Your SlideShare is downloading. ×
Perjuangan mempertahankan nkri
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Perjuangan mempertahankan nkri

7,643
views

Published on


0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
7,643
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
157
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. AKU PEJANTAN TANGGUH JUGA PEJUANG TANGGUH. BETUL BETUL BETULPERJUANGAN MEMPERTAHANKANKEMERDEKAAN INDONESIA/NKRI
  • 2. Pengambil alihan tentara Laksamana Jepang Lord Louis Mountbatten Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) dipimpin LetJend Sir Philip Christison1. Menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang.2. Membebaskan para tawanan perang dan interniran Sekutu.3. Melucuti dan mengumpulkan orang Jepang untuk dipulangkan ke Jepang.4. Menegakkan dan mempertahankan keadaan damai untuk kemudian diserahkan kepada pemerintah sipil.5. Menghimpun keterangan tentang penjahat perang dan menuntut penjahat perang.
  • 3. Mengapa terjadi pertempuranSekutu ( AFNEI ) mendarat di Belanda memboncengi Indonesia tuk lucuti tentara dan mempersenjatai KNIL Jepang dan membebaskan tahanan perang Profokasi padahal Indonesia sudah merdeka Terjadi pertempuran diberbagai daerah
  • 4. Pertempuran mempertahankan Kemerdekaan Pertempuran 5 hari di Semarang Insiden Bendera di Terjadi akibat tentara Jepang menolak Surabaya dipekerjakan utk mengubah pabrik Terjadi karena gula menjadi pabrik senjata, mereka pengibaran menyeerang polisi Indonesia 15 bendera Belanda Oktokber 45 di Simpang 5 ) reda setelah gub wangsonegoro gdn pim TKR dan pihak Jepang berunding.tentara Jepang dilucuti sekutu (Brigadir Jenderal Bethel) Pertempuran di SurabayaDiawali sejak kedatangan pasukan Sekutu tanggal 25 Oktober1945 yang dipimpin oleh Brigjen A.W.S. Mallaby. 30 Oktober 1945terjadi pertempuran yang hebat di Gedung Bank Internatio diJembatan Merah. Pertempuran itu menewaskan Brigjen Mallabypasukan sekutu mengultimatum agar tentara Indonesiamenyerahkan diri . Gubernur Suryo menolak ultimatum Inggris,terjadi pertempuran yg dipimpin Bung Tomo
  • 5. Pertempuran Ambarawa Terjadi akibat pelucutan internier Belanda di Magelang dan Ambarawa, TKR di Pim Mayor Sumarto, dlm pertempuran ini letkol Isdiman meninggal dan di ganti Letkol Soedirman. Dalam peristiwa ini Ambarawa berhasil dikuasai 4 hari 4 malam dan pasukan sekutu lari ke Semarang Pertempuran Medan AreaTeerjadi akibat pembersihan terhadap unsur unsur RI dan memasangpamplet bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area (Batas Resmi wilayahMedan) di seluruh wil Medan, kejadian ini membuat marah BangsaIndonesia. Pasukan Sekutu dipim Brigjen T.E.D. Kelly, Pemuda Indonesiadipim Achmad Tahir ( 13 Okto 1945 ) Peristiwa Merah Putih di Manado Terjadi akibat tentara NICA yg bertindak sewenang wenang thp rakyat, PPI ( Pasukan Pemuda Indonesia ) menyerang makas NICA di teling. Para pemuda merobek bendera merah putih biru emnjadi merah putih dan dikibarkan di markas Belanda di Teling. Pada tanggal 16 Februari 1946, pemerintah sipil terbentuk. Pemerintahan sipil itu dipimpin oleh B. W. Lapian sebagai residen.
  • 6. Bandung Lautan Api Terjadi karena adanya ultimatum Belanda agar TRI mengosongkan wil Bandung utara selambat lambatnya 21 November 1945, kemudian keluar ultimatum 2 tgl 23 Maret 1946, sebelum meninggalkan Bandung tentara TRI membumi hanguskan Kota Bandung Puputan Margarana Terjadi karena keinginan Belanda utk membentu Negara Indonesia timur namun I Gusti Ngurah Rai menolak bahkan mengadakan perlawanan di Margarana ( 18 November 1946 ). Dalam pertempuran ini I Gusti Ngusti ngurah Ray mengintruksikan utk mendakan perlawanan habis habisan ( Puputan ) di Mrgarana. Serangan umum 1 Maret 1949Terjadi karena keinginan Belanda utk menjajah Indonesia dgnmenangkap dan menunjukan pd Dunia bahwa pemerintah RI telahdihancurkan dan TNI tdk memiliki kekuatan lagi. Pimpinan seranganumum i Maret adalah letkol Soeharto. Dalam serangan ini, TNI memakaisistem wehrkreise.
  • 7. Berikut ini tujuan Serangan Umum 1 Maret 1949.a. Ke dalam1) Mendukung perjuangan yang dilakukan secara diplomasi.2) Meninggikan moral rakyat dan TNI yang sedang bergerilya.b. Ke luar1) Menunjukkan kepada dunia internasional bahwa TNImempunyai kekuatan untuk mengadakan ofensif.2) Mematahkan moral pasukan Belanda.
