuai peruntukannya, maka menggambarkan kondisi lingkungan dalam keadaan seimbang. Ekosistem seimbang adalah lingkungan dimana seluruh dinamika ekosistem berjalan wajar dan dinamis yang ditandai dengan tidak adanya pertumbuhan yang menyolok pada salah satu komponen ekosistem, sehingga lingkungan mempunyai daya dukung bagi kehidupan makhluk hidup didalamnya.
  6. 6. BRANDA Keseimbangn lingkunganSK /KDINDIKATOR Lingkungan yang mempunyai daya dukung yangTUJUAN baik akan mendorong terciptanya lingkungan yangPEMBELAJAR bermutu. Mutu lingkungan diartikan ketersediaan sumber daya lingkungan untuk mendukungMATERI perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya sampai tingkat kesetabilan tertentu.LATIHAN Jika lingkunag sudah tidak mampu memberiSOAL dukungan secara kwalitatif maupun kuantitatif bagiUJI manusia maupun makhluk lain, berarti lingkunganKOMPETENSI sudah tidak berfungsi sesuai dengan peruntukannya, disebut lingkungan yangREFERENSI terdegradasi.
  7. 7. Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan Lingkungan Perusakan Hutan. Hutan merupakan tempat di mana terdapat banyak sumber daya alam yang mendukung kehidupan manusia secara terus menerus. Kegiatan manusia yang mengambil dan memanfaatkan ( ekploitasi ), sumber daya hutan secara besar- besaran tanpa memperhatikan pemulihan dan pelestarian hutan, akibatnya hutan rusak, banyak yang musnah sehingga terjadi beberapa bahaya yang mengancam kehidupan manusia , misalnya erosi, banjir, kekeringan/ berkurangnya sumber air.
  8. 8. Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan Lingkungan Hutan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia , mempunyai nilai nekonomi, sebagai habitat berbagai jenis hewan dan menjaga keseimbangan air tanah pada musim kemarau. Akibat eksploitasi hutan yang tidak berwawasan terhadap lingkungan dan tidak bertanggungjawab secara terus menerus maka hewan akanterganggu kehidupannya, sehingga banyak spesies hewan yang punah , banyak hewan yang keluar dari hutan mengganggu pemukiman penduduk sekitar hutan. Juga menyebabkan hutan menjadi gundul, sumber air berkurang, banjir, erosi.
  9. 9. Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan Lingkungan Pembangunan Perumahan. Pertumbuha penduduk yang sangat pesat, membutuhan perumahan yang meningkat. Pembangunan perumahan secacara besar- besaran tanpa konsep lingkungan yang baik dan tidak memperhatikan daya dukung lingkungan, akibatnya daerah peresapan air, lahan pertanian Produktip, pohon – pohon berkurang. sehingga dapat menyebabkan berkurangnya. Urmabisasi. Pembangunan ekonomi yang kurang merata di pedesaan dan perkotaan membuat banyak penduduk pindah dari desa ke kota, semakin banyak jumlah penduduk kota mengakibatkan menurunnya kwalitas hidup di kota.
  10. 10. Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan Lingkungan Intensifikasi Pertanian  Pertambahan jumlah penduduk yang sangat pesat, maka untuk memenuhi kebutahuan hidup harus tersedia makanan yang cukup .  Kegiatan pertanian dapat merupakan kegiatan yang merugikan lingkungan apabila manusia tidak memperhatikan pengelolaan yang benar., misalnya dengan intesifikasi pertanian , dapat memberikan dampak yang merugikan lingkungan , misalnya penggunaan insektisida atau pestisida yang berlebihan dan terus menerus akan menyebabkan terajadinya polusi tanah/ makanan yangmembahayakan manusia, pemupukan dengan menggunakan pupuk sintesis yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan lahan dan pencemaran lingkungan .
