Your SlideShare is downloading. ×
Peradaban Romawi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Peradaban Romawi

1,046
views

Published on


0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,046
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
199
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. PERADABAN ROMAWI KELOMPOK 2 -AYHU ARDITHYA WULANDARI -GIAN ARON ANGELO -MIFTA FLORENCIA -MUH. DIO ALIF -WULAN RAHMADANI
  • 2. PENDAHULUAN Romawi adalah sebuah kota yang selalu di sandingkan dengan Yunani, yangmempunyai hubungan erat antara kedua kota ini. Romawi ialah peradaban duniayang letaknya terpusat di kota Roma masa kini. Peradaban Romawi dikembangkanSuku Latia yang menetap di lembah Sungai Tiber. Suku Latia menamakan tempattinggal mereka ‘Latium’. Latium merupakan kawasan lembah pegunungan yangtanahnya baik untuk pertanian. Penduduk Latium kemudian disebut bangsa Latin.Pada mulanya, di daerah Latium inilah bangsa Latin hidup dan berkembang sertamenghasilkan peradaban yang tinggi nilainya. Kota Roma yang menjadi pusat kebudayaan mereka terletak di muarasungai Tiber. Waktu berdirinya Kota Roma yang yang terletak di lembah SungaiTiber tidak diketahui secara pasti. Legenda menyebut bahwa Roma didirikan duabersaudara keturunan Aenas dari Yunani, Remus dan Romulus. “Menurutberita lama, Roma didirikan oleh Remus dan Romulus pada tahun 750. Remus danRomulus ini anak Rhea silva, turunan Aenas –seorang pahlawan Troya jang dapatmelarikan diri waktu Troya dikalahkan dan dibakar oleh bangsa Jujani”Orang-orang Romawi memiliki kepercayaan terhadap dewa-dewa, seperti orang-orang di Yunani. Hanya saja dewa-dewa di romawi berbeda dengan di Yunani.
  • 3. Sebelum itu, sekira tahun 492, Daerah Latium sebagai tempatberdirinya kota Roma dikuasai oleh kerajaan Etruskia, yang terletakdisebelah utaranya sampai pada tahun 500 SM. Pada tahun 500 SMbangsa Latium memberontak terhadap kerajaan Etruskia dan berhasilmemerdekaan diri serta mendirikan negara sendiri yang berbentukrepublik. Maka sejak itu, Roma menjadi republik dan kepala negaranyadisebut konsul yang dipilih setiap tahun sekali. Konsul selain menjadipenguasa negara juga ketua senat dan panglima besar. Bangsa Romawi yang semula petani, setelah mengalahkan penguasaEtruskia kemudian menjadi bangsa penguasa besar dengan manaklukanwilayah yang luasa sampai ke Laut Tengah. Bangsa yang semula petani inikemudian menjadi masyarakat kapitalis dan materialis. Selain sebagaibangsa yang suka dengan perang bangsa Romawi juga mengumpulkankekayaan sebagai modal usaha. Mereka membali ladang-ladang dankemudian penggarapannya dilakukan oleh para budak yang didatangkandari daerah-daerah jajahan.
  • 4. A. LETAK GEOGRAFIS ROMAWI Romawi terletak di Semenanjung Alpenina (sekarang Italia). Batas – batasnya adalah• • Di utara adalah Pegunungan Alpen.• • Di timur adalah Laut Adriatik dan Laut Ionia.• • Di selatan adalah Laut Sicilia.• • Dan di barat adalah Laut Tirenia serta Laut Liguri. – Dari segi geografis, Romawi merupakan daerah yang strategis di kawasan laut tengah, yang memungkinkan lahirnya perdagangan di daerah ini, saat akan berdagang mereka menggunakan peta yang di gambarkan di gulungan kertas. Lembah pegunungan Apenina merupakan lahan subur dan dan cocok dijadikan sebagai lahan pertanian. Oleh karena itu, Bangsa Romawi hidup dari bercocok tanam menghasilkan gandum, jagung, anggur, dll. Di pegunungan Alpenina juga ditemukan berbagai tambang mineral.Karena letak Romawi yang di kelilingi Lautan dan gunung juga menghindari serbuan dari bangsa lain.
