Macam macam manfaat untuk kesehatan

1,612 views
1,414 views

Published on

KEBUTUHAN KESEHATAN

Published in: Sports
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,612
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
22
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Macam macam manfaat untuk kesehatan

  1. 1. Macam-macam Manfaat Untuk Kesehatan Nama : Helin Hestianah Kelas : XII IPA 2
  2. 2. 1. Madu 1. Obat luka dan borok. Madu selama berabad-abad telah digunakan untuk perawatan luka dan borok. Madu berisi glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu dalam kemasan tidak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, oksidase glukosa memerlukan lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh (misalnya darah) memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium sehingga memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida.
  3. 3. 2. Merangsang pertumbuhan jaringan Propolis, enzim, dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Bila digunakan pada luka bakar, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut. 3. Menghaluskan kulit Asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel- sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.
  4. 4. 4. Antioksidan kuat Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda. 5. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah. Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.
  5. 5. 6. Meringankan penyakit pernafasan Madu sangat efektif untuk penyakit pernapasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Madu adalah obat yang efektif untuk pilek, flu, dan infeksi pernapasan. Selain ketujuh manfaat di atas, madu secara keseluruhan sangat baik untuk Anda karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral (lihat tabel). Madu berwarna gelap mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi daripada yang berwarna lebih terang. Sebaliknya, gula pasir tidak memiliki nutrisi atau antioksidan sama sekali. Jadi, mengganti gula dengan madu sebagai pemanis memiliki banyak keuntungan.
  6. 6. 2. Manfaat Khasiat Daun Sirsak Dan Buahnya Untuk Kesehatan • Manfaat Daun Sirsak Dan Buah Sirsak Serta Kandungan Yang Terdapat Untuk Kesehatan: Mengobati Penyakit Kanker, Mengobati Sakit Pinggang, Mengobati Diare Pada Bayi, Mengatasi Ambeien, Obat Menghilangkan Bisulan, Obat Nyeri Otot Sirsak, (Annona Muricata Linn) merupakan kerabat dekat srikaya (Anona squamosa Linn). Tanaman sirsak berasal dari daerah tropis Amerika, yaitu sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina. Di tempat asalnya, sirsak merupakan buah penting dan bergengsi. Sirsak sangat populer karena aromanya yang tajam serta memiliki sensasi rasa yang manis keasaman.
  7. 7. • Buah sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena di dalamnya mengandung zat-zat yang dapat yang mampu menangkal beragam penyakit, seperti menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa membuat awet muda. Manfaat lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan. Tak hanya buahnya, daun sirsak juga dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan mungkin sudah tidak asing lagi. Hal ini seiring dengan banyaknya bermunculan beragam produk kesehatan herbal yang terbuat dari daun sirsak. Beberapa macam manfaat daun sirsak untuk kesehatan diantaranya
  8. 8. • Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan: 1. Mengobati Penyakit Kanker Pengobatan yang dilakukan oleh suku amazon pada awal tahun 90-an menjadi inspirasi peneliti farmasi dari Amerika Serikat untuk mencari obat kanker. Ya benar, orang amazon sudah lebih dulu memanfaatkan daun sirsak untuk mengobati kanker sebelum masyarakat modern mengahuinya. Setelah diteliti lebih lanjut diketahui bila daun sirsak memiliki zat aktif yang dapat melawan kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi. Sayangnya hasil penelitian tersebut "dikubur" karena takut mengganggu penjualan kemoterapi yang "menguntungkan" bagi industri pengobatan. Sampai pada awal 2000-an tabir mengenai manfaat daun sirsak yang dapat mengobati kanker berhasil dikuak kembali.
  9. 9. • 2. Mengobati Sakit Pinggang Penyakit ini adalah hal umum yang diderita oleh orang lanjut usia dimana otot dan tulang mulai raput. Bisa juga disebabkan karena asam yang meningkat dalam otot pinggang sehingga perlu di netralisir. Untunglah kini telah ditemukan berbagai macam jenis pengobatan modern yang bisa mengatasi masalah tersebut. Tapi soal harga lumayan mahal, untuk mensiasatinya gunakan daun sirsak untuk menyembuhkan nyeri tersebut. 3. Mengobati Diare Pada Bayi Diare pada bayi seringkali membuat orang tua khususnya ibu menjadi bingung. Beruntunglah bila Anda yang mempunyai bayi tidak sengaja mampir di blog ini karena akan kami bocorkan rahasia menakjubkan dari sirsak yang dapat mengatasi diare pada bayi. Caranya, ambil perasan sirsak berikan pada bayi 3 -4 kali sehari.
