Peranan ekonomi kesehatan dalam perencanaan kesehatan

32,480 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
32,480
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
469
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Peranan ekonomi kesehatan dalam perencanaan kesehatan

  1. 1. PERANAN EKONOMI KESEHATAN DALAM PERENCANAAN KESEHATAN
  2. 2. Ekonomi kesehatan dapat didefinisikan sebagai penerapan teori, konsepdan teknik ilmu ekonomi pada sektor kesehatan, dengan demikian ekonomikesehatan berkaitan erat dengan hal-hal sebagai berikut :1.Alokasi sumber daya diantara berbagai upaya kesehatan2.Jumlah sumber daya yang dipergunakan dalam pelayanan kesehatan3.Pengorganisasian dan pembiayaan dari berbagai pelayanan kesehatan4.Efisiensi pengalokasian dan penggunaan berbagai sumber daya5.Dampak upaya pencegahan, pengobatan, dan pemulihan kesehatan pada individu dan masyarkat
  3. 3. Hubungan penerapan ilmu ekonomi kesehatan dengan berbagai kajiandalam ekonomi kesehatan adalah sebagai berikut :1.Faktor apa yang mempengaruhi kesahatan ? Berapa besar kontribusi perawatan kesehatan, tingkat pendapatan, pendidikan, keadaan lingkungan dan lain sebagainya.2. Berapa besar nilai (value) yang diberikan kepada kesehaan dan bagaimana cara untuk mengukurnya ?3. Apa saja yang mempengaruhi tuntutan (demand) masyarakat terhadap perawatan kesehatan ? Apa pengaruh dari tarip, tingkat pendapatan, waktu perjalanan untuk mencapai tempat pelayanan, perilaku dari petugas pemberi pelayanan dan sebagainya
  4. 4. 4. Bagaimana karakteristik dai penawaran (suply) perawatan kesehatan. a. Berapa besar biaya untuk menyediakan perawatan kesehatan b. Berapa besar biaya berbagai masukan (input) c. Bagaimana keadaan pasar dari berbagai input untuk perawatan kesahatan (seperti tenaga kerja, obat, peralatan dan sebagainya) d. Bagaimana cara pembayaran terhadap pelayanan yang diberikan e. Bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku pemberi pelayanan kesehatan tersebut.
  5. 5. 5. Berapa besar biaya dan akibat dari pilihan-pilihan cara lain (berbagai alternatif) untuk memperbaiki status kesehatan atau untuk melaksanakan suatu program kesehatan6. Apakah hasil interaksi antara penawaran (suply) dan permintaan (demand) terhadap perawatan kesehatan serta konsekuensi- konsekuensinya seperti : a. Konsukuensi uang b. waktu pembayaran c. rasionalisasi sistem d. siapa yang mendapat dan siapa yang tidak mendapat pelayanan.
  6. 6. 7. Apakah akibat dari berbagai cara pembiayaan dan pengorganisasian di sektor kesehatan dalam kaitanya dengan kreteria efisiensi dan pemerataan.8. Cara apa yang ada untuk mencapai secara maksimum berbagai tujuan dari sektor kesehatan, misalnya sistim perencanaan, dan sampai sejauh mana cara-cara tersebut cukup efektif.
  7. 7. Bagan Ekonomi Kesehatan Faktor yang mempengaruhi kesehatan : Apakah kesehatan itu ?/ apakah nilai sehat itu ? 1. Resiko Pekerjaan B 2. Pola Konsumsi 1. Konsep sehat yang diterima 3. Pendidikan 2. Indikator derajat kesehatan 4. Pendapatan 3. Nilai kehidupan 4. Skala manfaat kesehatan 5. Dan lain-lain B E C FEvaluasi mikro ekonomi : Demand terhadap pelayanan Keseimbangan pasarEfektivitas biaya dan analisis kesehatan 1. Biaya berbentuk uangbiaya manfaat dan berbagai 1. Pengaruh A & B terhadap 2. Biaya berbentuk waktupilihan untuk peningkatan pola pencari pelayanan 3. Daftar tunggukesehatan (pilihan kesehatan 4. Sistim kompensasi non hargaprogram, metode 2. Hambatan sebagai mekanismepelayanan, metode biaya, waktu, psikologis dll penyeimbang dan akibatpenyembuhan dst 3. kebutuhan akibatnya D Suplay pelayanan kesehatan 1. Biaya produksi 2. Pilihan teknologi 3. Substitusi dan input 4. Keadaan pasar untuk berbagai input H 5. Metode pembayaran dan GMekanisme insentipperencanaan, pembiayaan & Evaluasi dari keseluruhan sistemmonetoring 1. Kreteria pemerataan danEvaluasi terhadap efektivitas efisiensi dari alokasi sesuaiuntuk optimasi sistem termasuk dengan E dan Finteraksi antara 2. Perbandingan antar regionalanggaran, alokasi tenaga dan antar negara ataskerja, norma-norma, perauran pencapaian hasil
  8. 8.  Peranan Ekonomi kesehatan dalam perencanaan kesehatan Perencanaan kesehatan pada dasarnya berhubungan erat dengan pilihan yaitu : memilih satu cara atau memilih beberapa cara di antara beberapa pilihan untuk mencapai tujuan di masa yang akan datang. Pilihan pihak ekonomi kesehatan juga berkaitan dengan pemilihan, sehingga antara perencanaan dan ekonomi kesehatan terdapat persamaan dan keterkaitan. Seperti diketahui pertimbangan ekonomi memegang peran penting hampir di semua aspek kehidupan manusia. Disamping itu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu negara sangat mempengaruhi derajat kesehatan penduduknya.