  11. 11. Dampak Negatif akibat kegiatan manusia. Polusi.Pengertian polusi adalah , perubahan yang kurangmenguntungkan terhadap lingkungan yang disebabkan olehhasil aktivitas manusia secara keseluruhan atau sebagaian .Melalui pengaruh langsung atau tidak langsung , dariperubahan dalam pola energi, tingkat radiasi, susunan kimia– fisika, dan limbah dari limah organisme.Dari pengertian tersebut, maka polusi akibat aktivitasmanusia , polusi disebabkan oleh adanya zat yangmempengaruhi lingkunhgan ( polutan ).Zat dikatan sebagai p[olutan bila, kadarnya melebihi batasnormal, k semestinya, zatnya tidak dapat diuraikan.be padatempat yang tidarada pada waktu yang tidak tepat, bnerad
  12. 12. Dampak Negatif akibat kegiatan manusia Polusi Udara Polusi udara disebabkan oleh partikel- partikel debu, asap pembakaran, gas- gas, seperti CO, CO2, NO2,CFC. Akibat berbagai polutan yang menyebabkan terjadinya polusi udara tersebut akan menganggu kehidupan di bumi.
  13. 13. Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan LingkunganHujan asam Hujan Asam. Pembakaran batu bara dan minyak bumi yang banyak digunakan dalam industri menghasilkan gas SO2. Gas SO2 diatmosfir akan bereaksi dengan uap air dan Hidrogen peroksida yang akan membentuk asam sulfat ( H2SO4 ). Nitrogen oksida juga akan bereaksi dengan uap air diatmosfir akan membentuk asam nitrat ( HNO3 ) . Asam sulfat dan asam nitrat yang terbemtuk di atmosfie bersama air hujan turun sebagai hujan asam. Hujan asam organisme akan mengganggu kehidupan karena akan mengubah PH air dan tanah.
  14. 14. Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan Lingkungan Efek Rumah Kaca Efek Rumah Kaca Pemanasan global disebabkan oleh mengingkanya kadar CO2 di atmosfir dari produk industri yang menggunakan bahan bakar fosil. Kadar Co2 yang meningkat di atmosfir kemudian bergabung dengan zat lain, misalnya metan ,hidrogen, oksida, dan uap air, menahan panas matahari yang seharusnya dipantulkan kembali oleh bumi. Terjebaknya panas matahari dalam gelombang pendek di atmosfir tersebut mengakibatkan temperatur bumi akan meningkat . Naiknya temperatur bumi maka organisme hidup di bumi akan terganggu , bahkanj matinya spesies tertentu.
  15. 15. Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan Lingkungan Asfiksi Gas hasil pembakaran bahan fosil pada kendaraan bermotor, perushaan, berupa CO2, SO2, NO, serta timah ( Pb). CO apabila terhirup manusia masuk ke sistem peredaran darah akan mempunyai afinitas / daya ikat terhadp hemoglobin yang lebih tijggi , sehingga CO2 dalam darah akan tinggi dan menyebabkan gangguan pengankutan oksigen dalam darah ( Asfiksi ).
  16. 16. BRANDA Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan Lingkungan Polusi Air Polusi air.SK /KD Banyak limbah rumah tangga atau industri yang dibuang ke sungaiINDIKATOR , misalnya sampah organi, air detergen, pestisida, limbah industriTUJUANPEMBELAJAR berupa logam- logam berat misalnya CU, Hg, Pb.MATERI Indikator pencemaran air dapat dilihat secara fisik, kimia dan biologis. Indikator fisik meliputiLATIHAN SOAL bau, warna, rasa dan suhu. Indikator kimia misalnya berupa PH, COD (UJI Chemikal Oksigen Demond ), DO (KOMPETENSI Disolved Oxygen ), indikator biologis dapat dilihat makhluk hidupREFERENSI pencemar dari kelompok misalnya bakteri coli, protozoa dan ganggang.