  • 8. Perjuangan Diplomatikbeberapa keputusan PerundinganLinggarjati.a. Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia meliputi Jawa, Madura, dan Sumatra.b. Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama membentuk Negara Indonesia Serikat, dengan nama Republik Indonesia Serikat, yang salah satu negara bagiannya adalah Republik Indonesia.c. Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia Belanda dengan RatuBelanda sebagai ketuanya Belanda melanggar perjanjian ini dgn melakukan Agresi Militer I ( 21 Juli 1947 )
  • 9. tanggal 4 Agustus 1947, PBB mengeluarkan perintahpenghentian tembak menembak. Untuk mengawasigencatan senjata,PBB membentuk Komisi Tiga Negara(KTN). Anggota KTN ada tiga negara yaitu:a. Belgia (dipilih oleh Belanda) dipimpin oleh Paul van Zeeland;b. Australia (dipilih oleh Indonesia) dipimpin oleh Richard Kirby;danc. Amerika Serikat (dipilih oleh Indonesia dan Belanda) dipimpin Dr. Frank Graham.Tugas utama KTN adalah mengawasi secara langsungpenghentian tembak-menembak sesuai dengan ResolusiDewan Keamanan PBB. KTN berhasil mempertemukanIndonesia dengan Belanda dalam Perjanjian Renville
  • 10. Perundingan Renville dilaksanakan di atas Geladak KapalRenville milik Amerika Serikat tanggal 17 Januari 1948.Pemerintah Indonesia diwakili oleh Perdana Menteri AmirSyarifuddin. Sedangkan Belanda diwakili oleh Abdul KadirWidjojoatmodjo.Hasil perundingan tersebutadalah:a. wilayah Indonesia diakui berdasarkan garis demarkasi (garis van Mook),b. Belanda tetap berdaulat atas seluruh wilayah Indonesia sampai Republik Indonesia Serikat terbentuk,c. kedudukan RIS dan Belanda sejajar dalam Uni Indonesia-Belanda,d. RI merupakan bagian dari RIS, dane. pasukan RI yang berada di daerah kantong harus ditarik ke daerah RI.Belanda melanggar perjanjian Renville dgn melakukan Agresi Militer II 19 desember 1948
  • 11. Dalam agresi militer II Belanda berhasil menangkap paratokoh RI, mengusai Yogyakarta dan mencerai beraikanTNI, tetapi Ir Soekarto Memerintahkan kepada memberikanmandat melalui radiogram kepada Menteri KemakmuranMr. Syafruddin Prawiranegara untuk membentukPemerintahan Darurat Republik Indonesia(PDRI) di Bukittinggi, Sumatra Barat. PDRI mampumemberiinstruksi kepada delegasi Indonesia di forum PBB untukmenerima penghentian tembak-menembak dan bersediaberunding dengan Belanda. Hal ini dilakukan dalamrangka menarik simpati dunia internasional. Selain ituuntukmenunjukkan kepada dunia internasional bahwapemerintahan RI masih terus berjalan meskipun parapemimpin politik ditawan oleh Belanda.
  • 12. Konferensi Asia di New DelhiDi selenggarakan pada tanggal 20 - 25 Januari 1949. Dalamkonferensi tersebut hadir 19 negara termasuk utusan dari Mesir,Italia, dan New Zealand. Wakil-wakil dari Indonesia Mr. UtoyoRamelan, Sumitro Djoyohadikusumo, H. Rosyidi, dan lain-lain.Hasil konferensi meliputi:a. pengembalian Pemerintahan Republik Indonesia ke Yogyakarta,b. pembentukan pemerintahan ad interim sebelum tanggal 15Maret 1949,c. penarikan tentara Belanda dari seluruh wilayah Indonesia, dand. penyerahan kedaulatan kepada Pemerintah Indonesia Serikat paling lambat tanggal 1 Januari 1950.Menanggapi rekomendasi Konferensi New Delhi, DewanKeamanan PBB mengeluarkan sebuah resolusi tanggal 28 Januari1949 yang isinya:a. penghentian operasi militer dan gerilya,b. pembebasan tahanan politik Indonesia oleh Belanda,c. pemerintah RI kembali ke Yogyakarta, dand. akan diadakan perundingan secepatnya.
  • 13. Dampak Konferensi Asia di New Delhi sangat jelas.Indonesia semakin mendapat dukungan internasional dalamperjuangan mempertahankan kemerdekaan dari ancamanBelanda. Komisi Tiga Negara diubah menjadi UNCI. UNCIkependekan dari United Nations Commission for Indonesia.UNCI dipimpin oleh Merle Cochran (Amerika Serikat) dibantuCritchley (Australia) dan Harremans (Belgia). Hasil kerja UNCIdi antaranyamengadakan Perjanjian Roem-Royen antara IndonesiaBelanda. Perjanjian Roem-Royen diadakan tanggal 14 April1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Sebagai wakil dari PBBadalah Merle Cochran (Amerika Serikat), delegasiRepublik Indonesia dipimpin oleh Mr. Moh.Roem, sedangkan delegasi Belanda dipimpin oleh vanRoyen.
