Global warming
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Global warming

on

  • 412 views

 

Statistics

Views

Total Views
412
Views on SlideShare
345
Embed Views
67

Actions

Likes
0
Downloads
2
Comments
0

1 Embed 67

http://alamindahkucinta.blogspot.com 67

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Global warming Global warming Presentation Transcript

  • Assalamu’alaikum wr.wb
  • GLOBAL WARMING
  • Nama : RIZKA RAHMA SARISekolah : SMA NEGERI 8 PEKANBARUKelas : X.9Guru Pembimbing : Drs. Oan Hasanuddin,S.A.g, R.O, A.k.p, M.A, M.Kester
  • Pengertian Global Warming(Pemanasan Global)Global Warming (Pemanasan global) ialah naiknyasuhu permukaan bumi karena naiknya intensitas efekrumah kaca (ERK). ERK sendiri sangatlah berguna,karena tanpa adanya ERK rata – rata suhu permukaanbumi hanyalah –18 derajat celcius. Dengan adanyaERK suhu rata – rata permukaan bumi ialah 15derajatcelcius. ERK terjadi karena sinar infra-merah yangdipancarkan kembali oleh bumi terserap oleh gastertentu yang disebut gas rumah kaca (GRK). GRKterpenting ialah CO2, CFC, metan, ozon dan N2O,masing – masing kurang dari 10%. Dengan demikianpada waktu ini GRK terpenting ialah CO2 disusul olehCFC.
  • Penyebab Terjadinya Global Warming-Faktor AlamContoh sederhana saja:zaman es.Menurut sejarah,zamanes ini terjadi diakhir masa Mesozoikum,pada zamanKuarter(68 - 140 juta tahun lalu).Salah satu dampak darizaman es ini,selain dampak lingkungan,adalahmenyatunya sebagian daratan Nusantara dengan Asia.Halini dapat dilihat dari persamaan spesies flora dan faunayang ada antara Indonesia bagian Barat dengan daratanAsia.Karena kenaikan suhu bumi,maka zaman es tersebut punberakhirlah sudah.Tetapi hal ini sudah cukupmenunjukkan kepada kita bahwa bumi ini pernahmengalami perubahan suhu secara global.Pada saat inijuga,bumi kembali mengalami hal yang sama.Hanyasaja,kalau dahulu perubahannya adalah dari yang dinginmenjadi lebih hangat alias sejuk,kalau sekarang dari yang
  • -Faktor PenghuninyaSaat ini,penduduk bumi (manusianya saja) sudah berjumlah 7miliar orang.Belum lagi makhluk hidup lainnya yang juga takkalah banyaknya.Dan semuanya itu saling terlibat dalammempercepat atau meningkatkan efek global warming.Secaraumum,penyebab-penyebab terjadinya pemanasan global yangdiakibatkan oleh penghuninya adalah sebagai berikut:1. Meningkatnya emisi Gas Karbon.Bumi ini pada dasarnya memang memproduksi gas karbonsecara alami,tetapi masih dalam kadar yang rendah dan masihdapat diatasi oleh bumi itu sendiri.Tetapi saat ini,tingkatproduksi gas tersebut sudah sangatberlebihan.Penyebabnya?Jangan hanya menyalahkan pabrikdan industri yang menghasilkan polusi yang besar itu,tetapisemua populasi manusia juga bersalah!!Pabrik-pabrik danindustri itu hanya memenuhi tuntutan pasar atau masyarakatyang semakin meningkat dan semakin “menggila” sifatkonsumtifnya.
  • Energi matahari yang memasuki atmosfer bumi inisebenarnya tidak semuanya dapat diserap dandimanfaatkan oleh bumi.Sisa energi yang tidak diseraptersebut seharusnya dipantulkan lahi ke luar dari atmosferbumi.Tetapi dikarenakan banyaknya gas polutan(gaskarbon) di dalam atmosfer,maka energi tersebut menjaditertahan.Karena gas karbon tersebut memiliki sifat alamiuntuk menahan energi(panas) yang melewatinya.Fenomena ini disebut dengan efek rumah kaca2. Penipisan Lapisan OzonSudah bisa ditebak apa akibat yang terjadi jika lapisanozon ini rusak,atau bahkan bolong.Salah satu penyebab penipisan ozon ini adalahmeningkatnya pemakaian Chloro Flouro Carbon(CFC).CFC dipakai dalam kehidupan sehari-hari padalemari es,air conditioner,bahan pendorong padapenyembur,pembuat buih,dan sebagai bahan pelarut.
