Your SlideShare is downloading. ×
Ide & peluang kewirausahaan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Ide & peluang kewirausahaan

3,202
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
3,202
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
85
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. IDE & PELUANG KEWIRAUSAHAAN Dari Heffrizza Ahmad S.Pd Frizta Computer https://friztacomputer.wordpress.com
  • 2. IDE KEWIRAUSAHAAN  Nilai suatu barang dapat diciptakan melalui inovasi  Nilai dapat diciptakan dengan cara mengubah tantangan menjadi peluang  Peluang dapat diciptakan melalui ide-ide kreatif dan inovatif
  • 3.  Dalam mengevaluasi ide untuk menciptakan nilai-nilai potensial (peluang usaha), wirausaha perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi semua resiko yang mungkin terjadi dengan cara: 1. Pengurangan kemungkinan resiko melalui strategi yang proaktif 2.Penyebaran resiko pada aspek yang paling mungkin. 3. Pengelolaan resiko yang mendatangkan nilai atau manfaat. Resiko yang dievalusi yaitu (1) resiko pasar / persaingan, (2) risiko financial, (3) resiko teknik.
  • 4. Agar ide dapat menjadi peluang dilakukan dengan cara: 1. Memenuhi kebutuhan pelanggan dan melayani pelanggan dengan baik. 2. Ide dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa baru 3. Ide dapat dihasilkan dalam bentuk modifikasi bagaimana pekerjaan dilakukan atau modifikasi cara melakukan suatu pekerjaan.
  • 5. Langkah dalam menyaring ide dapat dilakukan sebagai berikut: 1.Menciptakan produk baru dan berbeda. Produk yang diciptakan harus berbeda dari yang sudah ada di pasar dan produk tersebut harus memiliki nilai tambah bagi pengunannya. Unsur yang perlu diperhatikan yaitu: 1.permintaan terhadap barang/jasa yang dihasilkan. 2.waktu penyerahan barang
  • 6. Kemampuan untuk memperoleh peluang itu sendiri sangat tergantung pada kemampuan wirausaha untuk menganalisa pasar yang meliputi aspek kemampuan:  Menganalisa demografi pasar  Menganalisa sifat serta tingkah laku pesaing.  Menganalisa keunggulan bersaing pesaing dan keefakuman pesaing yang dapat dinggap menciptakan peluang.
  • 7. 2.Mengamati pintu peluang .  Wirausaha harus mengamati potensi – potensi pesaing misal: kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru, pengalaman keberhasilan dalam pengembangan produk baru, dukungan keungan dll.
  • 8. Beberapa keadaan yang dapat menciptakan peluang, yaitu:  Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang relative singkat.  Kerugian teknik harus rendah.  Bila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknya.
  • 9.  Pesaing tidak memiliki teknologi canggih  Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi pasarnya.  Perusahaan baru memilikki kemampuan dan sumber-sumber untuk menghasilkan produk barunya.
  • 10. 3.Analisis produk dan proses produksi secara mendalam.  Analisa ini digunakan untuk menjamin apakah jumlah dan kualitas produk yang dihasilkan memadai atau tidak. 4. Menaksir biaya awal. Darimana sumber dana diperoleh , untuk apa, berapa banyak, berapa banyak yang diperlukan untuk perluasan.
  • 11. 5.Memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi  Resiko pesaing Kemampuan dan kesediaan pesaing unntuk mempertahankan posisinya dipasar  Resiko teknik Berhubungan dengan proses pengembangan produk yang cocok dengan yang diharapkan atau menyangkut suatu obyek penentu apakah ide secara actual dapat ditransformasi menjadi produk yang siapdipasarkan dengan kapabilitas dan karakteristiknya.  Resiko financial Resiko yang timbul sebagai akibat ketidak cukupan financial baik Dalam tahap pengembangan produk baru maupun dalam menciptakan dan mempertahankan perusahaan untuk mendukung biaya produk baru.
  • 12. BEKAL PENGETAHUAN & KOMPETENSI KEWIRAUSAHAN  Watak kewirausahaan ditentukan oleh ketrampilan dan kemampuan. Kemampuan ditentukan oleh pengetahuan dan pengalaman  Kemampuan seorang wirausaha adalah: Ability to create the new and different / creative and innovative ability  tercermin dari start up (memulai usaha), creative (mengerjakan sesuatu yang baru), opportunity (mencari peluang), risk bearing (mampu menanggung resiko).
