• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Program waka-kur-elvi-z-thn-2012-2013
 

Program waka-kur-elvi-z-thn-2012-2013

on

  • 877 views

 

Statistics

Views

Total Views
877
Views on SlideShare
877
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
55
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Program waka-kur-elvi-z-thn-2012-2013 Program waka-kur-elvi-z-thn-2012-2013 Document Transcript

    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 1 BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang Standar Nasional pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional ( dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, peraturan pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menetapkan & standar yang harus dipenuhi dalam melaksanakan pendidikan. Salah satu standar yang dikembangkan oleh bidang kurikulum adalah membelajarkan peserta didik sesuai dengan standar isi dan standar kompetensi kelulusan. Peningkatan mutu pendidikan sebagai bagian integral dari proses pengembangan Sumber Daya Manusia, harus dilakukan secara terarah, terencana, dan intensif sehingga mampu menyiapkan siswa memasuki era globalisasi, era yang sarat dengan ketidakpastian, hal ini terlihat dari perubahan kehidupan manusia hanya dapat dipecahkan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam rangka membantu peserta didik mencapai standar isi dan standar kompetensi lulusan, pelaksanaan atau proses pembelajaran perlu diusahakan agar inspiratif, menyenangkan , menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan kesempatan yang cukup bagi peserta didik agar kreatif dan mandiri sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. Tugas dan fungsi utama kurikulum adalah membantu Kepala Sekolah dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan Proses Belajar Mengajar, mengingat kurikulum sebagai basis sekolah maka kurikulum menjalankan tugas dan fumgsinya sebagai berikut : 1. Menyusun kurikulum sekolah 2. Menyusun rencana dan melaksanakan proses pembelajaran. 3. Menyusun rencana dan melaksanakan penilaian Untuk pencapaian standar isi dan standar kompetensi kelulusan, dan tugas utama kurikulum tersebut, bidang kurikulum membuat program kerja kurikulum. Dalam program kerja ini mengambarkan tentang kurikulum yang ada di MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman. Program kerja ini diharapkan mampu mencapai tujuan di atas. Selain itu, juga untuk membantu wakil bidang kurikulum dalam melaksanakan tugasnya di sekolah. B. Landasan Hukum Secara umum Program Kegiatan Tahunan Kurikulum MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman berdasar pada :
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 2 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Pasal 50 menvatakan bahwa: Ayat (2): Pemerintah menentukan kebijakan nasional dan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan nasional. 2. Undang-Undang Repuhlik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 3. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pcmbangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 - 2025 mengatur perencanaan pembangunan jangka panjang sebagai arah dan prioritas pembangunan secara menyeluruh yang akan dilakukan secara bertahap untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. 4. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Talmn 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dalam Pasal 61 Ayat (1) menyatakan bahwa: Pernerintah bersama-sama pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan sekurang-kurangnya satu sekolah pada jenjang pendidikan menengah untuk dikembangkan menjadi sekolah bertaraf internasional. 5. Peraturan Pemeritah Nomor 47 tahun 2008 tentang Wajib Belajar. 6. Peraturan Pemeritah Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan. 7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang Standar isi. 8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi hulusan. 9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar lsi dan Standar Kompetensi Lulusan. 10. Peraturan Menteri Pendidilan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. 11. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi akademik dan Kompetensi Guru. 12. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 18 tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru dalam jabatan. 13. Peraturan Menteri Pendidikun Nasional nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 15. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2007 tentang Penetapan Buku Teks Pelajaran yang Memenuhi Syarat Kelayakan untnk Digunakan dalam Proses Pernbelajaran. 16. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untak Sekola Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/Ml), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah (SMA/MA). 17. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses. 18. Peraturan Bupati Ciamis nomor 34 tahun 2006 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Pendidikan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis tanggal 28, Juli 2006.