  • 5. B. PENDIRI ROMAWI Menurut mitos, Romawi kuno didirikan oleh 2 saudara keturunanAenas dari Yunani yaitu, Remmus dan Romulus pada abad 8 SM ditepisungai tiber. Pada awalnya Romulus dan Remus berselisih mengenaitempat akan didirikannya kota. Ketika Romulus sedang membanguntembok kota, Remus mengejek dan mengganggu pekerjaannya. Puncaknyaadalah ketika Remus melewati wilayah Romulus, Remus dibunuh olehRomulus. Romulus adalah raja pertama Roma. Romulus mendirikan Romadi atas bukit Palatine. Setelah mendirikan Roma, Romulus mengizinkansemua laki-laki, baik manusia bebas ataupun budak, untuk datang danmenjadi warga Roma. Untuk menyediakan istri bagi warganya, Romulusmenculik wanita-wanita kaum Sabin sehingga kerajaan Sabin memerangiRoma. Setelah berperang dengan kaun Sabin, Romulus berbagi gelardengan raja Sabin, Titus Tatius. Pada masa pemerintahannya, Roma jugaberperang dengan kerajaan Fidenate dan Veii.
  • 6. Romulus memilih 100 orang bangsawan untukmembentuk senat sebagai dewan penasihat bagi raja.Setelah penggabungan dengan Sabin, Romulusmenambah lagi 100 sebagai senat. Romulus membagirakyatnya menjadi tiga puluh curiae (golongan), dinamaiberdasarkan tiga puluh wanita Sabin yang berperandalam menghentikan perang antara Romulus dan TitusTatius. Pewakilan tiap Curiae berkumpul membentukDewan Curiata. Setelah kematiannya pada usia 54tahun, Romulus dipuja sebagai Quirinus, dewa perang.
  • 7. C. SISTEM PEMERINTAHAN ROMAWI Secara garis besar sejarah romawi kuno dibagi menjadi tiga, yaitu:• 1. Zaman Kerajaan (750-510 SM) yaitu Zaman ketika seorang raja didampingi oleh senat (wakil dari para suku di sekitar Roma)• 2. Zaman Republik (510-31 SM) yaitu Zaman Ketika Roma tumbuh dari negara kota kecil menjadi republik yang luas.• 3. Zaman Kekaisaran (31 SM-476 M) yaitu Zaman Berkuasanya monarki.• Pada awalnya, Romawi dipimpin oleh raja yang dibantu oleh senat. Ketika Republik Romawi pertama kali didirkan pada 500 SM, raja diganti oleh dua orang yang disebut konsul, sedangkan senat tetap ada. Perempuan tidak diperbolehkan menjadi konsul. Kedua konsul memegang kendali atas pasukan, behak menyatakan perang, menentukan jumlah pajak, dan membuat hukum. Suatu keputusan harus disetujui oleh kedua konsul; jika salah seorang mengatakan “veto” (aku tolak), maka keputusan tidak jadi dilaksanakan. Konsul dibantu oleh senat sebagai dewan penasihat. Senat terdiri dari keluarga-keluarga kaya di Romawi. Perempuan tidak diperbolehkan menjadi anggota senat. Jabatan senator (anggota senat) merupakan jabatan seumur hidup. Kebanyakan konsul pada akhirnya bergabung dengan senat, dan kebanyakan senator memiliki ayah atau kakek yang dulunya juga menjabat di senat.
