GAMES
COULD YOU BE FOCUS??
MEMILIH BADAN USAHA
1. PENGERTIAN BADAN USAHA
Istilah perusahaan dan atau badan usaha dapat kita jumpai pada
berbagai sumber dan kesempatan di...
2. FUNGSI BADAN USAHA

a. Fungsi Komersial: Fungsi komersial badan
usaha berkaitan dengan usaha untuk
menghasilkan produk ...
b. Fungsi Sosial : Fungsi sosial berhubungan
dengan manfaat badan usaha secara langsung
atau tidak langsung terhadap kehid...
3. FAKTOR DALAM MEMILIH BADAN USAHA
a. Keluwesan untuk Beraktivitas :
Pertimbangan tentang luasnya
bidang usaha yang akan ...
c. Kemudahan Pendirian : Pertimbangan
untuk pemilik yang ingin memulai usaha
yang berskala kecil. Pemilik hanya perlu
meme...
e. Kemudahan untuk Memperbesar Usaha : Pertimbangan
bagi mereka yang berpikir jauh ke depan dan optimis bahwa
usaha yang d...
4. MACAM-MACAM BENTUK BADAN USAHA
I. Macam-macam organsasi dari segi jumlah
puncak/pucuk pimpinan:
a. Organisasi Tunggal :...
II. Macam-macam organisasi dari segi keresmian
a. Organisasi Formal : Dikatakan organisasi formal apabila
kegiatan yang di...
III. Macam-macam organsasi dari segi tujuan
a. Organisasi Niaga atau Organisasi Ekonomi : Organisasi
niaga atau organisasi...
b. Organisasi sosial atau organisasi
Kemasyarakatan : Pasal 1 Undang-undang
Nomor 8 Tahun 1985 memberikan pengertian
bahwa...
IV. Macam-macam organsasi dari segi luas wilayah
a. Organisasi Daerah (Local Organization) : Organisasi
Daerah adalah orga...
c. Organisasi Regional : Organisasi Regional adalah
organisasi yang luas wilayahnya meliputi
beberapa negara tertentu saja...
6. MENGENALI PELUANG DAN MEMILIH JENIS USAHA
a. Mengenali Hingga Memilih Peluang Usaha yang Tepat :
Banyak pengusaha yang ...
b. Cara Memulai Bisnis : Banyak jalan menuju roma,
begitu pula cara seseorang menjadi wirausahawan
yang dapat dimulai dari...
c. Bidang Usaha dan Jenis-jenis Badan Usaha :
 Beberapa contoh bidang usaha yang menjadi
pilihan para pemula atau wirausa...
 Jenis usaha yang dapat dimasuki oleh para wirausahawan:
a. pertanian, meliputi usaha pertanian, kehutanan,periklanan, da...
THANK YOU FOR YOUR ATTENTION!!!
SILENT TTS......

GAMES
Ppt kelompok 3 mkuk
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Ppt kelompok 3 mkuk

909

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
909
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
35
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt kelompok 3 mkuk