  17. 17. BRANDA Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan Lingkungan Biomagnifikasi.SK /KD Biomagnifikasi merupakan akumulasi bahan pencemar yang tidak dapat diuraikan kembali ,INDIKATOR misalnya penggunaan DDT, DDT selanjutnya akan berpindah melalui peristiwa makan dan di makanTUJUAN dan akan terakumulasi pada tingkat tropikPEMBELAJAR tertinggi dan akan mempengauruhi fisiologi kehidupan makhluk hidup.MATERI Penyakit mina mata Pencemaran dari pertambangan emasLATIHAN SOAL berupa logam Hg, yang dilepaskan ke aliran sungai dan masuk ke teluk/ laut, diUJI teluk akan digunakan oleh ganggang, danKOMPETENSI terakumulasi pada ikan , dalam tubuh ikan Hg tidak dapat diuraikan , kemudianREFERENSI ikan akan dimakan manusia dapat menyebabkan penyakit mina mata. Terjadi di teluk minamata Jepang, di teluk Bunyat Sulawesi di Indonesia.
  18. 18. BRANDA Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan Lingkungan Eutrofikasi EutrofikasiSK /KD Pembuangan limbah organik ke dalam perairan , penggunaan pupuk yangINDIKATOR berlebihan mengakibatkan sisa pupuk yang berupa nitrat tidak terserap dan mengalir ke perairan sehingga terjadiTUJUANPEMBELAJAR kelimpahan nitrat di perairan atau danau disebut Eutrofikasi.MATERI Etrosikasi menyebabkan terjadi peledakan pertumbuhan tanaman air ( booming) seperti enceng gondok atauLATIHAN SOAL ganggang. Keadaan ini menyebabkan cahaya matahari tidak dapat menembusUJI air sehingga tumbuhan yang adaKOMPETENSI dibawahnya tidak dapat melakukan fotosintesa dan air akan kekuranganREFERENSI oksigen , berkurangnya oksigen dalam air akan menyebabkan organisme dalam air akan menurun / mati.
  19. 19. BRANDA Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan LingkunganSK /KD Polusi Tanah Polusi tanahINDIKATOR Sampah plastik dapat hancur / terurai membutuhkanTUJUANPEMBELAJAR waktu yang relatip lama , sehingga kebedaraanMATERI sampah plastik dalam tanahLATIHAN SOAL akan mengganggu porositas tanah . Zat kimia dariUJIKOMPETENSI penggunaan pupuk , pertusida secara berebihanREFERENSI di daerah pertanian dapat mengganggu kehidupan organis me dalam tanah.
  20. 20. BRANDA Perbuatan Manusia Menyebabkan Perubahan LingkunganSK /KD Polusi Suara Polusi Suara Polusi suara disebabkan olehINDIKATOR adanya berbagai macam suaraTUJUAN dalam berbagai kekuatan suaraPEMBELAJAR ( desibel), misalnya suara keributan pasar, kendaraanMATERI bermotor, kereta api, pesawat terbang, petir, dll. Apabila kitaLATIHAN SOAL terus menerus mendengarkan suara yang keras dapatUJI menimbulkan gangguan padaKOMPETENSI sistem pendengaran. KemudianREFERENSI dapat menyebabkan gangguan spikologis, stres, naiknya tekanan darah dan gangguan lainnya.
  21. 21. BRANDA Upaya Manusia Mencegah Kerusakan LingkunganSK /KD ReboisasiINDIKATOR Penghutanan kembali pada daerah hutan yang gundul, dan penghijauanTUJUAN di berbagai tempat sehingga akanPEMBELAJAR terbentuk ekosistem hutan yang seimbang lagi / tempat yang rindangMATERI oleh tumbuh- tumbuhaqh sehingga dapat mengatasi banjir, erosi, polusiLATIHAN SOAL udara, dan mendukung sumber air.UJIKOMPETENSI Perusakan lahan pertanian dapat diperbaiki  Mengurangi penggunaan pupuk anorganik dan menggalakkanREFERENSI penggunaan pupuk alam Menghindari penggunaan pestisida yang berlebihan .  Pengolahan lahan yang benar misalnya dengan pergiliran tanaman.
