SPEEDY
Speedy adalah layanan akses internet berkecepatan
tinggi dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
(PT.TELKOM), berbasis tek...
Penggunaan ADSL di Indonesia dengan program Telkom
Speedy, kecepatan yang ditawarkan berkisar antara 1024
kbps untuk downs...
• Untuk melakukan koneksi internet, modem ADSL
  melakukan 2 tahap koneksi:
  – Koneksi ADSL dari modem ke DSLAM di STO te...
Gambar 1. DSLAM (DSL Acces multiplexer)
• Prinsip Kerja SPEEDY

        Teknologi ADSL di Indonesia yang memakai
  jaringan yang dimiliki oleh perusahaan
  teleko...
Konfigurasi Umum Speedy
• Adapun penjelasan dari arsitektur umum Speedy (Gambar
  1.5) adalah sebagai berikut:
   1. Pada sisi pelanggan terdapat ...
3. Distribution Point (DP)
     DP memiliki kapasitas maksimum kabel
   tembaga hingga 20 pair, tergantung kebutuhan di
  ...
5. Kabel sekunder sebagai kabel output atau
   keluaran dari RK terhubung langsung ke
   ruang MDF (Main Distribution Fram...
6. Untuk layanan Speedy Huawei sendiri
  digunakan perangkat DSLAM yang diproduksi
  langsung dari perusahaan Huawei. Pada...
Kelebihan ADSL
• Pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi
  tinggi untuk menghantarkan data, sementara
  frekuensi...
Kekurangan ADSL
• Seperti sangat berpengaruhnya jarak pada kecepatan pengiriman
  data. Semakin jauh jarak antara modem de...
Speedy adalah layanan akses internet end to-end berkecepatan tinggi
Speedy adalah layanan akses internet end to-end berkecepatan tinggi
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Speedy adalah layanan akses internet end to-end berkecepatan tinggi

6,594 views
6,537 views

Published on

1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
6,594
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2,032
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Speedy adalah layanan akses internet end to-end berkecepatan tinggi

