0
Overhaul Mesin Toyota Starlet 2E 1.300cc
Istilah overhaul adalah istilah untuk merekondisi mesin yang
bahasa awam nya turu...
Pada gambar diatas adalah kondisi dari ring piston, piston, setang piston
dan metal jalan. Terlihat bagian yang hitam adal...
Karburator adalah bagian dari pemasok bahan
bakar juga ikut terkena dampaknya, pada bagian
dalam karbu juga akan menumpuk ...
Ini adalah gambar blok mesin, dimana komponen utama
mesin kruk as bertugas meneruskan tenaga ke bagian
transmisi, pada bag...
Bagian dalam slinder yang berwarna sangat
gelam menandakan kondisi penumpukan
karbon yang sangat banyak, dan ini juga
menu...
Pada pengerjaan
overhaul mesin, kruk as
mendapatkan perhatian
yang lebih, karena
bagian ini adalah bagian
yang paling mene...
Gambar disamping
adalah piston OS100
adalah ukuran paling
terakhir yang bisa
digunakan.
Gambar ini adalah parts dari
pisto...
Pengesetan metal
jalan dan metal
duduk.
Perakitan blok mesin bawah.
Lama pengerjaan overhaul mesin ini memakan waktu sekitar 10
hari kerja, dengan biaya Basic Standard 8,5jt. sudah termasuk
...
OVERHAUL MOBILMelepas mesin dari mobil
1. Lepaskan pemegang tutup mesin dan lepaskan tutup mesin.
2. Keluarkan pada radiat...
Membongkar mesin
Setelah mesin diturunkan dari mobil, maka overhaul
(membelah) mesin dapat dimulai dengan urutan langkah
s...
4. Melepas pompa air
a. Copot mur dudukan pompa air.
b. Lepaskan batang/tangkai penyetel alternator.
c. Lepas pompa air da...
8. Melepas poros kam dan kop silinder
a. Lepas baut-baut dan tutup tuas klep (rocker mm)
dan gasketnya
b. Cabut seal oli s...
9. Melepas katup dan per katup (kepala silinder dilepas)
a. Gunakan sikat kawat halus dan motor bor untuk
membersihkan ker...
12. Melepas bak oli
a. Balikkan blok silinder.
b. Lepaskan baut-baut dan lepaskan oli bersama gasketnya.
13. Melepas tapls...
18. Melepas sprokei poros engkol dan rantai timing
a. Lepaskan spaser (ganjal), sproket poros engkol, dan tutup
dari pores...
a. Motor bensin 2 tak:
Disebut motor 2 tak karena dalam menghasilkan satu usaha
motor membutuhkan dua langkah piston. Pada...
b) Di bawah piston
Terjadi langkah kompresi terhadap campuran bahan bakar
yang berada di dalam ruang poros engkol untuk di...
1. Langkah Hisap
(a) Piston bergerak dari TMA ke TMB.
(b) Katup hisap terbuka dan katup buang tertutup.
(c) Terjadi kevaku...
PowerPoin Overhaul
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

PowerPoin Overhaul

9,411

Published on

Published in: Education
0 Comments
7 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
9,411
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
417
Comments
0
Likes
7
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "PowerPoin Overhaul"

  1. 1. Overhaul Mesin Toyota Starlet 2E 1.300cc Istilah overhaul adalah istilah untuk merekondisi mesin yang bahasa awam nya turun mesin. Sebetulnya istilah turun mesin kurang tepat, karena bukan cuma diturunkan saja mesin nya, tapi juga dilakukan perbaikan untuk dikembalikan pada kondisi standard nya. Overhaul Mesin Starlet
  2. 2. Pada gambar diatas adalah kondisi dari ring piston, piston, setang piston dan metal jalan. Terlihat bagian yang hitam adalah penumpukan kerak yang sudah parah, selain itu terdapat baret baret dalam pada dinding piston, piston mengalami stress berat karena beban dan gesekan metal yang tidak normal, mesin cepat panas, kurang tenaga, boros bbm. Bagian utama ini yang akan diganti pada pengerjaan overhaul mesin.