  10. 10. • 4. Mengatasi Ambeien Penyakit paling menjengkelkan yang pernah ada. Seringkali dialami oleh perempuan, entah kenapa sebabnya tapi yang jelas kini tak usah risau lagi sebab cara mengatasinya cukup mudah. Minum satu gelas air sirsak pagi dan sore niscara ambeien Anda akan tuntas. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter. 5. Menghilangkan Bisulan Bisul adalah salah satu gangguan kulit yang menjadi momok selain nyeri, ternyata bisul muncul tidak kenal tempat. Bisa di tubuh bisa juga diwajah, nah yang paling merepotkan bila munculnya di wajah karena bisa mengganggu kecantikan. Untuk mengatasinya ambil 7 daun sirsak yang masih muda tempelkan pada bisul sampai mengering.
  11. 11. 3. NANAS yang kurang disukai sebagian orang karena rasanya yang kebanyakan asam. Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin A dan C. Kedua vitamin tersebut adalah vitamin yang bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, nanas juga mengandung magnesium, zat besi, fosfor, kalsium, kalium, natrium, sukrosa, dekstrosa dan enzim bromelain. Berikut
  12. 12. • manfaat buah nanas untuk kesehatan: Mencegah kanker Nanas mengandung vitamin A dan C yang bersifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Dengan kata lain bila radikal bebas tidak dapat masuk ke dalam tubuh, pertumbuhan sel kanker dapat dicegah. Membantu melunakkan makanan di dalam lambung Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat berguna untuk membantu melunakkan makanan di dalam lambung. Enzim ini juga berfungsi sebagai antiradang dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Melancarkan haid Buah nanas yang masih muda dapat berpotensi sebagai abortivum, yaitu sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Oleh sebab itu, nanas dapat dikonsumsi untuk melancarkan haid. Bagi wanita hamil, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah nanas yang masih muda.
  13. 13. • Meningkatkan gula darah Nanas memiliki kadar gula yang lumayan tinggi. Bagi penderita kadar gula rendah, nanas bisa dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kadar gula darah. Mengatasi masalah ketombe Nanas bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Caranya, sediakan seperempat bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulit, parut, peras lalu saring. Tambahkan air nanas tersebut dengan air perasan satu jeruk nipis lalu aduk hingga rata. Pakai campuran ini untuk menggosok bagian kulit kepala yang terkena ketombe. Lakukan kegiatan tersebut pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, bersihkan rambut dengan berkeramas. Lakukan kegiatan tersebut selama antara 2 sampai 3 kali dalam satu minggu. Mengatasi peradangan kulit Buah nanas dapat digunakan untuk mengatasi masalah peradangan kulit. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Pakai hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.
  14. 14. • Mengatasi sembelit Sembelit dapat disebabkan karena kurangnya makanan berserat. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.
  15. 15. 4. Stroberi • yang banyak dimanfaatkan orang sebagai bahan makanan seperti selai, es krim, jeli, permen, sirup, dan bahkan obat- obatan. Buah stroberi juga enak jika dikonsumsi langsung. Sama seperti buah lainnya yang berwarna cerah, stroberi juga kaya akan anti- oksidan. Buah stroberi mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi kesehatan dan efisien dalam mencegah berbagai penyakit. Berikut manfaat buah stroberi bagi kesehatan :
  16. 16. • 1. Menjaga kesehatan mata Alasan utama terhadap hampir semua permasalahan mata adalah radikal bebas dan kekurangan nutrisi tertentu. Dengan semakin bertambahnya usia dan kurangnya nutrisi pelindung, radikal bebas akan dengan mudah menyebabkan permasalahan pada mata. Beberapa anti-oksidan seperti vitamin C dan flavonoid hadir dalam stroberi, di mana dapat menangkal perkembangan yang berhubungan dengan penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula. 2. Anti kanker Kombinasi antara antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah stroberi diketahui dapat melawan berbagai bentuk kanker. Hal ini berkat vitamin C, folat, dan flavonoid yang terkandung di dalamnya. 3. Menjaga sistem kekebalan tubuh Lagi-lagi ini berkat tingginya vitamin C yang terkandung di dalamnya. Secangkir stroberi mengandung 136 persen vitamin C, sebuah antioksidan yang efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
