Hardwere internet

980 views

Published on

hardwere internet

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
980
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
493
Actions
Shares
0
Downloads
19
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hardwere internet

  1. 1. Komputer Server adalah suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. komputer Server akan melayani seluruh client atau workstation yang terhubung ke jaringannya.
  2. 2. Terdapat tiga Macam macam server antara lain yaitu : 1. ServerWeb 2. ServerApplikasi 3. ServerDatabase
  3. 3. Server Web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser Web. Server web biasanya disebut juga sebagai HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) sever .
  4. 4. Server Applikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language )
  5. 5. Server Database adalah perangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server applikasi. Untuk membuat applikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis database yang bisa digunakan antara lain misalnya: Ms Access, SQL Server, Oracle atau MySQL.
  6. 6. Komputer Client adalah seperangkat komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server. Istilah Komputer Client bisa di sebut dengan Workstation atau Node.
  7. 7. Kartu Jaringan atau disebut dengan istilah NIC (Network Interface Card) atau LAN CARD atauEtherned Card. merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan Kartu Jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
  8. 8. Kartu jaringan ada di dalam komputer client dan komputer server agar dapat di jalankan dalam jaringan. Kartu Jaringan memiliki dua fungsi utama , yaitu: 1. Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer. 2. Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik .
  9. 9. Kamu dapat membangun jaringan komputer (baik jaringan sederhana maupun besar) menggunakan berbagai tipe media transmisi. Media transmisi dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu terarah (guieded/wireline) atau menggunakan kabel atau tidak terarah (unguided/wireless) atau nirkabel.
  10. 10. Media Transmisi terarah merupakan gelombang elektromagnetik yang di pandu sepanjang fisik, misalnya: Kabel UTP, Kabel Coaxial dan Kabel Fiber Optik. Sedangkan Media Transmisi elektromagnetik tanpa di pandu, misalnya perambatan melalui udara, ruang hampa dan air laut.
  11. 11. Jenis-jenis Jaringan yang akan kita bahas yaitu: a. Kabel UTP b. Kabel Koaksial c. Kabel Fiber Optik
  12. 12. Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ), secara Fisik terdiri atas empat pasang kawat medium, setiap pasang di pisahkan oleh lapisan pelindung. Kabel UTP mempunyai beberapa karakteristik, yaitu: •Kecepatan dan keluaran 10 – 100 Mbps •Biaya rata-rata per node murah. •Media dan ukuran konektor kecil •Panjang Kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek).
  13. 13. Kekurangan Rentan efek interferensi elektromagnetic yang berasal dari media atau perangkat lainnya Kelebihan Mudah dipasang Ukurannya kecil Harga lebih murah dibanding media lain
  14. 14. Kabel UTP terdiri dari delapan Pin Warna (seperti gambar disamping). Dimana terdapat dua tipe kabel yang umum, yaitu kabel straightthrough digunakan untuk menghubungkan sebuah hub dgn switch dan kabel crossover digunakan untuk menghubungkan dua buah komputer secara peer to peet tanpa hub dan switch.
  15. 15. Kabel koasial terdiri atas konduktur silindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif. Kabel koaksial dapat di gunakan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh. Lain dari Kabel ini adalah “thicknet”
  16. 16. Kabel ini sangat popular untuk LAN karena memiliki bandwith yang lebar, sehingga dapat Anda gunakan untuk komunikasi broadband (multiple channel). Contoh kabel koaksial dalam kehidupan sehari-hari yaitu: kabel tv, thin10Base5 yang biasanya digunakan untuk kabel backbone pada instalasi jaringan antar gedung.
  17. 17. Kabel koaksial mempunyai beberapa karakteristik, yaitu : 1. Kecepatan dan keluaran 10 – 100 MBps 2. Biaya Rata-rata per node murah 3. Media dan ukuran konektor medium 4. Panjang kabel maksimal yang di izinkan yaitu 500 meter (medium) Jaringan inimerupakan jaringan dengan biaya rendah, tetapi jangkauannya sangat terbatas dan keandalannya juga sangat terbatas. umumnya digunakan pada topologi bus dan ring.
  18. 18. Jenis kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke bawah. kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung. Kabel fiber optic merupakan media networking medium yang digunakan utk transmisitransmisi modulasi. Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan media lain.
