Your SlideShare is downloading. ×
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Digital subcriber line by haniftea
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Digital subcriber line by haniftea

165

Published on

Published in: Self Improvement
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
165
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
8
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. DIGITAL SUBCRIBER LINEBy :Anzar SalihudinHanif Saiful MalikRexy Muhamad AkbarTriana
  • 2. MENU Jenis – JenisPendahuluan Teknologi DSL PerbedaanPengertian tiap DSl
  • 3. Pendahuluan Jaringan Telepon pada awalnya diciptakan untukmenyediakan komunikasi suara. Kebutuhan untukberkomunikasi data digital menghasilkan penemuan modemdial-up. Dengan kemajuan Internet, maka kebutuhan untukmen-download berkecepatan tinggi dan meng-upload sangatdiperlukan, sayangnya modem hanya terlalu lambat.Perusahaan-perusahaan telepon menambahkan sebuahteknologi baru yang mereka namakan Digital Subscriber Line(DSL). Meskipun modem dial-up masih ada di banyaktempat di seluruh dunia, DSL menyediakan akses lebihcepat ke Internet melalui jaringan telepon. Dalam babini, pertama-tama kita membahas struktur dasar darijaringan telepon. Kemudian melihat bagaimana modemdial-up dan teknologi DSL yang menggunakan jaringan untukmengakses Internet.
  • 4. Pengertian DSLApa itu DSL?Digital Subsriber Line (DSL) adalah teknologi akses denganperangkat khusus pada central office dan pelanggan yangmemungkinkan transmisi broadband melalui kabeltembaga, teknologi ini sering disebut juga dengan istilah teknologisuntikan atau injection teknologi. Sehingga kabel telepon biasa yangtelah ada dapat dipakai untuk menghantarkan data dalam jumlah yangbesar dan dengan kecepatan yang tinggi. Telepon hanya menggunakansebagian frekwensi yang mampu dihantarkan oleh kabel tembaga.Sedangkan DSL memanfaatkan lebih banyak frekwensi denganmembaginya (splitting), frekwensi yang lebih tinggi untuk data danfrekwensi yang lebih rendah untuk suara dan fax. Jarak pemakai keCO menentukan kecepatan DSL. Makin jauh jarakpemakai, kecepatan makin rendah.
  • 5. Jenis – Jenis DSL IDSL SDSL ADSL ADSL Lite HDSL VDSL G.SHDSL RDSLHOME END
  • 6. IDSL (ISDN Digital Subscriber Line) Teknologi yang berbasis pada teknologi ISDNBRI (Basic Rate Interface). IDSL menawarkan layananseperti BRI dengan kecepatan kirim (uplink) danterima (downlink) yang sama sebesar 144 kbps, tetapidengan perangkat yang lebih murah. IDSL hanyamenawarkan layanan komunikasi data tidak untukkomunikasi suara pada jalur yang sama.
  • 7. SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line) Teknologi ini menggunakan kecepatan data 784kbps, baik untuk kirim (uplink) atau terima (downlink).Seperti halnya IDSL, SDSL hanya menawarkankomunikasi data saja. SDSL merupakan solusi yang cocokuntuk kalangan bisnis untuk digunakan sebagaikomunikasi antar cabang atau hubungan situs web keinternet. SDSL sangat cocok digunakan untuk mengaksesinternet kecepatan tinggi untuk perumahan karenamemberikan kecepatan atau lebar pita sampai 2.3 Mbpsdan diberikan secara simetris, dengan jarak maksimumsampai 2.4 Km. Sangat cocok untuk akses LAN jarak jauh(remote LAN), layanan VOD (Video OnDemand), residential video converencing dan lain-lain.Adapun contoh koneksi SDSL dapat dilihat pada gambarberikut:
  • 8. ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) Teknologi perangkatpertama yang di set adalah DSLAsimetris (ADSL). ADSL, seperti modem 56K inimenyediakan kecepatan tinggi (bit rate) untukmengunggah (dari Internet kependuduk) daripadadownload (dari warga ke internet). Itulah Alasannyadisebut Asimetris. Berbeda dengan Asimetri pada modem56K, para perancang Khusus ADSL membagi bandwidthyang tersedia dari loop lokal tidak merata untukperumahan pelanggan. Layanan ini tidak cocok untukpelanggan bisnis yang membutuhkan bandwidth besarpada kedua arah. Untuk uplink bisa mencapai 8 Mbpssementara untuk downlink bisa mencapai 1 Mbps denganjarak kabel maksimum samapi dengan 5,5 km.
  • 9. Asymetric Digital Subriber Line Lite Pemasanganpemisah di antara tempat dan kabel baruuntuk media data dapat cukup mahal dan tidak praktis untukmencegah pelanggan. Sebuah teknologi versi baru dariADSLyang disebut ADSL Lite (Universal ADSL/ADSL splitterless)sudah tersedia untuk para pelanggan. Teknologi inimemungkinkan sebuah modem ASDL Lite untuk dipasanglangsung ke jack telepon dan terhubung ke komputer.pemisahan ini dilakukan di perusahaan telepon. ADSL Litemenggunakan operator 256 . DMT dengan modulasi 8-bit(bukan 15-bit). Namun, beberapa operator mungkin tidakmenyediakan karena kesalahan yang diciptakan oleh sinyalsuara mungkin berbaur dengannya. Hal ini dapat memberikantingkat downstream data maksimum sebesar 1,5 Mbpsdantingkat data upstreamdari 512 kbps.
  • 10. HDSL (High-bit-rate Digital Subcriber Line) High-bit-rate DigitalSubscriber Line (HDSL)dirancang sebagai alternatif dari T-lline (1,544Mbps) Untu k jarak yang jauh, akan diperlukan sebuahrepeater, yang berarti biayaakan meningkat. HDSLmenggunakan 2B1Q pengkodean (lihat Bab 4), yangkurang rentan terhadap redaman. Tingkat data 1,544Mbps (kadang-kadang sampai 2 Mbps) dapatdicapai tanpa repeater hingga jarak 12.000 ft (3,86km). HDSL menggunakan dua pasang twisted (satupasang untuk masing-masing arah). Untuk mencapaitransmisi Full-Duplex
  • 11. VDSL (Very High-bit-rate DigitalSubcriber Line ) Very high-bit-rate Digital Subscriber Line(VDSL), adalahsebuah pendekatan alternatif yangmirip dengan ADSL, yang menggunakan kabelkoaksial, serat optik, atau twisted-pair untuk jarakpendek. Teknik modulasinya adalah DMT. Teknik inimenyediakan berbagai kecepatan bit (25-55 Mbps)untuk komunikasi hulu pada jarak 3000 sampai 10.000ft dan Tingkat hilir biasanya 3,2 Mbps.
  • 12. G.SHDSL (Single-pair High-speed DSL Teknologi DSL yang satu ini dapat melayanipenggunanya dengan fitur multi-rate (kecepatan yang dapatberbeda-beda), multi-service, dengan jarak jangkauan yanglebih panjang dari teknologi DSL yang lainnya, dan dapatdikuatkan sinyalnya sehingga dapat berjalan sangat jauh.G.SHDSL ini dapat memberikan penggunanya kecepatantransfer mulai dari 192 Kbps sampai dengan 2,3 Mbps.Teknologi ini diklaim dapat memberikan jarak jangkauan30 persen lebih besar daripada teknologi DSL lainnya yangada saat ini. Teknologi ini diharapkan nantinya dapatmenggantikan implementasi dari SDSL yang ada saat ini.
  • 13. RDSL (Rate Adaptive Digital SubscriberLine) RDSL merupakan salah satu teknologiDSL, dimana teknologi ini dapat bekerja pada data rateyang berbeda tergantung pada panjang kabel danjaraknya.
  • 14. TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA

×