  22. 22. BRANDA Upaya Manusia Mencegah Kerusakan LingkunganSK /KDINDIKATOR Kerusakan hutan dapat kitaperbaiki dengan berberapa cara :TUJUAN . Tebang pilih , yaitu penebangan pohon yangPEMBELAJAR sudah tua/ dewasa dan membiarkan pohon yang masih muda.MATERI . Peremajaan , dengan penanaman tanaman untuk mengganti pohon – pohon yang sudahLATIHAN SOAL ditebang. . Reboisasi , dilakukan pada hutan yang sudahUJI rusak karena, kekeringan, kebakaran butanKOMPETENSI atau eksploitasi manusia. . Tidak melakukan perladangan yangREFERENSI berpindah- pindah.
  23. 23. BRANDA Upaya Manusia Mencegah Kerusakan LingkunganSK /KD Pengolahan kembali limbahINDIKATOR yang dihasilkan . Pabrik / Industri yang akannTUJUAN didirikann harus dibuatPEMBELAJAR dahulu AMDAL ( AnalisaMATERI Mengenai Dampak Lingkungan ), sehinggaLATIHAN SOAL pabrik / industri tersebut setelah berproduksi tidakUJIKOMPETENSI mengahasilkan zat / pulatan , sehingga lingkunganREFERENSI sekitarnya tidak akan terganggu.
  24. 24. BRANDA Upaya Manusia Mencegah Kerusakan LingkunganSK /KDINDIKATORTUJUANPEMBELAJARMATERILATIHAN SOAL Usaha penanganan limbah, yaitu dengan pemanfaatan secaraUJI langsung atau usaha mendaur ulang untuk mendapatkan produkKOMPETENSI yang berguna mabi masyarakat ,diantaranya :  Sampah organik depat dimanfaatkan sebagai pupuk .REFERENSI  Kaleng- kaleng cat dapat dimanfaatkan sebagai pot – pot.  Berbagai sampah plastik dan kertas dapat dibuat berbagai produk misalnya tas, berbagai mainan anak, sofenir dan lainnya.
  25. 25. BRANDA LATIHAN SOALSK /KD 1. Jika suatu ekosistem tercemar olehINDIKATOR DDT maka yang palingTUJUANPEMBELAJAR terancam adalah:MATERI a. ikan b. algaLATIHAN SOAL c. HerbivorUJIKOMPETENSI d. KatakREFERENSI e.Konsumen tingkat puncak.
  26. 26. BRANDA LATIHAN SOALSK /KDINDIKATOR 2. Hujan asam , merupakan pencemaran yang disebabkan oleh aktifitas :TUJUANPEMBELAJAR a. pabrik kosmetikaMATERI b. pabrik dengan bahan bakar fosilLATIHAN SOAL c. intensifikasi pertanianUJI d. perikanan dengan kerambahKOMPETENSI e. gunung berapi.REFERENSI
  27. 27. BRANDA LATIHAN SOALSK /KD 3. Usaha manusia yang tidak berwawasanINDIKATOR lingkungan akan adalah :..TUJUANPEMBELAJAR a. Membuat paru- paru kota b. Eksploitasi maksimal hasil hutanMATERI c. Membuat teras tering dalam pertanianLATIHAN SOAL d. Bertermak ayam burasUJI e. pembangunan industri dengaKOMPETENSI AMDALnyaREFERENSI
  28. 28. BRANDA REFERENSISK /KDINDIKATOR Buku. 1. Jane B. Rece, Lawrence G. MitchellTUJUANPEMBELAJAR CAMPBELL Edisi ke lima Jilid 2MATERI Penerbit Erlangga .LATIHAN SOAL 2. Biologi SMA Kelas X, Istamar Samsuri ErlanggaUJIKOMPETENSI Situs Internet.REFERENSI 1. WWW.e-dukasi.net 2. www.wikipedia.com
  29. 29. PENYUSUN
  1. Gostou de algum slide específico?

    Recortar slides é uma maneira fácil de colecionar informações para acessar mais tarde.

×