  19. 19. Beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan kabel fiber optic , yaitu : 1. Kecepatan jaringan fiber optic beroperasi pada kecepatan tinggi. 2. Bandwith, Fiber optic mampu membawa paket-paket dengan kapasitas besar. 3. Distance yaitu sinyal-sinyal dapat di transmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan “refresh” atau “diperkuat” 4. Kabel-kabel fiber optic membutuhkan biaya alternatif mahal
  20. 20. Fiber Optic mempunyai beberapa karakteristik, yaitu: 1. Kecepatan dan keluaran 100+ Mbps 2. Biaya rata-rata pernode cukup mahal 3. Media dan ukuran konektor kecil 4. Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 2 km (panjang).
  21. 21. Connector adalah Perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan komputer , untuk jaringan komputer dikenal dengan Istilah RJ45 yang merupakan konektor standar untuk kabel Ethernet Categori 5, serta biasanya digunakan untuk Kabel UTP.
  22. 22. Hub atau konsentrator adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan dari tiap-tiap workstation, server, atau perangkat lain. Keuntungan mengunakan hub adalah fleksibelitas, sehingga setiap client dapat ditambahkan setiap waktu tanpa menganggu jaringan yang sedang beroperasi. Akan tetapi hub tidak mampu membaca data dan tidak mengetahui sumber dari tujuan paket-paket yang dilepaskan melalui Hub tersebut.
  23. 23. Bridge adalah sebuah perangkat yang menghubungkan beberapa jaringan untuk mendapatkan jaringan yang efiesien. Kebanyakan bridge dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap segmen komputer pada jaringan disekitarnya.
  24. 24. Diibaratkan bahwa bridge seperti lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Bridge mengatur agar informasi di antara kedua sisi jaringan tetap berjalan dengan baik dan teratur. Bridge juga dapat digunakan untuk koneksi jaringan yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.
  25. 25. Router merupakan alat yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda. Router berfungsi mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal Router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi yang paling sibuk dan router juga dapat menarik data dari sisi yang sibuk tersebut.
  26. 26. Router merupakan sebuah peralatan jaringan yang mempunyai dua fungsi utama, yaitu : 1. Menentukan rute terbaik untuk menuju ke tujuan 2. Memindahkan data dari sumber ke tujuan
  27. 27. Router dapat berupa Hardware maupun sofware. 1. Router hardware, contohnya Cisco, Juniper, 3COM dan sebagainya. PC Based Router, menggunakan PC sebagai hardware dan Unix/nix like OS sebagai sistem operasi. 2. Software yang digunakan adalah Zebra, GateD dan software lainnya.
  28. 28. Routing dapat dibagi menjadi 2 yaitu : 1. Static Routing Static routing berarti routing table di ubah secara manual sehingga jika terjadi perubahan routing table harus dilakukan oleh administratornya. 2. Dynamic Routing Dynamic Routing merupakan routing yang dapat berubah secara cepat melalui proses update berkala dan sebagai respon terhadap perubahan link cost.
  29. 29. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Dibuat oleh Mozilla Corporation, Firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko Layout Engine. Tidak hanya handal, Firefox juga didukung oleh sejumlah add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan add-ons tersebut. Mozilla Firefox juga adalah browser yang paling sering digunakan oleh windows.
  30. 30. Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis system operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.
  31. 31. Opera dikembangkan oleh Opera Software Company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya add-ons, Opera punya “Opera Widgets”. Sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.
  32. 32. Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Google Chrome adalah browser yang dikeluarkan oleh Google, sebuah perusahaan search engine terkemuka didunia. Google Chrome juga dirancang agar berjalan secepat mungkin: Cepat dimulai dari desktop, memuat laman web dalam sekejap, dan menjalankan aplikasi web yang rumit dengan cepat.
  33. 33. Netscape Navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan Internet Explorer dari Microsoft, yang dibuat oleh Netscape Corporation. Pada zamannya, Netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh.
  34. 34. PayPal adalah alat pembayaran online untuk melakukan transaksi jual beli, transfer uang dan lain-lain secara online di internet. PayPal sudah di gunakan sejak lama secara Internasional oleh berbagai perusahaan besar karena sudah teruji keamanannya. Fungsi PayPal sebenarnya sama dengan rekening Bank biasa, tetapi khusus di gunakan untuk transaksi Internasional secara online.
  35. 35. •Penyalahgunaan PayPal ada dimana-mana ( menjadi sasaran utama bagi para cracker) •Limited Access atau pembatasan Akun PayPal (pembatasan nilai transaksi) •Fee Termasuk Besar ( Potongan setiap menerima transaksi 2,4% + $0,30 USD hingga 3,4% + $0,30 USD)