  • 14. Delegasi Indonesia menyatakan kesediaan pemerintahRepublik Indonesia untuk:a. menghentikan perang gerilya,b. bekerja sama dalam mengembalikan perdamaian dan menjaga tetertiban dan keamanan, danc. ikut serta dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag untuk mempercepat pengakuan kedaulatan kepada Negara Indonesia Serikat dengan tanpa syarat.Pernyataan dari delegasi Belanda, yaitu:a. menyetujui kembalinya pemerintah RI ke Yogyakarta,b. menjamin penghentian gerakan militer dan pembebasan semua tahanan politik,c. tidak akan mendirikan atau mengakui negara-negara yang ada di daerah yang dikuasai oleh RI sebelum 19 Desember 1948d. menyetujui adanya Republik Indonesia sebagai bagian dari RIS, dane. berusaha agar KMB segera diadakan sesudah RI kembali ke Yogyakarta.
  • 15. Dari dua usulan tersebut akhirnya diperoleh kesepakatan yangditandatangani tanggal 7 Mei 1949. Kesepakatan antara lain:a. Pemerintah RI dan Belanda sepakat untuk menghentikan tembak-menembak dan bekerja sama untuk menciptakan keamanan.b. Pemerintah Belanda akan segera mengembalikan pemerintah Indonesia ke Yogyakarta, danc. kedua belah pihak sepakat untuk menyelenggarakan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda.Statement Indonesia dan Belanda dalam Perundingan Roem-Royen.Sejarah diplomasi di Indonesia mengenal istilah “pejuangdiplomat” atau “diplomat pejuang”.Julukan ini diberikan kepadaMohammad Hatta, H. Agus Salim,Sutan Syahrir, MohammadRoem,Roeslan Abdul Gani, L.N. Palar,Adam Malik, danSoedjatmoko.
  • 16. Sebelum KMB dilaksanakan, RI mengadakan pertemuandengan BFO (Badan Permusyawaratan Federal). Pertemuanini dikenal dengan dengan Konferensi Inter-Indonesia (KII)Tujuannya untuk menyamakan langkah dan sikap sesamabangsa Indonesia dalam menghadapi KMBKMB merupakanlangkah nyata dalam diplomasi untuk mencari penyelesaiansengketa Indonesia – Belanda. Kegiatan KMB dilaksanakan diDen Haag, Belanda tanggal 23 Agustus sampai 2 November1949. Dalam KMB tersebut dihadiri delegasiIndonesia, BFO, Belanda, dan perwakilan UNCI.Berikut ini para delegasi yang hadir dalam KMB.a. Indonesia terdiri dari Drs. Moh. Hatta, Mr.Moh. Roem, Prof.Dr. Mr. Soepomo.b. BFO dipimpin Sultan Hamid II dari Pontianak.c. Belanda diwakili Mr. van Maarseveen.d. UNCI diwakili oleh Chritchley.
  • 17. Setelah melalui pembahasan yang cukup panjang,akhirnya KMB menghasilkan beberapa keputusanberikut.a. Belanda mengakui RIS sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.b. Pengakuan kedaulatan dilakukan selambat-lambatnya tanggal 30 Desember 1949.c. Masalah Irian Barat akan diadakan perundingan lagi dalam waktu 1 tahun setelah pengakuan kedaulatan RIS.d. Antara RIS dan Kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia Belanda yang dikepalai Raja Belanda. Kapal-kapal perang Belanda akan ditarik dari Indonesia dengan catatan beberapa korvet akan diserahkan kepada RIS.f. Tentara Kerajaan Belanda selekas mungkin ditarik mundur, sedang Tentara Kerajaan Hindia Belanda (KNIL) akan dibubarkan dengan catatan bahwa para anggotanya yang diperlukan akan dimasukkan dalam kesatuan
  • 18. Pada tanggal 27 Desember 1949 dilaksanakan penandatangananpengakuan kedaulatan secara bersamaan di Belanda dan diIndonesia. Di negeri Belanda, Ratu Juliana, Perdana Menteri Dr.Willem Dress,Menteri Seberang Lautan Mr. A.M.J. A. Sassen, danDrs. Moh. Hatta, bersama menandatangani naskah pengakuankedaulatan. Sedangkan di Jakarta Sri Sultan Hamengku Buwono IXdan Wakil Tinggi Mahkota Belanda A.H.J. Lovink menandatanganinaskah pengakuan kedaulatan.Berikut ini dampak dan pengaruh KMBbagi rakyat Indonesia.a. Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia.b. Konflik dengan Belanda dapat diakhiri dan pembangunan segera dapat dimulai.c. Irian Barat belum bisa diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat.d. Bentuk negara serikat tidak sesuai dengan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
  • 19. KEBIJAKAN DAN PERISTIWA-PERISTIWAPOLITIK PASCA PENGAKUAN KEDAULATANliKembalinya Republik Indonesia sebagai Negara Kesatuan Masa Demokrasi Liberal Pemilu Dekrit Presiden