Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Tips lolos psikotes
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Tips lolos psikotes

  • 13,561 views
Published

psikotes

psikotes

Published in Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • @bima95
    tes orang gila ini pak, jangan sok suci dan bersih sebagai psikiater. Psikiater suka memvonis orang dengan tes semacam ini padahal secara fakta sangat bertolak belakang hasil tes dengan kebenaran hidup seseorag. Tes ini hanya mencari masalah saja. Psikiaternya juga punya kelainan jiwa mengukur pribadi dan sifat seseorang dengan alat bukanlah hal yang benar. Banyak orang yang lolos hasil psikologis ternyata koruptor dan penjahat bedanya dia mampu menahan emosi.
    Orang Psikiater selalu memvonis kalau orang yang suka bicara blak-blakan adalah jelek dan pasti pembuat kriminal, dasar darimana? Tols yang digunakan juga merupakan buatan dan dibuat-buat saja.
    Contohnya saat ini saya memprotes psikiater dan hasil prikologis pada laman ini, pasti langsung dicap sebagai orang yang memiliki mental goyah dan cenderung berbuat jahat. Memangnya psikiater TUhan sehingga bisa mencap dan menjustis seperti itu.
    Bagaimana kalau sekarang kita gantian, saya yang jadi psikiater dan anda adalah orang yang di tes kejiwaannya. Bagaimana kalau hasil tes tersebut oleh saya anda dinyatakan punya kencendrungan berbuat jahat? apakah anda dapat terima? Tentu tidak bukan. Sebagai manusia tentu anda tidak ingin dibilang begitu sebab hasil tes itu sebagai hasil dari tes jiwa bersifat tetap, namun anehnya kok bisa saja berbeda disuatu saat ketika tes serupa bagi seseorang yang dinyatakan lolos tes. Ini aneh?
    Tes pertama di suattu instanti tidak lolos, tes kedua tidak lolos tes ketiga bisa lolos, iini tes macam apa? Bukankah yang di tes tersebut jiwa dan kepribadian? Kok jiwa dan kepribadian bisa berubah? tidak masuk akal. Jadi disitulah letaknya tes psikologis menurut saya bukanlah sebuah tes yang benar tetapi sebuah tes yang mengada-ada.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • @bima95
    Tes pelanggar HAM ya ini tes psikologis
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • @IndriRahl
    Tes ini bukan membantu tetapi menyusahkan, bikin kesal dan melanggar HAM
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • thanks ...sgt membantu ^_^
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • GJ (Good Job)
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
13,561
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
336
Comments
5
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Tips lolos psikotesPhsicology Test/Tes Psikologi atau psikotes/psikotest sebagai bagian dalam tahapan penerimaan calon pegawai.Keunikan dari tes ini adalah pada “ketidakpastiannya”. Mengapa? Karena faktor dapat memutarbalikanperhitungan logis potensi seseorang. Sebagai contoh, seseorang lulusan perguruan tinggi terbaik di negeri inidengan IPK : 3 koma dan berpengalaman sebagai asisten dosen, tidak dapat lolos dari lobang jarum ujian psikotessehingga akhirnya harus berwirausaha karena belum pernah mampu melewati psikotes untuk diterima bekerja disebuah perusahaan. Memang ini ironi, namun ini fakta. Psikotes memang merupakan fenomena tersendiri bagipara pelamar kerja. Penulis juga pernah menghadapi hal serupa, untuk kemudian harus bangkit melalui proses“learning by doing”. Penulis bukan seorang psikiater maupun phsicology tester, namun beberapa tips yang akandishare berikut ini, berdasarkan pengalaman penulis ketika menghadapi psikotes, diharapkan mampu membantumengurangi kegagalan psikotes Anda:1. Tes Logika Aritmatika. Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalahkemampuan analisa anda dalam memahami polapola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untukkemudian memprediksikan halhal lain berdasarkan pola tersebut. Tipsnya:1) jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3 4angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupaurutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.2) Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soalyang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal dibawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.3) Anda bisa melatihkemampuan anda ini dari bukubuku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur.Contoh:16 8 4 2 1 1/2 C C45 15 18 6 9 3 C C2. Tes Logika Penalaan. Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tesini adalah kemapuan anda dalam memahami polapola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untukkemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut: Tipsnya: konsetrasi, hatihati dan teliti. Karenabentukbentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama.Contoh:
  • 2. 3. Analog Verbal Test. Tes ini terdiri atas 40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukurdalam tes ini adalah kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahamisebabakibat suatu permasalahan. Tipsnya: Apabila anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, anda bisamembypassnya dengan menghafal soal dan jawaban. Karena beberapa kali penulis menghadapi tes in, soal yangdiberikan relatif sama. Contoh:wanita : kebaya = pria :a. sepatu b. baju c. topi d. jaskubus : pyramid = empat persegi :a. peti b. mesir c. pentagon d. segitiga4. Kraeplien/Pauli. Tes ini terdiri atas gugusan angkaangka yang tersusun secara membujur (atasbawah) dalambentuk lajurlajur. Calon pegawai diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu disetiap kolom dan menuliskan disampingnya. Yang diukur dalam tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikapterhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatupekerjaan. Tipsnya :1) Jangan sekalipun menggunakan pensil mekanis dalam tes ini melainkan pensil biasa atau pulpen saja, karena tesini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis membutuhkan direload ketika ujung granitnya habis, mekanismeini membutuhkan waktu sekitar 0.51 detik. Apabila anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti anda telahkehilangan waktu 510 detik.2) Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masingmasing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baik jikadibandingkan anda memaksakan diri di awal tes namun tergopohgopoh di pertengahan dan akhir tes. Kendalikandiri anda untuk menghemat tenaga.3) Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan andasendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan dan itu berartijustru membuang waktu dan memubuat grafik penjumlahan anda tidak alami. 