  36. 36. Fungsi penggunaannya mirip dengan mesin ATM hanya sarananya saja yang berbeda, seorang nasabah dapat melakukan aktifitas pengecekan saldo rekening, transfer dana antar rekening atau antar bank, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan seperti: listrik, telepon, kartu kredit, dll. Dengan memanfaatkan e-banking banyak keuntungan yang akan diperoleh nasabah terutama apabila dilihat dari banyaknya waktu dan tenaga yang dapat dihemat
  37. 37. Kelebihan
  38. 38. Kekurangan
  39. 39. Satuan mata uang berupa emas digital yang di operasikan oleh gold&silver reserve inc. E-gold juga dapat mengacu pada sistem yang membolehkan pengguna untuk mentransfer emas miliknya kepada pengguna lain secara instan.
  40. 40. Kelebihan
  41. 41. Kekurangan
  42. 42. Alertpay adalah suatau layanan jasa pembayaran dan pengiriman uang melalui internet atau secara online dengan aman dan cepat. Jadi dengan Alertpay kamu dapat menarik semua gaji yang kamu miliki di bisnis online, bahkan anda dapat menarik ke egold ataupun langsung ke rekening bank local anda sperti BNI ataupun bank lain.
  43. 43. Kelebihan
  44. 44. Kekurangan
  45. 45. Liberty Reserve adalah sistem pembayaran online dan penyedia jasa penukaran emas digital (LR-gold). Liberty Reserve adalah perusahaan inkorporasi yang berkedudukan di Kosta Rika yang memulai usaha penggantian mata uang USD dengan mata uang digital mereka (LR-USD) pada tahun 2002. Adapun mata uang emas digital mereka baru dirilis pada tahun 2005. Liberty Reserve adalah anggota dari Global Digital Currency Association (GDCA), sebuah lembaga swadaya yang memegang peranan penting dalam industri tersebut
  46. 46. Kelebihan
  47. 47. Kekurangan
  48. 48. Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan “foto yang diperoleh dari facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi”.
  49. 49. Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.
  50. 50. Seperti kita tahu Kakau Talk secara resmi diluncurkan pada tahun 2010 aplikasi Kakau Talk sudah menjadi aplikasi wajib yang harus ada di smartphone warga Korea Ada beberapa fitur di Kakao Talk yang mendapatkan cukup perhatian, di antaranya Group Chat, Call with Voice Filters, Group Talk, Walkie Talkie, Plus Friend, Kakao Story, hingga Kakao Game.
  51. 51. WeChat adalah Salah Satu Layanan Komunikasi pesan suara dan Pesan Text yang sudah dikembangkan oleh Tencent di China. Wechat dapat di gunakan pada beberapa Gadgetseperti Android , Blackberry Iphone , Windows Phone. Aplikasi ini juga mendukung Bahasa Indonesia, jadi jangan kawatir bagi anda yang tidak bisa bahasa Asing.
  52. 52. Friendster adalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain View, California.[ Situs web ini dulunya digunakan untuk berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan mereka.[6] Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan "kakek"nya semua jejaring sosial.[7] Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara.[8]
  53. 53. Kelebihan
  54. 54. AirAsia adalah sebuah maskapai penerbangan bertarif murah yang berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Awalnya AirAsia dimiliki oleh DRB-HICOM milik Pemerintah Malaysia namun maskapai ini memiliki beban yang berat dan akhirnya dibeli oleh mantan eksekutif Time Warner, Tony Fernandes, dengan harga simbolik 1 Ringgit pada 2 Desember 2001.
  55. 55. KELEBIHAN
  56. 56. KEKURANGAN
  57. 57. Garuda Indonesia (IDX: GIAA) (PT Garuda Indonesa (Persero) Tbk) adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia.Garuda adalah nama burung mitos dalam legenda pewayangan. Sejak Juni 2007, maskapai ini, bersama dengan maskapai Indonesia lainnya, dilarang menerbangi rute Eropa karena alasan keselamatan
  58. 58. KELEBIHAN
  59. 59. KEKURANGAN
  60. 60. Batik Air adalah maskapai penerbangan Indonesia yang dijadwalkan akan memulai operasinya pada Mei 2013. Maskapai ini merupakan salah satu maskapai berlayanan lengkap Lion Air, maskapai penerbangan Indonesia lain. Batik Air berencana untuk membasiskan pesawatnya di Manado, sebuah kota di Pulau Sulawesi, Indonesia.
  61. 61. PT Lion Mentari Airlines, beroperasi sebagai Lion Air adalah maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia, dimana maskapai penerbangan ini menguasai sebagian besar pangsa pasar domestik. Berkantor pusat di Jakarta, Indonesia, Lion Air terbang ke kota-kota di Indonesia, Singapura, Vietnam, Malaysia dan Arab Saudi.
  62. 62. Merpati Nusantara Airlines atau selanjutnya dikenal dengan nama Merpati Nusantara yang selanjutnya dikenal sebagai Merpatidengan kode penerbangan MZ adalah salah satu perusahan penerbangan nasional domestik di Indonesia. Pernah beberapa tahun yang lalu menerbangan rute rute regional Asia Tenggara dan Australia.
  63. 63. Kelebihan
  64. 64. kekurangan
  65. 65. Kelebihan
  66. 66. Kelebihan
  67. 67. Kekurangan
  68. 68. Kelebihan
  69. 69. Kekurangan

×