Your SlideShare is downloading. ×
implementation e-Government
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

implementation e-Government

1,124

Published on

this paper describes about the implementation e-Government for empowerment for society satisfaction.

this paper describes about the implementation e-Government for empowerment for society satisfaction.

Published in: Technology, Business
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,124
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Jurnal Politeknik TELKOM Bandung Volume 1 Nomor 1 Tahun 2009 1 Perancangan Basis Data sederhana Berbasis File Text SNMP Simamora, ST., MT.1 1. Program studi: Teknik Komputer Politeknik TELKOM Bandung Jl. Telekomunikasi, Ters.Buah Batu, Bandung 40257 Email : snmpsimamora@telkom.net ABSTRAK Basis Data merupakan hal terpenting jika telah berurusan dengan hal administrasi. Basis Data membantu user untuk mengelompokkan sejumlah string-string yang bernilai penting bagi user ke dalam suatu tabel dan disimpankan dalam bentuk file, dengan harapan dapat diakses jika dibutuhkan pada waktu yang akan datang. Untuk penanganan basis data yang hanya terdiri dari sejumlah kecil tabel tidak perlu membutuhkan aplikasi basis data khusus, dapat digunakan basis data berbasis file teks saja. Bahasa Pemrograman C dapat diuji untuk membangun sebuah basis data berbasis file teks dari setiap input-value yang diberikan oleh user. Untuk itu digunakan konsep struktur data yang terkenal yang disebut senarai-berantai. Aplikasi Basis Data yang dibangun akan diuji pada basis data nilai sebuah mata kuliah; dimana dapat digunakan untuk menyimpan nilai sekaligus melaporkannya, sehingga disamping membantu untuk pendokumentasian juga mempercepat pembaruan pelaporan data nilai. Aplikasi Basis Data dibangun di atas compiler Borland C++ 5.02 dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C. Sedangkan check- drivernya berjalan di MS-DOS 6.0. Keyword yang dipakai adalah Nomor Urut bukan NIM, dengan maksud untuk memudah pengingatan user dengan digit lebih sedikit dibandingkan dengan NIM dengan digit yang lebih banyak, dan saat percobaan aplikasi dijalankan menyita ruang memori.
  • 2. Jurnal Politeknik TELKOM Bandung Volume 1 Nomor 1 Tahun 2009 2 Menu Utama mengetengahkan menu tambah record, tampilkan record, tampilkan record secara keseluruhan, hapus sebuah record. Kata kunci: basis data, teks, tabel, senarai-berantai. 1. PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Seringkali untuk program-program aplikasi sistem informasi, data perlu disimpan secara permanen untuk keperluan lebih lanjut. Data dapat disimpan di external-memory seperti misalnya di disk. External memory ini dapat menyimpan data dengan volume yang besar dari internal-memory yang mempunyai sifat volatile (tidak permanen) dan berkapasitas relatif lebih kecil dari kapasitas disk. Data yang disimpan di external-memory diatur dalam bentuk file. Basis Data sangat diperlukan untuk menyimpankan sejumlah data yang diisikan oleh user ke sebuah antar-muka sistem informasi. Untuk kumpulan data yang kecil, tentu terlalu boros jika menggunakan aplikasi back-end systems berbasis grafis maupun skala makro. Oleh sebab itu alternatif yang dapat dijadikan solusi adalah membangun sebuah basis data berbasis file teks. 1.2. Batasan Masalah Persoalan-persoalan dibatasi pada hal-hal seperti berikut ini: a. Akses user hanya untuk menambah, merubah, menampilkan, dan menghapus. b. Sintaks yang dibangun menggunakan file pustaka pada Bahasa Pemrograman C. c. Hanya dibangun untuk aplikasi berbasis 16-bit. d. Hasil akhir aplikasi hanya dalam bentuk sebuah simulasi program. 1.3. Tujuan Penelitian a. Merancang basis data berbasis file teks. b. Membangun modul-modul utama dalam basis data berbasis file teks.