4) Hal yang paling penting darikeseluruhan tes kraeplein adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blank padapertengahan tes, namunanda harus bisa bangkit & fokus lagi pada tes. Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidakbegadang dan sarapan dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi anda.5. Wartegg Test. Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukanbentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garismelengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu
  • 3. menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalamtes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Contoh:Tipsnya adalah:1) Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor danacak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acakmisalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderungsuka akan „breaking the low„.2) Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal iniberpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakanpenulis untuk melewati tahap psikotes ini:6. Draw A Man Test (DAM). Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk kemudian andadeskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggungjawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja. Tipsnya:1) Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil mukaseperti mata, hidung, mulut dan telinga.2) Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawacangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper dsb.7. Army Alpha Intelegence Test. Tes ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretanbentuk. Soal satu soal kadang terkait dengan soal sebelumya. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan dayatangkap Anda dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat. Tipsnya : konsentrasilahkepada apa yang dikatakan narator, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan waktu yangdiberikan sangat terbatas. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberikan instruksi. Contoh:Narator akan mediktekan soal sebagai berikut : “Coretlah angka ganjil dalam kotak dan coretlah angka genap yangberhuruf dalam lingkaran, kerjakan!” dan pada lembar jawaban akan diberikan gambar sebagai berikut:
  • 4. 8. Menggambar Pohon. Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria :berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada andamenggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyllainnya. Tipsnya :1) Pada setiap tes menggambar pohon yang pernah dilalui, penulis selalumenggambar pohon nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium.2) Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detil dan rinci setiapkomponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon.3) Untuk hasil yang lebih maksimal, fotolah pohon tersebut, pelajari karakter jenis pohonnya, kemudian latihlahkemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut.9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS). Tes ini terdiri atas pilihanpilhan jawaban yang palingmencerminkan diri anda. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motifseseorang. Tipsnya:1) Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karenapertanyaan akan berulang di nomornomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akanmerugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yanganda lamar.2) Secara keseluruhan, tes EPPS ini memang paling sulit untuk diadjustment (diakali), namun setidaknya adabeberapa pertanyaan yang bisa diadjustment untuk disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang anda pilihan.Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai Bank, pilihlah jawabanjawaban yang mencerminkan kejujuran,keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork.3) Karena sulitnya proses adjusment tehadap tes ini, jalan paling praktis yang dapat ditempuh adalah memperbaikidiri (self improvement) anda dalam segala hal, setup diri anda menjadi seakanakan seseorang profesional dalamsetiap tingkah laku keseharian anda seperti: jujur, tepat janji, tanggung jawab dan disiplin. Karena cerminan polapikir dan tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes. Contoh Soalnya:A. Saya suka memuji orang yang saya kagumiB. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
  • 5. A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lainB. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajibankewajiban10. Learning By Doing. Pengalaman memang guru yang paling baik. Lakukan perbaikanperbaikan secara continue baik terhadap diri anda maupun terhadap kemampuan anda, di setiap psikotes yang andahadapi. Misalnya seperti : melatih diri terhadap kesalahan/kesulitan yang dihadapi pada psikotes sebelumnya,membaca kembali materi psikotes secara keseluruhan semalam sebelum menghadapi psikotes (refreshment) danmempersiapkan fisik sebaikbaiknya karena pada dasarnya psikotes akan selalu Anda kerjakan dalam keadaantegang dan tekanan. Karena dengan mekanisme tersebut, psikotes bukan meruapakan momok yang harus andahindari, namun anda akan lambat laun berteman dan akrab dengan psikotes.
