Your SlideShare is downloading. ×
Tips dan Trik Melamar Kerja
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Tips dan Trik Melamar Kerja

2,925
views

Published on

Berisi pengalaman dalam melamar pekerjaan dan dipanggil untuk mengikuti tes interview tahap I dalam selang waktu 2 hari setelah mengirimkan berkas lamaran

Berisi pengalaman dalam melamar pekerjaan dan dipanggil untuk mengikuti tes interview tahap I dalam selang waktu 2 hari setelah mengirimkan berkas lamaran

Published in: Career

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
2,925
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. DesainCV.com Premium CV / Resume Template Tips dan Trik Melamar Kerja Firmansyah W. Berisi tips dan trik yang ringkas serta padat informasi untuk melamar kerja. Apakah temen-temen ingin segera dipanggil oleh perusahaan untuk mengikuti tes masuk menjadi karyawan? Jika iya, simak ulasan 10 halaman yang berisi kisah nyata pengalaman penulis dalam melamar pekerjaan dan dipanggil dalam selang waktu 2 hari setelah memasukkan lamaran kerja. DesainCV.com Jakarta, Indonesia 0857 2009 0501 http://desaincv.com firmansyah@desaincv.com
  • 2. [SHARE PENGALAMAN] TIPS DAN TRIK AGAR DIPANGGIL MENGIKUTI TES REKRUTMEN PERUSAHAAN DALAM WAKTU YANG SINGKAT Sebelum lebih lanjut untuk membaca e-book ini, penulis harap temen-temen sudah menyesuaikan background kompetensi yang dimiliki dengan posisi lowongan yang akan dilamar. Kisah ini dialami oleh penulis sendiri saat secara tidak sengaja membuka situs lowongan kerja / pengembangan karir yang disediakan oleh kampus swasta Telekomunikasi terbaik di Bandung. Pada saat itu, sedang dibuka lowongan untuk posisi Personal Assitant to Director atau Asisten Pribadi dibawah Direktur Utama suatu perusahaan media kreatif binaan PT. Telkom. Kala itu melihat requirement yang ditawarkan, penulis mencoba untuk apply atau melamar secara langsung ke email HRD perusahaan. Hal ini sesuai dengan pengalaman dan background penulis baik saat kuliah maupun saat bekerja di perusahaan sebelumnya. Saat melamar lowongan ini adalah tanggal 26 Februari atau tepat di hari yang sama ketika lowongan tersebut dibuka atau diinput oleh staff HRD ke situs pengembangan karir kampus dan pada tanggal 28 Februari sore sudah ada panggilan untuk mengikuti tahap tes interview HRD untuk hari Senin tanggal 3 Maret. Bagi yang baru lulus atau fresh graduate bukan menjadi masalah karena pengalaman dan aktivitas saat kuliah menjadi penilaian utama bagi HRD. Lowongan yang penulis lamar memang telah sesuai dengan keseharian penulis sejak kuliah yaitu diminta untuk membuat materi presentasi, seperti untuk tugas-tugas kuliah, slide presentasi untuk dosen, atau saat ada penulisan karya ilmiah. Sehingga antara lowongan yang dibutuhkan perusahaan dengan kompetensi dan pengalaman yang dimiliki penulis sedikit banyak sudah sesuai. Misalkan temen-temen akan melamar posisi suatu pekerjaan, pastikan jobdesc yang temen-temen lamar pernah dilakukan saat kuliah, saat kerja praktek, atau saat bekerja walaupun hanya sedikit. Ini menjadi salah satu poin penting. Misalnya, temen-temen adalah lulusan dari jurusan Teknik Informatika dan pernah menjadi asisten laboratorium database. Sedangkan lowongan yang dibutuhkan adalah database administrator, maka tentunya akan menjadi nilai lebih saat HRD melihat profil CV yang dikirimkan karena saat kuliah pernah berkutat dengan database.