  3. 3. Karburator adalah bagian dari pemasok bahan bakar juga ikut terkena dampaknya, pada bagian dalam karbu juga akan menumpuk kerak dari hasil pembakaran yang tidak sempurna, bagian ini juga iku di bongkar dan diperbaiki.
  4. 4. Ini adalah gambar blok mesin, dimana komponen utama mesin kruk as bertugas meneruskan tenaga ke bagian transmisi, pada bagian blok mesin ini terdapat bantalan metal yang sering disebut sebagai metal jalan dan metal duduk. Metal jalan adalah bantalan metal yang terletak ada bagian setang piston, dan metal duduk adalah bantalan metal yang terletak pada poros utama kruk as. Keausan metal jalan dan metal duduk ini menyebabkan suara mesin menjadi kasar dan pada kasus yang lebih ekstrim lagi bisa menyebabkan mesin jebol, karena komponen gerak lepas dan beradu didalam blok mesin ini
  5. 5. Bagian dalam slinder yang berwarna sangat gelam menandakan kondisi penumpukan karbon yang sangat banyak, dan ini juga menunjukan bahwa pada slinder tersebut pembakarannya tidak normal, bisa karenan ring piston lemah, piston baret, atau sil klep bocor.
  6. 6. Pada pengerjaan overhaul mesin, kruk as mendapatkan perhatian yang lebih, karena bagian ini adalah bagian yang paling menerima beban kerja yang sangat berat, jadi hars dipastikan pemasangan metal, celah metal dan keakuratan ukuran metal. Terlihat pada blok mesin ini sudah di pasang piston baru dengan ukuran OS 50.
  7. 7. Gambar disamping adalah piston OS100 adalah ukuran paling terakhir yang bisa digunakan. Gambar ini adalah parts dari piston OS 50 Toyota Original.
  8. 8. Pengesetan metal jalan dan metal duduk. Perakitan blok mesin bawah.
  9. 9. Lama pengerjaan overhaul mesin ini memakan waktu sekitar 10 hari kerja, dengan biaya Basic Standard 8,5jt. sudah termasuk spareparts, dan bonus tuning semi sports. Rincian pekerjaan overhaul mesin : - Ganti Ring Piston ( Orisinal STD dan OS50 ) - Ganti Piston ( Orisinal STD dan OS50 ) - Ganti Metal Jalan ( Orisinal STD dan OS50 ) - Ganti Metal Duduk ( Orisinal STD dan OS50 ) - Ganti Metal Bulan ( Orisinal ) - Bubut Korter Oversize - Packing Gasket Full Set ( Orisinal ) - Skir Klep - Filter Oli - Filter Udara - Filter Bensin - Paltina-Kondensor-Busi - Oli Mesin Shell Helix HX5 - Oli Girboks - Repair kit Karburator - Garansi Pekerjaan Overhaul Mesin dan Bonus Tuning Semi Sports.
  10. 10. OVERHAUL MOBILMelepas mesin dari mobil 1. Lepaskan pemegang tutup mesin dan lepaskan tutup mesin. 2. Keluarkan pada radiator dan blok silinder. 3. Keluarkan oli mesin. 4. Keluarkan aki. 5. Lepaskan saringan udara bersama rumalmya. 6. Buka kabel gas dan cuk karburator. 7. Lepaskan pipa bensin melalui sambungan pada saringannya. 8. Lepaskan selang masuk heater (pemanas) pada saluran isap 9. Lepaskan kawat primer dan tegangan tinggi pada distributor. 10. Lepaskan thermosensor air. 11. Lepaskan kabel-kabel motor starter dan switch tekanan oli. 12. Kendorkan klem selang, setelah itu lepaskan selang radiator dan bawah dari radiator dan pompa air. 13. Lepaskan air. 14. Buka baut tangkai, srtelah alternator dan copot tali kipas. setelah itu lepas atau copot altemator. 15. Lepaskan dudukan alternator. 16. Lepas pipa buang depan dari saluran buang. Kemudian buka saluran buangan dari kop silinder. 17. Lepas starter motor. . 18. Lepas pelat penutup dari rumah kopling. 19. Topang transmisi dengan dongkrak yang cocok. 20. Lepaskan transmisi dari pengikat dudukan mesin. 21. Pasang rantai (seling) yang cocok pada gantungan mesin. cantolkan rantai pada alat angkat yang memadai. Setelah itu angkat rantai sedikit ke atas hingga tidak kendor. 22. Lepaskan braket dudukan mesin di sebelah kanan dan kiri. 23. Tarik mesin ke depan hingga poros yang masuk transmisi benar- benar kelihatan. Angkat mesin dari kendaraan.