  • 6. Apa itu wartegg tes ?Tes wartegg adalah alat yang digunakan untuk pemeriksaan kepribadian seseorang yang berkaitan dengan tujuanseleksi. Tes ini pertama kali dikembangkan oleh Krueger dan Sander dari universitas leipzig yang tujuanutamanya adalah eksplorasi kepribadian dasar manusia seperti emosi, imajinasi, kontrol, fungsi realitas yang adapada setiap orang namun berbeda intensitas dan interelasinya.Dalam wartegg test , ada 8 kotak yang berisikan 8 simbol berbeda yang masing-masing harus anda kembangkanmenjadi 8 gambar utuh berbeda. Berikut gambar 8 simbol nya :Deskripsi jawaban wartegg test : 1. Gambar 1 menunjukkan kemampuan proses adaptasi seseorang terhadap lingkungannya 2. Gambar 2 menunjukkan fleksibilitas perasaan 3. Gambar 3 menunjukkan motivasi atau dorongan hasrat untuk maju 4. Gambar 4 menunjukkan standar bagaimana cara seseorang mengatasi kesulitan dan masalah 5. Gambar 5 menunjukkan bagaimana cara seseorang bertindak dan mengambil keputusan 6. Gambar 6 menunjukkan analisa dan pola pikir 7. Gambar 7 menggambarkan perasaan dan emosi seseorang 8. Gambar 8 menunjukkan bagaimana cara seseorang dalam menjalin sebuah hubungan sosialwartegg test tips 1. Boleh menggambar apa saja, karena tidak ada batasan apa yang harus digambar seperti pada tes menggambar pohon, tapi usahakan untuk menggambar sesuatu yang kreatif karena akan menambah penilaian. Boleh dimulai dari simbol mana saja yang menurut anda paling mudah. 2. Ketika menggambar tidak harus urut dari simbol yang pertama (paling kiri atas) , namun yang perlu diingat adalah untuk mencantumkan nomor setelah selesai. Misal , anda memualai dari simbol kotak hitam (pojok kanan atas), maka setelah selesai berilah nomor 1 di luar kotak yang tersedia dan begitu seterusnya. Tapi jika anda seorang laki-laki sebaiknya jangan memulai gambar dari pola lengkung begitu juga sebaliknya karena anda akan dianggap memiliki kepribadian aneh oleh penilai. 3. Menggambarlah dengan goresan tajam dan jelas. Jangan menggambar dengan goresan tipis dan buram karena akan menggambarkan kepribadian yang lemah dan ragu-ragu. 4. Usahakan agar jangan terlalu banyak coretan karena terlalu banyak coretan menggambarkan kurangnya perencanaan. 5. Gambar sesuatu yang jelas orang tahu itu gambar apa ketika melihat. Misal, ketika menggambar pensil maka harus jelas itu gambar pensil dan bukan objek yang lain. 6. Usahakan agar dari 8 gambar yang anda buat, ada paling tidak 1 gambar mahluk hidup seperti tanaman, hewan atau manusia pada simbol dengan bentuk dasar lengkung yaitu pada simbol nomor 2,7 dan 8), namun jika anda seorang muslim sebaiknya menggambar pohon atau bunga saja karena menggambar manusia dan hewan dilarang dalam Islam. 7. Gunakanlah pensil 2B ketika menggambar wartegg test agar lebih terlihat jelas. Gambar yang dibuat tidak harus berkaitan satu sama lain (tidak harus membentuk sebuah cerita), gambarlah sesuai imajinasi dan kreatifitas anda.