  • 8. Para konsul sering melaksanakan apa yang diusulkan oleh senat. Ada juga prefek diRomawi, mereka bertugas mengurusi kota, beberapa mengadili kasus, beberapa yang lainnyamengatur pasar atau pelabuhan. Selain itu, ada Tribunus, yaitu orang-orang di senat yangmewakili rakyat miskin. Tribunus dipilih oleh Majelis. Tribunus berhak memveto keputusansenat yang berkenaan dengan rakyat miskin. Sementara Majelis adalah kumpulan yang terdiridari para pria dewasa dan merdeka di Romawi. Mereka berhak memberikan suara jikadimintai oleh konsul, mislnya harus pergi berperang atau tidak. Majelis juga memilihkonsul, prefek, dan senator. Namun Majelis sudah diatur sedemikian rupa sehingga orangkaya bisa lebih bnyak memilih daripada orang miskin. Baik prefek, Tribunus, atau Majelishanya boleh diisi oleh laki-laki. Setelah Romawi menaklukan berbagai daerah yang jauh dari kota Roma, mereka punmenerapkan sistem provinsi. Setiap provinsi dipimpin oleh gubernur. Gubernur memegangkendali atas pasukan di provinsinya. Gubernur biasanya berasal dari kalangan jenderal.Menjelang tahun 50 SM, yakni masanya Julius Caesar(meminpin di tahun 49 SM dan mati ditikam lima tahun kemudian), jendral-jenderal ini mulai mengambil alih pemerintahan danmengabaikan senat serta konsul. Mereka bisa melakukannya karena memiliki pasukan.Augustus, pada 31 SM, adalah salah satu jenderal ini. Dia berhasil mendirikan suatu sistembaru. Lembaga senat dan jabatan konsul tetap disteruskan namun Augustus menjadikandirinya memiliki kekuasaan tertinggi sehingga Augustus bisa memveto keputusan senat yangtidak dia sukai. Augustus juga memegang kendali atas pasukan sehingga dia bisamenyingkirkan orang yang menghalangi jalannya. Sistem ini, yaitu Romawi dipimpin olehkaisar namun senat dan konsul tetap ada, terus berjalan selama 1500 tahun sampai akhirnyaRomawi runtuh yang di akibatkan oleh korup, lemah dan serangan dari perbatasan terutamainggris utara, jerman utara dan daerah yang dekat dengan laut hitam.
  • 9. SISTEM KEPERCAYAANKetika kerajaan Romawi berdiri, kepercayaan masyarakat masih bersifat animisme.Bangsa Romawi memuja beberapa roh seperti:- Vesta yaitu roh pengurus api tungku- Lares yaitu roh penjaga rumah tangga dan batas ladang keluarga- Penates yaitu roh penjaga lumbung Peradaban Romawi juga mendapat pengaruh besar dari peradaban Yunani termasukkepercayaan yang bersifat Polytheisme. Bangsa Romawi juga menyembah dewa-dewa bangsaYunani namun namanya disesuaikan dengan nama-nama Romawi.Mitologi Romawi adalah kumpulan legenda Romawi tentang dewa-dewi Romawi yangberawal dan tersebar melalui tradisi lisan. Mitologi ini memiliki persamaan dengan mitologiYunani, terutama mengenai mitologi tentang para dewa.1. Hercules Hercules adalah tokoh dalam mitologi Romawi. Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagaiHerakles.2. Pluto Dalam mitologi Romawi, Pluto adalah dewa dunia bawah. Dalam mitologi Yunani diadisebut Hades.3.Yupiter Dalam mitologi Romawi, Jupiter atau Jove adalah raja para dewa, dan dewa langit dan petir.Dalam mitologi Yunani dia dikenal sebagai Zeus. Ia dipanggil Iuppiter (atau Diespiter) OptimusMaximus ( “Dewa Terbaik dan Terbesar”).
  • 10. 4. Venus Venus adalah salah satu yang terkenal dalam sejarah mitologi Romawi. Dewi ini diasosiasikan dengan cinta dan kecantikan, identik dengan Aphrodite dan Etruscan deity Turan dari mitologi Yunani.5. Mars Dalam mitologi Romawi adalah dewa perang, putra dari Juno dan Jupiter,suami Bellona, dan kekasih Venus. Dia adalah dewa militer yang utama dan disembah oleh legiun Romawi. Dalam mitologi Yunani, Mars dikenal dengan nama Hermes.6. Neptunus Neptunus (bahasa Latin: Neptūnus) adalah dewa air dan laut pada mitologi Romawi, saudara kandung Yupiter dan Pluto. Ia serupa, tetapi tidak sama dengan dewa Poseidon dari Mitologi Yunani.
