Geografi

6,925 views
6,699 views

Published on

Tenaga Eksogen

Published in: Education
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
6,925
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
96
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Geografi

  1. 1. PERSENTASI GEOGRAFI TENAGA EKSOGENNAMA ANGGOTA KELOMPOK 4:1. EKA WULANSARI (13)2. EVITA MARIS PUTRI (14)3. FIRMAN ANUGRAHA ISLAMY (15)
  2. 2. PENGERTIAN Eksogen, atau tenaga eksogen ialah tenaga yangberasal dari luar bumi. Sifatnya merusak atau merombakpermukaan bumi yang sudah terbentuk oleh tenagaendogen. Tenaga eksogen juga mengakibatkan bentuk-bentuk muka bumi.Tenaga eksogen dapat berasal dari tenaga air, angin, danorganisme yang menyebabkan terjadinya prosespelapukan, erosi, sedimentasi.Contoh seperti bukit atau tebing yang terbentuk hasiltenaga endogen terkikis oleh angin, sehingga dapatmengubah bentuk permukaan bumi.
  3. 3. 1. Pelapukan.1. PelapukanPelpukan merupakan tenaga perombak (pengkikisan) Pelapukan merupakan tenaga perombak (pengkikisan)oleh media penghancur. Proses pelapukan dapat dikatakanoleh media penghancur. Proses pelapukan dapatdikatakan sebagai proses penghancuran massa batuansebagai proses penghancuran massa batuan melalui mediamelalui media penghancuran, berupa:penghancuran, berupa:•Sinar matahari•Air matahari•Sinar•Gletser•Air•Reaksi kimiawi•Gletser•Kegiatan makhluk hidup (organisme)•Reaksi kimiawi•Kegiatan makhluk hidup (organisme) Proses pelapukan terbagi jadi tiga, yaitu :
  4. 4. o Pelapukan Mekanik Pelapukan mekanik (fisik) adalah proses pengikisan danpenghancuran bongkahan batu jadi bongkahan yang lebihkecil,tetapi tidak mengubah unsur kimianya. Penyebabpelapukan mekanik : Sinar matahari Perubahan suhu Insolasi (amplitudo/perbedaan suhu yang sangat tinggi) Perbedaan warna mineral pembentuk bebatuan Pelapukan kulit bawang (perubahan dari dingin kepanas/sebaliknya yang menyebabkan retak mendatar ) Pembekuan air pada celah batu.
  5. 5. o Pelapukan Kimiawi Pelapukan adalah penghancuran dan pengkikisan batuandengan mengubah susunan kimiawi batu yang terlapukkan. Jenispelapukan kimiawi terdiri dari dua macam, yaitu proses oksidasi danproses hidrolisis. Proses pelapukan ini dapat menimbulkan karst(daerah yang terdiri atas batuan kapur yang berpori sehingga airmerembes ke batuan tersebut). Gejala karst yang timbul akibatpelapukan kimiawi antara lain :Kubah-kubah kapur bukit-bukit kecil sisa erosi yang terdiri atasbatuan kapur.GuaStalaktit dan stalagmit kerucut-kerucut kapur yang terdapatdalam guao Pelapukan Organik Pelapukan organik dihasilkan oleh aktifitas makhlukhidup, seperti pelapukan oleh akar tanaman (lumut dan paku-pakuan)dan aktivitas hewan (cacing tanah dan serangga).
  6. 6. 2. EROSI Erosi seperti pelapukan adalah tenaga perombak(pengkikisan). Tapi yang membedakan erosi denganpelapukan adalah erosi adalah pengkikisan oleh media yangbergerak, seperti air sungai, angin, gelombang laut, ataugletser. Erosi dibedakan oleh jenis tenaga perombaknya yaitu:Erosi airErosi angin (deflasi)Erosi gelombang laut (abrasi / erosi marin )Erosi gletser (glasial). Tahapan dalam Erosi AirProses pengkikisan oleh air yang mengalir terjadi dalamempat tingkatan yang berbeda sesuai dengan kerusakantanah atau batuan yang terkena erosi, sebagai berikut:
  7. 7. 1. Erosi percik, yaitu proses pengkikisan oleh percikan air hujan yang jatuh ke bumi.2. Erosi lembar, yaitu proses pengkikisan lapisan tanah paling atas sehingga kesuburannya berkurang. Pengkikisan lembar ditandai oleh : warna coklat,warna air yang terkikis menjadi lebih pucat, kesuburan tanah berkurang.3. Erosi alur, adalah lanjutan dari erosi lembar. Ciri khas erosi alur adalah adanya alur-alur pada tanah sebagai tempat mengalirnya air.4. Erosi parit, adalah terbentuknya parit-parit atau lembah akibat pengkikisan aliran air. Bila erosi parit terus berlanjut, maka luas lahan kritis dapat meluas, dan pada tingkat ini tanah sudah rusak.
  8. 8.  Bentuk Permukaan Bumi Akibat Erosi Pengkikisan oleh air dapat mengakibatkan : 1. tebing sungai semakin dalam 2. lembah semakin curam 3. pembentukan gua 4. memperbesar badan sungai Erosi angin biasanya terjadi di gurun. Bentuk permukaan bumi yang terbentuk antara lain : 1. Batu jamur 2. Ngarai Abrasi biasanya terjadi di pantai, membentuk : 1. Dinding pantai yang curam 2. relung ( lekukan pada dinding tebing) 3. gua pantai 4. batu laya
  9. 9. Erosi yang diakibatkan oleh air gua dalam tanah akibat erosi Erosi yang diakibatkan oleh angin
