Peradaban pulau kreta

  • 485 views
Uploaded on

1. Letak …

1. Letak
Kreta adalah pulau terbesar di Yunani, yang terletak di daerah perairan Laut Tengah bagian timur, selatan Yunani. Pulau Kreta merupakan daerah penghubung antara daerah-daerah pusat perdagangan di Pulau Sicilia, Mesir, Pantai Levant, Bizantium dan Yunani. Pulau Kreta terletak di persimpangan jalan pelayaran antara Mesir dan Yunani, serta antara daerah-daerah di Italia dan Punisia.
Peradaban Pulau Kreta ini disebut-sebut merupakan cikal-bakal dari peradaban Yunani. Peradaban Pulau Kreta ini dimulai pada Zaman Perunggu sekitar tahun 3650-1100 SM. Letak Pulau Kreta sangat strategis yakni di tengah-tengah jalur pelayaran antara Mesir, Yunani dan Mesopotamia.
2. Sejarah
Peradaban Yunani bersumber pada Peradaban Knossus di Pulau Kreta. Karena peradaban dan kebudayaan Yunani merupakan salah satu tiang utama dari peradaban dan kebudayaan Eropa, maka peradaban Pulau Kreta merupakan pangkal dari peradaban dan kebudayaan Eropa (dunia barat) pada umumnya. Selain Knossus masih ada kota-kota besar yang lain yaitu Phaestos, Tylissos, Hanos.
Bangsa pendukungnya adalah Minoan. Masyarakat Pulau Kreta telah mengenal bentuk tulisan yang disebut dengan Tulisan Minos. Nama Minos berasal dari dari nama seorang Raja besar dari kerajaan ini, yaitu Raja Minos. Sumber-sumber berita tentang sejarah Kerajaan Kreta diperoleh dari :
• Syair-syair pujangga Homerus terutama dalam kitab Illiad dan Odysseia.
• Cerita-cerita rakyat di Yunani yang lebih bersifat mitologi. • Hasil-hasil penggalian arkeologi yang menemukan sisa-sisa bangunan kota kuno seperti ibu kota Knossus.
Kebudayaan Kreta (Crete) ini hancur akibat suatu bencana ledakan gunung api yang dahsyat dan satu kali gelombang Tsunami hebat yang belum pernah terjadi sebelumnya.
faktor lainnya adalah invasi bangsa pendatang yang berasal dari ras Indo-Jerman di Asia Tengah yang bergerak ke Yunani kemudian kemudian ke Pulau Kreta.
3. Kehidupan
-Pemerintahan
Kerajaan Minos telah memanfaatkan letak geografisnya yang strategis antara lain dengan cara mengembangkan bidang pelayarannya dan memperkuat armada lautnya. Armada ini merupakan angkatan laut yang pertama ada di dunia. Kehebatan armada maritim Minos telah berhasil membuat kerajaan ini membina hubungan dagang yang baik dengan Mesir, Syria, Babylon, Asia Kecil, dan lain-lain, bahkan menjadi negara yang menguasai lautan, berbagai kepulauan di Laut Aegean ramai-ramai membina hubungan dengan pertukaran duta negara. Bahkan, Swedia menyetor upeti pada Minos. Laki-laki masyarakat Pulau Kreta mengenakan kain cawat (celana dalam) dan kilt (semacam rok). Perempuannya mengenakan jubah dengan lengan baju yang pendek serta rok berlapis yang mengembang. Kerah baju mereka sangat rendah. Perempuannya juga ada yang mengenakan baju ketat tanpa tali kutang (strapless). Pola pakaiannya menekankan pada pola geometrik simetris. Selain itu, peradaban Pulau Kreta juga meninggalkan kemampuan maritim dan kemampuan menempa besi pada rakyatnya.