  • 11. • Setelah lahirnya agama kristen, ditanah Judea yang merupakan wilayah kekaisaran Romawi maka agama yang baru ini mulai berkembang bahkan sampai di Roma sebagai pusat pemerintahan. Penyebaran ke arah barat dilakukan oleh Petrus dan Paulus. Penganut agama kristen semakin banyak terutama dari golongan budak (kaum tertindas).• Para kaisar Romawi lalu memerintahkan pasukannya untuk menindas penganut agama kristen Karena ajaran agama kristen dapat menggoyahkan sendi-sendi kekuasaan kaisar. Ajaran tersebut adalah:• a. bersifat monotheisme sedangkan agama Romawi bersifat polytheisme, b. menolak pendewaan kaisar, c. menolak perbudakan, dan d. menolak wajib militer dan berperang. Pada masa Kaisar Nero berkuasa, Ia tega membunuh ibunya sendiri, istrinya juga gurunya dan membakar kota Roma serta menuduh bahwa orang kristenlah yang melakukan perbuatan itu sebagai alasan untuk menganiaya mereka.• Berkaitan dengan kepercayaan itu berkembanglah bangunan pemujaan terhadap dewa-dewi seperti gedung Pantheon yaitu rumah dewa bagi bangsa Romawi. Setelah agama kristen ditetapkan sebagai agama negara maka Roma kemudian menjadi pusat agama Roma Katolik dengan pemimpinnya yang disebut Paus serta dibangun gereja yang megah dikenal sebagai gereja Santo Petrus. Dari kepercayaan Romawi di atas terdapat nama-nama dewa yang juga dipakai untuk nama- nama planet di jagat raya. Seperti: a) Yupiter, b) Mars, c) Mercurius d) Venus
  • 12. PENINGGALAN KEBUDAYAANSeni Bangunan Bangsa Romawi memiliki keahlian yang tinggi dalam bidang senibangunan-mereka telah menemukan sistem beton sehingga bangunan-bangunan mereka bertahan beberapa abad dan dapat ditemukan bekas-bekasnya sekarang. Peninggalan bangunan-bangunan Romawi itu antaralain:· Puluhan kuil yang bertebaran di kota Roma.· Pantheon yaitu rumah dewa bagi bangsa Romawi.· Limes yaitu tembok pertahanan yang panjangnya puluhankilometer, lebar 2,5 m dan tingginya 6 m.· Amphiteater dan Colloseum yaitu bangunan berbentuk stadion yangdapat menampung ratusan ribu penonton. Bangunan itu berfungsi sebagaitempat untuk pertunjukan hiburan.· Aquaduk yaitu bangunan saluran air bersih. Bangunan fisik yangdibangun oleh Romawi memiliki multi fungsi contoh: jalan raya di atasuntuk mempercepat gerakan tentara dari pusat ke daerah sedangkan dibawahnya untuk keperluan irigasi. Salah satu jalan raya yang kuat yaitu ViaApia yang masih terpelihara hingga sekarang.
  • 13. 2. Seni Sastra• Pada awalnya perkembangan karya sastra Romawi mendapat pengaruh yang kuat dari Yunani namun berangsur-angsur karya mereka menampakkan ciri khas Romawi. Selain penulisan buku Aeneis karangan Vergelius dan karya Yulius Caesar berjudul De Bello Gallica masih banyak karya sastra yang dihasilkan oleh para pujangga Romawi kuno. Antara lain:• · Horatius dengan karyanya berjudul Oda · Livius, seorang sejarahwan yang menulis buku berjudul Magnum Opus · Lucretuis, seorang filsuf dan penyair. Yang mengembangkan ajaran filsuf Yunani terkenal yaitu Epi Curuc karyanya berjudul Hukum Alam ditulis dalam bentuk puisi yang mengupas materi itu terdiri dari atom. · Ovidius menghasilkan karya sastra berjudul Metamorphoses. · Cicero yang ahli pidato corator dan memperoleh gelar “Bapak Prosa Latin”. · Quintilianus, seorang Orator terkenal dan guru retotika karya utamanya berjudul Institutio Oratorio menjadi buku pelajaran baku pidato Latin. · Seneca seorang penulis dan pengacara, hasil karyanya disebut Dialog. Ia adalah guru kaisar Nero.
  • 14. 3. Ilmu Pengetahuan Dalam bidang ilmu pengetahuan bangsa Romawi meneruskan pengetahuan yang telah berkembang pada jaman Yunani kuno. Diantara para ilmuwan Romawi antara lain Galen, ahli dalam bidang obat-obatan, anatomi, dan fisiologi. Lucretius yang mengikuti jejak Epicurus dan berpendapat materi itu terdiri dari atom. Bangsa Romawi lebih menekankan segi kepraktisan, bukan teori semata. Sumbangan bangsa Romawi di bidang kedokteran dan obat-obatan sangat besar bagi dunia sekarang. Mereka telah menggunakan radas kedokteran. Radas kedokteran tersebut ditemukan di Pompeii, salah satu diantara 200 perkakas kedokteran untuk memeriksa bagian dalam ibu yang mengandung. Radas yang disebut spekulum ini menyerupai radas yang digunakan jaman sekarang. http://ivan-LIHAT GAMBAR DI SINI penuhwarna.blogspot.com/2009/11/peralatan -medis-romawi-kuno.html
  • 15. Vagina Speculum Rectal speculum Bone levers
  • 16. • Pendidikan sangat diperhatikan yang mengajarkan tentang hukum, bahasa, pengetahuan obat-obatan, berpidato, patriotisme dan pendidikan jasmani sehingga lahirlah istilah “mensana in corporesano”.• Pada Zaman Romawi sudah di kenal katrol yang di gunakan sebagai alat untuk menaikkan air yang di gunakan untuk keperluan irigasi, yang menggunakan kombinasi 16 Roda air di dekat Aries, di daerah dekat Prancis.
