Kelompok 4 sub phylum chepalocordata

  • 1,161 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
1,161
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
33
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. MAKALAH TAKSONOMI HEWAN II Tentang “ SUB PHYLUM CEPHALOCHORDATA ” O L E HNAMA NIMNAJAMUDIN : 10211343MAULUD ANGGRIATI N : 10211333NOVA PRATIWI :10211328AZAN FARIZI :10211320
  • 2. SUB PHYLUM CEPHALOCHORDATA Cepalochordata berasal dari bahasa yunani (cephal: kepala, chorda:batang). Sub phylum cephalochordata memiliki spesies yang lebih besardibandingkan dua sub phylum sebelumnya, ada sekitar 30 spesies yangsudah terindetifikasi. Cephalochordates yang berisi tentang empat belasspesies, yang terbaik dari yang dikenal adalah anggota dari genusBranchiostoma, yang sering disebut amphioxus. Mereka ditemukan diseluruh dunia, tinggal di laut tempat tidur di antara shell gravels.Mereka tinggal setengah dikuburkan di pasir, dengan kepalaMemproyeksikan ke atas, dan makanan dengan menyaring air melaluitekak mereka untuk mendapatkan partikel kecil. Hewan ini terlihat seperti sebuah archetypal chordate - jenishewan yang lebih tinggi dari bentuk berkembang. Tetapi ini mungkinsalah. Cephalochordates yang memiliki beberapa fitur sangat tidakbiasa, seperti yang unik dan excretory sistem yang sangat primitifsyaraf organisasi. Mereka mungkin terpisah dari baris utama dari evolusidi bertulang belakang yang sangat awal.
  • 3. Cephalochordata (atau lancelets, secara tradisional dikenal sebagaiamphioxus, jamak amphioxi) adalah subphylum dari laut invertebrata dari divisiChordata. Mereka biasanya ditemukan di bagian sedang dangkal atau laut tropis.Seperti halnya dengan semua chordates-kelompok yang mencakup tunicates(subphylum Urochordata), hagfish (kelas Agnatha), dan semua vertebrata (kelasVertebrata)-cephalochordates memiliki notochord, melubang sirip belakang sarafkabelnya, dan pharyngeal slits (atau kantong pharyngeal). Cephalochordatesmempertahankan notochord sepanjang hidup mereka, dan tidak seperti tunicatesvertebrata yang memiliki notochord hanya selama awal (berhubung dgn janin,larval) tahap. Tidak seperti vertebrata, cephalochordates dan tunicateskurangnya satu kolom tulang punggung atau tulang belakang. Yang notochord daricephalochordata, tidak seperti duri bertulang belakang, membentang ke kepala.Ini memberikan subphylum namanya (cephalo-berarti "yang berkaitan dengankepala"). Lancelets yang berbentuk blade (tapered pada kedua sisi), namaamphioxus Nya, yang berasal dari Yunani untuk "kedua (berakhir) menunjuk." Dengan hanya sekitar 30 spesies, akan mudah untuk menghadap subphylum inidan pentingnya. Namun, di Asia, lancelets dipanen secara komersial untuk makananyang dimakan oleh manusia dan dijinakkan hewan, dan mereka merupakan hal yangpenting objek studi dalam ilmu hewan karena memberikan indikasi tentang asaldari vertebrata. Cephalochordates juga memainkan peranan penting dalambeberapa rantai makanan, kadang-kadang dengan ribuan persegi per Acre pasir,dan kontribusi mereka untuk keragaman bentuk dan perilaku yang membuatsehingga menarik untuk orang.