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
485
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
49
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Oleh : Kelompok 4• Annisa Putranti Widiutami• Fahry Alvin Muhammad• Fitri Khairunnisa• Mohammad Idzhar Arrizal
  • 2. LETAKSEJARAHKEHIDUPANPENINGGALAN
  • 3. Kreta adalah pulau terbesar di Yunani, yang terletak di daerah perairanLaut Tengah bagian timur, selatan Yunani. Pulau Kreta merupakan daerahpenghubung antara daerah-daerah pusat perdagangan di Pulau Sicilia, Mesir,Pantai Levant, Bizantium dan Yunani. Pulau Kreta terletak di persimpangan jalanpelayaran antara Mesir dan Yunani, serta antara daerah-daerah di Italia dan Punisia.http://oalamagz.blogspot.com/2011/06/inilah-12-peradaban-kuno-yang-hilang.html
  • 4. Peradaban Pulau Kreta ini disebut-sebutmerupakan cikal-bakal dari peradaban Yunani. PeradabanPulau Kreta ini dimulai pada Zaman Perunggu sekitartahun 3650-1100 SM.Letak Pulau Kreta sangat strategis yakni ditengah-tengah jalur pelayaran antara Mesir, Yunani danMesopotamia. Keadaan tersebut dimanfaatkan olehmasyarakat Pulau Kreta untuk hidup dari sektor pelayarandan perdagangan. Selain itu, Pulau Kreta juga menjadijembatan budaya antara Asia, Afrika, dan Eropa. Hal inimenjadikan masyarakat Pulau Kreta menjadi masyarakatmaritim dengan kehidupan pokok berpusat pada sektorpelayaran dan perdagangan di Laut Tengah. Selain itu,Pulau Kreta juga menjadi jembatan budaya antara Asia,Afrika dan Eropa. Hal ini menjadikan masyarakat PulauKreta menjadi masyarakat maritim dengan kehidupanpokok berpusat pada sektor pelayaran dan perdagangan diLaut Tengah.http://hilmyibnu.blogspot.com/2011/05/peradaban-pulau-kreta.html
  • 5. Peradaban Yunani bersumber padaPeradaban Knossus di Pulau Kreta. Karenaperadaban dan kebudayaan Yunanimerupakan salah satu tiang utama dariperadaban dan kebudayaan Eropa, makaperadaban Pulau Kreta merupakan pangkaldari peradaban dan kebudayaan Eropa (duniabarat) pada umumnya. Jadi, tidak salah jikapembahasan sejarah Eropa dimulai dengansejarah peradaban Pulau Kreta. SelainKnossus masih ada kota-kota besar yang lainyaitu Phaestos, Tylissos, Hanos.Bangsa pendukungnya adalahBangsa Minoan. Masyarakat Pulau Kretatelah mengenal bentuk tulisan yang disebutdengan Tulisan Minos. Nama Minos berasaldari dari nama seorang Raja besar darikerajaan ini, yaitu Raja Minos. Namun,tulisan Minos sampai sekarang belum berhasildibaca sehingga sejarah kerajaan pulau Kretabelum terungkap dengan jelas.http://anotherpaths.blogspot.com/2010/08/bintang-daud-cincin-sulaiman-atau.html
  • 6. Sumber-sumber berita tentang sejarah KerajaanKreta diperoleh dari :• Syair-syair pujangga Homerus terutama dalam kitabIlliad dan Odysseia.• Cerita-cerita rakyat di Yunani yang lebih bersifatmitologi.• Hasil-hasil penggalian arkeologi yang menemukansisa-sisa bangunan kota kuno seperti ibu kotaKnossus.
  • 7. Kebudayaan Kreta (Crete) ini hancur akibat suatubencana ledakan gunung api yang dahsyat dan satu kaligelombang Tsunami hebat yang belum pernah terjadisebelumnya. Pulau Kreta hanya terpisah sejauh 60 mil (kuranglebih 100 km) dari Pulau Thera, dan gunung berapi di PulauThera mengalami letusan dahsyat. Debu dan asap yangdisemburkan akibat ledakan tersebut diperkirakan sebanyakribuan ton yang menyebar hingga ke Pulau Greenland,Tiongkok dan Amerika Utara karena diterbangkan angin yangmenutupi angkasa, menghalangi aktivitas kehidupan sertamematikan berbagai tumbuh-tumbuhan.Selain bencana alam, diduga faktor lainnya adalahinvasi bangsa pendatang yang berasal dari ras Indo-Jerman diAsia Tengah yang bergerak ke Yunani kemudian kemudian kePulau Kreta. Setelah runtuh kebudayaan Pulau Kretaberkembang di daratan Yunani mula-mula berada di kotaMycenae (salah satu daerah kekuasaan pemerintahan PulauKreta sebelumnya).