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 3 C. Tujuan Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Program Kegiatan Tahunan Kurikulum MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Tujuan tersebut, meliputi tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan kekhasan, kondisi, dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Program Kerja tahunan Kurikulum ini ditujukan dalam upaya mendorong terwujudnya profil warga sekolah yang berbudi pekerti dan berakhlak mulia; meningkatkan prestasi akademik dan non akademik. Selain itu program ini disusun oleh wakil bidang kurikulum MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman. D. Tugas dan Fungsi Wakil Bidang Kurikulum MTsN VII Koto Rincian Tugas Wakil Kepala Sekolah Bid. Kurikulum 1. menyususn program pengajaran 2. menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan 3. menyususn pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran 4. menyususn jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir 5. menerapkan criteria persyaratan kenaikan kelas dan tamatan 6. mengatur jadwal penerimaan rapor dan STTB 7. mengkoordinasikan, menyususun dan mengarahkan kelengkapan mengajar 8. mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan 9. mengatur pengembangan MGMP/MGBP dan Koordinator mata pelajaran 10. melakukan supervise administrasi akademik 11. melakukan pengarsipan program kurikulum 12. menyusun laporan secara berkala.
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 4 BAB II VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN MTsN VII KOTO A. Visi , Misi, dan Tujuan MTsN VII Koto Visi ”TERWUJUDNYA MADRASAH YANG UNGGUL DALAM KUALITAS AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SERTA AKHLAQUL KARIMAH” Misi : a. Membangun budaya madrasah yang membelajarkan dan mendorong semangat keunggulan. b. Mengembangkan SDM madrasah yang kompeten. c. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan berkualitas akademik dan non akademik serta berakhlaqul karimah. d. Mengembangkan sistem dan manajemen madrasah yang berbasis penjamin mutu. e. Menciptakan dan memelihara lingkungan yang sehat, kondusif, dan harmonis. f. Meningkatkan peran serta stakeholders dala pengembangan madrasah. g. Mewujudkan Madrasah yang memenuhi standar nasional pendidikan Tujuan Sekolah Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam mengembangkan pendidikan ini adalah sebagai berikut ini. a. Terwujudnya proses belajar mengajar yang efektif untuk semua mata pelajaran dengan mempertimbangkan pengembangan nilai religius dan budi pekerti luhur. b. Tersedianya tenaga kependidikan yang potensial dan profesional. c. Tersedianya tenaga sarana dan prasarana yang memadai. d. Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan ilmu dan ibadah serta keterampilan dalam kehidupan sehari-hari.
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 5 e. Terwujudnya efisiensi waktu belajar, optimalisasi penggunaan sumber belajar dilingkungan untuk menghasilkan karya dan prestasi yang maksimal. f. Terwujudnya lingkungan sekolah yang memiliki kepedulian sosial dan lingkungan, cinta damai, cinta tanah air, semangat kebangsaan, serta hidup demokratis. B. Misi , Tujuan, dan Sasaran MTsN VII Koto bidang Kurikulum Misi Berdasarkan visi, misi, dan tujuan MTsN VII Koto, bidang kurikulum menciptakan misi tersendiri yang bertujuan untuk lebih terarahnya program kerja bidang kurikulum. Adapun misi bidang kurikulum adalah : 1. Mengembangkan semangat keunggulan di bidang IMTAQ dan IPTEK 2. Meningkatkan pengetahuan siswa, khususnya di bidang IMTAQ dan IPTEK agar siswa mampu melanjutkan pendidikan ke MAN model atau tingkat SMA yang berkualitas. 