  • 17. G. SEPAK TERJANG PERADABAN ROMAWIZaman KerajaanRomawi awal adalah sebuah monarki yang dipimpin oleh seorang raja (Latin: rex).Semua raja Romawi dipilih oleh rakyat Roma kecuali Romulus yang menjadi rajakarena dia yang mendirikan Roma.Dengan asumsi bahwa raja berdaulat penuh dan memegang kekuasaan tertingginegara, maka raja juga adalah sekaligus:Kepala pemerintahan - memiliki kekuasaan untuk menegakkan hukum, mengelolasemua harta milik negara, dan mengawasi semua pekerjaan umumKepala Negara - mengatur hubungan dengan kerajaan lain dan menerima dutabesar.Pemimpin Legislatif - merumuskan dan mengajukan undang-undang.Panglima tertinggi - komandan militer Romawi dengan kekuasaan mengaturlegiun, menunjuk pemimpin militer, dan menyatakan perang.Pemimpin keagamaan - mewakili Romawi dan rakyatnya di hadapan paradewa, memiliki kendali administratif atas agama Romawi.Hakim Agung - mengambil keputusan mengenai semua kasus pidana dan perdata.
  • 18. • Daftar raja yang pernah memerintah:• Romulus• Numa Pompilus• Tullus Hostilius• Ancus Marcius• Tarquinius Priscus• Servius Tullius• Tarquinius Superbus
  • 19. Akhir kerajaan Raja ketujuh Romawi, TarquiniusSuperbus, memerintah dengan kejam. Diamenggunakan kekerasan, pembunuhan, dan teroruntuk mempertahankan kekuasaannya. Sang rajajuga mencabut banyak konstitusi yang telahditetapkan oleh pendahulunya. Puncaknya adalahperistiwa pemerkosaan Lucretia yang kemudianmenyebabkan rakyat memberontak danmenggulingkan kekuasaan raja. Setelahitu, Romawi menjadi sebuah republik.
  • 20. Zaman Republik Pada masa republik, Roma dipegang oleh 2 orang konsul, yang dipilih oleh senat, tiap konsul itu memiliki tugas masing-masing. Konsul pertama bertugas dalam masalah hukum dan ekonomi, sedangkan konsul yang kedua memegang urusan pertahanan. Pada masa darurat, jumlah konsul hanya satu orang yaitu seorang diktaktum. Pada masa republik inilah Roma mulai melakukan ekspansi ke Ephirus dan Etruskia. Peperangan yang paling dahsyat ialah perang antara Roma dengan Khartago (Tunisia sekarang). Khartago adalah polis yang dimiliki oleh orang Funisia. Roma dan Khartago berperang untuk memperebutkan hegemoni di Laut Tengah. Perang itu dimulai ketika Pulau Sisilia yang merupakan pulau yang menjadi sumber bahan makanan orang Roma dikuasai oleh Funisia. Perang Funisia terjadi sebanyak 3 kali, yaitu:• Perang Funisia I (246 SM-241 SM);• Perang Funisia II (218 SM-201 SM);• Perang Funisia III (149-146 SM).
  • 21. • Perang ini berakhir dengan dikuasainya pulau Sisilia, Pulau Sardinia, dan Corsica oleh orang Roma. Namun Semenajung Iberia berhasil dikuasai oleh orang Chartago, dan di sana mereka membangun kota Cartagena. Pada Perang Funisia II, Panglima Khartago, atau dikenal sebagai Hanibal hendak menyerang Roma lewat utara dan berhasil menguasai Saguntum yang merupakan pusat pertahanan Roma di utara. Dikuasainya Saguntum itu bersamaan dengan masih terjadinya perdebatan di kalangan Senat dalam menyikapi bagaimana cara menghadapi Hanibal. Pada waktu itu muncul istilah delibrate senate perit saguntum (senat terus berdebat sementara Saguntum berhasil dikuasai).• Masyarakat Roma pada masa republik terdiri atas beberapa kelas Pertama, kaum optimar (kaum yang sangat kaya karena mempunyai wewenang untuk menarik pajak dengan batas yang mereka tentukan). Kaum yang kedua adalah kaum proletar yang merupakan kaum miskin. Meskipun demikian, dua golongan itu memiliki wakil di senat yaitu Sula (Optimar) dan Marius (Proletar).
