• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Spi
 

Spi

on

  • 1,112 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,112
Views on SlideShare
1,112
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
40
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Spi Spi Presentation Transcript

    • TURKI UTSMANI• Kerajaan Turki Usmani – Pendiri Kerajaan Usmani adalah bangsa Turki dari kabilah Oghuz yang mendiami daerah Mongol dan daerah utara negeri Cina. Dalam waktu 3 abad, mereka pindah ke Turkistan kemudian Persia dan Irak. Mereka masuk islam sekitar abad ke 9-10, ketika mereka menetap di Asia Tengah.• Dibawah tekanan serangan-serangan Mongol pada abad ke-13 M, mereka melarikan diri ke daerah Barat, dan mencari pengungsian di tengah2 saudara2 mereka orang- orang Turki Saljuk, di dataran tinggi Asia Kecil. Disana di bawah pimpinan Ertoghul, mereka mengabdikan diri kepada Sultan Alauddin II, Sultan Saljuk yang kebetulan sedang berperang melawan Bizantium. Berkat bantuan mereka, Sultan Alauddin II mendapat kemenangan. Atas jasa baik itu, Alauddin menhadiahkan sebidang tanah di Asia kecil yang berbatasan dengan Bizantium. Seajak saat itu mereka terus membina wilayah barunya dan memilih kota Syukud sebagai ibu kota.• Ertoghrul meninggal dunia tahun 1289 M. kepemimpinan dilanjutkan oleh Puteranya, Usman. Putra Ertoghrul inilah yang dianggap sebagai pendiri kerajaan Usmani. Usman memerintah antara tahun 1290 M s/d 1300 M. Sebaimana ayahnya, ian banyak berjasa kepada Sultan Alauddin II dengan keberhasilannya menduduki benteng-benteng Bizantium yang berdekatan dengan kota Broessa. Pada tahun 1300 M, bangsa Mongol menyerang Kerajaan Saljuk dan Sultan Alauddin II terbunuh. Kerajaan Saljk Rum ini kemudian terpecah-pecah dalam beberapa kerajaan kecil. Usman pun menyatakan kemerdekaan dan berkuasa penuh atas daerah yang didudukinya. Sejak saat itulah kerajaan Usmani dinyatakan berdiri. Penguasa pertamanya adalah Usman yang disebut juga Usman I.
    • USMAN• Sebelum masuk Islam, Usman bin Affan dikenal sebagai pedagang besar dan terpandang. Kekayaannya berlimpah ruah. la memeluk Islam atas ajakan Abu Bakar as-Siddiq. Setelah memeluk Islam, dengan penuh kerelaan ia menyerahkan sebagian besar hartanya bagi kepentingan perjuangan Islam. Budak yang teraniaya oleh tangan kafir Kuraisy ditebusnya dengan hartanya. Pada saat terjadi Perang Tabuk melawan Kerajaan Byzantium, Rasulullah SAW sebagai kepala pemerintahan dan panglima pasukan merasa kekurangan dana dan makanan untuk mempertahankan diri dari serangan pasukan musuh. Masalah ini dikemukakan oleh Muhammad SAW ke hadapan para sahabatnya. Hal itu ditanggapi secara serius oleh para sahabat. Abu Bakar as- Siddiq menyumbangkan hartanya sejumlah 4.000 dinar, Umar bin Khattab menyum-bangkan setengah hartanya, sementara Usman bin Affan menanggung sepertiga pembiayaan dan dana perang.• Pengangkatan Usman bin Affan menjadi khalifah berlangsung secara baik setelah diadakan musyawarah di antara para sahabat di rumah Abdur-rahman bin Auf. Pelantikannya dilangsungkan pada hari ketiga setelah wafatnya Umar bin Khattab.• Pemerintahan Usman bin Affan berlangsung dalam dua periode, yaitu periode 6 tahun pertama dan periode 6 tahun kedua. Periode 6 tahun per-tama ditandai oleh berbagai keberhasilan dan kejayaan, sedangkan periode 6 tahun kedua ditandai oleh perpecahan yang tergambar dalam berbagai pergolakan dan pemberontakan dalam negeri.• Perjalanan roda pemerintahan tahun-tahun per-tama dilaksanakan oleh Usman bin Affan sesuai dengan kebijaksanaan yang telah ditempuh oleh pendahulunya. Suatu pesan yang disampaikan Umar bin Khattab kepada Usman adalah bahwa wali-wali (gubernur) yang diangkat oleh Umar selama jangka waktu setahun jangan dimutasikan. Pesan ini didasarkan atas kekhawatiran akan terjadinya kegoncangan dan gangguan stabilitas keamanan dan ketenteraman bagi Khalifah sendiri.