3. Mengembangkan SDM Madrasah yang kompeten dengan mendorong rekan guru mengikuti kegiatan pengembangan profesi seperti: DIKLAT, MGMP serta seminar-seminar yang menunjang profesi guru. 4. Menyebarkan informasi tentang segala kebijakan yang berhubungan dengan usaha-usaha pembaharuan pendidikan dalam bidang kurikulum , metodologi, sistem evaluasi dsb. 5. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan berkualitas akademik dan non akademik yang landasi oleh IMTAQ dan IPTEK. 6. Meningkatkan Pelayanan terhadap siswa dalam proses belajar mengajar, agar tercipta pembelajaran yang PAIKEM (Pembeljaran Aktif, Inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) . Tujuan bidang kurikulum Tujuan ingin dicapai dalam pembelajaran di MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman adalah sebagai berikut :  Pencapaian kelulusan siswa lebih dari 90 %  60% siswa yang lulus dapat diterima di SMA/MA/SMK Negeri dan 20% siswa yang lulus dapat diterima di MAN Model  Siswa mampu menghafal lebih dari 5 surat  Tingkat kehadiran siswa, guru, dan karyawan lebih dari 95%
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 6  Menerapkan pembelajaran yang PAIKEM (Pembeljaran Aktif, Inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan)  Menerapkan pelaksanaan evaluasi secara konsisten dan berkesinambungan, serta adanya program perbaikan dan pengayaan.  Mengoptimalkan Pembelajaran Pengembangan diri dan kegiatan ekstrakurikuler Sasaran Bidang kurikulum Sasaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran di MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman adalah sebagai berikut: Siswa lulus 100% pada Ujian Nasional dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional. 60% siswa yang lulus dapat diterima di SMA/MA/SMK Negeri dan 20% siswa yang lulus dapat diterima di MAN Model.  Memiliki Grup Rabana yang siap tampil di setiap kegiatan sekolah dan acara kecamatan Memiliki Tim Olah Raga yang mampu tampil di perlombaan PERSAMI kabupaten. Memiliki Grup Dram Band yang siap tampil di acara-acarasekolah dan kecamatan.
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 7 BAB III MUATAN KURIKULUM PADA MTsN VII KOTO Wakil kepala sekolah adalah sebagai pembantu kepala sekolah dalam kelangsungan proses belajar mengajar dan kelangsungan maju mundurnya Madrasah. Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan ilmu, ibadah, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari, dengan terlaksananya proses belajar mengajar yang baik dan menyenangkan bagi seluruh warga sekolah. 2.1 STANDAR ISI Standar isi Pada MTsN VII Koto mengacu pada Permendiknas no. 22 tahun 2006 dan BNSP. Struktur kurikulum berisi sejumlah mata pelajaran yang harus disampaikan kepada peserta didik. Mengingat perbedaan individu sudah barang tentu keluasan dan kedalamannya akan berpengaruh terhadap peserta didik pada setiap satuan pendidikan. Pada program pendidikan di MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman jumlah jam mata pelajaran adalah 45 jam pelajaran setiap minggu. Setiap jam pelajaran lamanya 40 menit. Jenis program pendidikan di MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman, terdiri dari program umum meliputi sejumlah mata pelajaran yang wajib diikuti seluruh peserta didik, dan program pilihan yang meliputi mata pelajaran yang menjadi ciri khas keunggulan daerah berupa mata pelajaran muatan lokal. Mata Pelajaran yang wajib diikuti pada program MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman berjumlah 14. Sementara itu keberadaan muatan lokal ditentukan oleh kebijakan sekolah. Di MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman muatan lokal yang diajarkan adalah Budaya Alam Minangkabau (BAM). Pengatuaran beban belajar menyesuaikan dengan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur kurikulum. Setiap satuan pendidikan dimungkinkan menambah jam pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam rangka mencapai kompetensi. Dengan adanya