  • 22. • Kekacauan pertama terjadi di Roma ketika Marius dibunuh oleh Sula. Kekacauan itu berhasil diatasi dengan munculnya triumvirat yang pertama yaitu Crassus (menguasai Eropa Timur), Pompeyus (Roma dan Yunani), dan Julius Caesar (Eropa Barat). Crassus terbunuh pada waktu perang dengan Persia. Di Roma timbul persaingan antara Pompeyus dengan Julius Caesar, yang pada akhirnya Caesar tampil sebagai penguasa tunggal. Kekacauan kedua timbul ketika Caesar dibunuh oleh anak angkatnya sendiri, yaitu Brutus dan Lavius. Kekacauan itu dapat diatasi dengan munculnya triumvirat yang kedua yaitu Crassus (Eropa Timur), Antonius (timur tengah dan Mesir), dan Octavianus (Italia). Crassus terbunuh, dan wilayahnya menjadi milik Octavianus. Terjadi peperangan antara Octavianus melawan Antonius dikarenakan Antonius membela Mesir untuk memerdekakan diri dari Romawi. Dalam pertempuran yang tidak seimbang, yang terjadi di Actium tahun 31 SM, Antonius gugur. Dengan demikian, seluruh wilayah Mesir dan Timur Tengah menjadi milik Octavianus, sehingga Roma berubah menjadi sistem kekaisaran (31 SM sampai 395 M).
  • 23. 3. Zaman KekaisaranSetelah Julius Caesar tewas, ia digantikan oleh kemenakannya yang bernamaOctavianus. Namun bukan hanya jabatan besar, masalah-masalah besar pun turutdiwariskan sang paman, selain mendapat banyak perlawanan dari saingan-saingannya, Octavianus juga harus membongkar skandal pembunuhan caesar yangdilakukan oleh sebuah sindikat persekongkolan yang dipimpin Gaius Cassius danMarkus Yunius Brutus. Oleh karenanya, ia sepakat untuk memimpin sebuahTriumvirat (sebuah dewan pemerintahan yang terdiri atas tiga serangkai) bersama-sama Marcus Lepidus (?-13 SM) dan Marcus Antonius (83-30 SM).Namun sekali lagi, pemerintahan Triumvirat ini tidak cukup berhasil, sehinggamenimbulkan banyak masalah termasuk kisah percintaan Markus Antonius denganratu mesir Cleopatra di kemudian hari. Cleopatra sendiri adalah pemimpin terakhirdari dinasti terakhir mesir (ptolemy), seorang ratu yang pada masa sebelumnyajuga pernah memiliki skandal percintaan dengan Caesar. Kita tinggalkan duluCleopatra, setelah para pembunuh Julius Caesar berhasil ditangkap dandihancurkan, Triumvirat sepakat untuk membagi kekuasaan secara geografis,dengan Octavianus di Eropa, Lepidus di Afrika dan Antonius di Mesir.
  • 24. • Di Mesir, Markus Antonius mengawali pemerintahannya di kota kosmopolitan Alexandria, disanalah ia bertemu Cleopatra (69-30 SM) yang kemudian ia nikahi (walau besar kemungkinan keduanya pernah bertemu di saat Caesar masih hidup). Perlahan tapi pasti, sahabat seperjuangan Julius Caesar ini mulai berpindah pihak. Ia menetapkan ketiga anaknya sebagai penggantinya dan sering kali ia menghadiahi istrinya dengan benda-benda yang mahal, bahkan timbul kabar angin bahwa ia akan menghadiahkan kota Roma (yang dikuasai Octavianus) kepada Cleopatra, sebagai hadiah.• Ketika kabar angin itu merebak dan terdengar oleh Octavianus, ia menjadi berang dan mendeklarasikan perang melawan Anthony. Kedua belah pihak berhadapan muka di Pertempuran Actium Pada tahun 31 SM. Pada pertempuran itu, pasukan Anthony berhasil di desak dan di kalahkan (Anthony dan Cleopatra kemudian mengakhiri hidup mereka dengan bunuh diri pada tahun 30 SM). Octavianus mendeklarasikan dirinya sebagai kaisar romawi dengan berbagai gelar baru, termasuk Imperator dan Kaisar Augustus (Augustus Caesar). Dengan pendeklarasian ini, maka Kekaisaran Romawi, puncak dari dominasi politik yang dibangun selama 7 abad, resmi berdiri. Tepatnya tahun 27 SM.
