Fungsi dan peran lembaga pendidikan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

Fungsi dan peran lembaga pendidikan

  • 6,480 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
6,480
On Slideshare
6,480
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
24
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. FUNGSI DAN PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN OLEH : NAMA : BAYU TIRTA KENCANA KELAS : 1G NIM : 10211351 FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM IKIP MATARAM 2010/2011
  • 2. A. Pendidikan Dilingkunagn Keluarga Keluarga adalah lingkungan pertama bagi anak. Disinilah pertama kali ia mengenal nilaidan norma. Karena itu keluarga merupakan pendidikan tertua, yang bersifat informal dan kodrati.Pendidikan dilingkungan keluarga berfungsi untuk memberikan dasar dalam menumbuhkembangkan anak sebagai makhluk individu, sosial, susila dan religius. Fungsi lembaga pendidikan keluarga, yaitu : 1. Merupakan pengalaman pertama bagi masa kanak-kanak, pengalaman ini merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangna berikutnya, khususnya dalam perkembangn pribadinya. Kehidupan keluarga sangat penting, sebab pengalaman masa kanak-kanak akan memberi warna pada perkembangan berikutnya. 2. Pendidikan dilingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang, kehidupan emosional ini sangat penting dalam pembentukan pribadi anak. Hubungan emosional yang kurang dan berlebihan akan banyak merugikan perkembangan anak. 3. Didalam keluarga akan terbentuk pendidikan moral. Keteladanan orng tua didalam bertutur kata dan berprilaku sehari-hari akan menjadi wahana pendidikan moral bagi anak didalam keluarga tersebut, guna membentuk manusia susila.B. Pendidikan Dilingkungan Sekolah Sekolah adalah lingkungan kedua bagi anak. Disinilah potensi anak akan ditumbuhkembangkan. Sekolah merupakan tumpuan dan harapan orang tua, masyarakat, dalammencerdaskan kehidupan bangsa. Tugas sekolah sangat penting dalam menyiapkan anak-anakuntuk kehidupan masyarakat. Sekolah bukan semata-mata sebagai konsumen, tetapi juga sebagaiprodusen dan pemberi jasa yang sangat erat hubungannya dengan pembangunan. Jenis pendidikan sekolah adalah jenis pendidikan yang berjenjang, berstruktur danberkesinambungan, sampai dengan pendidikan tinggi. Jenis pendidikan sekolah mencakuppendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan kedinasan, pendidikan keagaman, danpendidikan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.
  • 3. C. Pendidikan Dilingkungan Masyarakat Masyarakat adalah salah satu lingkungan pendidikan yang besar pengaruhnya terhadapperkembangan pribadi seseorang. Pandangan hidup, cita-cita bangsa, sosial budaya danperkembangan ilmu pengetahuan akan mewarnai keadaan masyarakat tersebut. Masyarakatmempunyai peranan yang penting dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Melalui pendidikan dimasyarakat anak akan dibekali dengan penalaran, keterampilan dansikap makarya, sering juga pendidikan dimasyarakat ini dijadikan upaya mengoptimalkanperkembangan diri. Bentuk-bentuk pendidikan kemasyarakatan sebenarnya telah lama ada dantersebar secara luas dalam masyarakat Indonesia serta merupakan kegiatan yang tidakterpisahkan dari kebudayaan bangsa. Berbeda dengan jalur pendidikan di sekolah, pendidikankemasyarakatan tidak selalu dimaksudkan sebagai pengantar untuk memasuki lapangan kerja.Namun melelui jalur pendidikan kemasyarakatan dapat diperoleh kemampuan dan keahlian yangdapat dijadikan persyaratan memasuki lapangan kerja atau tidak terikat dengan formalitasakademik secara ketat, sekalipun kesempatan untuk memperoleh efek akademik tetap terbuka.