01 pengertian-sejarah-dan-metode-sejarah-peradaban-islam

23,933 views
23,528 views

Published on

0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
23,933
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
258
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

01 pengertian-sejarah-dan-metode-sejarah-peradaban-islam

  1. 1. Pengertian Sejarah dan Metode Sejarah Peradaban Islam Oleh : Sholihul Anshori
  2. 2. PENGERTIAN SEJARAH Kata sejarah berasal dari bahasa arab “syuajaratun”, artinya phon. Apabila digambarkan secara sistematik, sejarah hampir sama dengan pohon, memiliki cabang dan ranting, bermula dari sebuah bibit, kemudian tumbuh dan berkembang, lalu layu dan tumbah. Seirama dengan akta sejarah adalah silsilah, kisah, hikayat yang berasal dari bahasa Arab.
  3. 3. Menurut definisi yang umum, katahistory berarti masa lampau umatmanusia, Dalam bhs Jerman disebutgeschichete, berasal dari kata geschehenyang berarti terjadi. Sedangkan dalambahasa arab disebut tarikh, berasal dariakar kata ta’rikh dan taurikh yang berartipemberitahuan tentang waktu dankadangkala kata tarikhul syai’Imenunjukan arti pada tujuan masaberakhirnya suatu peristiwa.
  4. 4. Dalam pengertian lain, sejarah adalahcatatan berbagai peristiwa yang terjadipada masa lampau. Dalam pengertianyang lebih seksama sejarah adalah kisahdan peristiwa masa lampau umatmanusia.
  5. 5. Sejarawan muslim Ibnu Khaldunmendefinisikan, sejarah adalahcatatan tentang masyarakat umatmanusia atau peradaban dunia;tentang perubahan-perubahan yangterjadi pada watak masyarakat,tentang revolusi dan pemberontakanoleh segolongan rakyat melawangolongan yang lain.
  6. 6. Adapun menurut Sidi Gazalba,sejarah adalah gambaran masa lalutentang manusia dan sekitarnyasebagai makhluk sosial, yangdisusun secara ilmiah dan lengkap,meliputi urutan fakta masa tersebutdengan tafsiran dan penjelasan yangmemberi pengertian dan kpahamantentang apa yang telah berlalu itu.
  7. 7. Dengan demikian, pengertian SejarahPeradaban Islam adalah keteranganmengenai pertumbuhan danperekmbangan peradaban Islam dari satuwaktu ke waktu yang lain, sejak zamanlahirnya Islam sampai sekarang. Cabang Ilmu yang berhubungandengan pertumbuhan dan perkembanganperadaban Islam, baik dari segi ide dankonsepsi maupun segi institusi danoperasional sejak zaman NabiMuhammad sampai sekarang.
  8. 8. 4 hal langkah mengembangkan peradabanIslam : 1. Konstruksi, artinya apakah sejarah yang berlaku dahulu yang masih berkaitan disusun, dip;ahami, dihayati dan dicerna. 2. Interpretasi, artinya sejarah yang berkaitan dengan yang masih berlaku ini apakah masih dapat dijadikan pedoman dan pakah masih perlu dikembangkan atau perlu dihilangkan.
  9. 9. 3. Transformasi, artinya sejarah perlu ditransfer dan dikembangkan agar mampu mengisi tuntutan globalisasi4. Rekonstruksi, artinya melakukan konstruksi ulang secara runtut dan sistematik agar ada keserasian dan kesuaian dengan zaman bahwa tuntutan global hendaknya mampu menyediakan model peradaban Islam dengan tujuan mampu menghadapi masalah lokal dan global.
  10. 10. METODE SEJARAHMetode sejarah adalah proses mengujidan menganalisis secara kritis rekamandan peninggalan masa lampau.Rekonstruksi yang imaginatif dari masalampau berdasarkan data yang diperolehdengan menempuh proses itu disebuthistoriogratfi (penulis sejarah).
  11. 11. METODE PENGGALIAN SEJARAHDalam penggalian sejarah terdapatbeberapa metode yang dapatdigunakan. Untuk menggali da yangvalid berkaitan dengan sejarahdiperlukan metode penggalian sejarahyang akurat. Penggalian sejarah padaumumnya menggunakan metode lisan,observasi dan dokumenter.
  12. 12. a. Metode Lisan (Interview)Dengan metode ini pelacakan suatuobyek sejarah dilakukan denganinverview. Metode interview atauwawancara disebut juga metodekuesioner lisan karena terjadi suatudialog yang dilakukan olehpewawancara (interviewer) untukmemperoleh informasi dariterwawancara (interviewee)
  13. 13. b. Metode ObservasiDengan metode observasi, objek sejarahdiamati secara langsung. Sebelum penelitiandimulai atau pertama kali terjun ke lapangan,metode observasi sangat penting untukdigunakan dalam sebuah penelitian. Metodeobservasi merupakan metode pengumpulandata, yakni penyelidikan yang dijalankansecara sistematis dan sengaja diadakandengan menggunakan alat indera terhadapkejadian yang bisa langsung ditangkap.
  14. 14. c. Metode DokumenterMetode ini berusaha mempelajari secara cermatdan mendalam segala catatan atau dokumentertulis. Metode dokumentasi merupakan metodepengumpulan data yang digunakan untukmengetahui data yang dapat dilihat secaralangsung. Sebagai laporan tertulis dari suatuoperistiwa yang isinya terdiri dari penjelasan danpemikiran terhadap peristiwa dan sengajamenyimpan keterangan-keterangan tertentu ataucatatan-catatan. Metode ini sangat efektif danefisien dalam penggunaan waktu dan tenagakarena cukup dengan melihat catatan yg ada.