  • 8. Pada tahun 1967, arkeolog Amerika berhasil menggalisebuah kota perdagangan di bawah lapisan abu gunung berapi diPulau Santorini setebal 60 meter. Setelah diteliti, kota initerkubur disana pada tahun 1500 SM oleh abu akibat ledakangunung berapi. Mungkin letusan itu merupakan letusan gunungberapi paling dasyat sepanjang sejarah manusia, luas area yangditutup oleh debu hasil letusan itu mencapai 62,5 km2, kota diatas pulau tersebut tertimbun hanya dalam sekejap mata oleh abuyang sedemikian tebal itu, sekaligus juga membawa pengaruhbesar terhadap pesisir Laut Tengah dan kepulauan sekitarnya.Berdasarkan catatan, Mesir pada waktu itu diselimuti olehkegelapan sepanjang hari selama 3 hari berturut-turut. Selain ituledakan tersebut juga mengakibatkan terjadinya gelombangTsunami, dengan ombak yang mencapai 50 meter tingginya.Gelombang dahsyat tersebut telah menenggelamkan seluruh kotadan desa di atas Pulau Kreta (Crete).
  • 9. • Pemerintahan pada Peradaban Pulau Kreta• Budaya Masyarakat Kreta• Agama/Kepercayaan
  • 10. Kegiatan pelayarandan perdagangan telah menyebabkantingkat kemakmuran yang tinggi bagimasyarakat Pulau Kreta. Kota-kota pusatperdagangan seperti Knossus dan Phaestostelah tertata dengan baik.Kebudayaan Pulau Kreta (Crete,Kritti) merupakan salah satu peradabanyang sempat berjaya hingga pada masaRaja Minos (periode Minoan) kejayaanbangsa ini mencapai puncaknya. Pada waktuitu, Raja Minos menguasai Laut Aegeanhingga Swedia. Sehingga, mampu menyatukansegenap dataran Eropa, Asia, dan Afrika.Kerajaan Minos telah memanfaatkan letakgeografisnya yang strategis antara laindengan cara mengembangkan bidangpelayarannya dan memperkuat armadalautnya. Armada ini merupakan angkatanhttp://www.conceptart.org/showthread.php?111419-Chow-98-Minos-Final-Burning
  • 11. Laki-laki masyarakat Pulau Kreta(bangsa Minoan) mengenakan kain cawat(celana dalam) dan kilt (semacam rok).Perempuannya mengenakan jubah denganlengan baju yang pendek serta rok berlapisyang mengembang. Kerah baju mereka sangatrendah. Perempuannya juga ada yangmengenakan baju ketat tanpa tali kutang(strapless). Pola pakaiannya menekankan padapola geometrik simetris.Selain itu, peradaban Pulau Kreta jugameninggalkan kemampuan maritim dankemampuan menempa besi pada rakyatnya.
  • 12. Minoa lebih memuja dewi, yangseringkali digambarkan sebagaiagama matriarki. Juga dikenalkepercayaan masyarakat Kretabersifat polytheisme dan memujakekuatan-kekuatan alam.Meskipunditemukan dewa pria, penggambarandewi-dewi Minoa lebih banyak daripadaapa yang dianggap sebagai dewaMinoa. Sementara gambaranperempuan diduga menggambarkanpemuja dan pendeta wanita tengahmelakukan upacara keagamaan,serta dihadapkan dengan dewi sendiri.Diantaranya Dewi Ibu dari rituskesuburan, puan yang menguasaibinatang, pelindung negara-kota,rumah tangga, panen, dunia bawah,dan lain-lain. Beberapa pihakmenganggap ini hanyalah berbagaihttp://www.squidoo.com/ancient-minoan-greek-home-decor
  • 13. Bukti yang menunjukkan bahwa bangsaMinoa melakukan pengorbanan manusiaditemukan di tiga situs: (1)Anemospilia, dalambangunan Minoa Pertengahan II dekat gunungJuktas, dianggap sebagai bangunan kuil, (2)sebuah kompleks tempat suci Minoa Awal IIdi Fournou Korifi di selatan Kreta tengah, dan(3) Knossus, di bangunan Minoa Akhir 1B yangdisebut "Rumah Utara".Lalu ada juga penemuan lempengan –lempengan terbuat dari tanah liat yangberukir abjad, salah satu di antaranyabertuliskan : “Swedia telah mempersembahkan 7orang wanita, anak lelaki dan perempuan
  • 14. Didalam biara tersebut ditemukan berbagaijenis wadah untuk melakukan pemujaan. Diatas mejapemujaan tergeletak seonggok tengkorak dariseorang remaja dengan tinggi badan sekitar 165 cmserta ditemukan ada sebuah wadah tempatmenampung darah dari sang korban, dan sebilahpisau dari tembaga untuk membunuh. Didekat situterdapat seonggok tumpukan tengkorak lain denganposisi kepala menengadah ke atas, mengenakancincin perak di salah satu jarinya, dan seonggok lagitengkorak yang sedang menutupi wajah sang korban,mungkin adalah tulang tengkorak sang ketuaupacara beserta asistennya.Dilihat dari keadaan situs temuan tersebut,arkeolog menyimpulkan bahwa pada saat para