  • 4. Branchiostoma (awalnya Amphioxus, sekitar 23 spesies) danAsymmetron (sekitar enam spesies). Umum lancelet nama, atauamphioxus, umumnya digunakan untuk semua cephalochordates.Cephalochordates biasanya tinggal dikuburkan di pasir, hanya dengankepala terjulur untuk menyaring pakan dan bernafas melalui insangslits (Towle 1989). Mereka berenang dengan gerakan spiring.Seringkali hanya satu inci (2,5 centimeter) panjang, beberapa spesiesMei tumbuh hingga sekitar lima sentimeter panjang, delapancentimeter paling lama.Dalam umum dengan vertebrata, cephalochordates memiliki sarafkabelnya berjalan di sepanjang bagian belakang, dan pharyngeal insangslits dan ekor yang berjalan lewat anus. Seperti juga vertebrata, yangotot yang diatur dalam blok disebut myomeres. Berbeda denganvertebrata, meski demikian, sirip belakang saraf kabelnya tidakdilindungi oleh tulang, tetapi agak lebih sederhana notochord yangterdiri dari sebuah silinder sel yang erat-dikemas untuk membentuksebuah toughened tongkat. Cephalochordates yang juga memiliki cirrilisan, tipis seperti alat-orang yang menggantung di depan mulut danbertindak sebagai perangkat indera dan sebagai filter untuk melewatiair ke dalam tubuh. Air keluar tubuh melalui atriopore.Cephalochordates memiliki baik dikembangkan sistem peredarandarah, namun kurang sel darah, besar jantung, dan ginjal. Otak (yangsangat kecil) dan rasa organ yang buruk .
  • 5. Chepalochordata Hewan yang termasuk chordata adalah semua hewan yang memilikipenyokong tubuh dalam, mulai dari tingkat sederhana berbentuk seperticacing (Tunicata), ikan lancelet sampai mamalia. Phylum chordata ini dibagiatas 4 sub phylum yaitu:•Sub Phylum Hemichordata (hemi = setengah)•Sub Phylum Urochordata (oura = ekor)•Sub Phylum Cephalochordata (Chepale = kepala)•Sub Phylum Vertebrata Sub Phylum Cephalochordata Cephalochordata merupakan hewan yang sangat penting dan besarartinya dalam perkembangan anatomi perbandingan dan hubungankekerabatan chordata. Pada awalnya, tahun 1744 cephalochordata dikelompokkan sebagaimollusca, dan baru 60 tahun kemudian oleh Gabriel Costa digolongkansebagai ikan. Namun akhirnya direvisi sebagai kelompok hewan yang dalamperjalanan evolusinya merupakan penghubung antara avertebrata denganvertebrata.
  • 6. Dengan sekitar dua puluh lima spesies yang mendiami laut tropis dansubtropis yang dangkal, Cephalochordata adalah cabang yang sangat kecildari kerajaan hewan. Sub phylum ini terdiri atas sebuah klas Cephalochordayang terdiri atas 2 famili yaitu: (1) Branchiostomidae dan (2) Amphioxidae.Famili Branchiostomidae terdiri atas 2 genera yakni Amphioxus danSymetron. Sebagai contoh untuk pembahasan yaitu ikan Lancelet, yangdalam bahasa ilmiah disebut Branchiostoma lanceolatum atau Amphioxuslanceolatus Cephalochordata atau Acrania, biasa disebut lancelet, merupakan hewanbenthik yang hidup dalam pasir pantai yang dangkal, dan hanya kepalanyayang tersembul di atas permukaan pasir . Lancelet dapat pindah darilubangnya dan berenang dengan cepat dalam jarak pendek seperti belut.Dinding tubuh lancelet transparan dan berwarna kesumba (pink), sehinggadalam keadaan hidup, organ-organ dalamnya tampak jelas. Branchiostoma tidak mempunyai kepala yang terpisah, mempunyai otak,mata, alat pendengar, atau belum berahang, bersaraf, dan bersistemperedaran darah yang berpola seperti ikan, amfibi, reptil, burung danmamalia. System pencernaan makanan seperti sistem pencernaan olehvertebrata pada umumnya. Tetapi alat ingesti mirip Tunicata.
  • 7. Pada fase yang sama Branchiostoma mempunyaimekanisme alat ekskresi seperti protobranchialainnya, tidak seperti Echinodermata, tetapianehnya seperti pada Cacing pipih, Molusca, danAnnelida. Branchiostoma menunjukkanperkembangan notochord, cekungan batangsaraf, dan celah insang pada hewan dewasamaupun pada larvanya. Walaupun Branchiostomatampak primitive, tetapi berdasar kenyataanberhasil mendiami seluruh pantai laut muka bumi.Salah satu spesies banyak dijual di pasar ikan diCina.