  9. 9. Sebalinya derajat kesehatan suatu penduduk akan berpengaruh pulaterhadap perkembangan dan pembangunan ekonomi. Oleh sebab ituprogram-program kesehatan hendaknya dipandang sebagai suatubagian dari strategi yang menyuluruh untuk meningkatkankesejahteraan sosial dan ekonomi dari suatu penduduk.Strategi tersebut membutuhkan pilihan program-program yang dapatmeningkatkan derajat kesehatan secara efisien.Misal : pengembangan jaringan pelayanan kesehatan, pembangunaninfra struktur lain seperti air bersih dan perbaikan lingkungan, atauberbagai kegiatan untuk meningkatkan gizi masyarakat.Ilmu ekonomi kesehatan dapat membantu mengevaluasi danmenentukan pilihan yang tepat.
  10. 10. Baru-baru ini di beberapa negara telah dilakukan pengkajian kembaliterhadap straegi dan prioritas yang telah ditetapkan di berbagaikebijakan dalam beberapa bentuk pelayanan yang ada.Memang banyak pilihan cara terbaik untuk meningkatkan derajatkesehatan, namun bagi negara miskin untuk memilih salah satunyaakan tetap merupakan sesuatu yang sulit.Oleh sebab itu segala usaha untuk memperluas pilihan dalam halmeningkatkan perawatan kesehatan dan penyuluhan kesehatan akanselalu dipandang sebagai sesuatu yang bermanfaat.
  11. 11. Hal-hal tersebut diatas sangat relevan dalam konteks ekonomi dinegara-negara berpendapatan rendah.Perawatan kesehatan menyerap banyak anggaran pemerintahmaupun anggaran keluarag, selain itu banyak pula kebutuhan yangperlu dibeli dengan voluta asing, bagi negara miskin hal ini sangat sulit.Banyak negara yang secara aktip mencari berbagai jalan untuk lebihmenghemat, dan meningkatkan efisisnsi serta menacri sumber dayatambahan.Dalam hal ini ekonomi kesehatan akan sangat bermanfaat, karenadapat membantu pengalokasian dana secara lebih baik, meningkatkanefisiensi, memilih teknologi yang lebih murah namun tepat efektip, danmengevaluasi altenatif sumber dana lainnya.
  12. 12. Bahwa ekonomi kesehatan tidak selalu mempunyai jawaban untukmemecahkan segala masalah, masih ada kesulitan dan keterbatasandalam penerapan konsep dan teknik ekonomi paa bidang kesehatan.Ekonomi kesehatan memang akan sangat menarik bagi paraekonomi, tetapi dalam praktek penerapanya pada perencanaankesehatan masih sulit.Culyer (1981) menjbarkan hal sebagai berikut : “ keinginan untuk lebihmerinci tujuan atau beberapa tujuan yang tidak begitu jelas, gunamenilai dan memantau kebijaksanaan, keinginan untukmengidentifikasi fungsi produksi, pengakuan atas pentingnya kaitanantar perilaku manusia, teknologi dan lingkungan hidup dalam proseskejadian, pemechan dan pengobatan penyakit”Pandangan para ekonom merupakan salah satu masukan bagi paraperencana dalam membuat rencana, disamping berbagai masukan lainuntuk mengambil keputussan.