  • 15. Masyarakat Pulau Kreta juga mengenalseni lukis Fresko, seni porselin/gerabah, seni pahatpada gading atau media yang lain dan senikerajinan logam. Karya seni ini juga menghasilkanperalatan rumah tangga misalnya alat pertukangan,sepatu, pengecoran logam dan lain-lain.Fresko adalah teknik melukis di dindingdengan menimpakan pigmen pada plaster dindingyang baru dilapisi. Fresko berasal dari frase Italia,buon fresco yang berarti "selagi basah". Pigmenyang ditimpakan di atas plaster basah akan melekatsangat kuat sehingga hasil karya bisa dinikmatiberpuluh tahun. Desain fresko biasanya dibuat diatas kertas yang kemudian dilubangi, ditempelkanke atas plaster basah, dan ditaburi pigmen gelapyang kemudian membuat pola desain yang persissama dengan rancangan semula. Lukisanharusdibuat secepat mungkin sebelum adonanplaster mengering sehingga saat sebagian airdiserap oleh dinding, pigmen yang ada ikut terserappula dengan kuat. http://alfhadl.wordpress.com/2013/02/26/macam-macam-teknik-melukis/
  • 16. Kegiatan pelayaran dan perdagangan telahmenyebabkan tingkat kemakmuran yang tinggi bagimasyarakat Pulau Kreta. Kota-kota pusat perdaganganseperti Knossus dan Phaestos telah tertata dengan baik.Bangunan gedung pada umumnya terbuat dari batu bataserta ada bangunan yang bertingkat. Jalan-jalan lurus dandiratakan. Banyak terdapat bangunan-bangunan took atauloji-loji kantor dagang. Usaha kerajinan tangan danperundagian (kerajinan dari logam) telah maju.Kepercayaan masyarakat Kreta bersifat polytheisme danmemuja kekuatan-kekuatan alam.Di Knossus ditemukan reruntuhan istanaKnossus yang berbentuk labyrinth (rumahsiput). Labyrinth berasal dari kata Labrys yang berarti“mudah tersesat”. Bangunan istana didesain demikian agarseseorang yang masuk akan mudah tersesat karenasusunan kamar-kamar, ruangan dan lorongnya ruwetuntuk menghalangi para penjahat yang masuk istana daningin mengambil kekayaan istana. Kini, Istana Knossustelah menjadi salah satu atraksi pariwisata sekaligus situsarkeologis di Yunani yang dibuka untuk umum.http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Crete-Palace-Knossos.JPG
  • 17. Pada tahun 1878 M, ditemukanhasil-hasil penggalian purbakala, antaralain :• Bekas bangunan kota kuno Troya di Asiakecil yang banyak disebut oleh pujanggaHomerus dalam bukunya Illiad.• Makam Raja Agamemnon, seorang rajayang disebut-sebut pula dalam ceritaIlliad.• Harta benda Priamus, Raja Troya, yangterbuat dari emas dan permata.Benda-benda ini disebut peninggalankebudayaan Mycenae yang banyakpersamaannya dengan kebudayaanKnossus di Pulau Kreta.http://katon-ninja.blogspot.com/2011/01/reruntuhan-kota-troya-akhirnya-kini.html
  • 18. Sastrawan terkenal dari Pulau Kreta, Yunaniadalah Homerus yang menulis kitab Illiad danOdysseia. Kedua kitab tersebut berkaitan erat dengankejadian sejarah yang disebut Perang Troya.Kitab Illiad menceritakan kejadian perang Troyayang disebabkan karena puteri Helena dari Spartadilarikan oleh Pangeran Paris dari Troya. Terjadilahpeperangan antara raja Agamemmon dari Yunanidengan raja Priamus dari Troya. Pahlawan Troyayang bernama Hector dapat dikalahkan olehpahlawan Yunani yang bernama Achilles.
  • 19. Pada periode awalMinoa, keramik ditandaidengan pola garis linearberpola spiral, segitiga, kurva,silang, tulang ikan, dan lain-lain. Pada periode Minoapertengahan, desainnaturalistik mulai muncul,seperti gambar ikan, cumi-cumi, burung, dan bunga lili.Pada periode akhir Minoa,motif flora dan fauna palingbanyak ditemukan dansemakin kaya jenisgambarnya. http://id.wikipedia.org/wiki/Peradaban_Minoa