  • 3. Berikut ini adalah screenshot dari lowongan yang dibuka. Gambar 1. Lowongan Dibuka oleh Perusahaan Untuk lebih jelasnya adalah seperti pada gambar berikut ini. Gambar 2. Detail Informasi Lowongan pada Gambar 1 Tanpa ditunggu lagi, penulis mencoba mengetahui informasi lebih lanjut tentang posisi yang ditawarkan dimulai dari deskripsi serta lingkup tugas dan tanggungjawab, lokasi kerja, informasi tentang kualifikasi yang dibutuhkan, informasi gaji yang ditawarkan, tatacara pengiriman lamaran, dan informasi lainnya. Oiya, untuk melihat secara detail harus menjadi member atau anggota di web pengembangan karir tersebut. Silakan register terlebih dahulu karena sifat keanggotaannya gratis alias tidak dipungut biaya.
  • 4. Berikut ini adalah informasi detail yang didapatkan dari lowongan yang dibuka. Gambar 3. Detail lowongan yang dibuka oleh perusahaan Lalu langkah selanjutnya adalah kita mencari tahu tentang perusahaan tersebut seperti apa. Lebih lanjut bisa melakukan browsing ke situs resmi perusahaan untuk mengetahui bergerak dalam bidang apa perusahaan tersebut, produk yang ditawarkan, klien, sejarah berdirinya perusahaan, dan intinya adalah kita mengetahui reputasi perusahaan tersebut. Kenapa harus reputasi? Karena sekarang banyak perusahaan abal-abal yang cukup meresahkan seperti kurang profesional dalam melakukan rekrutmen, misalnya dengan meminta uang saat akan tes, perusahaan menggunakan web dari domain gratisan, alamat email publik seperti gmail atau yahoo, dan juga iming-iming gaji besar. Nah sekarang yang sangat perlu untuk diperhatikan dari lowongan diatas adalah informasi berikut ini: 1. Posisi yang ditawarkan 2. Deskripsi pekerjaan 3. Kualifikasi dibutuhkan 4. Expired date lowongan dibuka (sering dilupakan oleh jobseeker, saking sibuknya ternyata udah ditutup lowongannya, hehe)
  • 5. Empat informasi diatas nantinya akan menjadi bekal untuk kita membuat CV atau lamaran yang sesuai dengan kriteria dibutuhkan. CV yang akan kita buat lebih baik disesuaikan dengan kualifikasi yang dibuka oleh perusahaan. Maksudnya gimana? Mari kita simak bersama penjelasan berikutnya. Sekarang kita saring terlebih dahulu inti dari informasi lowongan diatas Posisi yang ditawarkan Personal Assistant to Director Utama 1. Create Materi Presentasi untuk Direktur Utama sesuai arahan Deskripsi pekerjaan 2. Menyiapkan data - data dan dokumen pendukung untuk meeting / laporan ke share holder / perusahaan rekanan / client 3. Melaksanakan tugas yang diberikan oleh Direktur Utama 1. Semua lulusan S1 dari berbagai jurusan Kualifikasi Umum 2. Laki-laki umur antara 25 dan 35 tahun 3. Freshgraduate boleh melamar atau berpengalaman 2 tahun 1. Mempunyai keahlian dalam membuat presentasi Kualifikasi Teknis 2. Communication Skill 3. Sanggup bekerja dibawah tekanan Expired Date 26 Maret 2014 Tabel 1. Rangkuman informasi lowongan yang dibuka Apa yang menjadi fokus terpenting selanjutnya adalah yang penulis blok warna biru pada tabel diatas, karena informasi inilah yang akan kita CANTUMKAN di dalam Curriculum Vitae. 1 Gunakan kata-kata yang ada pada lowongan kerja kemudian kita masukkan katakata tersebut ke dalam CV atau lamaran kerja. Gunakan kata yang paling sering muncul pada kualifikasi diatas. Lhah, gimana caranya ? yuk kita terapkan ke dalam riwayat hidup atau CV. Pada contoh kali ini akan sedikit penulis bocorkan salah satu CV penulis yang telah disesuaikan dengan lowongan diatas. Sebagai informasi, penulis membuat CV yang berbeda-beda untuk setiap lowongan. 2 Buatlah CV yang custom atau berbeda. Jangan sampai membuat CV yang isinya sama kemudian dikirimkan ke semua lowongan kerja. Sesuaikan isi CV dengan lowongan yang ada. Buatlah CV yang benar-benar ditujukan untuk melamar posisi tersebut dan menunjukkan kompetensi bahwa temen-temen memang layak menjadi kandidat yang diunggulkan.