  • 25. MISTERI SINGKAT TENTANGPEMBANGUNAN KERAJAAN ROMAWI Menurut laporan sebuah situs Amerika, bahwa arkeolog menemukan misteri yang mengejutkan, di mana bukti terbaru akhirnya membuktikan bahwasannya kerajaan Romawi kuno mulai dibangun pada tanggal 13 Agustus tahun 625 SM dan selesai dirampungkan sebelum Matahari terbenam.• Ketika wartawan menanyakan kepada mereka di mana mendapatkan bukti-bukti itu, para arkeolog mengeluarkan satu gulungan, yaitu sebuah dokumen dan kontrak yang ditandatangani sendiri oleh Julius Caesar.• Sebagian di dalam kontrak yang berbahasa Latin itu jika diterjemahkan adalah sebagai berikut: “Kami dari perusahaan developer Aljeida Babylon setuju, bahwasannya pada tanggal 13 Agustus tahun 625 SM ini akan mulai bekerja dan merampungkan bangunan kerajaan Romawi, jika kami tidak dapat menyelesaikannya dalam waktu yang ditentukan kerajaan, kemaharajaan Caesar boleh memenggal kepala kami dan berikan kepada singa sebagai santapan.” Menurut para arkeolog, bahwa bukti ini mutlak berlaku, dan para pekerja ahli pasti dalam waktu satu hari menyelesaikan pembangunan kota Roma, sebab mereka tidak menemukan apa pun sisa fosil kepala yang
  • 26. • Pada kenyataannya, dokumen kemaharajaan Caesar ini sama persis dengan kain pembungkus mayat, bisa dipercaya namun juga meragukan. Dan saat ini, ilmuwan sedang menaksir usia sebenarnya isi gulungan itu yang menggunakan cara penentuan tahun dengan karbon.• Orang-orang mengetahui dari mata pelajaran di sekolah, bahwa wilayah kerajaan Romawi seluas 280 ribu meter persegi, dan di dalamnya termasuk sejumlah kota, kota kecil, beberapa sungai, sejumlah gunung, dan beberapa gedung teater, banyak sekali saluran pipa air, saluran pembuangan air, gerbang lengkung, museum, gereja katedral bersepuh emas, dan pondok piza dan lain sebagainya, yang mana kesemuanya itu harus dalam satu hari, artinya mesti diselesaikan dalam waktu 12 jam, sama sekali di luar imajinasi.• Arsitek bernama Flayter mengatakan, “Dalam waktu satu hari, tim proyek pembangunan saya bahkan tidak bisa menyelesaikan sebuah tembok pembatas kota. Di lihat dari gambar maket kota Roma ini, perusahaan saya harus menghabiskan waktu ratusan tahun baru bisa menyelesaikan seluruh proyek pembangunan kerajaan Roma.”
  • 27. • Jika kondisi yang dilukiskan dokumen tersebut itu benar, maka ilmuwan dan arsitek sekarang akan terperosok lagi ke labirin yang baru, mereka tidak mampu menjelaskan bagaimana orang-orang pada masa itu dapat menyelesaikan pembangunan kerajaan Roma yang luasnya 280 ribu meter persegi itu hanya dalam waktu 12 jam.• Sejarawan Rogyes berpendapat, bahwa semua ini sama seperti bangunan piramida, adalah misteri sepanjang masa, hanya bisa membayangkan bahwa sejumlah benda-benda yang dikuasai orang- orang di masa itu telah hilang tak terwariskan, dan teknologi kita sekarang tidak bisa bersaing dengannya. Pertama-tama mereka membangun piramida, berikutnya mereka membuat patung muka singa berbadan manusia, dan belakangan mereka membangun menara dsb, serta bangunan misterius dan unik yang tak terhitung banyaknya.

×