  17. 17. • 4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan Stroberi mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat makanan yang terkandung di dalam stroberi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah. 5. Anti-inflamasi Stroberi mengandung senyawa kimia yang bernama fenol, bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma, dan aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX), cara yang sama seperti aspirin dan ibuprofen lakukan. Namun demikian, hal tersebut tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan usus dan perut. 6. Menjaga kesehatan tulang Mangan yang terkandung dalam stroberi diketahui baik untuk tulang, membantu membangun dan menjaga struktur tulang dengan baik. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam stroberi juga penting bagi kesehatan tulang.
  18. 18. • 7. Menjaga kesehatan jantung Serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stroberi secara serempak menjadi suatu paket kesehatan yang ideal bagi jantung, hal ini karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Beberapa kandungan lain seperti vitamin B yang hadir dalam buah stroberi juga berperan memperkuat otot jantung dan membantu fungsi jantung yang lebih baik. 8. Menjaga fungsi otak Semakin bertambahnya umur seseorang maka juga akan berefek pada semakin melemahnya jaringan otak dan saraf, yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi otak. Antioksidan yang terkandung dalam stroberi seperti vitamin C dan fitokimia dinilai mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, stroberi juga kaya akan yodium yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf. 9. Menyehatkan Kulit dan Rambut Folat adalah kelompok vitamin B yang membantu menyehatkan rambut dan kulit • 10. Mencegah Hipertensi Strawberry mengandung kalium dan magnesium yang keduanya sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan sodium.
  19. 19. 5.PARE Kali iniLobbyInfo akan membagi informasi mengenai Buah Pare, buah yang dikenal karena rasanya yang pahit. Pare memiliki nama Latin Momordica Charantia dari suku cucurbitaceae. Buahnya berbentuk lonjong dan memiliki bintik-bintik di kulitnya. Karena pahitnya banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. Pare biasa dikonsumsi dengan direbus (sebagai lalap), ditumis, atau menjadi bagian dari gado-gado. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah pare sangat banyak dengan kandungan fitokimianya seperti saponin, flavonoid, polifenol, glikosida cucurbitacin, momordicin, asam trichosanat, dan charatin. Selain itu, pare mengandung serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi yang sangat berguna bagi tubuh.
  20. 20. • Berikut manfaat yang akan anda dapatkan dari Buah Pare bagi kesehatan: 1. Mengatasi Diabetes Mellitus Para dokter di India sudah lama menggunakan pare untuk mengatasi diabetes mellitus karena memiliki sifat hipoglikemik yang kuat. Ketika ekstrak buah ini diberikan pada penderita diabetes selama 2 minggu, hasilnya kadar glukosa darah mereka turun secara signifikan. Diperkirakan karena senyawa sulfonylurea yang biasanya ada pada obat diabetes dan juga karena sterol glikosidanya. 2. Turunkan Kadar Gula Darah Pare mengandung Charntine, senyawa insulin dan alkaloids yang berguna untuk penurunan kadar gula darah. Karena itu pare sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes dan pencegahan diabetes tipe dua.
  21. 21. • 3. Menambah Nafsu Makan Kandungan asam trichosanat dan momordicin berkhasiat meningkatkan fungsi pencernaan di lambung sehingga apabila dikonsumsi akan memiliki nafsu makan yang besar dan bisa makan lahap. 4. Melawan HIV-AIDS. Buah Pare pun disebut-sebut bisa dipakai untuk membantu melawan AIDS. Penelitian di AS menemukan senyawa sejenis protein alpha-momocharin atau MAP 30 yang dapat menghambat pembiakan HIV penyebab AIDS. Penelitian ini diterapkan pada pasien AIDS. Mereka diberi ekstrak pare selama 3 bulan dan hasilnya tingkat kekebalan tubuhnya meningkat. 5. Membersihkan Darah Buah Pare mempunyai kandungan zat yang bisa membersihkan darah. Konsumsi jus pare juga bisa mengurangi gatal-gatal yang disebabkan infeksi dalam darah. Untuk hasil yang lebih maksimal disarankan konsumsi rutin jus pare di pagi hari dengan kondisi perut kosong.
  22. 22. • 6. Cegah Sel Kanker Pankreas Tim peneliti dari University of Colorado, Amerika Serikat menemukan bahwa sari pare dapat menghentikan sel kanker pankreas memproses glukosa. Hal ini penting karena sel kanker memerlukan energi untuk bertahan dan Pare memblokir persediaan glukosa agar bisa membunuh sel kanker tersebut. 7. Mencegah Kehamilan Penelitian Oentoeng Soeradi dan Asmarinah (1994) dari Universitas Indonesia pada hewan percobaan menunjukkan, hewan yang diberi pare, spermatozoid-nya mati terbunuh. Atas dasar inilah, Pare yang rasanya pahit ini disebut bisa mencegah kehamilan. 8. Atasi Asma Sebuah studi dari University of Massachusetts menyebutkan respon tubuh terhadap konsumsi makanan pahit seperti pare merangsang indera pengecap yang ada di sel saluran pernapasan. Hal ini, membuat saluran pernapasan jadi lebar hingga aliran udara jadi lebih cepat dan kuat. Karenanya cocok untuk dikonsumsi penderita asma.
  23. 23. THE END THANK’S ALLAH

×