  • 6. Sekarang kita bisa mengetahui hal yang PALING dibutuhkan oleh perusahaan bisa dibagi menjadi 3 hal utama: Pandai membuat presentasi & mempresentasikan nya Mampu menyiapkan dan mengolah data Tekanan pekerjaan tinggi (diulang hingga 2 kali pada lowongan diatas) Lingkaran paling besar adalah hal YANG PALING URGENT DIBUTUHKAN oleh perusahaan tersebut. Sehingga kita bisa membuat peringkat sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mari langsung saja kata-kata diatas dimasukkan ke dalam CV. Berikut ini adalah bocoran CV yang penulis gunakan untuk melamar lowongan diatas: 1. Halaman Cover Biar lebih customize dan spesial, gunakan cover yang merepresentasikan kesungguhan untuk menjadi kandidat pilihan di perusahaan tersebut. Carilah logo perusahaan tersebut dan masukkan ke dalam halaman cover CV.
  • 7. 2. Brief Description Merupakan penjelasan singkat yang disesuaikan dengan background kompetensi dan juga posisi yang akan dilamar. Kebanyakan deskripsi singkat ini dibaca oleh perusahaan untuk mengetahui secara singkat tentang diri temen-temen. HRD membaca brief ini sangat cepat karena tugas HRD menyeleksi berkas lamaran yang masuk hingga ratusan per hari. Oleh karenanya, buatlah dengan singkat, padat, jelas, dan informatif. Dengan membaca brief description ini, HRD mengetahui apakah kandidat memiliki kecocokan dengan posisi yang dibuka dan dibutuhkan perusahaan. Pada brief description diatas mencantumkan ‘pembuatan materi presentasi’ dan ‘mampu bekerja dibawah tekanan’. Oke, sudah sama nih dengan requirement yang dibutuhkan perusahaan. 3. Pengalaman Kerja Sekali lagi sama seperti pada poin 2 (brief description), cantumkan pengalaman kerja yang memang sesuai dengan informasi lowongan ke dalam CV. Background yang sesuai akan menjadi nilai lebih karena perusahaan memang membutuhkan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi yang dibuka. Pada gambar dibawah ini, penulis mencantumkan jobdesc di perusahaan sebelumnya dengan kualifikasi yang paling dibutuhkan oleh perusahaan pada poin pertama.
  • 8. Cantumkan tugas dan kewajiban yang tidak perlu bertele-tele. Jelaskan secara detail ketika diminta oleh user saat tahap interview. Selain itu, cantumkan pula pencapaian apa saja yang pernah didapatkan di perusahaan sebelumnya atau saat kuliah. Misalnya pernah menyusun slide presentasi dosen untuk karya ilmiah. Hal yang disukai oleh HRD adalah pencapaian dan kontribusi yang telah dilakukan di perusahaan sebelumnya. 4. Referensi Punya temen pas kuliah yang kerjanya di tempat yang sama? minimal satu group di tempat yang akan dilamar. Misalnya ada temen yang kerja di Astra Group, sedangkan tementemen juga akan apply di Astra Group. Katakanlah nama temen adalah A dan saat ini bekerja di PT. Astra International – Daihatsu. Sedangkan temen-temen saat ini akan melamar di PT. Astra Otoparts. Nah, kedua perusahaan tersebut kan sama karena induk perusahaannya adalah PT. Astra International Tbk. Tanyakan ke A tadi bagaimana pendapat dia tentang temen-temen. Mintalah rekomendasi dan pandangan-pandangan positif terhadap diri temen-temen kemudian cantumkan ke dalam CV. Bisa juga minta referensi dosen pembimbing akademik saat kuliah, atau pembimbing Kerja Praktek (Praktek Kerja Lapangan). 3 Mintalah referensi kepada orang terdekat yang pernah bekerja dengan tementemen. Lebih baik kalau referensi yang didapatkan tertulis secara resmi dalam lembar referensi. Silakan bisa googling untuk format referensi lamaran kerja.