  1. 1. SPEEDY
  2. 2. Speedy adalah layanan akses internet berkecepatan tinggi dari PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (PT.TELKOM), berbasis teknologi akses Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang memungkinkan terjadinya komunikasi data dan suara secara bersamaan (simultan) melalui satu saluran telepon biasa (pada media jaringan akses kabel tembaga). Koneksi ke internet dapat dilakukan setiap saat (on-line) di mana setiap hubungan sifatnya dedicated connection. Koneksi memiliki sifat highly reliability dan highly secure. Tidak seperti modem kabel, ADSL memberikan dedicated line ke Internet.
  3. 3. Penggunaan ADSL di Indonesia dengan program Telkom Speedy, kecepatan yang ditawarkan berkisar antara 1024 kbps untuk downstream dan 128 kbps untuk upstream. Kecepatan downstream inilah yang menjadikan ADSL lebih cocok untuk kalangan rumah tangga. Karena pada kalangan rumah tangga umumnya lebih banyak kegiatan menerima, dibandingkan kegiatan mengirim. Seperti mendownload data, gambar, musik, ataupun video. Kecepatan data yang dihasilkan pada teknologi ADSL sangat tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas jaringan, seperti: tahanan jaringan, banyaknya sambungan dan interferensi antar kabel. Umumnya kualitas jaringan akan semakin bagus apabila jarak kabel yang digunakan semakin pendek.
  4. 4. • Untuk melakukan koneksi internet, modem ADSL melakukan 2 tahap koneksi: – Koneksi ADSL dari modem ke DSLAM di STO terdekat – Koneksi Internet melalui BRAS (Broadband Remote Access Server), dengan terlebih dahulu melalui proses otentikasi di RADIUS (Remote Authentication Dial In User Server) untuk memverifikasi username dan password pelanggan Biasanya pada modem ADSL, kedua tahap koneksi tersebut dapat terlihat dari lampu led yang berlabelkan "ADSL" dan "Internet".
  5. 5. Gambar 1. DSLAM (DSL Acces multiplexer)
  6. 6. • Prinsip Kerja SPEEDY Teknologi ADSL di Indonesia yang memakai jaringan yang dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi Indonesia, yaitu PT. TELKOM dengan bekerja sama dengan perusahaan penyedia Multimedia Akses yang khusus menyediakan perangkat DSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer) sebagai modem ADSL yang dipasang di sentral telepon sehingga bisa melayani pelanggan. Perbandingan kemampuan teknologi modem ADSL yang mampu menyediakan kecepatan transfer data yang tinggi hingga 8 Mbps.
  7. 7. Konfigurasi Umum Speedy
  8. 8. • Adapun penjelasan dari arsitektur umum Speedy (Gambar 1.5) adalah sebagai berikut: 1. Pada sisi pelanggan terdapat instalasi yang wajib difasilitasi, yaitu: a. Modem ADSL, sebagai contoh modem ADSL HUAWEI b. Splitter, dimana pada perangkat ini terjadi pembagian voice dengan data. Pada splitter terdapat 3 port, yaitu port LINE, NT, dan POTS. 2. Saluran Penanggal (Drop Wire/DW) atau Drop Cable. Dilakukan penarikan kabel tembaga (copper) 2 wire (a/b wire) bawah tanah dari KTB (Kotak Terminal Bagi) yang ada di rumah pelanggan hingga ke tiang telepon. PICS
  9. 9. 3. Distribution Point (DP) DP memiliki kapasitas maksimum kabel tembaga hingga 20 pair, tergantung kebutuhan di suatu wilayah, yang nantinya dari DP ini akan dihubungkan ke tiang telepon terdekat. 4. Kemudian dari DP, kabel tembaga dihubungkan ke Rumah Kabel (RK) dengan kapasitas maksimum hingga 1200 pair, dimana kabel tembaga yang terhubung dari DP hingga RK disebut sebagai “kabel sekunder”. PICS
  10. 10. 5. Kabel sekunder sebagai kabel output atau keluaran dari RK terhubung langsung ke ruang MDF (Main Distribution Frame) di sisi sentral (STO/Local Exchange) TELKOM masing-masing wilayah. Kabel yang terhubung dari MDF ke RK disebut sebagai “kabel primer”. Dalam hal ini, minimal 90% dari kabel yang digunakan adalah “kabel tembaga murni”. PICS
  11. 11. 6. Untuk layanan Speedy Huawei sendiri digunakan perangkat DSLAM yang diproduksi langsung dari perusahaan Huawei. Pada DSLAM Huawei ini akan terjadi proses pembagian voice dan data, dimana perangkat ini memiliki sistem kerja seperti splitter sekaligus modem ADSL yang ada di sisi sentral. PICS
  12. 12. Kelebihan ADSL • Pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data, sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax. • Bagi pengguna di Indonesia yang memakai program Speedy, penggunaan ADSL membuat kegiatan internet menjadi jauh lebih murah. Sehingga kita dapat berinternet tanpa khawatir dengan tagihan yang membengkak.
  13. 13. Kekurangan ADSL • Seperti sangat berpengaruhnya jarak pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan PC, atau saluran telepon kita dengan gardu telepon, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses internetnya. • Adanya load coils yang dipakai untuk memberikan layanan telepon ke daerah-daerah, sementara load coils sendiri adalah peralatan induksi yang menggeser frekuensi pembawa ke atas. Sayangnya load coils menggeser frekuensi suara ke frekuensi yang biasa digunakan DSL. Sehingga mengakibatkan terjadinya interferensi dan ketidak cocokkan jalur untuk ADSL. • Adanya Bridged tap, yaitu bagian kabel yang tidak berada pada jalur yang langsung antara pelanggan dan CO. Bridged tap ini dapat menimbulkan noise yang mengganggu kinerja DSL. • Penggunaan fiber optic pada saluran telepon digital yang dipakai saat ini. Di mana penggunaan fiber optic ini tidak sesuai dengan sistem ADSL yang masih menggunakan saluran analog yaitu kabel tembaga, sehingga akan sulit dalam pengiriman sinyal melalui fiber optic.

×