Your SlideShare is downloading. ×
0
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Tugas tiik feliii
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Tugas tiik feliii

520

Published on

bagan

bagan

Published in: Business, Economy & Finance
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
520
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  1. Mengenal internet dan intranet Mengerti definhisi internet dan intranet serta aktifitas didalamnya Memahami pemanfaatan internet dan intranet Mengetahui perkembangtan internet dan intranet Mengetahui sumber daya di internet World wide web Electronik mail Mailing list Internet relay chating File transfer protocol intranet internet Layanan SDM Layanan bahan dan logistik Layanan SI kesehatan perbankan pendidikan pariwisata jurnalistik VoIP perdag a ng a n
  2. INTERNET BERASAL DARI KATA INTERCONNECTION NETWORK, YANG SECARA BAHASA BERMAKNA JARINGAN YANG SALING BERHUBUNGAN . SECARA ISTILAH INTERNET ADALAH KUMPULAN KOMPUTER-KOMPUTER DI SELURUH DUNIA YANG SALING BERHUBUNGAN DALAM SUATU JARINGAN YANG SANGAT LUAS . SETIAP KOMPUTER YANG TERHUBUNG DALAM INTERNET PASTI MENGGUNAKAN STANDAR TERTENTU, YAITU TRANSMISSION CONTROL/INTERNET PROTOCOL IN TRANET ADALAH KUMPILAN KOMPUTER YANG SALING BERHUBUNGAN DALAM SEBUAH JARINGAN KHUSUS / PRIVAT ( PRIVATE COMPUTER NETWORK ) PADA LINGKUP SEBUAH INSTITUSI ATAU PERUSAHAAN. AKTIVITAS-AKTIVITAS YANG DAPAT DILAKUKAN DI INTERNET , ANTARA LAIN MENCARI INFORMASI , PERTUKARAN INFORMASI MELALUI EMAIL, BERCAKAP-CAKAP DENGAN PENGGUNA LAIN DI TEMPAT YANG SALING BERJAUHAN , BERBAGI CERITA MELALUI BLOG, BERGABUNG DENGAN GRUP PERTEMANAN , BERBELANJA , BERMAIN GAME, DAN MENONTON FILM.
  3. INTERNET MULAI DIKEMBANGKAN PADA TAHUN 1958 MELALUI SEBUAH LEMBAGA RISET DI AMERIKA SERIKAT BERNAMA ARPA ( ADVANCE RESEARCH PROJECTS AGENCY ) DENGAN TUJUAN MENGADAKAN PENELITIAN TERKAIT UNTUK MENGHUBUNGKAN KOMPUTER-KOMPUTER YANG DIMILIKI OLEH DEPARTEMEN PERTAHAN DALAM SATU JARINGAN KOMPUTER. PADA TAHUN 1969, ARPA BERHASIL MEMBUAT JARINGAN KOMUNIKASI DATA ANTAR – KOMPUTER DARI BERBAGAI UNIVERSITAS DI AMERIKA SERIKAT. JARINGAN INI KEMUDIAN DI SEBUTSEBAGAI ARPANET . DENGAN SEMAKIN BESARNYA JARINGAN ARPANET, MAKA TAHUN 1982 DIBENTUKLAH SEBUAH PROTOKOL PENGIRIMAN DATA DI JARINGAN KOMPUTER YANG DISEBUT DENGAN TCP/IP. DI TAHUN 1990, SEORANG PENELITI BERNAMA TIM BARNERS LEE MENEMUKAN PROGRAM EDITOR DAN BROWSER YANG MEMUNGKINKAN UNTUK MENJELAJAH SATU KOMPUTER DENGAN KOMPUTER LAIN DALAM JARINGAN.
  4. SUMBER DAYA INTERNET 1. WORLD WIDE WEB WORLD WIDE WEB (WWW) ATAU YANG BIASA KITA KENAL DENGAN SEBUTAN WEB/WEBSITE ADALAH FASILITAS INTERNET YANG DAPAT MENAMPILKAN KUMPULAN INFORMASI, GAMBAR,SUARA, BAHKAN VIDEO. MELALUI WEBSITE KITA DAPAT MEMPEROLEH BERBAGAI MACAM INFORMASI,HIBURAN,PENGETAHUAN,DAN MASIH BANYAK LAGI. WEBSITE DAPAT DIUMPAMAKAN SEBAGAI SEBUAH BUKU YANG MENGANDUNG BEBERAPA HALAMAN YANG DISEBUT DENGAN WEB PAGES. WEB PAGES MERUPAKAN SEBUAH BAGIAN KHUSUS DARI WEBSITE TERTENTU. DALAM HALI INI, KITA JUGA MENGENAL ISTILAH HOME PAGE, YAITU HALAMAN MUKA DARI SEBUAH SITUS WEB,ATAU IBARAT SAMPUL HALAMAN SEBUAH BUKU.HOMEPAGE BIASANYA BERISI DAFTAR ISI ATAU MENU DARI SEBUAH SITUS WE SEHINGGA MEMUDAHKAN PENGUNJUNG MENELUSURI APA ISI DI DALAM WEB TERSEBUT. UNTUK DAPAT MENGAKSES SEBUAH WEBSITE , KITA MEMBUTUHKAN SUATU PROGRAN APLIKASI YANG DI SEBUT WEB BROWSER. ADAPUN BEBERAPA WEB BROWSER YANG CUKUP POPULER , ANTARA LAIN INTERNET EXPLORER, MOZILA FOREFOX, DAN OPERA.
  5. ELECTRONIC MAIL Email atau surat elektronik merupakan salah satu fasilitas internet yang paling banyak digunakan . dengan fasilitas ini , kita dapat mengirim surat dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia.kita juga dapat menyertakan dokumen maupun gambar dalam surat elektronik yang kita kirimkan.
  6. MAILING LIST Mailing list atau yang biasa disingkat milis merupakan fasilitas internet email secara berkelompok.saat kita bergabung dalam anggota milis, kita dapat bertukar informasi melalui email yang beredardalam kelompok tersebut. Pada saat kita mengirimkan sebuah email ke alamat milis , maka semua anggota milis tersebut akan mendapatkan email yang kita kirimkan.
  7. INTERNET RELAY CHAT Internet relay chat merupakan aplikasi internet yang memungkinkan kita bercakap-cakap dengan lawan bicara melalui internet.percakapan melalui internet ini dikenal dengan sebutan chatting.untuk melakukan chatting ,kita cukup mengetikan kata-kata yang ingin kita ucapkan pada lawan bicara kemudian mengirimkannya.