  • 7. Wartegg test contohBerikut contoh wartegg test yang sudah jadi, anda bisa berlatih dengan mencontoh gambar atau ide nya.Biasanya dalam tes wartegg ada beberapa instruksi tambahan yang dibacakan oleh pengawas. Ingat baik-baikinstruksi yang diberikan karena biasanya hanya dibacakan secara lisan diawal pelaksanaan wartegg test dan jikainstruksi ini tidak anda lakukan maka akan mengurangi nilai.Beberapa instruksi yang sering diberikan dalam tes wartegg antara lain : Sebutkan gambar yang paling anda sukai dan jelaskan alasannya ! Sebutkan gambar yang paling tidak anda sukai dan alasannya ! Sebutkan gambar yang paling mudah anda selesaikan ! Sebutkan gambar yang paling sulit anda selesaikan !Soal-soal psikotes identik dengan soal tpa (tes potensi akademik) dan biasanya kedua tes ini digunakan dalamseleksi karyawan atau seleksi masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu, selain mempelajari psikotes seperti teswartegg dan pauli test , sebaiknya anda juga belajar soal-soal tpa karena dengan banyak mengenal tipe soal tpaanda akan lebih mudah mengerjakannya.Wartegg. Yang dimaksud disini bukan WARung TEGGal. Tapi semacam psikotes yang digunakan untukmengetahui emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Kemarin gue ikutan psikotes kerja. Okeh gue emangkuat di bagian angka, tapi kurang pada bagian gambar. Gue tau tentang tes wartegg ya sepulang dari tes. Jawabangue ancur jez. Parah banget dah.Sebenernya wartegg ini bisa dipelajari, itu untuk yang belajar sebelumnya, lah gue? Ah aldilalala bodo banget dah.Malem sebelumnya, gue malah sibuk nonton drama korea ketimbang belajar.Dalam Wartegg Test, lu akan diberikan selembar kertas yg berisi 8 kotak yg ada stimulus-stimulusnya, kemudiantestee akan memberikan perintah untuk melengkapi gambar yg ada di kotak tersebut.
  • 8. psikotes warteggDari delapan gambar tersebut, gue gambar (sesuai dengan urutan) berikut: 1. Kotak 3: gambar grafik naik + tulisan UP dan arah panah 2. Kotak 8 : gambar payung + gerimis mengundang 3. Kotak 6 : gambar mobil dengan lampu menyala padahal masih siang 4. Kotak 1 : gambar anak kecil + bunga matahari raksasa (M) (+) 5. Kotak 5 : gambar orang dan baju 6. Kotak 2 : gambar pesawat terbang (S) 7. Kotak 4 : tiga apartemen dengan banyak jendela (-) 8. Kotak 7 : gambar kelinci kecil + rumput aneh(M) : gambar yang paling mudah digambar, soalnya gue terlalu sering gambar chibi kartun gue. (S) : gambar yangpaling susah dibuat, sumprit, gue gambar pesawatnya ga pake ekor, sayapnya cuma satu, pantes aja nubruk gunungsalak :-S. (+) : gambar yang paling disukai, jelas gue suka gambar diri sendiri . (-) : gambar yang paling gadisukai, karena apartemennya jelek, gue ga suka.Mana ga boleh pake penghapus lagi. Jadi setiap kali gambar, yaaa .. ribet deh. Rempong sendiri. Dan ketika gueliat diinternet, tentang kunci jawaban wartegg ini, gue kaget setengah idup.Kunci jawaban:kunci jawaban wartegg gbr 1. berupa titik ditengah kotak: ini menyangkut hal2 yg berhubungan dengan penyesuaian diri, yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dlm lingkungan gbr 2. berupa ~ tp berada di kotak sebelah kiri: menunjukkan fleksibilitas perasaan. gbr 3. berupa 3 garis horisontal dr pendek, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ambisi gbr 4. berupa kotak kecil di sebelah kanan: mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan gbr 5. seperti huruf T tp miring (susah gambarin nya): mengukur bagaimana cara bertindak. gbr 6. berupa garis horisontal & vertikal: mengukur cara berpikir/analisa & sintesa gbr 7. berupa titik2 melengkung: menyangkut kehidupan dan perasaan (apakah sudah stabil, kekanakan) gbr 8. berupa lengkungan: mengenai kehidupan sosial/hubungan sosialBerikut Rahasianya:
  • 9. kunci jawaban warteggUrutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orangyang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akandipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan „breaking the low„.Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal iniberpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakanpenulis untuk melewati tahap psikotes ini:Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupagaris lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII).Yang perlu di ingat adalah untuk garis lengkung, sebaiknya kamu gambar benda hidup dan untuk garis lurus yangkaku sebaiknya kamu gambar benda mati. Jika kamu gambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga,hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan“ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian kamu…Selanjutnya dari cara menggambar pun bisa kelihatan kepribadian seseorang misal: jika saat mengambar kamuterlalu sering menghapus atau kotor menandakan bahwa kamu adalah orang yang peragu atau tidak terencana danjika kamu gambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti kamu termasuk orang yang keraskepala…Apa yang kamu gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ kamu. Kalo kamu gambar sesuatuyang “biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbeda dibanding jika kamumenggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan berwawasan”
  • 10. Tes Psikologi Wawancara [Interview]Tes Wawancara (Interview test) adalah tes yang selalu dilakukan oleh tim rekrutmen perusahaan sebelum calonkaryawan akhirnya diterima menjadi karyawan perusahaan atau instansi terkait. Tes ini sangat penting untukmengetahui dan mendalami sifat, karakter, dan pandangan calon karyawan terhadap profesionalisme dunia kerja.Singkatnya, melalui tes wawancara ini, sebuah perusahaan dapat mengetahui apakah peserta tersebut layak untukditerima menjadi karyawan atau tidak melalui jawaban-jawaban yang diberikan kepada tim pewawancara.Jika anda sudah sampai pada tahap tes wawancara ini, maka sebaiknya anda mempelajari 25 pertanyaan yangpaling sering ditanyakan dalam tes wawancara agar anda dapat mempersiapkan diri dengan baik.Contoh pertanyaan dalam tes wawancara diantaranya sebagai berikut :1. Ceritakan tentang diri anda.Jawab : Ceritakan tentang riwayat pekerjaan anda dari pertama kali sampai dengan sekarang. Jawablah dengansingkat dan jelas.2. Pengalaman apa yang anda miliki dalam bidang ini ?Jawab : Ceritakan pengalaman kerja yang berhubungan dengan bidang yang anda lamar. Jika belum punyapengalaman di bidang itu, ceritakan terus terang anda punya keinginan untuk belajar dengan cepat di bidang barutersebut.3. Apakah anda merasa diri anda sukses ?Jawab: Jawablah YA. Dan ceritakan singkat kenapa anda merasa anda sukses. Yaitu anda telah menetapkan targethidup, dan sebagian telah anda capai. Dan saat ini anda berada di jalur yang tepat untuk meraih semua target hidupanda tersebut.4. Apa pendapat rekan kerja anda terhadap diri anda ?Jawab: Jawablah komentar-komentar rekan kerja anda terhadap diri anda yang dapat menunjang karir anda5. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini ?Jawab: Sebelum wawancara ada baiknya anda caritahu informasi mendalam tentang profil perusahaan yang andalamar sehingga anda mampu menjawab pertanyaan ini dengan baik. Pengetahuan anda tentang perusahaan bisamenjadi nilai tambah anda.Pelajari 25 soal tes wawancara kerja yang paling sering ditanyakan. Dapatkan pula tips cara menjawab tiap-tiappertanyaan tersebut dengan baik dan profesional dalam Paket Lengkap Tes Psikologi. Segera klik join member dimenu atas, transfer sesuai petunjuk, dan setelah transfer, andapun bisa masuk member area dan mendownloadebooknya.