  • 8. Klasifikasi CephalochordScientific Classification Kingdom : Animalia Phylum : Chordata Subphylum : Cephalochordata Class : Leptocardii Order : Amphioxiformes Families : Asymmetronidae Branchiostomidae
  • 9. I. Anatomi Tubuh dapat dibagi menjadi kepala, badan dan ekor .Kepala terdiri atas rostrum, mulut dan oral cirri. Rostrumseperti moncong, terdapat di ujung anterior, berfungsi untukmenyingkirkan pasir saat menggali lubang. Mulut dikelilingioral cirri, yaitu rangkaian tonjolan panjang-panjang sebagaialat indra. Badan yang besar dari setengahnya terisi olehpharynx dan gonad. Pada sisi latero-ventral badan terdapatlipatan metapleura. Tubuh dilapisi epidermis, tanpa kutikulamaupun tunic. Sebagai anggota dari filum chordate, lancelet maupunnotochord yang terletak sepanjang tubuh, benang sarafbolong sepanjang tubuh, tetapi tidak melebar membentukotak, ekor terletak di belakang anus, dan pharynx besardengan celah insang berpasangan.
  • 10. Cephalochordata merupakan kelompok coelomata yangberuas-ruas seperti annelid dan vertebrata. Tubuhcephalochordata yang beruas-ruas tampak jelas dari ototrenang yang tersusun sepanjang badan, sebanyak 50 sampai76 unit, berbentuk V, disebut myomere (“ruas otot”), yangterletak pada kedua sisi tubuh (Gambar A dan B). Masing-masing myomere dibatasi oleh myosepta.. II. Sistem pencernaan Sistem pencernaan amphioxus mirip hemichordata,urochordata dan vertebrata primitif. Cara makan lancelet ialahdengan menelan partikel bahan organic yang terbawa air masukmelalui mulut yang lebar. Oral cirri sekitar mulut merupakan saringan kasar untukmencegah masuknya partikel-partikel besar ke dalam ronggamulut. Vestibule (rongga mulut) pendek, berfungsi untukmempercepat aliran air dari mulut ke pharynx. Di antaravestibule dan pharynx terdapat velum yang dilengkapi ototsphincter (sphincter muscle) dan sel indera.
  • 11. Pharynx Amphioxus panjang dan lebar, dilengkapi180 pasang celah insang atau lebih, dan dikelilingiatrium. Cilia lateral pada celah insang mengalirkanair dari pharynx ke atrium, sedangkan cilia frontalpada insang dan penyangga insang (tongue bars)mengalirkan butir-butir mineral yang tidak dapatdicerna akan dialirkan ke usus posterior dandibuang melalui anus. III. Fisiologi Interaksi satu myomer, menyebabkan badanmembengkok pada tempat myomer itu. Bilakontraksi myomer-myomer itu terjadi berturut-turut dari canial ke caudal dan berganti-ganti kanandan kiri, terjadi gerakan mengelombang dari tubuhcranial ke caudal.
  • 12. IV. Embryologi Fertilisasi berlangsung extern. Pembelahan melaluimeridional, kemudian sampir equatorial, sehingga terjadimicromer dan macromer dan terjadi bentuk morula.Kemudian terjadi bentuk blastula disusul oleh bentukglastula. Bentuk glastrula terjadi oleh karena adanyainvaginasi secara epiboli. Bentuk gastrula semula berbentukseperti piring, tetapi kemudian archenteron mendalam dangastoporus mengecil dan terdapat pada ujung yang akanmenjadi ujung caudal, di datran yang akan menjdi datarandorsal. Dataran ini mendatar padahal dataran yang akanmenjadi dataran ventral tetap melengkung. Pada sel-selectoderm terdapat cilia. Kemudian seperti halnyapada Urochordata, ectoderm di sebelah dorsal, cranial dangastropopus, menjadi lamina medullaris.