  • 9. 5. Skill dan Keahlian Kemukakan keahlian dan kompetensi temen-temen terkait dengan posisi yang dibuka perusahaan. Pada contoh diatas, keahlian teknis yang harus dikuasai adalah pembuatan presentasi. Boleh menggunakan software Microsoft Powerpoint, Prezi, Adobe Flash, Director MX, Prezi, dan software lain yang semisal. Berikan INDIKATOR kemampuan temen-temen sejauh mana menguasai suatu aplikasi atau perangkat lunak. Kebanyakan, CV yang saat ini dibuat hanya mencantumkan nama software-nya saja. Lebih kreatif kalau ada indicator bar untuk menunjukan tingkat kemahiran terhadap software atau aplikasi yang bersangkutan. Sekali lagi cantumkan juga software pendukung pembuat presentasi yang paling dikuasai, misalnya pada contoh diatas adalah Microsoft Powerpoint. Tak lupa juga, tuliskan kemampuan dalam bidang sosial (soft skill), misalnya kemampuan komunikasi, kerjasama tim, manajemen waktu, kepemimpian, dan lain sebagainya. Oke sekarang inti dari membuat CV sudah dijelaskan diatas. Untuk lebih mengetahui berbagai contoh atau format penulisan CV yang kreatif, profesional, dan menarik silakan kunjungi http://desaincv.com. Dalam waktu dekat, penulis juga akan mem-publish ebook lengkap yang berisi panduan aplikatif membuat CV yang kreatif dengan format penulisan yang full color, tidak membosankan, atraktif, singkat, tepat, dan jelas, hehehe (sedikit promosi ndak apa-apa ya). Tetep stay di web resmi DesainCV untuk informasi selanjutnya .
  • 10. Selanjutnya kalau sudah jadi semua, sekarang saatnya mengirimkan CV yang sudah susah payah dibuat ke email HRD perusahaan yang bersangkutan. Misalnya mendekati expired date, kirimkan CV-nya saja dulu, untuk cover letter nanti menyusul. Misalkan mengirimkan CV dan Cover Letter tentunya akan LEBIH BAIK. Berikut ini merupakan screenshot email yang saya kirimkan kepada HRD perusahaan (dikarenakan sebagai anggota kaskus, maka No Pic = Hoax), hehe. Tanggal mengirim lamaran Alhamdulillah, pada tanggal 28 Februari sudah ada panggilan dari perusahaan untuk mengikuti tes tahap pertama. Tanggal dipanggil tes tahap I
  • 11. Sekian akhir dari tips dan trik yang bisa penulis jabarkan. Apa yang telah penulis ceritakan diatas semata-mata adalah Anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa, karena selain faktor usaha untuk membuat CV yang baik dan kreatif, ada faktor keberuntungan yang bisa menjadi penentu keberhasilan misalnya saja adalah doa restu dari orang tua. Penulis hanya ingin berbagi cerita pengalaman dan bukan bermaksud untuk menyombongkan diri. Apa yang di tulis diatas semata-mata agar bisa menjadi motivasi penulis pribadi dan juga buat temen-temen yang ingin melanjutkan karirnya di perusahaan. Harapannya akan lahir kandidatkandidat yang mampu memajukan bangsa melalui kokohnya perekonomian di Indonesia melalui kreatifitas dan semangat bekerja keras. Semoga bisa bermanfaat pagi seluruh pembaca ebook ini, dan nantikan tulisan-tulisan lainnya. Bilamana ada kesalahan kata itu murni dari penulis pribadi dan mohon untuk dimaafkan. Bilamana ada manfaat dan kebaikan positif yang bisa diambil oleh pembaca sekalian, semata-mata datangnya dari Tuhan Yang Maha Luas Ilmu-nya. Akhir kata, tetap semangat dan semoga sukses dalam karir. Jakarta, 4 Maret 2014 Firmansyah Wahyudiarto Email : firmansyah@desaincv.com Website : http://desaincv.com Mobile : 0857 2009 0501 Dapatkan ebook ini secara GRATIS dengan mengunjungi http://ebook.desaincv.com