  • 11. Tes Bakat Skolastik AritmatikaTes aritmatika (tes hitungan) ini sebenarnya adalah tes yang sederhana. Peserta diminta untuk menghitung operasipenjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian dari sejumlah angka. Meskipun terlihat sederhana, namunoperasi hitungan pada tes TBS ini umumnya menggunakan angka-angka yang panjang dan alot untuk dihitungsehingga memakan banyak waktu jika dikerjakan secara standar. Padahal seperti yang anda ketahui bahwa bataswaktu dalam tes TBS sangat cepat. Untuk itu, diperlukan tips dalam mempercepat dan mempermudah pengerjaansoal jenis ini. Tips ini dapat anda pelajari dalam kupas tuntas pembahasan soal pada ebook tes bakat skolastik.Contoh Soal1. (3/4) A = 7 + (3/2) A. Berapakah nilai A ? A. -12/7 B. 21/4 C. -21/4 D. 28/3 E. -28/32. 32/9 : 0,75 = A. 6/16 B. 3 C. 3,5 D. 16/6 E. 16/53. 0,875 : 5/2 = A. 0,35 B. 0,55 C. 0,53 D. 0,25 E. 2,654. 3/8 dari 40% adalah ? A. 0,15 B. 0,11 C. 16% D. 15,5% E. 0,13Tes Potensi Akademik Logika CeritaDalam soal jenis ini, kita diminta untuk mempelajari suatu cerita singkat dan kemudian melakukanpenalaran terhadap setiap pertanyaan yang diberikan berdasarkan informasi dari cerita. Umumnyajawaban dari soal jenis ini tidaklah eksplisit (terlihat langsung dalam cerita). Namun kita harusmelakukan penalaran terlebih dulu, untuk kemudian bisa menemukan jawaban yang benar.Contoh soal logika ceritaAda 8 kotak peti, masing-masing diberi nomor 1 sampai 7. Buah jambu, melon, semangka, jeruk,mangga dan durian akan dimasukkan kedalam peti-peti tersebut dengan aturan sebagai berikut :• Durian harus dimasukkan ke peti nomor 4• Semangka tidak boleh diletakkan tepat disamping melon• Jeruk harus diletakkan disamping manggaJika melon diletakkan di peti nomor 2, maka mana yang tidak boleh dilakukan ?:A. Semangka diletakkan di nomor 3B. Jeruk diletakkan di peti nomor 5
  • 12. C. Mangga diletakkan di peti nomor 7D. Semangka diletakkan di peti nomor 5E. Jambu diletakkan di peti nomor 1Psikotes Logika PenalaranTes Logika adalah tes psikologi yang bertujuan untuk menguji kemampuan seseorang berpikir sesuai nalar ataumasuk akal. Jika anda mendapatkan skor tinggi pada tes logika ini berarti anda memiliki daya nalar yang tinggipula dalam menganalisa suatu permasalahan yang terjadi baik dalam dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tes logika ini bersama dengan tiga jenis tes lain, yaitu tes verbal, tes kuantitatif dan tes spasial selain dipakaidalam psikotes seleksi karyawan, juga dipakai pula dalam seleksi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi yangdikenal dengan istilah TPA (Tes Potensi Akademik).Bentuk-bentuk soal tes logika penalaran ini sebenarnya dapat dapat anda kerjakan tanpa perlu menggunakanrumus tertentu yang harus anda hafalkan terlebih dulu. Karena untuk mengerjakan tes logika ini, yang diperlukanhanyalah bagaimana anda menganalisa masalah dan mencari solusinya dengan daya penalaran yang anda miliki.Contoh Soal Psikotes Tes Logika1. Semua pemain sepakbola yang berkebangsaan Italia berwajah tampan. John adalah pemain sepakbolaberkebangsaan Inggris.a. John bukanlah pemain sepakbola yang tampanb. John adalah pemain sepakbola yang tampanc. Meskipun bukan berkebangsaan Italia, John pasti berwajah tampand. Mustahil John berwajah tampane. Tidak dapat ditarik kesimpulan2. Sebagian orang yang berminat menjadi politikus hanya menginginkan harta dan tahta. Dani tidak berminatmenjadi politikus.a. Dani tidak menginginkan harta dan tahta.b. Tahta bukanlah keinginan Dani, tapi harta mungkin ya.c. Dani menginginkan tahta tapi tidak berminat menjadi politikus.d. Dani tidak ingin menjadi