Your SlideShare is downloading. ×
Bab 2 organisasi rev4
Bab 2 organisasi rev4
Bab 2 organisasi rev4
Bab 2 organisasi rev4
Bab 2 organisasi rev4
Bab 2 organisasi rev4
Bab 2 organisasi rev4
Bab 2 organisasi rev4
Bab 2 organisasi rev4
Bab 2 organisasi rev4
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Bab 2 organisasi rev4

474

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
474
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
8
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. 7 BAB II ORGANISASI 2.1 Sejarah Singkat Puslit KIM-LIPI Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi adalah salah satu pusat di bawah LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (Puslit KIM- LIPI), yang didirikan pada tanggal 1 Juni 1967 di Bandung dengan nama Lembaga Instrumentasi Nasional (LIN). Sejalan dengan pertumbuhan infrastruktur IPTEK Nasional, sejak tahun 1984 Puslit KIM-LIPI menjadi salah satu lembaga penelitian pemerintah yang mendapat kesempatan memanfaatkan sarana dan fasilitas penelitian IPTEK di PUSPIPTEK Serpong, yang saat itu bernama Pusat Penelitian dan Pengembangan Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi (PUSLITBANG KIM). Dalam kurun waktu lima belas tahun terjadi pergantian nama dan struktur kelembagaan. Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 43 tahun 2001, maka PUSLITBANG KIM berubah menjadi Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi (PUSLIT KIM). 2.2 Tugas Pokok dan Fungsi Puslit KIM-LIPI a. Tugas Pokok Pusat Penelitian kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, penyusunan pedoman, pemberian bimbingan teknis, penyusunan rencana dan program, pelaksanaan penelitian dan pelayanan Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi serta evaluasi dan penyusunan laporan. b. Fungsi Dalam melaksanakan tugas tersebut, Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi menyelenggarakan fungsi:
  • 2. 8 1) Penyiapan bahan perumusan kebijakan penelitian dan Pelayanan Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi; 2) Penyusunan pedoman, pembinaan dan pemberian bimbingan teknis penelitian dan pelayanan Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi; 3) Penyusunan rencana, program, serta pelaksanaan penelitian dan pelayanan Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi; 4) Pemantauan pemanfaatan hasil penelitian bidang Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi; 5) Pelayanan jasa ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi; 6) Evaluasi dan penyusunan laporan penelitian dan pelayanan Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi; 7) Pelaksanaan urusan tata usaha. 2.3 Visi, Misi dan Strategi Puslit KIM-LIPI Untuk merealisasikan tugas dan fungsi, dalam rencana strategis Puslit KIM-LIPI telah ditetapkan pula visi, misi serta strategi dengan uraian sebagai berikut: a. Visi Menjadi pusat unggulan dan acuan nasional dalam Bidang Metrologi yang diakuisecara Internasional. b. Misi 1) Menjamin ketertelusuran pengukuran di bidang besaran fisik ke Sistem Internasional Satuan (SI) dengan konsisten. 2) Melakukan Penelitian dan Pelayanan Jasa di bidang Metrologi dan Instrumentasi untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian Industri Nasional.
  • 3. 9 c. Strategi Dalam melaksanakan kebijakan Puslit KIM-LIPI menetapkan strategi untuk mencapai apa yang di rencanakan melalui: 1) Puslit KIM-LIPI mencari dan memanfaatkan berbagai sumber daya baik dari dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kuantitas, kualitas, sarana dan prasarana serta SDM (Sumber Daya Manusia) dalam mengembangkan kompetensi intinya. 2) Didalam penyusunan program, Puslit KIM-LIPI mengintegrasikan dan menyelaraskan kompetensi inti yang ada serta memperhatikan isu-isu sentral, baik yang berskala nasional maupun internasional. 3) Didalam penyusunan rencana kegiatan, Puslit KIM-LIPI mengaitkannya dengan Kebijakan Strategis dan Program Perencanaan Nasional (Jakstra dan Propenas), juga memanfaatkan dan mencari peluang kerja sama baik dalam maupun luar negeri. 4) Memanfaatkan secara optimal sumber daya yang dimiliki Puslit KIM- LIPI dengan cara melaksanakan aktivitas secara multi kompetensi serta lintas bidang, untuk melaksanakan misinya serta mencapai visinya.