  13. 13. KAIDAH EKONOMI YANG RELEVAN BAGI PERENCANAANBEBERAPA ISU PERENCANAAN / BEBERAPA PERTANYAAN AWAL ILMU EKONOMI YANG MANAJEMEN KESEHATAN BERKAITAN DENGANNYAI. Kesehatan dan pembangunan 1. Apa saja yang termasuk dalam Mengidentifikasi dan mengukur ekonomi misal : berapa bagian kesehatan dan yang tergolong kesehatan dan illness/disease, anggran yang seharusnya sebagai perbaikan kesehatan ? pengukuran kebutuhan pokok, dikeluarkan untuk kesehatan ? 2. Apa saja yang berpengaruh Model pembangunan ekonomi Beberapa yang dialokasikan perbaikan kesehatan? makro, faktor penentu untuk upaya kesehatan. 3. Bagaimana kesehatan (dan pertumbuhan, Teori sumberdaya pelayanan kesehatan) manusia, investasi dan unsur-unsur mempengaruhi produksi dan konsumsi dari pengelluaran perekonomian ? kesehatan; fungsi produksi sektor rumah tangga pada kesehatan tenaga erja yang sakit dan produktivitasnya.II. Pengorganisasian dan sistem 1. Apa ciri ekonomi dari pelayanan Teori kesejahteraan dan kegagalan penyediaan mis : bagaimana kesehatan dan kegiatan yang pasar, rasionalitas, kedaulatan seharusnya pelayanan berkaitan dengan kesehatan ? konsumen, persoalan –persoalan kesehatan itu dioganisasikan 2. Dari ciri-ciri tersebut mana yang pendapatan dan kekayaan, relevan untuk mencapai status kesatuan , eksternalitas, barang- kesehatan melalui mekanisme barang dan barang-barang penting. pasa dan non pasar 3. Bagaimana berbagai sistem kesehatan melaksanakan keputusan organisasi dan distribusi pelayanan ?
  14. 14. BEBERAPA ISU PERENCANAAN / BEBERAPA PERTANYAAN AWAL ILMU EKONOMI YANG MANAJEMEN KESEHATAN BERKAITAN DENGANNYAIII. Pembiayaan sektor kesehatan 1. Apa sajakah sumber Konsep ability dan willingness to mis : bagaimana sektor pembiayaan pelayanan pay. kesehatan dapat memperoleh kesehatan ? tambahan sumberdaya ? 2. Apaah jenis sumber daya dan berapa jumlahnya yang dipakai untuk membiayai sektor kesehatan? 3. Altenatif metode pembiayaan apa sajakah yang akan mendapat hasil setimpal dan siapa sajakah yang akan terbebaniIV. Analisis permintaan mis : 1. Apa sajakah yang menentukan Teori rumah tangga tingkah laku mengapa konsumen lebih permintaan terhadap individu dan yang interprestasi menyukai penyediaan pelayanan kesehatan tertentu, gambar permintaan, faktor-faktor kesehatan yang satu terhadap pelayanan yang mempengaruhi permintaan, dibanding yang lainnya ? tradisional, penjualan jamu an harga pendapatan, elastisitas Bagaimana pola pelayanan para pembeli jasa kesehatan timbal balik, biaya waktu kesehatan yang ada dapat lainnya ? dipengaruhi ? 2. Faktor apa sajakah yang dapat menjelaskan respon penyedia pelayanan terhadap permintaan kesehatan seseorang termasuk berbagai faktor seperti kesediaan fasilitas rujukan ?
  15. 15. BEBERAPA ISU PERENCANAAN / BEBERAPA PERTANYAAN AWAL ILMU EKONOMI YANG MANAJEMEN KESEHATAN BERKAITAN DENGANNYA 3. Bagaimana sistem pembayaran kesehatan (mis: tarif, pembayaran dimuka) mempengaruhi permintaan dan pemanfaatan pelayanan kesehatan ?V. Analisis penawaran mis : apakah 1. Apa sajakah yang Fungsi produsi dan kemungkinan beberapa fasilitas kesehatan mempengaruhi tingkah laku substitusi diantara berbagai input lebih efisien dibandingkan biaya organisasi dan para produksi, Perkiraan kurva biaya yang lainnya? Mungkinkah penyedia pelayanan jangka pendek dan jangka penjang skala ekonomi diterapkan kesehatan ? biaya individu dan biaya pada pelayanan kesehatan 2. Bagaimana dan mengapa masyarakat, Faktor-faktor yang yang ada ? Beberapa banyak struktur biaya berubah dengan mempengaruhi variasi biaya rumah seharusnya sarana pelayanan adanya skala, lokasi produksib sakit dan PUSKESMAS (casemix kesehatan akan dibangun ? atau jenis pelayanan medis dan dan kualitas faktor produksi ) skala pelayanan kesehatan yang ekonomi. disediakan ? 3. Kombinasi sumber daya yang bagaimana yang akan menghasilkan pelayanan tertentu ?V.I Tenaga keja sektor kesehatan 1. Apa sajakah yang menentukan Pasar tenaga kerja, permintaan dan mis : Tenaga kerja kesehatan penyediaan dan distribusi penawaran tenaga kerja, teori macam apakah yang setiap jenis semberdaya produktivitas marjinal, beberapa seharusnya dididik dan manusia ? faktor yang mempengaruhi dikerjakan ? elastisitas penawaran, pengaruh dari tingkat pendapatn dan insentif.