politikus karena sudah kaya dan punya tahtae. Tidak dapat ditarik kesimpulan3. Azkia ingin nikah sebelum punya rumah. Ingin dapat kerja sebelum nikah. Setelah dapat kerja ingin punyausaha sambilan. Ingin punya anak setelah punya rumah. Ingin menikah setelah punya usaha sambilan. Dan inginpunya usaha sambilan sebelum punya rumah. Mana urutan yang tepat ?a. Dapat kerja – nikah – punya rumah – usaha sambilan – punya anakb. Dapat kerja – nikah – usaha sambilan – punya rumah – punya anakc. Usaha sambilan – dapat kerja – nikah – punya anak – punya rumahd. Punya anak – nikah – dapat kerja – usaha sambilan – punya rumahe. Dapat kerja – usaha sambilan – nikah – punya rumah – punya anakUntuk tes logika No.3 - 4 ini, jawablah :a. Bila benarb. Bila salah pada pernyataan pertamac. Bila salah pada pernyataan keduad. Bila pernyataan pertama dan kedua salahe. Bila salah pada kesimpulan3. Semua mammalia bernafas dengan paru-paruIkan salmon adalah mammaliaJadi, ikan salmon bernafas dengan paru-paru4. Pabrik ”Bangun Jaya” hanya memberikan kenaikan gaji karyawan maksimal 2 kali dalam setahun.Nina adalah staf departemen pemasaran yang sangat berprestasi di Pabrik ”Bangun Jaya”.Jadi, Nina bisa mendapatkan kenaikan gaji lebih dari dua kali dalam setahun.Untuk tes logika No.5 jawablah berdasarkan cerita yang diberikan
  • 13. Dodi seorang anak yatim. Dia memiliki kucing kesayangan yang dinamakan didi. Dodi dan didi kemana-manasering berdua. Bagaikan kakak beradik. Di sekolah Dodi sangat disayangi oleh Bu Rina. Diantara seluruh muridkelas 1 SD, Bu Rina paling menyayangi dodi karena selain sudah yatim, dia juga anak bungsu dan berwajah imut.Toni adalah teman paling akrab dodi. Meski tidak seangkatan, mereka berdua sangat akrab dan sering bermain disungai dan sawah bersama. Toni sering mengolok-olok dodi sebagai anak manja, tapi itu hanya gurauan dan dodimenerima hal itu. Sebab jalan dari rumah Dodi menuju ke sekolah cukup jauh sehingga terkadang dia memintatolong dibonceng sepeda motor Pak Sobarin, tetangganya yang tempat kerjanya searah dengan arah sekolah Dodi.5. Berdasarkan cerita diatas hal-hal berikut ini tidaklah mustahil, kecuali ?a. Hanya sedikit tetangga Dodi yang baik hatib. Toni punya ayah dan ibuc. Adik Dodi masih berusia dibawah 7 tahund. Teman sekolah Dodi lebih dari 30 anake. Didi penggemar berat ikan bandengPertanyaan Jebakan Saat Tes WawancaraPertanyaan Jebakan Saat Tes Wawancara - Semua orang pasti ingin mempunyai pekerjaan yang layak dantentunya ingin menjadi pegawai yang sukses. Dalam proses penerimaan pegawai di tiap2 perusahaan, setiapperusahaan membutuhkan beberapa tahapan untuk melakukan seleksi bagi pelamar pekerjaan diantaranya testtertulis, interview, test kesehatan (kalau ada) dan lain-lain. Tidak sedikit pula banyak dari calon karyawan yangtelah lulus dalam test tertulis akan tetapi gagal dalam tahap interview atau wawancara. Berikut beberapa daftarpertanyaan yang mungkin adalah sebuah jebakan dalam sebuah proses wawancara: Pertanyaan Jebakan Saat Tes Wawancara1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?Ini peluang Anda untuk “menjual” diri Anda. Uraikan dengan singkat dan jelas kelebihan yang Anda miliki,kualifikasi Anda dan apa yang dapat Anda sumbangkan bagi perusahaan tersebut. Hati-hati , jangan memberikanjawaban yang terlalu umum. Hampir setiap orang mengatakan mereka merupakan seorang pekerja keras danmemiliki motivasi. Berikanlah jawaban yang memperlihatkan keunikan yang Anda miliki.2. Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini?Pertanyaan ini merupakan salah satu alat bagi si pewawancara untuk mengetahui apakah Anda mempersiapkan dirianda dengan baik. Jangan pernah datang untuk sebuah wawancara pekerjaan tanpa mengetahui latar belakangperusahaan. Dengan memiliki informasi yang cukup mengenai latar belakang perusahaan tersebut makapertanyaan di atas memberikan kesempatan kepada Anda untuk memperlihatkan inisiatif, dan menunjukkanapakah pengalaman serta kualifikasi yang Anda miliki sepadan dengan posisi yang diperlukan.3. Apa kelemahan utama Anda?Rahasia dalam menjawab pertanyaan di atas adalah dengan berkata jujur mengenai kelemahan Anda, tapi janganlupa menjelaskan bagaimana Anda mengubah kelemahan tersebut menjadi kelebihan. Misalnya, bila Andamemiliki masalah dengan perusahaan terdahulu, perlihatkan langkah yang Anda ambil. Hal ini memperlihatkanbahwa Anda memiliki kemampuan dalam mengenali aspek yang perlu diperbaiki dan inisiatif dalam memperbaikidiri Anda.4. Mengapa berhenti dari perusahaan terdahulu?Walaupun Anda berhenti dari pekerjaan terdahulu dengan cara yang tidak baik, Anda harus berhati-hati dalammemberikan jawaban. Usahakan untuk memberikan jawaban yang diplomatis. Bila Anda memberikan jawabanyang mengandung aspek negatif, kompensasikan jawaban tadi dengan jawaban yang positif. Bila andamengeluhkan tentang pekerjaan terdahulu, maka hal ini tidak memberi poin apa-apa buat Anda.5. Bagaimana Anda mengatasi masalah?Tidak mudah memberikan jawaban bila Anda mendapatkan pertanyaan seperti di atas, terutama bila Anda barululus dan tidak memiliki pengalaman kerja. Pewawancara ingin melihat apakah Anda dapat berpikir kritis danmengembangkan solusi tanpa melihat jenis permasalahan yang Anda hadapi, bahkan walaupun Anda tidakmemiliki waktu yang cukup dalam mengatasi masalah yang dihadapi. Gambarkan langkah-langkah yang Andalakukan dalam memprioritaskan pekerjaan. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda bertanggungjawab dan tetapdapat berpikir jernih walaupun sedang menghadapi masalah.6. Prestasi apa yang dibanggakan?
  • 14. Rahasia dari pertanyaan di atas adalah dengan menyeleksi dan memilih secara spesifik prestasi yang berhubungandengan posisi yang sedang ditawarkan. Walaupun Anda pernah menjuarai bola basket pada waktu kuliah, tetapi inibukan merupakan sebuah jawaban yang diharapkan. Berikan jawaban yang lebih profesional dan lebih relevan.Pikirkan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan kembangkan contoh yang memperlihatkanbagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.7. Berapa gaji yang Anda harapkan?Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang tersulit terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman kerjayang cukup.Yang perlu Anda lakukan sebelum wawancara adalah mencari tahu pasaran gaji untuk posisi yangditawarkan agar Anda dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini. Beritahu pewawancara bahwa Anda terbukauntuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba. Bila terpaksa, berikan jawaban yang berupa kisaranangka, bukan angka tertentu.8. Bisa ceritakan mengenai diri Anda?Mungkin pertanyaan di atas tampaknya mudah tetapi pada kenyataannya tidaklah semudah yang Anda bayangkan.Yang pasti Anda harus menyadari bahwa pewawancara tidak tertarik untuk mengetahui apa yang Anda lakukan diakhir pekan ataupun dari daerah mana Anda berasal. Pewawancara berusaha mengetahui Anda secara profesional.Siapkan dua atau tiga poin mengenai diri Anda, baik pengalaman kerja maupun sasaran karir Anda dan tetapkonsisten. Rangkum jawaban Anda dengan mengungkapkan keinginan Anda sebagai bagian dari perusahaantersebut. Bila memiliki jawaban yang mantap maka hal ini dapat membawa Anda pada pembicaraan yangmemperlihatkan kualifikasi Anda.