  11. 11. Membongkar mesin Setelah mesin diturunkan dari mobil, maka overhaul (membelah) mesin dapat dimulai dengan urutan langkah sebagai berikut. 1. Melepas distributor a. Cabut kabel busi. b. Cabut selang dari vacuum advance control canister (kanister kontrol pemaju vakum). c. Lepaskan mur penahan distributor dan cabut distributor dari kop silinder. 2. Melepas pompa bahan bakar a. Copot pipa bensin dari pompa bensin yang ke karburator. b. Lepaskan baut dudukan pompa bensin. Copot pompa bensin, insulator, dan gasketnya. c. Lepas penyumbat dan pendorong pompa dari balok silinder. 3. Melepas kipas pendingin dan puli a. Lepas baut dudukan kipas pendingin dari boss pompa air. b. Lepaskan kipas bersama puli.
  12. 12. 4. Melepas pompa air a. Copot mur dudukan pompa air. b. Lepaskan batang/tangkai penyetel alternator. c. Lepas pompa air dan gasketnya. 5. Melepas thermostat a. Lepaskan baut dan cabut tutup thermostat bersama gasketnya. b. Copot thermostat. 6. Melepas saluran isap dan kaburator Lepas mur-mur karburator dan saluran isap secara keseluruhan bersama gaskotnya. 7. Melepas saringan oli a. Lepas saringan oli dengan kunci yang pas. b. Lepaskan switch tekanan oli.
  13. 13. 8. Melepas poros kam dan kop silinder a. Lepas baut-baut dan tutup tuas klep (rocker mm) dan gasketnya b. Cabut seal oli setengah Iingkaran dari ujung kop silinder c. Pasang alat penahan (SST) untuk menahan roda gila. d. Lepaskan mur dari ring, Iantas dorong gigi pemutar di tributor dan spaser dari poros kam. e. Lepaskan baut pengikat kop silinder dan tutup rantai timing. f. Kendorkan baut kop silinder dua atau tiga tahap sesuai urutan yang ditunjukkan gambar. g. Lepaskan rangkaian tuas klep. h. Tarik poros kam ke belakang agar lepas dari sproket poros kam. i. Buka sproket poros kam. j. Lepaskan kop silinder berikut gasketnya.
  14. 14. 9. Melepas katup dan per katup (kepala silinder dilepas) a. Gunakan sikat kawat halus dan motor bor untuk membersihkan kerak karbon dari ruang bakar. b. Gunakan SST seperti pada gambar dan tekanlah per katup. c. Lepaskan penahan katup, dudukan per atas, per katup, dan dudukan pcr bawah. d. Lepaskan katup. 10. Melepas pull poros engkel (crankshaft pulley) a. Pasang SST untuk menahan roda gila. b. Lepaskan baut dan cabut puli dari poros engkol. 11. Melepas kopling dan roda gila a. Pasangkan SST untuk menahan roda gila. b. Lepaskan baut dan lepas tutup kampas kopling (matahari) dan kampas kopling. c. Lepaskan baut-baut dan copot roda gila dari poros engkol d. Lcpaskan SST.