  15. 15. METODE PENULISAN SEJARAH Adapun dalam penulisan sejarah, demikian pula sejarah Peradaban Islam, metode yang dapat digunakan adalah metode deskriptif, komparatif, dan analisis sintetis.
  16. 16. a. Metode DeskriptifDengan metode ini ditunjukkan untukmenggambarkan adanya peradan Islamtersebut, maksdunya ajaran Islamsebagai agama samawi yang dibawaNabi Muhammad yang berhubungandengan peradaban diuraikansebagaimana adanya, dengan tujuanuntuk memahami yang terkandungdalam sejarah tersebut.
  17. 17. b. Metode KomparatifMetode ini merupakan metode yang berusahamembandingkan sebuah perkembanganperadaban Islam dengan peradaban Islam lainnya.Melalui metode komparatif dimaksudkan bahwaajaran ajaran Islam tersebut dicomparasikandengan fakta-fakta yang terjadi dan berekmbangdalam waktu serta tempat-tempat tertentu untukmengetahui adanya persamaan dan perbedaandalam suatu permasalahan tertentu. Dengandemikian, dapat diketahui pula adanya garistertentu yang menghubungkan peradan Islamdengan peradaban yang dibandingkan.
  18. 18. c. Metode Analisis SintetisMetode ini dilakukan dengan melihat sosikperadaban Islam secara lebih kritis, dan analisisdan bahasan yang luas serta kesimpulan yangspesifik, Dengan demikian, akan tampak adanyakelebihan dan kkhasan peradan Islam. Haltersebut akan lebih jelas dengan adanya,pendekatan sintetis yang dimaksudkan untukmeperoleh kesimpulan yang diambil untukmemperoleh satu keutuhan dan kelengkapankerangka pencapain tujuan serta manfaatpenulisan sejarah peradaban Islam.
  19. 19. ILMU DASAR SEJARAHUntuk membantu diperolehnya data historiyang akurat dibutuhkan ilmu-ilmupendukung yang akan memperkuatkeberadaan sejarah ilmu-ilmu lain yangdibutuhkan oleh ilmu sejarah terbagaimenjadi dua; ilmu-ilmu dasar sejarah danilmu-ilmu bantu sejarah. Ilmu-ilmu dasar sejarah meliputi :
  20. 20. 1. Paleografi (ilmu khath)Paleografi adalah pengetahuan mengenaitulisan-tulisan kuno. Melalui paleografi dapatdiketahui beberapa hal, yaitu 1) bentuk-bentuktulisan, misalnya bentuk-bentuk tulisan Arab;seperti tumar, nasakhi, tsulus, farisi, maghribu,ghubar, diwani, qiqairamah, dan lain-lain; 2) caramembaca tulisan-tulisan kuno, seperti tulisanMesir kuno yang terdapat di Piramida, tulisanArab sebelum Islam, tulisan Ibrani, tulisan Jawadengan bahsa sansekerta, 3) kapan & dimanatulisan itu dibuat, sebab tulisan-tulisan itumengalami perubahan-perubahan baik karenawaktu maupun tempat yang berbeda.
  21. 21. 2. DiplomatikDiplomatik adalah suatu cabangpengetahuan yang menyelidikitanggal, tempat serta keasliandokumen-dokumen tertulis. Dahuludiplomatik hanya dikhususkan untukpenyelidikan dokumen resmi, namundalam perkembangannya termasukdokumen yang tidak resmi, yangbersifat pribadi.
  22. 22. 3. EpigrafiEpigrafi adalah cabangpengetahuan mengenai inskripsiatau tulisan yang terdapat dalammonumen, baik mengenai teknikpembuatannya maupun isiteksnya. Misalnya tulisan dibatunisan makam-makam kuno.
  23. 23. 4. KronologisKronologis adalah cabangpengetahuan masalah kesatuanwaktu, seperti kalender Julius(model lama) dan Gregorius(model baru) dalam kalenderMasehi, tahun hijriyah dalamIslam (1 H = 622M), tahun saka (1saka = 78 M), dan lain-lain.
  24. 24. 5. SigilografiSigilografi adalah pengetahuanmengenai segel yang dipergunakanoleh para raja, khalifah, gubernur,paus, pengawai pemerintah, dan lain-lain. Dengan mengetahui bentuk-bentuk segel dan carapenggunaannya, maka akan diketahuiapakah dokumen tersebut asli ataupalsu.
  25. 25. 6. HeraldryHeraldry adalah pengetahuan tentangtanda-tanda atau simbol istimewa yangterdapat dalam stempel, baju besi, pakaianpara pembesar, pada bendera danpakaian tentara. Dalam sejarah Islam padamasa-masa pemerintahan Bani Saljuk,Bani Ayyub, Mamalik dan Turki Usmaniterdapat simbol-simbol dan tanda-tandayang menunjukkan jabatan tertentu yangdisandanya.
  26. 26. 7. NumismatikNumismatik adalah pengetahuan utnukmengadakan klasifikasi dan menguraikansecara deskriptif mengenai mata uangmenurut negeri atau zamannya, termasukdi dalamnya adalah medali. Gambar-gambar dan tulisan dalam mata uangmemberikan manfaat yang sangatpenting dalam memberikan manfaat yangsangat penting dalam memberikand atasejarah.
  27. 27. 8. GenealogiGenealogi adalah pengetahuan tentangasal usul dan silsilah termasuk jugadaftar para pembesar dan pegawai.Bangsa Arab sangat mementingkansilsilah ini, sehingga ada buku khususuntuk mencari silsilah. Daftar parakahlifah dengan angka tahunkekuasaannya yang tepat harusdiketahui oleh para sejarawan.
  28. 28. ILMU BANTU SEJARAH

×