  • 13. Ability to create the new and different / creative and innovative ability diperlukan untuk:  The new products and services  The new value added  New businesses  The new technic  The new organization
  • 14. Wirausaha sebagai planner dan businessman  Sebagai planner peran wirausaha yaitu: 1. Corporate plan 2. Corporate strategy 3. Corporate image 4.Visioner leader  Peran wirausaha sebagai businessman : 1. Create the new and different 2. Imitating and duplicating 3. Imitating and modification 4. Mengembangkan produk baru, teknologi baru, citra baru dan organisasi baru.
  • 15. Menurut Yuyun Wirasasmita Kemampuan seorang wirausaha harus memiliki: 1. Self knowledge 2. Imagination 3. Practical knowledge 4. Search skill 5. Foresight ( berpandangan jauh) 6.Computation skill ( kemampuan berhiyung dan kemampuan memprediksi keadaan masa yang akan datang) 7.Communication skill
  • 16. Kompetensi yang dimiliki oleh seorang wirausaha yaitu:  Knowing your business  Knowing the basic business management  Having the proper attitude  Having adequate capital  Managing finance effectively
  • 17.  Managing time efficiently  Managing people  Satisfying customer by providing high quality product  Knowing how to compete (bersaing/swot analysis)  Copying with regulations & paperwork (written and un written rule)
  • 18. Kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha agar berhasil menurut A.Kuriloff dkk yaitu:  Technical competency - memiliki kemampuan dalam bidang rancang bangun (know how) dalam bentuk usaha yang dipilih.  Marketing Competency- memiliki kemampuan dalam menemukan pasar yang cocok., mengidentifikasi pelanggan dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan.  Financial Competency pengetahuan dalam bidang pengaturan keuangan, mengatur pembelian, penjualan, pembukuan dsb  Human relation Competency menjalin hubungan soisla dengan perusahaan – perusahaan yang ada
  • 19. Menurut Norman M. Scarborough kompetensi kewirausahaan yang diperlukan sebagai syarrat- syarat bisnis meliputi:  Proaktif  selalu ada inisiatif & tegas dalam melaksanakan tugas  Berorientasi pada prestasi selalu mencari peluang, efisiensi, kerja keras, sistematis, check and recheck.  Komitmen terhadap perusahaan dan orang lain selalu penuhi komitmen dalam mengadakan kontrak kerja, mengenali pentingnya hubungan bisnis.
  • 20. Ketrampilan kewirausahaan yang bersifat penting selain yang bersifat umum yaitu  Ketrampilan konseptual dalam mengatur strategy dan memperhiyungkan resiko.  Ketrampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah.  Ketrampilan dalam memimpin dan mengelola  Ketrampilan berkomunikasi dan berinteraksi  Ketrampilan teknik dalam bidang usaha yang dilakukan.
  • 21. Menurut Small Business Development Center, untuk mencapai keberhasilan usaha yang dimiliki sendiri sangatlah tergantung pada:  Individual skill and attitude  Knowledge of business  Establishment of goal  Take advantages of the opportunities  Adapt to the change  Minimize the threat to business
  • 22. Untuk perusahaan kecil (menurut Allan Filley & Robert W.Price) beberapa kalsifikasi strategy yang harus dimiliki yaitu:  Craft (keahlian): firms are prepared by people who are technical specialist.  Promotion : promotion are typically dominated by their leader and are designed to exploit some kind of innovative advantages.  Administrative: administrative firm have formal management and are built around necessary business function.
  • 23. KONSEP PERUSAHAAN KECIL  Human skill  kemampuan untuk bekerja, memahami, dan kemampuan untuk memotivasi orang-orang, baik seebagai individu maupun kelompok.  Conceptual skill  mental ability untuk manganalisa dan mendiagnosis situasi yang komple, dengan membuat peerencanaan, merumuskan dan meramalkan  Technical skill  kemampuan untuk menerapkan pengetahuan
  • 24. Any Question ?
  • 25. Thank You

×