tambahan waktu, satuan pendidikan diperkenankan mengadakan penyesuaian-penyesuaian. Misalnya program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal. Sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, khususnya MTs selain mata pelajaran umum (seperti yang diajarkan di SMP) juga menambahkan mata pelajaran lain yaitu Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, dan Bahasa Arab.Struktur kurikulum MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman memuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut ini : Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok Mata Pelajaran Estetika Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 8 1. Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama 2. Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme. 3. Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada MTs dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri. 4. Kelompok Mata Pelajaran Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sen-sitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindah-an dan harmoni. Kemampuan meng-apresiasi dan mengekspresikan keindah-an serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis. 5. Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada MTs dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas,
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 9 kecanduan narkoba, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah. 6. Mata Pelajaran Tabel : Struktur Kurikulum MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman KOMPONEN KELAS DAN ALOKASI WAKTU A. Mata Pelajaran Kelas VII Kelas VIII Kelas IX 1. Pendidikan Agama a. Al-Qur’an Hadits 2 2 2 b. Sejarah Kebudayaan Islam 2 2 2 c. Aqidah Aklhak 2 2 2 d. Fiqih 2 2 2 2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 3. Bahasa Indonesia 5 5 5 4. Bahasa Inggris 5 5 5 5. Matematika 5 5 5 6. lmu Pengetahuan Alam 5 5 5 7. lmu Pengetahuan Sosial 4 4 4 8. Bahasa Arab 3 3 3 9. Seni Budaya 2 2 2 10. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2 2 11. Ketrampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 B. Muatan Lokal
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 10 1. BAM 2 2 2 C. Pengembangan Diri 2 2 2 Jumlah : 45 45 45 Selain itu, perlu juga ditegaskan, bahwa : Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit Khusus untuk Pengembangan Diri diadakan setiap hari Senin, selasa, dan kamis Untuk kegiatan ekstrakurikuler hari sabtu Selain program intra kurikuler seperti yang tertera dalam tabel di atas, terdapat pula kegiatan ekstra kurikuler yang dikembangkan dalam Program Pengembangan Diri. Waktu belajar di MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman pada hari Senin sampai dengan Kamis terdiri dari 9 JP mulai pelajaran pukul 07.30-14.10 WIB, kecuali pada hari Jum’at dan hari Sabtu, Khusus pada hari Jum’at terdiri dari 6 jam pelajaran dimulai jam 07.15 WIB sampai dengan 11.30 WIB dan hari Sabtu mulai dari 07.30-13.10 WIB. 7. Muatan Lokal Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri.Substansi muatan lokal ditentukan oleh madrasah, tidak terbatas pada mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan, tetapi juga mata pelajaran lainnya yang relevan. Muatan lokal merupakan mata pelajaran, sehingga sekolah harus mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Sekolah dapat menyelenggarakan satu atau dua mata pelajaran muatan lokal pada setiap semester, atau dua mata pelajaran muatan lokal dalam satu tahun. Muatan lokal yang menjadi ciri khas daerah dan diterapkan di MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman adalah : No. Mata Pelajaran Muatan Lokal Alokasi Waktu (JP) VII VIII IX 1 BAM 2 2 2 Jumlah : 2 2 2