  8. Layanan bahan dan logistic Organisasi kerja dapat berupa sebuah swalayan , perusahaan , pabrik , dll. Informasi yang dapat diletakkan di intranet sehingga memungkinkan untuk di akses para pekerja , seperti citra yang dapat di-klik ,yang menerangkan gambaran fasilitas , ruangan pada suatu kantor , peta kantor, buku telepon suatu perusahaan, atau form yang dapat diisi yang di gunakan untuk mencari informasi mengenaqi katalog
  9. Layanan sistem informasi Para model organisasi seperti perusahaan besar , intranet dapat digunakan untuk menyediakan informasi komputr-komputer para pekerja,serta meletakkan informasi yang dapat digunakan para pekerja yang berkaitan dengan pengetahuan umu dan manual kerja.
  10. PEMANFAATAN INTERNET A.bidang kesehatan Dalam bidang kesehatan ,pemanfaatan teknologi informasi atau internet biasa disebut dengan e-healt .pemanfaatan e-healt yang saat ini menjadi trend adalah telemedicine. Telemedicine didefinisiskan sebagai layanan kesehatan yang dilaksanakan dari jarak jauh atau dapat juga dikatakan transfer data medic elektronik sari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  11. B. bidang perbankan Salah satu pemanfaatan internet dalam dunia perbankan adalah melalui internet banking . internet banking juga dikenal dengan istilah electronic banking ( e-banking ) , virtual banking, maupun online banking .internet banking merupakan kegiatan perbankan yang di lakukan melalui internet . dengan adanaya internet banking , nasabah tidak perlu pergiu ke bank yang bersangkutan untuk melakukan aktivitas – aktivitas yang berkaitan dengan transaksi perbankan, asalkan tersedia internet.beberap aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan melalui internet banking,antara lainpengecekan saldo,pembayaran tagihan-tagihan,transfer antar rekening,transaksi-transaksi,dsb.
  12. C.bidang perdagangan Akhir-akhir ini proses jual beli barang dan jasa melalui internet bukanlah sesuatu yang asing lagi banyak pengguna internet.ratusan bahkan ribuan website telah bermunculan untuk menawarkan beraneka produk dengan berbagai kemudahan proses transaksi.
  13. D.bidang pendidikan Internet memiliki peran yang sangat besar bagi perkembangan dunia pendidikan.dengan adanya internet,penyebaran dan pertukaran informasi dapat berlangsung sangat mudah dan singkat. Informasi dan pengetahuan yang mengalir melalui internetini tentu saja sangat menguntungkan banyak pihak.selain itu internet juga memungkinkan kita untuk dapat berinteraksi secara langsung bersama para pakar yang ahli di bidangnya. Interaksi tersebut dapat dilakukan melalui email,chatting,video conference, dan beberapa media komunikasi lainnya . bahkan , dengan adanya internet , seorang guru dan peserta didiknya tidak harus bertatap muka secara langsung dalam menjalankan proses belajar-mengajar.
  14. E.bidang pariwisata Pemerintah Indonesia telah mencanangkan bahwa sector pariwisata dapat menjadi penyumbang devisa tertinggi.kebutuhan untuk meningkatkan jumlah wisatawan tentunya menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjadikan sector pariwisata sebagai penyumbang devisa. Internet dapat dimanfaatkan untuk menunjang industri pariwisata. Kemampuan internet untuk menampilkan multimedia ( teks,suara,gambar,video ) tentunya menjadi saran yang efektif untuk promosi ke mancanegara.suatu daerah industry pariwisata yang luas seperti pulau bali,dapat menampilkan tempat-tempat wisata melalui sebuah halaman web.
  15. F.bidang jurnalistik Bagi para jurnalis atau pencari berita seperti,wartawan dan reporter ,internettelah memegang peranan yang sangat penting dalam pengiriman berita.berita yang diliputi di suatu tempat , harus segera dikirimkan ke kantor pusat sesegera mungkin untuk disampaikan kepada masyarakat. Bukan hanya untuk peliputan berita saja , namun saata seseorang jurnalis memerlukan data penelitian tertentu untuk menunjang berita yang sedang diliputnya,jurnalis tersebut dapat melakikan pencarian melalui media internet.selain dari sisi peliputan berita , internet juga dimanfaatkan untuk menampilakan berita.saat ini ada banyak situs dalam bahasa Indonesia yang menampilkan berita-berita terbaru.media cetak seperti Koran atau majalh ,juga memberiakn fasilitas untuk mengakses berita-berita terbaru melalui internet.
  16.  
  17.  
  18.  
  19.  
  20.  

×