  • 3. Jurnal Politeknik TELKOM Bandung Volume 1 Nomor 1 Tahun 2009 3 1.4. Manfaat Penelitian a. Alternatif solusi dalam penyimpanan data b. Menghindari biaya lebih untuk penyediaan aplikasi basis data. 2. TEORI DASAR, MODEL DESAIN, DAN IDENTIFIKASI Teks merupakan serangkaian data tipe karakter (char) yang dirangkai menjadi sejumlah string (kata/kalimat) yang mengandung makna atau arti bagi user. Dalam Bahasa Pemrograman C, penanganan string menggunakan fungsi-fungsi pustaka yang disebut penyangga; beberapa yang disediakan seperti: fputc() : meletakkan sebuah nilai karakter ke penyangga untuk direkamkan ke file. fgetc() : membaca sebuah nilai karakter dari file untuk diletakkan di penyangga. putw() : meletakkan sebuah nilai integer dari file untuk direkamkan ke file. getw() : membaca sebuah nilai integer dari file untuk diletakkan di penyangga fputs() : meletakkan sebuah nilai string ke penyangga untuk direkamkan ke file. fgets() : membaca sebuah nilai string dari file untuk diletakkan di penyangga. fprintf(): meletakkan sebuah data terformat di penyangga untuk direkamkan ke file. fscanf() : membaca sebuah blok data dari file untuk diletakkan di penyangga. fwrite() : meletakkan sebuah blok data ke penyangga untuk direkamkan ke file. fread(): membaca sebuah data struktur dari file untuk diletakkan di penyangga.
  • 4. Jurnal Politeknik TELKOM Bandung Volume 1 Nomor 1 Tahun 2009 4 2.1. Definisi Basis Data Tabel dalam sebuah basis data didefinisikan sebagai sejumlah record yang dikelompokkan berdasarkan parameter yang sejenis atau homogen. Basis Data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya; penerapan database ke dalam sistem informasi dan pemanfaatannya disebut dengan Data Base Management Systems (DBMS). 2.2. Definisi Senarai Berantai Senarai-Berantai adalah teknik dalam pemanfaatan pointer dimana satu elemen dengan elemen lainnya saling berkaitan satu sama lain dengan memanfaatkan pointer, menjalin menjadi suatu simpul kait-mengkait dalam untaian blok data berantai. Setiap simpul dalam suatu senarai-berantai terbagi menjadi dua bagian, yakni: bagian pertama, disebut medan informasi, berisi informasi yang akan disimpan dan diolah; sedangkan bagian kedua, disebut medan penyambung (link field), berisi alamat simpul berikutnya. 2.3. Identifikasi Persoalan 2.3.1. Proses Menambah Data Identifikasi record terakhir, lalu tambahkan record baru setelah record terakhir teridentifikasi. 2.3.2. Proses Merubah Data Identifikasi record-nya yang akan diganti, lalu gantikan record lama dengan record baru. 2.3.3. Proses Menampilkan Data Identifikasi record mulai awal sampai dengan record terakhir, lalu tampilkan keseluruhan record.
  • 5. Jurnal Politeknik TELKOM Bandung Volume 1 Nomor 1 Tahun 2009 5 2.3.4. Proses Menghapus Data Identifikasi record yang akan dihapus, lalu isikan record tersebut dengan biner 0. 3. HASIL DAN DISKUSI Skema Modul Rancangan: 1. Menambah Data Mahasiswa 2. Merubah Data Mahasiswa 3. Menampilkan Data Induk Semua Mahasiswa 4. Menghapus Data Induk Mahasiswa Tertentu 0. S E L E S A I 3.1. Implementasi Untuk Menambah Data Pilihan nomor 1 adalah untuk menambah data baru ke file Utama.txt. Proses menambah data baru mahasiswa ini akan dilaksanakan oleh fungsi Tambah_Induk(). Proses ini pada intinya merekamkan data mahasiswa ke record dengan nomor record yang sama dengan Nomor Urutnya. 3.2. Implementasi Untuk Merubah Data Pilihan nomor 2 adalah untuk merubah data mahasiswa di file Utama.txt. Proses ini akan dilakukan oleh fungsi Rubah_Induk(). Proses ini berisikan Nomor Urut dapat diubah nilainya. Sehingga bila Nomor Urut boleh berubah, maka proses program akan menjadi sedikit lebih rumit. Mengapa ? karena Nomor Urut yang diubah, juga akan mengubah letak posisi record-nya. Record yang lama harus dihapus terlebih dahulu dan record baru yang letaknya sesuai dengan Nomor Urut yang baru harus dibuat kembali. 3.3. Implementasi Untuk Menampilkan Data Pilihan nomor 3 adalah untuk menampilkan semua data mahasiswa yang ada di file Utama.txt. Proses ini dilakukan oleh fungsi Tampil_Induk_S(). Hasil ini akan ditampilkan, dengan pilihan layar terminal dan ke file disk. Untuk pilihan ke printer, penulis sudah berusaha mencari syntaksnya (stdprn), namun sepertinya mengalami