  • 4. 10 2.4Struktur Organisasi Puslit KIM-LIPI
  • 5. 11 2.5 Deskripsi Bidang di Puslit KIM-LIPI a. Bidang Kalibrasi Bidang Kalibrasi Puslit KIM-LIPI adalah unit kerja yang secara teknis melaksanakan tugas dan fungsi Puslit KIM-LIPI sebagai pelaksana pelayanan jasa kalibrasi kepada masyarakat industri khususnya untuk alat-alat ukur kelas industri untuk lingkup Kalibrasi Mekanik dan Thermoelektrik, hampir seluruh alat ukur kelas industri yang termasuk dalam lingkup dibawah ini dapat dikalibrasi di Puslit KIM-LIPI. Layanan Kalibrasi tersebut dapat dilaksanakan di Puslit KIM-LIPI Serpong atau di tempat pengguna jasa Kalibrasi (insitu), lingkup tersebut adalah: 1) Dimensi 2) Akustik dan getaran 3) Fotometri 4) Densitas 5) Kelistrikan 6) Waktu 7) Suhu 8) Kelembaban 9) Medis 10) Geodetik 11) Tekanan 12) Gaya 13) Massa 14) Volumetrik. b. Bidang Intrumentasi Kompetensi lainnya dari Puslit KIM-LIPI adalah di bidang Instrumentasi dimana selama ini Puslit KIM-LIPI telah melaksanakan beberapa kegiatan di bidang ini yang antara lain meliputi, Penelitian dan pengembangan dalam bidang Mekaoptronik, Rancang bangun produk dan Perekayasan produksi baik melalui pendanaan anggaran negara maupun pelayanan Kerjasama Iptek dan lain-lain.
  • 6. 12 Sebagian dari kegiatan ditujukan untuk pengembangan dibidang metrologi, sebagian lainnya berupa pelayanan bagi masyarakat industri, instansi pemerintah, swasta, perguruan tinggi dan badan-badan lainnya yang meliputi: 1) Jasa penelitian instrumentasi 2) Pembuatan PrototipeSistem Instrumen dan Komponen Mekaoptronik 3) Perbaikan dan pemeliharan peralatan industri 4) Rancang bangun dan perekayasaan instrumentasi dibidang Industri, Medis, Pertanian, Hankam, Energi, Lingkungan, Perhubungan dan Telekomunikasi 5) Jasa pendidikan dan pelatihan dan lain-lain. Untuk menunjang kegiatan tersebut, Bidang Instrumentasi didukung oleh dua Subbidang yakni: 1) Subbidang Instrumentasi Industri 2) Subbidang Instrumentasi Lingkungan dan Standar c. Bidang Metrologi Metrologi adalah suatu ilmu pengukuran, semua program Metrologi di Puslit KIM-LIPI diarahkan pada pengembangan sistem pengukuran nasional sebagai tulang punggung sistem standar dan kesesuaian yang merupakan infrastruktur teknis pendukung industri dan perdagangan. Puslit KIM-LIPI memiliki kompetensi inti dalam bidang Metrologi, Instrumentasi yang menjadi dasar pelaksanaan tugas penelitian dan pelayanan jasa bagi masyarakat. Khusus dalam bidang Metrologi, Puslit KIM-LIPI mendapat amanat dari Pemerintah sebagai Pengelola Teknis Ilmiah Standar Nasional untuk Satuan Ukuran (SNSU) atau yang dalam konteks global dewasa ini dikenal dengan sebutan Lembaga Metrologi Nasional, yang di dunia internasional dikenal sebagai National Metrology Institute (NMI).
  • 7. 13 2.6Laboratorium PUSLIT KIM-LIPI a. Laboratorium Bidang Kalibrasi Kalibrasi Merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. 1) Laboratorium Kalibrasi Thermoelektrik 2) Laboratorium Kalibrasi Mekanik b. Laboratorium Bidang Instrumentasi Untuk menunjang kegiatannya, Bidang Instrumentasi didukung oleh sarana dan prasarana yang cukup memadai. 1) Laboratorium Teknologi Mekanik Laboratorium Teknologi Mekanik yang dilengkapi dengan mesin perkakas dengan tingkat kepresisian tinggi 2) Laboratorium Plasma 3) Laboratorium Proses Industri 4) Laboratorium Gelas 5) Laboratorium SCADA c. Laboratorium Metrologi Metrologi (ilmu pengukuran) adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara- cara pengukuran, kalibrasi dan akurasi di bidang industri, ilmu pengetahuan dan teknologi. 1) Laboratorium Metrologi Akustik 2) Laboratorium Metrologi Kelistrikan 3) Laboratorium Metrologi Massa 4) Laboratorium Metrologi Panjang 5) Laboratorium Radiometri Fotometri 6) Laboratorium Suhu