    • PERIODE UMAYYYAH• Bani Umayyah didirikan oleh Muawwiyah bin Abi Sufyan pada Tahun 41 H/661 M di damaskus dan berlangsung hingga 132 H/750 M. Muawiyah bin Abi Sufyan adalah politisi handal,di lihat dari pengalaman politiknya sebagai gubernur syam pada masa khalifah Usman bin Affan.hal itu cukup mengantarkan dirinya dapat mengambil alih kekuasaan dari genggaman keluarga Ali bin Abi Thalib, tepatnya setelah Husein putra Ali bin Abi Thalib dapat di kalahkan oleh Umayyah dalam pertempuran di karbala, Berdirinya dinasti bani umayyah diawali dengan tampilnya beberapa pejabat islam dari kalangan umayyah, seperti: ketika terjadi fatkhul mekah Abu Sofyan di beri kehormatan untuk mengumumkan pengamanan Nabi SAW, yang salah satunya adalah barang siapa masuk ke dalam rumahnya maka aman lah dia , selain masuk masjid dan rumahnya Nabi. Hal ini berlanjut pada masa Khulafaurrasyidin ,Yazid bin Abi Sufyan di tunjuk oleh Abu Bakar memimpin tentara islam untuk membuka daerah syam dan masa khalifah Umar diserahi jabatan gubernur di Damaskus, hal yang dilakukan umar adalah menyerahkan daerah yordania kepada muawwiya, setelah beliau wafat daerah itu diberikan pada muawwiyah, dan setelah umar wafat kekhalifahn di gantikan usman (usman termasuk bani umayah). hal itu merupakan pintu bagi muawiyyah untuk meniti karirnya di bidang pemerintahan. Dengan kata lain pemerintahan dinasti bani umayyah bercorak teokratis, yaitu penguasa yang harus di taati semata-mata karena iman. Seseorang selama menjadi mukmin tidak boleh melawan khalifahnya, sekalipun ia beranggapan bahwa khalifah seseorang yang memusuhi agama Allah dan tindakan-tindakan khalifah tidak sesuai dengan hukum syariat. Dengan demikian meskipun pemimpin dinasti ini menyatakan sebagai khalifah akan tetapi dalam prakteknya memimpin uamat islam sama sekali berbeda dengan kahlifah khulafaurrasyidin, setelah Rasullullah saw. Dinasti umayyah hampir berkuasa selam 1abad, tepatnya selama 90 tahun, dengan 14 khalifah, banyak perkembangan, perluasan dan kemajuan daerah yang dicapai. Lebih-lebih pada masa pemerintahan Walid bin Abdul malik, dimulai oleh kepemimpinan Muawwiyah bin Abi Sufyan dan di akhiri oleh kepemimpinan Marwan bin Muhammad.
    • ABBASIYAH• Bani Abbasiyah berhasil memegang kekuasaan kekhalifahan selama tiga abad, mengkonsolidasikan kembali kepemimpinan gaya Islam dan menyuburkan ilmu pengetahuan dan pengembangan budaya Timur Tengah. Tetapi pada tahun 940 kekuatan kekhalifahan menyusut ketika orang-orang non-Arab, khususnya orang Turki (dan kemudian diikuti oleh Mamluk di Mesir pada pertengahan abad ke-13), mulai mendapatkan pengaruh dan mulai memisahkan diri dari kekhalifahan.
    • • Meskipun begitu, kekhalifahan tetap bertahan sebagai simbol yang menyatukan umat Islam. Pada masa pemerintahannya, Bani Abbasiyah mengklaim bahwa dinasti mereka tak dapat disaingi. Pola pemerintahan yang diterapkan oleh Daulah Abbasiyah berbeda-beda sesuai dengan perubahan politik, sosial, dan budaya. Kekuasaannya berlangsung dalam rentang waktu yang panjang, dari tahun 132 H (750 M) s/d. 656 H (1258 M).
    • ABU BAKAR• Abu Bakar As-Shidiq adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang mempunyai nama lengkap Abdullah Abi Quhafah At-Tamimi. Pada zaman pra Islam ia bernama Abu Ka’bah, kemudian diganti oleh Nabi SAW. menjadi Abdullah. Beliau lahir pada tahun 573 M, dan wafat pada tanggal 23 Jumadil akhir tahun 13 H bertepatan dengan bulan Agustus 634 M, dalam usianya 63 tahun, usianya lebih muda dari Nabi SAW 3 tahun. Diberi julukan Abu Bakar atau pelopor pagi hari, karena beliau termasuk orang laki-laki yang masuk Islam pertama kali. Sedangkan gelar As-Shidiq diperoleh karena beliau senantiasa membenarkan semua hal yang dibawa Nabi SAW terutama pada saatperistiwa Isra’ Mi’raj.
