Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
3. peran perpustakaan dalam masyarakat
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

3. peran perpustakaan dalam masyarakat

  • 2,111 views
Published

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
2,111
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
28
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide
  • e

Transcript

  • 1. PERAN PERPUSTAKAAN DISUSUN OLEH: 1)YUNITA NUR FADHILAH 2)YURI INDAH MARMININGTIAS 3)KHUSNUL KHOTIMAH 4)USMAN HERI PURWANTO 5)M.NUR WAHID HASAN
  • 2. TUGAS POKOK PERPUSTAKAAN Menyediakan, mengolah, memeliharadan mendayagunakan koleksi bahanpustaka, menyediakan saranapemanfaatannya dan melayani masyarakatpengguna yang membutuhkan informasidan bahan bacaan.
  • 3.  SEBAGAI PUSAT INFORMASI Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang memiliki peranan penting dalam memberikan suatu informasi.Hal ini dikarenakan sebuah perpustakaan pastinya mempunyai koleksi buku tidak hanya satu,bisa ratusan atau bahkan berpuluh-puluh ribu.Yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis buku,seperti karya umum,filsafat,ensiklopedi dan lain-lain.Tidak hanya buku,perpustakaan sekarang juga dilengkapi dengan adanya koleksi majalah,koran ataupun artikel yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan juga ilmu.
  • 4. Sebagai sarana simpan karya manusia Perpustakaan berfungsi sebagai tempat menyimpan karya manusia, khususnya karya cetak seperti buku, majalahh, serta rekaman seperti kaset, piringan hitam dan sejenisnya
  • 5.  SEBAGAI MEDIA PENYEBARLUASAN INFORMASIDengan adanya berbagai macam sumber referensi baik berupa buku ataupun bahan rekaman lainnya menjadikan perpustakaan tidak hanya dilihat sebagai informasi yang terbatas di dalam gedung perpustakaan,namun sebagai lembaga layanan publik yang bertugas mengelola informasi,menjadi tidak terbatas jangkauan layanan informasinya.
  • 6. Fungsi Pendidikan Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan informal. Artinya perpustakaan merupakan tempat belajar diluar bangku sekolah maupun dalam lingkungan pendidikan.
  • 7. Fungsi Penelitian Perpustakaan bertugas menyediakan bahan perpustakaan untuk keperluan penelitian yang dilakukan oleh pemakai perpustakaan.
  • 8. SEBAGAI PENGEMBANGAN MINAT DANKEGEMARAN MEMBACA Perpustakaan sebagai penyedia ilmu pengetahuan dan informasi mempunyai peranan yang signifikan terhadap lembaga induk serta masyarakat penggunanya. Peranan tersebut sebagai media untuk meningkatkan minat baca pada masyarakat.Dengan adanya perpustakaan modern seperti sekarang,perpustakaan tidak lagi menjadi suatu tempat yang membosankan tetapi menjadi tempat yang nyaman untuk mendapatkan ilmu ataupun informasi.Pengembangan minat dan baca itu bisa mencapai tujuannya apabila ada kesadaran dari setiap individu atau pencari informasi
  • 9.  SEBAGAI AGENT OF CHANGE(AGEN PERUBAHAN)Perpustakaan sebagai tempat tersimpannya berbagai informasi yang dulu hanya sebagai tempat penyimpanan buku semata,kini juga sebagai tempat untuk tumbuhnya ide-ide yang kreatif.Dari ide-ide kreatif itulah dapat tercipta suatu karya yang apat bermanfaat bagi orang lain.Dan dari karya para pengguna perpustakaan inilah nantinya dapat pila muncul suatu wacana atau pun gagasan yang dapat dibaca dan digunakan oleh orang lain.Contohnya bila kita membaca tentang buku pembudidayaan jamur.Jika orang tersebut adalah seorang yang kreatif,maka dari membaca buku itu bisa saja muncul ide untuk membudidayakan jamur dan dapat membuka lapangan pekerjaan yang tentunya berguna bagi orang lain.
  • 10.  SEBAGAI MEDIA HIBURAN ATAU REKREASI Perpustakaan sebagai penyedia informasi yang memiliki suasana ruangan yang tenang dan nyaman,membuat perpustakaan bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi.Maksud dari rekreasi ini bukan sebagai tempat untuk berhura-hura saja tetapi para pengunjung bisa bersantai sambil membaca buku dengan tenang dan tidak ada gangguan.Bisa juga untuk tempat belajar yang efektif.
  • 11. Untuk memelihara efisiensi danefektivitas proses belajar mengajarDengan adanya perpustakaan di sebuah sekolah atauperguruan tinggi dapat membantu penggunaperpustakaan bisa lebih cepat dalam membantu mencariliteratur atau bahan untuk proses pembelajaran.Sehinggamasyarakat dimana perpustakaan itu berada dapatmendapatkan informasi yang cepat dan akurat denganadanya perpustakaan tersebut.
  • 12. Untuk memberikan kemudahan bagi proses belajarmengajar dimana perpustakaan itu beradaKemudahan itu antara lain:• Kemudahan mencari informasi• Kemudahan mencari bahan pembelajaran• Kemudahan menemukan buku yang tidak dijual di toko buku
  • 13. Terima kasihSemoga bermanfaaat