  10. 10. 3. Sedimentasi ( pengendapan ) Sedimentasi adalah peristiwa pengendapan material batuanyang telah diangkut oleh tenaga air atau angin. Proses sedimentasi ataupengendapan berdasarkan tenaga pengangkutnya :Pengendapan air ( akuatik )a) Meander Meander merupakan sungai yang berkelok – kelok yang terbentuk karenaadanya pengendapan. Proses berkelok-keloknya sungai dimulai dari sungai bagianhulu. Pada bagian hulu, volume air kecil dan tenaga yang terbentuk jugakecil. Akibatnya sungai mulai menghindari penghalang dan mencari rute yang palingmudah dilewati. Sementara, pada bagian hulu belum terjadi pengendapan. Padabagian tengah, yang wilayahnya mulai datar aliran air mulai lambat dan membentukmeander. Proses meander terjadi pada tepi sungi, baik bagian dalam maupun tepi luar.Di bagian sungai yang aliranya cepat akan terjadi pengikisan sedangkan bagian tepisungai yang lamban alirannya akan terjadi pengendapan. Apabila hal itu berlangsungsecara terus-menerus akan membentuk meander. Meander biasanya terbentuk pada sungai bagian hilir, dimana pengikisan danPengendapan terjadi secara berturut turut. Proses pengendapan yangterjadi secaraterus menerus akan menyebabkan kelokan sungai terpotong dan terpisah dari aliransungai, Sehingga terbentuk oxbow lake.
  11. 11. b) Delta Pada saat aliran air mendekati muara, seperti danau atau laut makakecepatan aliranya menjadi lambat. Akibatnya, terkadi pengendapan sedimen oleh airsungai. Pasir akan diendapkan sedangkan tanah liat dan Lumpur akan tetap terangkutoleh aliran air. Setelah sekian lama , akan terbentuk lapisan – lapisan sedimen.Akhirnya lapian lapisan sedimen membentuk dataran yang luas pada bagian sungaiyang mendekati muaranya dan membentuk delta. Pembetukan delta memenuhibeberapa syarat. Pertama, sedimen yang dibawa oleh sungai harus banyak ketika akanmasuk laut atau danau. Kedua, arus panjang disepanjang pantai tidak terlalu kuat.Ketiga , pantai harus dangkal. Contoh bentang alam ini adalah delta Sungai Musi,Kapuas, dan Kali Brantas.c) Dataran banjir dan tanggul alam Apabila terjadi hujan lebat, volume air meningkat secara cepat. Akibatnyaterjadi banjir dan meluapnya air hingga ke tepi sungai. Pada saat air surut,bahan bahanyang terbawa oleh air sungai akan terendapkan di tepi sungai. Akibatnya, terbentuksuatu Dataran di tepi sungai. Timbulnya material yang tidak halus (kasar) terdapatpada tepi sungai. Akibatnya tepi sungai lebih tinggi dibandingkan dataran banjir yangterbentuk. Bentang alam itu disebut tanggul alam.
  12. 12. b. Pengendapan air laut ( sedimen marine)Slip dan Tombolo Pengendapan oleh air laut dikarenakan adanya gelombang. Bentangalam hasil pengendapan oleh air laut, Antara lain pesisir, spit, tombolo, danpenghalang pantai.Pesisir merupakan wilayah pengendapan di sepanjangpantai. Biasanya terdiri dari material pasir. Arus pantai mengangkut materialyang ada di sepanjang pantai. Jika terjadi perubahan arah, maka arus pantaiakan tetap mengangkut material material ke laut yang dalam. ketika materialmasuk ke laut yang dalam, terjadi pengendapan material. Setelah sekian lama,terdapat akumulasi material yang ada di atas permukaan laut. Akumulasimaterial itu Disebut spit. Jika arus pantai terus berlanjut, spit akan semakinpanjang. Kadang kadang spit terbentuk melewati teluk dan membetukpenghalang pantai (barrier beach).Apabila di sekitar spit terdapat pulam, biasanya spit akhirnya tersambungdengan daratan, sehingga membentuk tombolo.c. Pengendapan Angin (sedimen aeolis) Bentang alam hasil pengendapan oleh angin berupa gumuk pasir (sanddune). Gumuk pantai dapat terjadi di daerah pantai maupun gurun. Gumukpasir terjadi bila terjadi akumulasi pasir yang cukup banyak dan tiupan anginyang kuat. Angin mengangkut dan mengedapkan Pasir di suatu tempat secarabertahap sehingga terbentuk timbunan pasir yang disebut gumuk pasir.
  13. 13. d. Pengendapan oleh gletser Sedimen hasil pengendapan oleh gletser disebut sedimen glacial. Bentangalam hasil Pengendapan oleh gletser adalah bentuk lembah yang semula berbentuk Vmenjadi U. Pada saat musim semi tiba, terjadi pengikisan oleh gletser yang meluncurmenuruni lembah. Batuan atau tanah hasil pengikisan juga menuruni lereng danmengendap di lemah. Akibatnya, lembah yang semula berbentuk V menjadi berbentukU.Dampak positif tenaga eksogen antara lain:1. Memunculkan habitat.2. Memperluas daratan di bumi.3. Memperdekat barang tambang ke permukaan bumi.Meskipun begitu tenaga eksogen juga mempunyai dampak negatif yang bisamerugikan manusia. Dampak negatif tersebut antara lain:1.Kesuburan tanah bisa berkurang (dampak dari erosi).2. Hasil-hasil erosi yang diendapkan (sedimentasi) di muara sungaimengakibatkan pendangkalan dasar sungai.3. Abrasi dapat menghilangkan garis pantai hilang dihantam

×