  • 8. 14 2.7 Hubungan Kerjasama Puslit KIM-LIPI Kerjasama yang diadakan Puslit KIM-LIPI baru-baru ini adalah menyelenggarakan “Pelatihan Membangun dan Mengelola Situs Web Berbasis Drupal 7 (Open Source)” bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Informatika) pada tanggal _______. X……………………………………………………………………… X……………………………………………………………………… a. Adapun hubungan kerjasama Puslit KIM-LIPI lainnya: 1) Kunjungan The Vice Chairman of NASB PRESIDIUM Pada tanggal 29 Februari puslit KIM-LIPI mendapat kunjungan dari NASB (National Academy of Sciences of Belarus), pada kunjungan kali ini Prof. Dr. Sergei A.Chizkik yang merupakan Deputy Chairman of Presidium of NASB sangat terkesan dengan fasilitas metrologi yang dimiliki oleh Puslit KIM- LIPI khususnya Un echoic chamber yang ada di metrologi Akustik dan beberapa fasilitas standar nasional bidang metrologi panjang yang secara kebetulan beliau memiliki kompetensi di bidang ini, di waktu yang akan datang beliau juga menawarkan kerjasama bidang pendidikan khususnya program Doktoral di Belarusia bagi metrologist Puslit KIM-LIPI. (https://www.kim.lipi.go.id) 2) Trade Support Programme antara P2KIM-LIPI dan LNE FRANCE Dalam rangka program Technical Assistance for the EU- Indonesia Trade Support Programme II (TSP2) antara Puslit KIM- LIPI dengan LNE (Laboratoire National d'Essais – France), pada tanggal 28 Januari - 07 Februari 2013 dan tanggal 05 - 15 Maret 2013 Puslit KIM-LIPI kembali mendapat kunjungan beberapa orang expert bidang metrologi dari NMI/ National Metrology Institute negara Perancis tersebut.
  • 9. 15 Inti dari program ini adalah untuk mendapatkan “gambaran” aktual oleh LNE terhadap kompetensi bidang metrologi yang dikelola oleh Puslit KIM-LIPI sebagai institusi yang menjalankan fungsi NMI di Indonesia, sekaligus memberikan saran ,technical assistance dan rekomendasi hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas infra struktur bidang metrologi Puslit KIM-LIPI untuk memberikan dukungan metrologis pada produk ekspor Indonesia yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan peran Indonesia kedalam sistem perdagangan Internasional. (https://www.kim.lipi.go.id) 3) Kerjasama LITBANG POLRI, Balai Inkubator Teknologi BPPT, PUSLIT KIM LIPI dan PUSLIT KIMIA LIPI Pada hari Kamis tanggal 21 Agustus 2008 diadakan kunjungan kerja tim Biro Litbang Polri yang dipimpin oleh Karo Litbang Polri Brigjen Pol. Drs. Sri Kresno TJ ke Balai Inkubator Teknologi BPPT, Puslit KIM LIPI dan Puslit Kimia LIPI di Serpong. Kunjungan tersebut dimediasi dan dikoordinasikan oleh Asdep Program Tekno Ekonomi Hari Purwanto. Tujuan kunjungan tersebut, dalam rangka meninjau produk litbang hasil kerjasama KNRT dan POLRI serta lebih memperkenalkan dan mendekatkan hasil litbang LPND Ristek kepada POLRI. Rangkaian kunjungan diawali dengan mengunjungi Balai Inkubator Teknologi BPPT. Dalam kunjungan tersebut dilakukan diskusi dan diperkenalkan produk-produk litbang yang telah siap dikomersialkan salah satunya adalah teknologi pengolahan air bersih dengan teknologi membran ultrafiltrasi dan Reserve Osmosis yang dapat digunakan oleh personil polri untuk membantu masyarakat, khususnya untuk daerah-daerah kekurangan air bersih seperti polsek perbatasan.
  • 10. 16 Selanjutnya kunjungan dilanjutkan ke Puslit KIMI LIPI untuk berdiskusi dan meninjau progres pembuatan teropong bidik senjata siang (TBSS) spesifik POLRI yang merupakan kerjasama segitiga KNRT-POLRI-LIPI. Terakhir kunjungan dilakukan di Puslit Kimia LIPI untuk berdiskusi dan meninjau perkembangan pembuatan dan pengembangan mobile insenerator sebagai alat pemusnah barang bukti narkoba yangsiap untuk dimanfaatkan oleh POLRI. Mobile insenerator tersebut juga merupakan hasil kerjasama segitiga KNRT-POLRI-LIPI.(http://www.ristek.go.id) 4) Kerjasama PUSLIT KIM LIPI dengan PT. Angkasa Pura II dalam pengembangan Sistem Pengusir Burung (Bird Deterrent System). (http://jakartaisme.blogspot.com)

×