Prinsip prinsip etika bisnis

12,410 views
12,035 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
12,410
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
348
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Prinsip prinsip etika bisnis

  1. 1. Sonny Keraf (1998)1. Otonomi2. Kejujuran3. Keadilan4. Saling Menguntungkan (mutual benefit principle)5. Integritas Moral Main page
  2. 2. Ada tujuh Prinsip yang dideklarasikan:1. Tanggung jawab bisnis2. Dampak ekonomi dan social bisnis3. Perilaku bisnis4. Menghargai hukum/peraturan bisnis5. Mendukung perdagangan multilateral6. Menghormati/memperhatikan dampak lingkungan7. Menghindari praktek yang haram Main page
  3. 3. Jawaban sementara/umum: “Masih banyakberhadapandengan beberapa masalah dan kendala” yang antara lain;
  4. 4. Kendala & Masalah yang dimaksud al;1. Standar moral para pelaku bisnis pada umumnya masih lemah;2. Para pelaku bisnis/perusahaan mengalami konflik kepentingan;3. Situasi politik dan ekonomi belum stabil;4. Lemahnya penegak hukum;5. Belum ada organisasi profesi bisnis dan manajemen yang berani menegakkan kode etik bisnis.
  5. 5. Dewan direksi suatu perusahaan susu yang memproduk dan mendominasi pasar susu segar ingin meraih keuntungan yang signifikan, dg tujuan antara lain;1. Memberikan deviden yg lebih tinggi kpd pemilik modal2. Meningkatkan kesejahteraan karyawan3. Membeli sapi unggulan4. Membeli alat yang mutakhir5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas Produk (susu) Main page
  6. 6. Agar tujuan tersebut tercapai dewan direksimerencanakan dengan strategi menaikkanharga, dalam hal ini berarti telahmengesampingkan anak-anak balita yangorang tuanya kurang mampu untukmembelinya. Ada salah seorang direksimenentang kibijakan tersebut, karenaperusahaan sudah dikenal dan memahamibetul kebutuhan masyarakat dan menjualsusu dengan harga terjangkau merupakantujuan dan merupakan kewajiban sosialperusahaan. Main page
  7. 7. Permasalahannya Adalah:1. Apakah tepat/bagaimana pandangan Saudara tentang perusahaan membuat kebijakan tersebut semata-mata untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi?2. Bagaimana tanggapan Saudara terhadap salah satu direksi yang menentang kebijakan tersebut?3. Etika apa yang harus diperhatikan pelaku bisnis agar tidak merugikan sepihak?
  8. 8. Prinsip-Prinsip Etika Profesi Dalam tuntutan profesional sangat erat hubungannya dg suatu kode etik u/ masing- masing profesi. Adapun prinsip-prinsip etika profesi adalah:1. Tanggung jawab, => melakukan pekerjaanya tugasnya dg sebaik-baiknya, hasil maksimal, mutu yg terbaik.2. Keadilan, => tidak merugikan hak dan kepentingan pihak tertentu, khussusnya org yg dilayani dlm kaitannya dg profesinya
  9. 9. Prinsip-Prinsip Etika Profesi Lanjutan …..3. Prinsip Otonomi;4. Prinsip Integritas Moral Hakekat dan ciri-ciri profesi diatas, mereka mempunyai komitmen pribadi u/ menjaga keluhuran profesinya, nama baiknya dan juga kepentingan orang lain maupun masyarakat luas.
  10. 10. Persolanan yang masih dievaluasi…!!! Apakah bisnis sebuah profesi? Bila ya profesi yang bagaimana? Profesi etis atau sebaliknya (kotor)?
  11. 11. Bisnis Bisa Menjadi Profesi Etis?Sistem politik ekonomi yang kondusif;Prinsip-prinsip etis yang baik;Aturan hukum bisnis secara fair danbaik;Sistem pemerintahan yang adil danefektif
  12. 12. Bisnis Bisa Menjadi Profesi Kotor? Dilakukan dengan penuh intrik; Penuh tipu daya (tidak jujur); Penuh jual beli kekuasaan ekonomi dan politik; Penuh dengan KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme); Penuh dengan muatan politis; Tidak mematuhi hukum/aturan yang ditetapkan.
  13. 13. Bisnis Sebagai Profesi yang LuhurDewasa ini dunia bisnis sdh dianggap sbg suatuprofesi, karena didalanya pelaku bisnis tersbtmemegang teguh prinsip-prinsip sbg orang ygberprofesi, ia berkomitmen menjadi pribadi danbermoral pada kepentingan pihak-pihak ygterkait.Profesional: org yg memiliki komitmen pribadi ygtinggi, serius menjalankan pekerjaanya,bertanggung jawab atas pekerjaannya agar tidaksampai merugikan pihak lain.
  14. 14. Bisnis Tidak Dianggap/Belum Sbg Profesi yang LuhurBisnis hampir tdk pernah/blm dianggap sbgsuatu profesi yg luhur, bahkan sebaliknyaseakan ada jurang yg memisahkan dunia bisnisdg etika, tentu saja ini terutama disebabkanoleh suatu pekerjaan kotor, tipu menipu,penuh kecurangan dan etika buruk, shg tdkheran bila bisnis mendapat predikat jelek, sbgkerjanya orang-orang kotor.
  15. 15. ETIKA PROFESIEtika bisnis termasuk dalam etika profesi
  16. 16. ETIKA PROFESIDefinisi Profesi:Pekerjaan yang dilakukan untuk nafkah hidup denganmengandalkan keahlian dan ketrampilan yang tinggidan dengan melibatkan komitmen pribadi (moral)yang mendalam, dg demikian maka…Profesional adalah:Orang yg melakukan suatu pekerjaan purna waktudan hidup dari pekerjaan itu dg mengandalkankeahlian dan ketrampilan yg tinggi serta mempunyaikomitmen pribadi yg mendalam atas pekerjaan itu.
  17. 17. Orang yang Profesional?“Mereka yang mempunyai komitmen pribadiyang mendalam atas pekerjaannya itu. Iamelibatkan seluruh dirinya dan dengangiat, tekun dan serius menjalankanpekerjaannya, dengan kesadaran yang tinggidan yakin bahwa pekerjaannya telah menyatudengan dirinya”.
  18. 18. CIRI-CIRI PROFESI1. Memiliki keahlian dan ketrampilan khusus;2. Adanya komitmen moral yang tinggi;3. Profesional atau hidup dari profesinya;4. Mempunyai tujuan mengabdi untuk masyarakat;5. Memiliki sertifikasi maupun izin atas profesi yang dimilikinya.
  19. 19. CONTOH KASUSBeretika atau tidakkah: “Investigasi Bakso Tikus”(Sumber Majalah Gatra dan Tempo Intraktif)Sebuah TV swasta, telah melakukan reportase daninvestigasi laporan adanya penjualan bakso dgmemakai daging tikus. Dampaknya banyak pedagangbakso tdk laku. Kmd terjadi aksi protes dan pihakstasiun TV tersbt mengadakan acara makan baksobersama u/ melakukan tindakan klarifikasi hal ini,sehingga pedagang bakso yg tdk laku tadi bisaberjualan kembali.
  20. 20. DISKUSIKAN CONTOH KASUS TERSEBUT1. Apakah pihak stasiun TV bisa dikatakan beretika?2. Bagaimana bila posisi Saudara sbg pihak manajemen TV tersebut?3. Dan bagaimana bila Saudara sebagai penjual bakso?
  21. 21. Terimakasih Main page

×