  • 6. Jurnal Politeknik TELKOM Bandung Volume 1 Nomor 1 Tahun 2009 6 kesulitan. Adapun untuk jelasnya disajikan sebagai berikut : Alat = Alat_Keluaran(NamaFile); //menentukan alat keluaran do { printf("Tampilkan di Layar,atau File (L/F) ?"); fflush(stdin); scanf("%c",&Alat); } while (strchr("LlFf",Alat)=='0'); if (Alat=='F'||Alat=='f') { Jawab='T'; while (Jawab=='T'||Jawab=='t') { printf("Nama File Keluaran ? "); scanf("%s",NamaFile); printf("nSedang Diproses...n"); //Memeriksa keberadaan file keluaran if ((NamaAlat=fopen(NamaFile,"r"))==NULL) break; else { printf("File Sudah Ada, Ditimpa (Y/T)? "); fflush(stdin); scanf("%c",&Jawab); fclose(NamaAlat); } } //Membuka file keluaran if ((NamaAlat=fopen(NamaFile,"w"))==NULL) { printf("File Tidak Dapat Dibuka !!!"); return('0'); } } if (Alat=='L'||Alat=='l') NamaAlat = stdout; return(Alat); } Jika yang dipilih adalah file, maka nama dari file-nya akan ditanyakan dan file akan dibuat sebagai file teks ASCII. Hasil yang berada di file ini selanjutnya dapat dilihat atau diubah isinya dengan menggunakan Notepad. Misalnya telah ada lima buah data mahasiswa yang direkamkan di file Utama.txt, dan hasilnya bisa dilihat di layar terminal atau dalam bentuk sebuah file (untuk contoh disimpan dalam
  • 7. Jurnal Politeknik TELKOM Bandung Volume 1 Nomor 1 Tahun 2009 7 file bernama Induk), sebagai berikut : Tabel 1. Nilai Mata Kuliah ------------------------------------------------ No Urut Nama Nilai MK EL-493 ------------------------------------------------ 1 Sindar Ute 78.75 2 Shaggy Nur 98.63 3 Regina Onay 99.85 4 Ray Nadapdap 89.63 5 Rifki Chie 92.17 3.4. Implementasi Untuk Menghapus Data Pilihan nomor 3 adalah untuk menghapus data mahasiswa tertentu di file Utama.txt. Proses ini dilakukan oleh fungsi Hapus_Induk(). Algoritma menghapus data mahasiswa tertentu ini adalah sebagai berikut ini : Tanyakan Nomor Urut yang datanya ingin dihapus Cari record data ini dengan menempatkan pembacaan ke posisi record-nya. Proses meletakkan pembacaan ke posisi record tertentu dilakukan oleh fungsi Posisi_Record_Induk(). Seleksi keberhasilan penempatan posisi pembacaan ke record ini. Bila tidak ada kesalahan, baca record ini yang akan dilakukan oleh fungsi Baca_Record_Induk(). Bila pembacaan record berhasil, tampilkan ini record ini yang akan dilakukan oleh fungsi Tampil_Record_Induk(). Konfirmasikan apakah betul record ini akan dihapus. Jika record ini akan dihapus, kembalikan posisi pembacaan yang sudah bergeser karena membaca record ini ke posisi record-nya. Hapus record ini dengan memberikan nilai sembarang ke field Nomor Urut yang tidak sama dengan nomor record-nya. Untuk program ini nilai sembarang dipilih nilai -1 yang tidak mungkin sebuah nomor record. Untuk contoh ini, record yang berisi dengan Nomor Urut yang tidak sama dengan nomor record-nya dianggap sebagai record yang kosong. Rekamkan kembali record ini dengan nilai field Nomor Urut yang sudah diubah. Proses ini akan dilakukan oleh fungsi Rekam_Record_Induk().
  • 8. Jurnal Politeknik TELKOM Bandung Volume 1 Nomor 1 Tahun 2009 8 4. KESIMPULAN Beberapa hal sebagai kesimpulan yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu: a. Setiap kali akan meng-up-date basis data, harus mengganti file Utama.txt dan file Bonus.txt agar tidak memboros memori dan ruang Hard-Disk, dengan cara me-running kembali File.exe. b. Kegunaan file Utama.txt dan file Bonus.txt sebagai penyangga (buffer) bagi file yang akan ditulisi data mahasiswa. c. Sebelum suatu file berpenyangga digunakan, penyangga untuk file bersangkutan harus dibuat terlebih dahulu. d. Belum adanya fasilitas koreksi kesalahan (feature error-correction) jika user salah dalam memasukkan masukan kepada masing-masing parameter, membuat aplikasi ini masih perlu dievaluasi guna semakin meningkatkan kenyamanan user dalam menggunakannya. 5. SARAN Beberapa saran yang dapat diberikan seperti: a. Untuk menuliskan setiap input sesingkat mungkin. b. Untuk field NIM, diusahakan maksimal 7 digit (sewaktu di-uji-coba, bisa memasukkan sampai 8 digit, namun saat ditampilkan setelah digit ke-8 kode ASCII-nya ngawur) c. Jika saat running-program, ditemukan bug, coba diulang lagi. Seperti contoh saat hasil ingin ditampilkan di layar terminal, proses kembali lagi ke Menu Pilihan. Namun saat diulang, hasilnya sudah terlihat di layar 6. DAFTAR PUSTAKA [1]. Loudon, Kyle, Agustus 1999, “Mastering Algorithm with C”, O’Reilly. [2]. Simamora, S.N.M.P., 2006, “Diktat Kuliah KOM366 Algoritma dan Pemrograman (4 sks)”, Jurusan Ilmu Komputer, Fak.MIPA, Univ. Advent Indonesia, Bandung

×