  • 3. Berkurangnya konverter Gas KarbonSebelum era modern,dimana industri belumberkembang,kehidupan di planet ini sudah memproduksi gaskarbon.Tetapi jumlahnya tidak sedahsyat sekarang.Apalagimasih banyak konverter gas karbon yang tersedia yang masihmampu mengkonversi semua gas karbon tersebut menjadi gasyang ramah lingkungan,bahkan dibutuhkan olehkehidupan,seperti oksigen.Salah satu konverter tersebut adalah hutan.Hutan merupakanrumah bagi pohon dan tuuhan ain yang dianugerahikemampuan untuk mengkonsumsi gas karbon tersebut danmenghasilkan gas oksigen.Tetapi akibat meningkatnyapopulasi,yang diiringi dengan meningkatnya kebutuhan akanlahan pemukiman,lahan indusri,lahan pertanian,lahan untukfasilitas umum seperti jalan dan gedung,menyebabkan jumlahhutan berkurang drastis.Belum lagi permintaan pasar akankayu yang semakin melambung tinggi.
  •  Akibat Dari Global Warming1. Gletser Menciut Suhu bumi meningkat karena tingginya emisi gas rumah kaca di atmosfer. Selama tahun 1990- 2005 saja suhu bumi naik 0,15 - 0,3 derajat celcius. Gletser Himalaya yang memasok air ke sungai Gangga sekaligus menyediakan irigasi dan suplai air minum untuk 500 juta penduduk,menyusut 37 meter pertahun.Gletser di kutub semakin cepat mencair hingga membuat permukaan air laut di bumi naik.
  • 2. Pulau Tenggelambeberapa pulau di Indonesia sudah hilangtenggelam. Ini disebabkan mencairnyapermukaan gletser di kutub yang membuatvolume air laut meningkat drastis. Menyusutnyahutan bakau memperparah pasangnya air laut.Sekarang saja pasang air laut Pantai Kuta telahmembanjiri beberapa lobi hotel disekitarnya.Pulau Jawa juga bernasib sama , sampai saat inipermukaan Teluk Jakarta sudah naik 0,8 cm.Dan kalau suhu bumi terus naik , tahun 2050derah-daerah Jakarta dan Bekasi sepertiKosambi , Penjaringan , Cilincing ,Muaragembong , dan Tarumajaya akanterendam.
  • 3. BadaiBadai memang bisa terjadi karena kehendak alam.Tapi suhu air yang menghangat akibat globalwarming mendukung terjadinya badai yang jauh lebihkuat dan besar. Beberapa tahun belakangan ini ,negara-negara di Eropa, Amerika, dan Karibia telahmengalami begitu banyak badai dibandingkan abadsebelumnya. Bahkan badai-badai tersebut bukancuma badai biasa, namun masuk kategori badaimematikan , seperti badai katrina,badai ike, badainargis, badai rita,dll.
  • 4. Gelombang PanasTahun 2003 lalu, Eropa diserang gelombangpanas alias heat wave , yang menewaskanbanyak orang. Mengejutkan ! Tapi bencana inisudah diperkirakan ratusan tahun yang lalu ,tepatnya tahun 1900 oleh para ilmuwan di masaitu . Gelombang panas memang pernah terjadbeberapa kali di bumi , namun belakangan inimakin sering terjadi. Dan diperkirakan 40 tahunlagi frekwensinya akan meningkat 100 kali lipat.
  • 5. KekeringanAfrika, India, dan daerah-daerah kering lainnyabakal menderita kekeringan lebih parah ! Air akanmakin sulit di dapat dan tanah tak bisa ditanamiapa-apa lagi, hingga suplai makanan berkurangdrastis. Ilmuwan memperkirakan hasil taninegara-negara Afrika akan menurun 50 % ditahun 2020 , dan tingkat kekeringan di duniameningkat 66 % . Tak terbayang kalau kekeringanini sampai terjadi di bumi ini.