  1. 1. GAMES COULD YOU BE FOCUS??
  2. 2. MEMILIH BADAN USAHA
  3. 3. 1. PENGERTIAN BADAN USAHA Istilah perusahaan dan atau badan usaha dapat kita jumpai pada berbagai sumber dan kesempatan di berbagai tempat. Kata perusahaan dan badan usaha seringkali digunakan secara bergantian untuk maksud yang sama. Padahal, kedua kata itu memiliki pengertian yang berbeda. Perusahaan merupakan unit teknis yang bertujuan untuk produksi. Adapun badan usaha merupakan unit yuridis yang bertujuan mendapatkan keuntungan. Ini berarti perusahaan itu pada dasarnya merupakan unit teknis dari suatu badan usaha untuk mencapai tujuannya mendapatkan keuntungan. Sebagai unit teknis, kegiatan perusahaan dapat kita jumpai di pabrik-pabrik karena di pabriklah dilakukan kegiatan produksi. Berbeda dengan perusahaan, pusat kegiatan badan usaha dapat kita jumpai di kantor. Meskipun demikian, tidak sedikit lokasi kegiatan perusahaan dan badan usaha bersama-sama di satu tempat atau gedung.
  4. 4. 2. FUNGSI BADAN USAHA a. Fungsi Komersial: Fungsi komersial badan usaha berkaitan dengan usaha untuk menghasilkan produk yang bermutu dan harga bersaing atau memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan. Fungsi komersial dapat mencapai sasaran yang ditetapkan dengan menerapkan fungsi manajemen dan fungsi operasional.
  5. 5. b. Fungsi Sosial : Fungsi sosial berhubungan dengan manfaat badan usaha secara langsung atau tidak langsung terhadap kehidupan masyarakat. Misalnya perusahaan lebih memprioritaskan penggunaan tenaga kerja yang berasal dari lingkungan sekitar perusahaan. c. Fungsi Ekonomi Sosial : Badan usaha adalah mitra pemerintah dalam pembangunan ekonomi nasional. Banyak peran yang dapat dilakukan badan usaha untuk membantu pemerinah, antara lain dalam peningkatan ekspor dan sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam pemerataan pendapatan masyarakat. Di lain pihak, pemerintah dapat memungut pajak dari badan usaha tersebut.
  6. 6. 3. FAKTOR DALAM MEMILIH BADAN USAHA a. Keluwesan untuk Beraktivitas : Pertimbangan tentang luasnya bidang usaha yang akan dimasuki oleh pemilik, misalnya tanpa dibatasi oleh modal, wilayah, atau batasan lainnya. b. Batas Wewenang dan Tanggung Jawab Pemilik : Pertimbangan yang memperhatikan masalah tanggung jawab terhadap utang piutang perusahaan terhadap harta pribadi.
  7. 7. c. Kemudahan Pendirian : Pertimbangan untuk pemilik yang ingin memulai usaha yang berskala kecil. Pemilik hanya perlu memenuhi syarat yang sederhana dan langsung dapat menjalankan usahannya. d. Kemudahan Memperoleh Modal : Kemudahan perusahaan dalam mendapatkan modal usaha, baik berupa modal sendiri atau modal pinjaman dari berbagai pihak seperti bank, atau bantuan dari berbagai pihak.
  8. 8. e. Kemudahan untuk Memperbesar Usaha : Pertimbangan bagi mereka yang berpikir jauh ke depan dan optimis bahwa usaha yang dijalankan akan semakin besar, menjadi pertimbangan badan usaha yang akan dipilih.
  9. 9. 4. MACAM-MACAM BENTUK BADAN USAHA I. Macam-macam organsasi dari segi jumlah puncak/pucuk pimpinan: a. Organisasi Tunggal : Dinamakan organisasi tunggal apabila pucuk pimpinan organisasi itu ada ditangan satu orang. Karena pucuk pimpinan hanya ada ditangan satu orang, segala ketentuan, kebijaksanaan dan keputusan ada ditangan pimpinan, b. Organisasi Jamak : Dinamakan organisasi jamak apabila pucuk pimpinan organisasi tersebut ada ditangan beberapa orang. Karena pucuk kepimpinan ada ditangan beberapa orang, maka segala ketentuan, kebijaksanaan dan keputusan ditentukan secara bersama malalui media rapat, sehingga hasil keputusan relatif lebih baik dibanding keputusan yang diambil perseorangan.
  10. 10. II. Macam-macam organisasi dari segi keresmian a. Organisasi Formal : Dikatakan organisasi formal apabila kegiatan yang dilakukan beberapa orang yang tergabung dalam suatu kelompok secara sadar dikoordinasikan guna tercapainya tujuan yang telah ditetapkan, sehingga orangorang yang tergabung dalam kelompok tersebut mempunyai tujuan yang jelas. b. Organisasi Informal : Organisasi informal adalah organisasi yang disusun secara bebas dan spontan, dan keanggotaanya diperoleh secara sadar/tidak sadar. Dalam organisasi informal tidak ada perincian secara tegas tentang tujuan organisasi. Biasanya organisasi informal bersifat sementara.