    • • Pelantikan Abu Bakar dilaksanakan di Saqifah, sejak kejadian itu pihak Anshar sudah tidak lag berambisi untuk memegang pimpinan Muslimin. Baik pada waktu pelantikan Umar bin Khatthab, bahkan sampai pada waktu pertentangan antara Ali dengan Muawiyah, hak Anshar tidak berbeda dengan apa yang sudah diperoleh oleh kalangan Arab lainnya. Hal ini kiranya sesuai dengan ramalan Nabi dalam wasianya yang menyuruh kepada Muhajirin untuk menjaga Anshar yang kata Nabi Anshar akan begitu seja dan tidak berubah. Sikap Anshar layaknya adalah sikap yang tepat, mengalah demi persaatuan yang utuh tanpa mempertahan egoisme yang memecahbelahkan.ajirin dan satu amỉr dari Anshar? Dari kalangan Anshar, sebagiannya membai’at Abu Bakar, namun Sa’ad menurut sumber yang kami baca adalah orang yang sangat keras kepala. Dialah salah seorang yang tidak membai’at Abu Bakar sementara yang lain lebih dari 60% vote suara mendukung Abu Bakar. Pelantikan Abu Bakar dilaksanakan di Saqifah, sejak kejadian itu pihak Anshar sudah tidak lag berambisi untuk memegang pimpinan Muslimin. Hal ini kiranya sesuai dengan ramalan Nabi dalam wasianya yang menyuruh kepada Muhajirin untuk menjaga Anshar yang kata Nabi Anshar akan begitu seja dan tidak berubah. Sikap Anshar layaknya adalah sikap yang tepat, mengalah demi persaatuan yang utuh tanpa mempertahan egoisme yang memecahbelahkan.
    • ALI BIN ABI THALIB• Imam Ali bin Abi Thalib AS. dilahirkan sepuluh tahun sebelum bitsah (pengangkatan Muhammad saw ebagai Nabi). Ia hidup dan mengalami semua kejadian mulai dari bitsah hingga seluruh pergerakan risalah selama di Mekkah. Periode pembentukan umat Islam dan penguatan prinsip-prinsip risalah. Beliau juga mengikuti seluruh pergerakan Islam di Madinah. Periode di mana bangunan pemerintahan Islam lewat kepemimpinan Nabi Muhammad saw telah sempurna. Imam Ali bin Abi Thalib memiliki saham besar dalam keberadaan Islam hingga muncul dan diketahui oleh dunia. Sesuai perintah Rasulullah saw , Imam Ali bin Abi Thalib bin Abi Thalib bertanggung jawab membawa obor hidayah ilahiah dan kepemimpinan Islam setelah meninggalnya Nabi. Di sisi lain, para sahabat melakukan pembangkangan terhadap teks-teks yang telah diucapkan Rasulullah saw untuk menjadikan Ali bin Abi Thalib sebagai pemimpin mereka. Para sahabat berusaha sedemikian rupa agar Ali bin Abi Thalib tidak menjadi pemimpin sepeninggal Nabi. Akan tetapi, Imam Ali bin Abi Thalib bin Abi Thalib tetap berjalan mengemban risalah di tengah-tengah kondisi yang sulit. Ia hidup bersama para khalifah padahal dia tahu siapa sebenarnya yang layak menduduki kursi kepemimpinan. Ali bin Abi Thalib mampu menahan kesabarannya sedemikian rupa selama dua puluh lima tahun hingga pada akhirnya kesabarannya membuahkan hasil. Umat akhirnya mengetahui sejumlah penyimpangan yang telah mereka lakukan dari nasihat dan garis yang telah ditentukan oleh Nabi.
    • Memahami akan kesalahan yang terjadi, umat kemudian mendatanginya dan menyerahkan kepemimpinan kepadanya. Itu setelah menjalani segala kesulitan yang panjang di mana pada akhirnya ia harus mengemban tanggung jawab berat ini. Semua nilai kebaikan yang dimilikinya hanya dapat diterapkan selama lima tahun. Setelah berjuang selama lima tahun akhirnya beliau menyerahkan darahnya di jalan Allah karena membela nilai-nilai risalah. Risalah yang diperjuangkannya agar merasuk kuat ke dalam hati nurani masyarakat Islam dan kemanusiaan. Berdasarkan perjuangannya kehidupan Imam Ali bin Abi Thalib dapat dibagi menjadi dua periode besar. Periode pertama : Kehidupannya mulai dari lahir hingga wafatnya Rasulullah saw. Periode kedua : Kehidupannya sejak wafatnya Nabi, memegang tampuk kepemimpinan hingga menemui kesahidannya di mihrab masjid.