  15. 15. 12. Melepas bak oli a. Balikkan blok silinder. b. Lepaskan baut-baut dan lepaskan oli bersama gasketnya. 13. Melepas taplsan oli Lepaskan baut-baut dan tapisan oli beserta gasket. 14. Melepas tutup rantai timing a. Lepaskan baut, tutup rantai timing, dan gasketnya. b. Lepaskan oli slinger dari poros engkol. 15. Melepas tensioner dan panahan getaran rantai a. Lepaskan baut dan Iepaslah pemandu rantai b. Lepaskan pula baut dan penahan getaran rantai. 16. Melepas sprokef dan rantai pompa oli a. Lepaskan penyetel rantai. b. Lepaskan mur dan ring pada sproket pompa oli. c. Cabut sproket pompa oli, sproket poros engkol, dan rantai penggerak secara keseluruhan. 17. Melepas pompa oli a. Lepaskan baut dan tutup pompa. b. Lepaskan motor dan poros dari blok silinder.
  16. 16. 18. Melepas sprokei poros engkol dan rantai timing a. Lepaskan spaser (ganjal), sproket poros engkol, dan tutup dari pores engkol. b. Lepaskan pasak sproke pada poros engkol. 19. Melepas piston dan setang piston. a. Lepas baut dan tutup setang piston. b. Tekan piston dan setang piston ke luar dari blok silinder. Gunakan gagang palu untuk mendorongnya ke luar sampai ring piston lepas dari silinder. c. Tekatl pasak piston keluar dengan SST. 20. Melepas poros engkol a. Lepaskan baut dudukan tutup metal duduk (main bearing). b. Lepaskan tutup metal duduk belakang dengan SST. Keluarkan thrusnwashernya. c. Lepas tutup metal lainnya. d. Lepas seal oli dari poros engkol belakang. e. Lepas poros engkol.
  17. 17. a. Motor bensin 2 tak: Disebut motor 2 tak karena dalam menghasilkan satu usaha motor membutuhkan dua langkah piston. Pada motor 2 tak bahan bakar yang tercampur dengan udara dari karburator dimasukkan melalui katub pengatur (reed valve) menuju ruang poros engkol. Selain itu terdapat pula saluran yang mengalirkan bahan bakar dari ruang poros engkol menuju ruang bakar melalui saluran transfer yang terletak pada silinder blok. Untuk lebih jelasnya dapat diuraikan seperti berikut : 1) Piston bergerak dari TMA ke TMB a) Di atas piston Terjadi langkah usaha, pembuangan dan awal pemasukan campuran bahan bakar ke dalam ruang bakar.
  18. 18. b) Di bawah piston Terjadi langkah kompresi terhadap campuran bahan bakar yang berada di dalam ruang poros engkol untuk di suplai ke ruang pembilasan seperti ditunjukkan gambar 1 bawah ini: 2) Piston bergerak dari TMA ke TMB a) Diatas piston (1) Akhir pemasukan bahan bakar ke dalam ruang bakar. (2) Terjadi proses langkah kompresi dan pembakaran bahan bakar oleh busi. b) Di bawah piston Terjadi langkah penghisapan campuran bahan bakar dari karburator ke dalam ruang poros engkol. b. Motor bensin 4 tak: Disebut 4 tak karena untuk menghasilkan satu siklus pembakaran terdiri dari empat langkah torak (gambar 3).
  19. 19. 1. Langkah Hisap (a) Piston bergerak dari TMA ke TMB. (b) Katup hisap terbuka dan katup buang tertutup. (c) Terjadi kevakuman dalam silinder, yang menyebabkan campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder. 2. Langkah Kompresi (a) Piston bergerak dari TMB ke TMA (b) Katup hisap tertutup dan katup buang tertutup (c) Pada akhir langkah kompresi busi memercikkan bunga api 3. Langkah Usaha (a) Piston bergerak dari TMA ke TMB. (b) Katup hisap tertutup dan katup buang tertutup. (c) Hasil pembakaran menekan piston 4. Langkah buang (a) Piston bergerak dari TMB ke TMA. (b) Katup hisap tertutup. (c) Katup buang terbuka. (d) Piston mendorong gas sisa pembakaran keluar.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×