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 11 8. Kegiatan Pengembangan Diri Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di bawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-budaya, kelompok tim olahraga, dan karya ilmiah remaja ( KIR ), dan lain-lain. Pengembangan Diri di MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman meliputi program berikut: 1. Pidto tiga bahasa 2. UKS 3. Nasyid dan Rabana 4. Tari Tradisional 5. Keterampilan Berbahasa Inggris 6. TPA/TPSA 7. Karya Ilmiah Remaja (KIR) 8. Pidato Bahasa Arab 9. Pidato Bahasa Inggris 10. PMR 9. Kegiatan Pembiasaan Kegiatan pembiasaan yang setiap pagi dilaksanakan di MTsN VII Koto adalah sebagai berikut : 1. Mengumandangkan Asmaul Husna 2. Bersalaman dengan semua majelis guru setelah selesai pembacaan Asmaul Husna, kemudia menuju kelas masing-masing. 3. Berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran 4. Pembacaan Al-Quran sebelum pembelajaran di mulai 5. Muhadarah setiap hari Jumat 6. Upacara Bendera Setiap hari Senin
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 12 2.2 STANDAR PROSES Standar Proses pada MTsN VII Koto, mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasionl Republik Indonesia nomor 41 tahun 2007. Sesuai dengan amanat PP nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan salah satu standar yang harus dikembangkan adalah standar proses. Standar proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai kompetensi lulusan. Standar Proses meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksanannya proses pembelajaran yang efektif dan efisisen. Di MTsN VII koto sebelum melakukan pembelajaran setiap guru harus menyediakan hal berikut: 1. Program Tahunan 2. Program Semester 3. Program Minggu Efektif 4. Silabus 5. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 6. KKM Adapun KKM Pada MTsN VII Koto adalah Sebagai berikut: No. Mata pelajaran yang di ajarkan Kriteria Ketuntasan Minimum 1 Pendidikan Agama a. Al-Qur’an Hadits 75 b. Sejarah Kebudayaan Islam 75 c. Aqidah Aklhak 75 d. Fiqih 75 2 Pendidikan Kewarganegaraan 75 3 Bahasa Indonesia 75 4 Bahasa Inggris 75 5 Matematika 75 6 lmu Pengetahuan Alam 75 7 lmu Pengetahuan Sosial 75 8 Bahasa Arab 75 9 Seni Budaya 75 10 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 75 11 TIK 75 12 BAM 75 Berdasarkan KKM semua bidang studi di atas maka KKM Sekolah Pada MTsN VII Koto adalah 75
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 13 2.3 STANDAR PENILAIAN Standar Penilaian Pada MTsN VII Koto mengacu pada Permendiknas nomor 20 tahun 2007. Standar penilaian pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, instrument penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara kesinambungan, bertujuan untu memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik serta untuk meningkatkan efektifitas kegiatan pembelajaran. Penilaian Hasil Belajar pada MTsN VII Koto meliputi kegiatan berikut: 1. Menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan criteria penilaian pada awal semester. 2. Memilih penilaian sesuai dengan indicator 3. Melaksanakan tes, pengamatan, penugasan yang diperlukan 4. Mengolah hasil tes penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar siswa 5. Mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai dengan nilai dan komentar 6. Melaporkan hasil penilaian Adapun Standar penilaian hasil belajar siswa pada MTsN VII Koto adalah sebagai berikut : 1. Ulangan Harian 2. Ulangan tengah semester 3. Ulangan akhir semester 4. Ulangan kenaikan kelas 5. Ujian sekolah 6. Ujian UAMBN 7. Ujian Nasional. Apabila dalam pelaksanaan ujian di atas peserta didik tidak memenuhi KKM, maka siswa yang bersangkutan dilaksanakan Remedial. Prinsip yang digunakan dalam penilaian di MTsN ini adalah: 1. Sahih 2. Objekif 3. Adil 4. Terpadu 5. Terbuka 6. Menyeluruh dan berkesinambungan 7. Sistematis 8. Mengacu pada KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah dan pemerintah.