  • 13. V. Alat ekskresi Prinsip alat ekskresi sebanyak 40 pasang dapatdijumpai berwujud sebagai bentuk modifikasinephredia yang terletak di atas pharynx yangmempunyai hubungan dengan rongga coelom.Masing-masing nephredium merupakan saluran yangbengkok terdiri atas bagian muka yang vertikal danbagian belakang yang horizontal. Bagian verticalberujumg dengan sekelompok besar solenocyt (selapi), sedang bagian horizontal dengan sekelompokkecil sel api. Alat ekskresi ini merupakan tipe yangdekat dengan nephredium yang tertutup sebelah-dalamnya seperti pada Polychaeta dan kelompokinvertebrate lainnya.
  • 14. Pada tiap ruas myomere di daerah insang terdapatsepasang nephridia. Tiap nephridium terdiri atassekumpulan podocytes yang dihubungkan dengan sebuahtubule bercilia (nephridioduct) ke atrium.VI. Reproduksi Semua cephalochordata dioecious, pembuahan diluar. Tergantung jenisnya, letak dan jumlah gonadbervariasi. Pada Branchiostoma terdapat 26 pasang gonad,sedangkan pada Asymmetron dan Epygonichthys letakgonad hanya pada bagian kanan tubuh, gamet dilepas ke airmelalui atriopore. Zigot tumbuh menjadi coeloblastula,kemudian menjadi gastrula. Larva sangat kecil, mirip larvaikan (fishlike silver); dan tidak mempunyai oral cirri,atrium maupun sirip dorsal dan ventral; hanya terdapatsirip ekor.
  • 15. Bentuk tubuh larva asimetris, mulut yang besar terletak di sisi kiri kepala dan insang di sisi kanan. Selama mengalami metamorfosa yang bertahap, mulut larva menjadi velum, demikian pula pembentukan organ-organ lain seperti bentuk mulut dan oral cirri seperti pada yang dewasa, sehingga menjadi bentuk simetri bilateral. Selama stadia larva hidup sebagai plankton, sedangkan yang dewasa sebagai benthos.
  • 16. VII. Sistem peredaran darah Sistem peredaran darah sudah berkembang biak,terdiri atas arteri, pembuluh vena dan pembuluh kapiler,namun tidak ada jantung yang khusus. Darah tidakberwarna, berisi sedikit sel, diedarkan oleh otot padadinding pembuluh darah. Darah dalam pembuluh kapiler insang, tempatterjadinya penukaran gas, mengalir ke sepasang aortadorsal, kemudian menuju posterior menjadi satu padasebuah aorta caudal. Aorta caudal mengalirkan darah ketiga buah arteri yang masing-masing menuju pembuluhkapiler dalam myosepta, kapiler dalam atrium dan gonad,kapiler dalam dinding usus. Pada dasarnya, darah daripembuluh kapiler dalam organ-organ tersebut kembali keinsang melalui dua pembuluh vena kardinal.
  • 17. VIII. Alat sensoris khusus Pada permukaan bagian interior dariotak terdapat bagian lekukan yang bersiliayang terkenal sebagai celah kolliker.Bagian ini terbuka di sebelah kiri terus kerongga hidung yang diduga sebagai alatpembau. Pada larva, rongga iniberhubungan dengan nerocoel terus keneuroporus.
  • 18. Titik pigmen yang terdapat di sebelahmuka dinding otak yang biasanya disebut“mata otak”. Walaupun alat itu belummempunyai lensa bagian lainnya,percobaan menunjukkan bahwa alat itutidak peka terhadap sinar. Faktamenunjukkan bahwa yang terletak padaujung tubuh berpigmen, yang mencuatketika hewan ini menguburkan diri dalampasir. Bagian tubuh yang berpigmen itumelindungi tubuh terhadap penetrasisinar secara vertikal dengan jalanmeneruskan sinar pada fotoreseptor ke
  • 19. Belum terdapat bukti yang dapatdilacak menunjukkan sebagai alatpendengar, walaupun pada cirri mulutterdapat sel sensoris yang pekaterhadap sentuhan, tetapi mungkinberfungsi lain.
  • 20. SEKIAN DANTERIMA KASIH