Your SlideShare is downloading. ×
Labsheet konten dan multimedia komunikasi)
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Labsheet konten dan multimedia komunikasi)

1,063
views

Published on

Multimedia Content and Multimedia Communication

Multimedia Content and Multimedia Communication

Published in: Education

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,063
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
41
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA PROGRAM KEAHLIAN : MULTIMEDIA LABSHEET SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN : MULTIMEDIA DASAR KELAS XStandar Kompetensi : Mengidentifikasi Etimologi MultimediaKompetensi Dasar : Menjelaskan Multimedia Content Production & Multimedia CommunicationA. Multimedia Content Production (Isi Produksi Multimedia) Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll) Isi produksi multimedia bias diartikan penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) menjadi sebuah media komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah: • Media Teks • Media Audio • Media Video • Media Animasi • Media Graphic / Image • Media Interactivity / Interaktif • Media Special Effect
  • 2. 1. Media Teks Merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan. Teks dapat berupa huruf, kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung pada penggunaan aplikasi multimedia. 2. Media Audio Berupa efek suara, lagu atau narasi. PC multimedia yang tanpa bunyi bukanlah multimedia, tetapi disebut unimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, music, dan efek-efek suara, seperti halnya grafis, audio dapat dipenuhi dengan cara membeli atau menciptakan sendiri. 3. Media Video Merupakan tampilan gambar bergerak yang telah direkam sebelumnya. Media ini menyediakan sumber daya tampilan yang kaya dan hidup baru aplikasi multimedia. 4. Media Animasi Merupakan penggunaan aplikasi computer untuk menciptakan gambar-gambar bergerak, baik dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang ditampilkan pada layar atau monitor. 5. Media Graphic/Image Adalah penggunaan image atau gambar dalam presentasi publikasi multimedia agar lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan teks. Gambar dapat meringkas penyajian data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks. 6. Media Interactivity/Interaktif Merupakan media yang memuat menu-menu khusus yang dapat diklik oleh user untuk memunculkan informasi berupa audio, visual, dan fitur lain yang diinginkan oleh pengguna. 7. Media Special Effect Merupakan media yang dalam penampilan visualnya menyajikan efek-efek khusus yang dibuat melalui berbagai software pendukung multimedia. Tujuannya memperindah tampilan visual dari objek yang ditampilkan.B. Multimedia Communication (Multimedia Komunikasi) Komunikasi multimedia merupakan aplikasi dari produk akhir multimedia yang ditampilkan mellaui media massa seperti televise, radio, surat kabar, dan internet. Biasanya material yang disampaikan adalah bidang advertising, publicity, entertainment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah : 1. TV Televisi biasanya menampilkan produk akhir dari pengerjaan multimedia berupa iklan, animasi, video clip atau film-film dengan special effect yang pada penyajiannya menampilkan audio dan visual sekaligus. 2. Radio Media ini menyajikan siaran iklan ataupun bumper audio, yang disiarkan kepada masyarakat luas dalam bentuk suara, dengan tujuan memperkenalkan/meningkatkan penjualan sebuah produk. 3. Film Pembuatan sebuah film tidak pernah luput dari multimedia, mulai dari produksi hingga proses penanyangannya. Jadi sudah sangat jelas bahwa film merupakan salah satu produk akhir dari multimedia. 4. Cetak Media public dalam bentuk cetak seperti majalah, koran, selebaran, dan spanduk adalah salah satu bentuk media dua dimensi dari multimedia.
  • 3. 5. Musik Merupakan salah satu bagian dari multimedia berupa penyajian suara/audio dalam bentuk alunan lagu menarik. Penyampaian musik dilakukan melalui seperangkat alat audio berupa speaker/perangkat audio system.6. Game Merupakan produk akhir multimedia bentuk permainan yang diciptakan dari perangkat lunak computer yang menyajikan animasi, baik dua dimensi maupun tiga dimensi.7. Entertaiment Merupakan sarana atau tempat yang menyajikan hiburan, seperti bioskop, tempat karaoke, arena bermain 8yang menggunakan aplikasi multimedia (game).8. Tutorial Pemanfaatan multimedia pada tutorial dapat diaplikasikan dalam bentuk CD pembelajaran, materi untuk pendidikan atau dapat juga berupa e-book dengan format tampilan interaktif.9. ICT (Internet) Adalah salah satu media informasi yang paling lengkap, karena pada fungsinya dapat menyajikan hampir semua format multimedia, baik berupa image/gambar, audio, video, interaktif, e-book. Jangkauan media internet lebih luas karena dapat diakses di seluruh dunia, sehingga menjadi sangat efektif dalam mendukung publikasi dari produk multimedia.