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 14 2.4 STANDAR KELULUSAN Standar Kelulusan pada MTsN VII Koto mengacu pada PP 53 dan 54 tahun 2010 tentang standar kelulusan pada Madrasah. KELULUSAN DARI SATUAN PENDIDIKAN Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru dengan menggunakan kriteria sebagai berikut: 1. menyelesaikan seluruh program pembelajaran; 2. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan ; 3. lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan 4. lulus Ujian Nasional KELULUSAN UJIAN NASIONAL 1. Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M. 2. Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor. 3. Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor. 4. Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 4 diperoleh dari gabungan Nilai S/Mda ri mata pelajaran yang diujinasionalkan dengan Nilai UN, dengan pembobotan 40% untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai UN. 5. Skala yang digunakan pada nilai S/M, nilai rapor dan nilai akhir adalah nol sampai sepuluh. 6. Pembulatan nilai gabungan nilai S/M dan nilai rapor dinyatakan dalam bentuk dua decimal, apabila decimal ketiga ≥ 5 maka dibulatkan ke atas. 7. Pembulatan nilai akhir dinyatakan dalam bentuk satu decimal, apabila decimal kedua ≥ 5 maka dibulatkan ke atas. 8. Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 5 mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol). 9. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan di atas
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 15 Bidang Studi yang diajarkan di MTsN VII Koto Adapun bidang studi yang diajarkan pada MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman adalah : No Mata pelajaran Muatan kurikulum/ minggu Nama guru Ket 1 Bahasa Indonesia 5 jam Temu Muka Elvi Zainal,S.Pd Mira Elvia, S.Pd Septi Susanti Janur, S.Pd. 2 Bahasa Inggris 5 Jam Temu Muka Drs. Jamawir Saliati, S.Pd. 3 Matematika 5 Jam Temu Muka Dra. Amriana Riri dahlia Ptri, S. Pd 4 IPA 5 Jam Temu Muka Dra. Azizah 5 Ilmu Pengetahuan Sosial 4 Jam Temu Muka Fera Hesty, S.E Nirawati, S.Th.I 6 Bahasa Arab 3 Jam Temu Muka Syafrizal, S.Ag. Radiah, S.Ag. 7 Al-Quran Hadist 2 Jam Temu Muka Nirawati, S.Th.I Huriah, S.Pd.I 8 Akidah Akhlak 2 Jam Temu Muka Hermanita, S.Ag 9 Fiqih 2 Jam Temu Muka Zarmis, S.Ag 10 SKI 2 Jam Nofriadi, S.Ag. 11 PKN 2 Jam Temu Muka Wiwit Rarina Wati, S.Pd. 12 Penjaskes 2 Jam Temu Muka Rudi Chalces, S.Pd 13 TIK 2 Jam Temu Muka Sri Novia Alaim, S. Pd. I Saripah Nur, S. Pd.I 14 Seni Budaya 2 Jam Temu Muka Huriah, S. Pd.I 15 BAM 2 Jam Temu Muka Netti Susanti, S. Pd. Radiah, S.Ag 16 Peng Diri dan ekstrakurikuler: - Ketr. B Inggris - TPA/TPSA - Nasyid/rabana - Pidato Bahasa Indonesia - Pidato Bahasa Inggris - Pidato Bahasa Arab - Karya Ilmiah remaja - Tari tradisional - PMR - UKS - Pramuka 2 Jam Temu Muka Salmiati S.Pd Sri Novia Alim, S.Pd.I Nirawati, S.Th.I Huriah, S.Pd.I Mira Elfia, S.Pd. Sri Novia Alim, S.Pd.I Radiah, S.Ag. Septi Susanti Janur, S.Pd. Netti Susanti, S.Pd. Soraya Ulfa, S.Pd. Ramuni Purna Irawan Kelas IX Kelas VII dan VIII
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 16 BAB IV PROGRAM KERJA KURIKULUM MTsN VII KOTO TP. 2012-2013 Berdasarkan penjabaran pada BAB I sampai BAB III di atas, maka dirumuskanlah rincian program kerja wakil bidang kurikulum tahun pelajaran 2012-2013 . Adapun program kerja wakl bidang kurikulum tersebut adalah sebagai berikut : No Rencana Kegiatan Pelaksanaan 1 PERSIAPAN 1. Work shop ( pengembangan KTSP, analisis silabus, prota, prosem,KKM, dan RPP) 2. Menjabarkan kalender pendidikan 3. Daftar Ulang siswa kelas 7 dan 8 3. Mengatur pembagian tugas guru/SK Pembagian tugas Semester 1 4. Membuat jadwal pengajaran 5 Mengatur jadwal piket guru 6. Merumuskan nama Wali Kelas 7. Menyusun Program Kurikulum 8. Menyiapkan Administrasi guru 9. Mengatur Jadwal Supervisi 20 Juni 2012 21 Juni 2012 7 Juli 2012 7 Juli 2012 9 Juli 2012 9 Juli 2012 9 Juli 2012 12 Juli 2012 2 PELAKSANAAN 1. Memantau jalannya PBM 2. Memantau jalannya Piket 9 Juli 2012- Juni 2013 9 Juli 2012- Juni 2013