  • 6. Perang dan KonflikNegara yang kekurangan air dan bahan pangankemungkinan besar akan mengalami panik danberubah jadi agresif. Lalu bukan tak mungkinmereka berusaha saling merebut lahan yang belumrusak.
  • 7. Penyakit MerajalelaMalaria, demam berdarah , ebola , dan banyakpenyakit yang dulu cuma di anggap sebagaipenyakit negara tropis , bisa menyebar ke berbagainegara Eropa yang dikenal dingin. Penyebabnyaapalagi kalau bukan banjir atau kekeringan yangmengundang banyak hewan pembawa penyakitbersarang disana.
  • 8. Perekonomian KacauLadang pertanian dan perkebunan yang biasanyamenghasilkan akan musnah oleh banjir ataukekeringan. Penduduk akan dibuat makin menderitakarena stok bahan pangan dan kebutuhan pokoklainnya akan jauh berkurang dan harganya pastiakan melambung naik. Pemerintah jugamembutuhkan biaya yang banyak untukmembangun kembali wilayah yang terkena bencanadan menanggulangi penyakit yang mewabah.
  • 9. Ekosistem HancurPerubahan iklim yang terjadi akibat global warmingakan menghancurkan ekosistem yang ada. Setelahsebagian mahkluk hidup di bumi musnah akibatbencana kekeringan, banjir , badai, atauditenggelamkan air laut, mahkluk hidup yang tersisabakal mengalami kesulitan untuk bertahan hidup.Penyebabnya adalah berkurangnya sumber air ,udara bersih, bahan bakar , sumber energi , bahanmakanan, obat-obatan yang dibutuhkan untuksurvive.
  • 10. Mahkluk Hidup PunahSebanyak 30 % mahkluk hidup yang ada sekarangbakal musnah tahun 2050 kalau temperatur bumiterus naik. Spesies yang punah ini kebanyakan yanghabitatnya di tempat dingin . Hewan-hewan lautdiperkirakan banyak yang tak bisa bertahan setelahsuhu air laut jadi menghangat. Kalau tumbuhan danhewan makin berkurang, jelas manusia akhirnyaterancam karena kekurangan bahan makanan.
  •  Solusi mencegah global warming1. Batasi Penggunanaan kertasTanamkan di pikiran anda kuat-kuat, bahwa setiapanda menggunakan selembar kertas maka andatelah menebang sebatang pohon. Oleh karena itugunakan kertas se-efektif mungkin misalnya denganmencetak print out bolak-balik pada setiap kertas.Bila anda nge-print sesuatu yang tidak terlalupenting, gunakanlah kertas bekas yang dibaliknyamasih kosong.
  • 2. Ganti bola lampu.Segera ganti bola lampu pijar anda dengan lampuneon. Lampu neon ini membutuhkan energi yanglebih sedikit dibanding lampu pijar. Ingat setiap dayadaya listrik yang anda pakai maka anda turut sertamenghabiskan sumber daya energi listrik yangkebanyakan berbahan bakar fosil. Bahan bakar fosiladalah bahan bakar tak terbarukan, dan dalamjangka sepuluh tahun ke depan mungkin bahanbakar jenis ini akan habis.
  • 3. Hindari Screen SaverShut down Komputer anda jika tidak akan digunakandalam jangka lama, atau jika anda terpaksameninggalkan komputer dalam keadaan menyala,matikan screen saver. Mengaktifkan screen saverakan memakan energi dan mengeluarkan emisi Co2.Jadi matikan screen saver anda sekarang!
  • 4. Periksa tekanan banSetiap anda ingin bepergian janagn lupa memeriksatekanan ban kendaraan anda. ban yang kurangangin akan memperlambat laju kendaraan danakhirnya akan membutuhkan bahan bakar yanglebih banyak.