    • UMAR BIN KHATAB• Umar bin Khattab bin Nafiel bin Abdul Uzza atau lebih dikenal dengan Umar bin Khattab (581 - November 644) (bahasa Arab: adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang juga adalah khalifah kedua Islam (634-644). Umar juga merupakan satu diantara empat orang Khalifah yang digolongkan sebagai Khalifah yang diberi petunjuk (Khulafaur Rasyidin).• Umar dilahirkan di kota Mekkah dari suku Bani Adi, salah satu rumpun suku Quraisy, suku terbesar di kota Mekkah saat itu. Ayahnya bernama Khattab bin Nufail Al Shimh Al Quraisyi dan ibunya Hantamah binti Hasyim. Umar memiliki julukan yang diberikan oleh Muhammad yaitu Al-Faruk yang berarti orang yang bisa memisahkan antara kebenaran dan kebatilan.• Keluarga Umar tergolong dalam keluarga kelas menengah, ia bisa membaca dan menulis, yang pada masa itu merupakan sesuatu yang langka. Umar juga dikenal karena fisiknya yang kuat dimana ia menjadi juara gulat di Mekkah.• Sebelum memeluk Islam, Umar adalah orang yang sangat disegani dan dihormati oleh penduduk Mekkah, sebagaimana tradisi yang dijalankan oleh kaum jahiliyah Mekkah saat itu, Umar juga mengubur putrinya hidup-hidup sebagai bagian dari pelaksanaan adat Mekkah yang masih barbar. Setelah memeluk Islam di bawah Muhammad, Umar dikabarkan menyesali perbuatannya dan menyadari kebodohannya saat itu sebagaimana diriwayatkan dalam satu hadits "Aku menangis ketika menggali kubur untuk putriku. Dia maju dan kemudian menyisir janggutku".• Umar juga dikenal sebagai seorang peminum berat, beberapa catatan mengatakan bahwa pada masa pra-Islam, Umar suka meminum anggur. Setelah menjadi seorang Muslim, ia tidak menyentuh alkohol sama sekali, meskipun belum diturunkan larangan meminum khamar (yang memabukkan) secara tegas.
    • • Pada tahun 622 M, Umar ikut bersama Muhammad dan pemeluk Islam lain berhijrah (migrasi) (ke Yatsrib (sekarang Madinah) . Ia juga terlibat pada perang Badar, Uhud, Khaybar serta penyerangan ke Syria. Ia menjadi salah Pada tahun 625, putrinya (Hafsah) menikah dengan Nabi Muhammad. Ia dianggap sebagai seorang yang paling disegani oleh kaum Muslim pada masa itu karena selain reputasinya yang memang terkenal sejak masa pra-Islam, juga karena ia dikenal sebagai orang terdepan yang selalu membela Muhammad dan ajaran Islam pada setiap kesempatan yang ada bahkan ia tanpa ragu menentang kawan-kUmar bin Khattab dibunuh oleh Abu Lukluk (Fairuz), seorang budak pada saat ia akan memimpin salat Subuh. Fairuz adalah orang Persia yang masuk Islam setelah Persia ditaklukkan Umar. Pembunuhan ini konon dilatarbelakangi dendam pribadi Abu Lukluk (Fairuz) terhadap Umar. Fairuz merasa sakit hati atas kekalahan Persia, yang saat itu merupakan negara digdaya, oleh Umar. Peristiwa ini terjadi pada hari Rabu, 25 Dzulhijjah 23 H/644 M. Setelah kematiannya jabatan khalifah dipegang oleh Usman bin Affan.awan lamanya yang dulu bersama mereka ia ikut menyiksa Muhammad dan para pengikutnya
    • ISLAM DINUSANTARA• Agama Islam telah muncul di kepulauan Nusantara sekitar abad ke-8 dan 9 M dibawa oleh para pedagang Arab dan Parsi. Namun baru pada abad ke-13 M, bersamaan dengan berdirinya kerajaan Samudra Pasai (1272-1450 M), agama ini mulai berkembang dantersebar luas.Di kerajaan Islam besar tertua inilah peradaban dan kebudayaan Islamtumbuh dan mekar. Sebagai kota dagang yang makmur dan pusat kegiatan keagamaan yang utama di kepulauan Nusantara, Pasai bukan saja menjadi tumpuan perhatian para pedagang Arab dan Parsi. Tetapi juga menarik perhatian para ulama dan cendekiawan dari negeri Arab dan Parsi untuk datang ke kota ini dengan tujuan menyebarkan agama dan mengembangkan ilmu pengetahuan