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 17 3 KEGIATAN EVALUASI DAN UJIAN 1. Memantau pelaksanaan Ulangan Harian 2. Membentuk Panitia Ujian Semester 1 dan 2 3. Memantau pelaksanaan Ujian Semester 1 dan 2 4. Melaporkan pelaksanaan ujian semester 5. Mengadakan Try Out Untuk kelas IX 5. Membentuk panitia UN dan UAMBN 6. Membuat POS Madrasah UN dan UAMBN 7. Melaporkan pelaksanaan UN dan UAMBN Oktober 2012 November 2012 Desember 2012 dan Juni 2013 Januari 2012 dan Juli 2013 Februari 2013 Februari 2013 Maret 2013 Maret 2013 4 KEGIATAN PELAJARAN TAMBAHAN KELAS IX 1. Mengevaluasi program pembelajaran tahun lalu 2. Menyusun jadwal pelajaran tambahan 3. Gerakan Sukses Ujian Nasional 2011 Juni 2012 Desemmber 2012 Februari 2013 5 MENYUSUN LAPORAN KEGIATAN 1. Kegiatan Ujian Semester 1 dan 2 2. Kegiatan UAMBN dan UN Januari 2013 dan Juli 2013 Juni 2013 6 EVALUASI KEGIATAN 1. Semester 1 2 Semester 2 3 UN dan UAMBN 4. Pelajaran Tambahan Januari 2012 Juli 2013 Juli 2013 Juli 2013
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 18 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Program Kegiatan Tahunan Kurikulum MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman mulai berlaku sejak tanggal disahkan dan akan ditinjau kembali setiap akhir tahun pelajaran. Peninjauan dilaksanakan dengan diikuti seluruh dewan guru dan kepala sekolah. Program Kegiatan Tahunan Kurikulum hasil peninjauan akan digunakan pada tahun pelajaran berikutnya. Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama adalah mengembangkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Pengembangan Program Kegiatan Tahunan Kurikulum yang mengacu pada standar nasional pendidikan . Penulisan program ini melalui adaptasi atau adopsi standar pendidikan dari salah satu atau lebih lembaga pendidikan di Indonesia dan atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan. Program Kegiatam Tahunan Kurikulum MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman dikembangkan sesuai dengan relevansi di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan Provinsi, serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman. Pengembangam Kurikulurn MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman mengacu pada SI dan SKL, dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah. B. Saran Program Kegiatan Tahunan Kurikulum MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman dapat berjalan dengan baik, apabila terjalin koordinasi, kerja sama dan tanggungjawab semua pihak mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Adminiatrasi. Komite, dan pihak lainnya yang terkait. Langkah dan perjalanan agar seirama mengacu kepada Visi sekolah dengan prioritas terbesar kepada autput siswa dengan Perolehan Nilai Ujian Nasional minimal rata-rata 60. Untuk mencapai hasil kerja yang maksimal serta pelaksanaan yang lebih baik, kritik dan saran yang sifatnya membagun sangat kami harapkan dari semua pihak, terutama kepala Madrasah dan Majelis Guru dan Pegawai MTsN VII Koto Kabupaten Padang Pariaman, Agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran berikutnya dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Mengetahui Padang Sago, Juli 2010 Kepala MTsN VII Koto, Waka Kurikulum MTsN VII Koto, SYAFRIZAL, S. Ag. ELVI ZAINAL, S.Pd. NIP. 196807131998031003 NIP. 198002072007102003
    • Program Kerja Waka Kurikulum MTsN VII Koto TP. 2012-2013 ELVI ZAINAL, S.Pd. 19