  11. 11. III. Macam-macam organsasi dari segi tujuan a. Organisasi Niaga atau Organisasi Ekonomi : Organisasi niaga atau organisasi ekonomi adalah organisasi yang tujuan utamanya mendapatkan keuntungan yang sebesarbesarnya. Kegiatan yang dilakukan oleh organisasi niaga adalah memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa. Organisasi niaga dibedakan menjadi organisasi niaga swasta dan organisasi niaga pemerintah. Organisasi niaga swasta didirikan oleh pihak swasta dengan berbagai macam bentuk atau jenis, misalnya Firma (Fa), Perseroan Komanditer (CV), Perseroan Terbatas (PT), Koperasi. Sedang organisasi niaga pemerintah ialah organisasi niaga yang didirikan oleh pemerintah, yang dapat dikelompokkan ke dalam empat macam bentuk, yaitu: Perseroan Terbatas Negara (Persero), Perusahaan Negara Umum (Perum) dan Perusahaan Negara Jawatan (Perjan).
  12. 12. b. Organisasi sosial atau organisasi Kemasyarakatan : Pasal 1 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1985 memberikan pengertian bahwa yang dimaksud dengan organisasi kemasyarakatan adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat warga negara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kegiatan, profesi, fungsi, agama, dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, untuk berperan serta dalam pembangunan dalam rangka mencapai tujuan nasional dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.
  13. 13. IV. Macam-macam organsasi dari segi luas wilayah a. Organisasi Daerah (Local Organization) : Organisasi Daerah adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi wilayah atau daerah tertentu. Luas wilayah suatu organisasi disesuaikan dengan pembagian wilayah yang berlaku dalam suatu negara. Di Indonesia, misalnya luas wilayah dibagi menjadi desa, kecamatan, kota administratif, kabupaten, kota, dan propinsi. b. Organisasi Nasional (National Organization) : Organisasi Nasional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi seluruh wilayah dalam suatu negara. Di Indonesia, Misalnya, Pemerintah Pusat, Organisasi Kepartaian dan kekaryaan, Organisasi yang di bentuk oleh pemerintah, organisasi kepemudaan.
  14. 14. c. Organisasi Regional : Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja. Contoh Organisasi Regional : Association of South East Asian Nations (ASEAN), League of Arab States, South Pasifik Forum (SPF), Organization of Afrika Unity (OAU), dsb. d. Organisasi Internasional (Nation Organization) : Organisasi Internasional adalah organisasi yang anggota anggotanya meliputi negara negara di dunia (United Nations Organization-UNO). Dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai Perserikatan Bangsa Bangsa(PBB).
  15. 15. 6. MENGENALI PELUANG DAN MEMILIH JENIS USAHA a. Mengenali Hingga Memilih Peluang Usaha yang Tepat : Banyak pengusaha yang mengawali usaha nya dalam situasi yang serba sulit,menghadapi kondisi yang tidak pasti atau bahkan sering menemukan jalan buntu,dan akhirnya frustasi atau hanya menunggu saja dan tidak melakukan apapun. Salah satu alat untuk mengukur semua hal yang mungkin dan tidak mungkin dilakukan dengan usahawan sebagai penilaian awal dan pemberian informasi penting,yaitu menggunakan analisis terhadap kelemahan, kekuatan,peluang, dan ancaman (strengths, weaknesses, opportunities, threats) atau yang lebih dikenal dengan sebutan analisis SWOT.
  16. 16. b. Cara Memulai Bisnis : Banyak jalan menuju roma, begitu pula cara seseorang menjadi wirausahawan yang dapat dimulai dari mana saja, kapan saja, baik dilakukan sendiri maupun bekerja sama dengan oranglain. Cara-cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk memulai bisnis (usaha), adalah sebagai berikut : • Memulai bisnis baru. • Membeli bisnis yang sudah ada. • Mengembangkan bisnis yang sudah ada. • Memilih usaha franchise.
  17. 17. c. Bidang Usaha dan Jenis-jenis Badan Usaha :  Beberapa contoh bidang usaha yang menjadi pilihan para pemula atau wirausahawan baru adalah: • Usaha dibidang makanan atau kuliner. • Usaha pakaian atau perhiasan. • Usaha yang terkait dengan tempat tinggal. • Usaha pendidikan. • Usaha yang terkait dengan rekreasi. • Usaha pendukung atau mempermudah orang lain menjalakan usaha.
  18. 18.  Jenis usaha yang dapat dimasuki oleh para wirausahawan: a. pertanian, meliputi usaha pertanian, kehutanan,periklanan, dan agrobisnis. b. Pertambangan, melliputi usaha seperti galian pasir,tanah, batu, dan batu bata. c. Pabrikasi, meliputi usaha industri perakitan dan sintetis. d. Konstruksi,meliputi usaha konstruksi bangunan,jembatan, perairan, dan jalan raya. e. Perdagangan, meliputi usaha perdagangan kecil. f. Jasa keuangan, meliputi usaha perbankan, asuransi dan koperasi. g. Jas perorangan, meliputi uasaha pangkas rambut. h. Jasa pendidikan, meliputi membuka lembaga pelatihan atau kursus-kursus. i. Jasa transportasi, meliputi pengangkutan. j. Jasa pariwisata, meliputi jasa biroperjalanan, pramuwisata.
  19. 19. THANK YOU FOR YOUR ATTENTION!!!
  20. 20. SILENT TTS...... GAMES
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×