  16. 16. BEBERAPA ISU PERENCANAAN / BEBERAPA PERTANYAAN AWAL ILMU EKONOMI YANG MANAJEMEN KESEHATAN BERKAITAN DENGANNYA 2. Bagaimana bentuk pembiayaan dan faktor lain yang mempengaruhi tingkah laku manusia akan mempengaruhi seleksi, absensi, mutasi, dan distribusi geografis sumber daya manusia ? 3. Bagaimana produktivitas berbagai jenis tenaga kerja kesehatan dalam kaitannya dengan biaya pelatihan dan tingkat gaji/upah yang ada ? 1. Bagaimana anggaran itu di bgi, Sistem anggaran dan pertanggungVII. Manajemen keuangan mis : siapa yang mengawasi anggaran, jawabannya (pusat biaya, biaya per unit) bagaimana prosedur manajemen dan bagaimana pengawasan manajemen persediaan. Faktor-faktor keuangan dapat diperbaiki ? tersebut dilakukan ? yang mempengaruhi tingkah laku 2. Apakah perekonomian akan pemasok (lokal, nasional, internaional) terpengaruhi oleh adanya persiapan Biaya lanjutan dan biaya opportunitas dan pendistribusian sudber daya masyarakat. tersebut ? 3. Apakah yang disebut sebagai teknologi tepat guna ituVIII. Perilaku organisasi mis: bagaimana 1. Siapa yang berwewenang Manajemen dan teori peilaku dari para manajer dan tenaga melaksanakan alokasi sumberdaya organisasi pemerintah, yayasan, swasta kesehatan mempunyai kebeanian antara sektor dan di dalam sektor dan organisasi sosial. Pengertian efisiensi untuk meningkatkan efisiensi kerja kesehatan dan apa tujuannya? dan pengaruh dari pengajaran (hadiah mereka . 2. Apa yang paling tepat dapat dan hukuman). dilaksanakan untuk menangggulangi berbagai perbedaan pendapat dalam menentukan tujuan, nilai dan interaksi dari berbagai kelompok atau program yang terlibat dalam sektor kesehatan
  17. 17. BEBERAPA ISU PERENCANAAN / BEBERAPA PERTANYAAN AWAL ILMU EKONOMI YANG MANAJEMEN KESEHATAN BERKAITAN DENGANNYA 3. Bagaimana cara pengawasan ?IX. Evaluasi Proyek mis : Program atau 1. Apakah pelayanan tersebut Evaluasi ekonomi mikro analisa biaya pelayanan kesehatan manakah yang menyebabkan perbaikan atau manfaat dan efektivitas biaya perkiraan mendapat prioritas bila ada alokasi mempunyai dampak nyata pada tentang “efektivitas” dan “marjin” jumlah dana baru. kesehatan ? Golongan yang mana? dan kejadian timbulnya biaya dan 2. Apa yang disebut relative efisiensi manfaat. (keuntungan dan kerugian) dan berbagai alternatif kegiatan kesehatan ? 3. Apa dampak distribusi kegiatan kesehatan ? Siapa yang memikul biayanya dan siapa yang mendapat manfaatnya?X. Kebijaksanaan kesehatan, pemerataan 1. Bagaimana cara terbaik untuk Kriteria kesejahteraan yang optimum dan dan keadilan sosial mis : apakah mempertemukan kebutuhan konsep dari fungsi kesejahteraan sosial. kiegiatan dari sektor kesehatan penduduk, pola mortalitas dan Ketidak samaan dalam perawtan mencerminkan tujuan/cita cita morbilitas, pemerintah dan tingkatb kesehatan., definisi dan masalah pemerintah, misalnya dalam hal penggunaan ? pengukuran. Dampak dari variabel sosial pemerataan ? 2. Apa dampak berbagai sistem ekonomi dan ekses scara fisik pada pola pelayanan kesehatan terhadap penggunaan. kesempatan, keterjangkauan, dan manfaat yang didapat oleh kelompok sasaran dalam masyarakat ? 3. Apav hambatan-hambatan, jika ada, terdapat pemerataan pelayanan kesehatan ?
  18. 18. SEKIAN TERIMAKASIH

×