  • 5. Buka jendela lebar-lebarDi Amerika , sebagian besar dari 22,7 ton emisi CO2berasal dari rumah. Kebanyakan emisi atau gasbuang tersebut berasal dari AC, kulkas, kompor gasatau refrigerator. Unutk meminimalkannya ketikadapat mengatur termostat AC dengan suhu udara diluar ruangan. Kemudian bukalah jendela lebar-lebarkarena sirkulasi udara yang terjebak dapatmengkonsumsi energi.
  • 6. Gunakan pupuk organik.Pupuk yang digunakan kebanyakan petanimengandung unsur nitrogen, yang kemudianberubah menjadi N2O yang menimbulkan efek GRK(Gas Rumah Kaca) 320 kali lebih besar dari padaCO2. Jika anda hobi berkebun gunakanlah pupukorganik. Disamping aman, murah pula.7. Tanamlah rumpun bambuPepohonan memang terbukti mampu menyerapCO2, tetapi ternyata pohon atau rumpun bambumampu menyerap CO2 empat kali lebih banyak daripohon-pohon lain.
  • 8. Naik kendaraan umumSaat ini jumlah kendaraan pribadi sudah teramat banyakdan bikin sumpek. Sector transportasi menyumbangsampai 14 % emisi gas rumah kaca ke atmosfer, jika kitamenggunakan kendaran umum maka kita mengurangiemisi gas rumah kaca, karena dalam satu kendaraanumum bisa mengangkut puluhan orang, dan itu sangathemat energi. Dibandingkan dengan kendaraan pribadisperti sedan yang hanya mengangkut maksimal empatorang.9. Kurangi makan daging sapiBetul, kurangi dari sekarang memakan daging sapi.Selain megandung kalori y ang tinggi. Daging sapi jugamenyumbang emisi gas rumah kaca yang cukupsignifikan. Setiap kilogaram daging sapi yang kita makan,setara dengan menyalakan bola lampu 20 watt selama 20hari.
  • 10. Jangan pakai kantong plastikDi beberapa Negara bagian Amerika, urusan kantong plastikbahkan sampai dibuat undang-undangnya segala. LSM pedulilingkungan mendorong pemerintah Negara setempat unutkmelarang penggunaan kantong plastic sebagai kantongbelanjaan. Plastik ini memang unsur yang sulit terurai, butuh1000 tahun untuk mengurainya didalam tanah.Efek Gas rumah kaca yang ditimbulkannya juga cukup besar.Maka beralihlah ke kantong kain, misal dari kain serat alami.11. Membeli produk lokalProduk lokal tentu tidak memerlukan jalur distribusi yang panjangdan membutuhkan banyak bahan bakar. Ini berarti mengurangiemisi CO2 yang dikeluarkan mobil-mobil pengangkutnya.Kemudian belilah produk sayuran atau buah-buahan sesuai
  • 12. Hidup efisienApapun aktifitas manusia di bumi akan berdampak pada bumiyang kita diami ini. Pola komsumsi energi, pola lingkungandan sebagainya. Hiduplah seefisien mungkin, gunakan sedikitenergi, komsumsilah sedikit makanan, tinggalkan pola hidupkonsumtif, ramahlah terhadap lingkungan, sedikit bicara lebihbanyak berpikir, dan sebagainya.13. Mengemudi cerdasHindari perjalanan yang panjang dan menghabiskan waktu,bila mungkin memotong jalan lakukanlah. Kurangilah aktifitasyang menggunakan kendaraan pribadi. Jika terpaksamenggunakan kendaraan pribadi, pilihlah jalan-jalanalternative yang bebas macet dan tidak mengkonsumsi energi.Bila anda menunggu, matikan mesin sebab gas buangan tetapkeluar sementara bahan bahan bakar terpakai.
  • 14. Pakai baju bekasSekarang bukan jamannya gengsi, toh kita matitidak membawa gengsi. Tak perlu malu memakaibaju bekas atau baju warisan orang tua. Denganmengurangi membeli pakaian baru maka andamembantu mengurangi pemakaian listrik di pabrikpakaian.
  • SELESAI Wassalam