MyJalah
                                                 1

                                                 2

          ...
1

     Edisi 5                                                                                                           ...
1

     Edisi 5                                                                                                           ...
1

                                                                                                                       ...
1

                                                                                                                       ...
1

                                                                                                                       ...
1

                                                                                                                       ...
1

                                                                                                                       ...
1

                                                                                                                       ...
1

                                                                                                                       ...
1

                                                                                                                       ...
1

                                                                                                                       ...
1

                                                                                                                       ...
1

                                                                                                                       ...
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
MyJalah200905
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

MyJalah200905

2,729

Published on

Published in: Business, Technology
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
2,729
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
35
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

MyJalah200905

  1. 1. MyJalah 1 2 3 4 Edisi 5 - Mei 2009 7 12 16 20 Tanya BAJAJ 21 24 “Kabar Terkini dari Grup Komedi BAJAJ” 25 Belajar Murah dengan Internet 28 32 “Memanfaatkan Internet untuk Belajar Apa Saja” 35 Pendidikan Alternatif 42 44 “Improvisasi untuk Pendidikan yang Lebih Baik” 47 49 WOW Magazine 51 “Suplemen Penting Untuk Para Desainer” 52
  2. 2. 1 Edisi 5 2 4 24 47 MyJalah 3 TANYA DIA INSPIRASI iTECH “Bajaj” “Laskar Pelangi dan Pendidikan 4 Materialistis” 49 7 7 25 GADGET PENDAPAT 12 BUKU 51 “Sekolah Itu Candu” 16 12 ALBUM 20 28 KOLOM “Internet : Tempat Belajar Murah 52 21 HIGIENIS dan Lengkap” “Bijak Menggunakan Obat” FILM 24 16 32 25 KOLOM KREATIF “Pendidikan Alternatif” 28 “WOW Magazine” 20 32 35 CELETUK 35 Model Cover : GALERI “Sekolah Gratis: Secercah Hara- Bajaj pan Untuk Pendidikan Indone- 42 Grafis : sia” 42 Oki Kukuh Basuki 44 21 ACARA “Pameran Foto Jalanan: Dari Per- 47 KOLOM ekam untuk Nusantara” “Ilmuwan Underground” 49 44 51 OPENSOURCE 52 MyJalah 2 Edisi 5 - Mei 2009
  3. 3. 1 Edisi 5 2 MyJalah Halo MyJalah Readers! Senang bisa berjumpa lagi. 3 Untuk kesekian kalinya MyJalah hadir kembali dalam waktu yang agak terlambat :) Untuk itu kami tim MyJalah 4 memohon maaf, namun kami selalu berusahan tetap hadir setiap bulannya untuk menemani hari-hari Anda. Dan kami juga terus berterima kasih untuk para readers yang telah menyempatkan waktu untuk mendownload dan me- 7 luangkan space beberapa megabyte di harddisk/memorinya demi menyimpan file-file edisi MyJalah. 12 Beberapa waktu lalu, kita baru saja berheboh ria dengan Pemilu yang berujung semakin banyaknya pasien-pasien baru Rumah Sakit Jiwa di berbagai penjuru daerah. Untuk itu, di edisi kali ini MyJalah tidak mengkhususkan diri 16 untuk mengangkat tema hasil pemilu, karena takut terjerumus ke Rumah Sakit Jiwa :) Toh kami sudah cukup disebut- sebut sebagai “orang gila” oleh orang lain dengan membuat MyJalah ini menggunakan segenap tenaga yang ada. 20 Tapi kami merasa kegilaan ini memberikan kepuasan tersendiri dengan menambah kawan-kawan yang dapat men- download MyJalah dari berbagai lokasi tanpa mengenal batas tempat dan waktu. 21 Agar tidak terus menjadi “gila”, di edisi ini MyJalah mencoba mengangkat sebuah tema tentang sebuah sisi yang dap- 24 at mengangkat derajat manusia, yaitu pendidikan. Selain dirayakannya Hari Pendidikan pada tanggal 2 Mei, kebetu- lan beberapa anggota tim MyJalah merupakan lulusan dari universitas pendidikan, maka jadilah tema pendidikan 25 yang diangkat kali ini. Kami mencoba menanyakan sebuah pertanyaan tentang pendidikan Indonesia yang dijawab oleh para readers dan dimuat pada rubrik Pendapat kali ini. Sungguh, dari jawaban-jawaban pendapat edisi sebel- 28 umnya, jawaban kali ini begitu detil dan penuh antusias. Hal itu menunjukkan bahwa begitu besarnya perhatian para generasi bangsa ini akan pendidikan. 32 Di beberapa halaman Kolom, sejumlah penulis mengangkat pendidikan dari aspek-aspek lain yang sederhana dan 35 Redaksi : ringan yang sekiranya dapat dijadikan bahan kajian bersama untuk kita semua demi pendidikan yang lebih baik di Oki Kukuh Basuki masa yang akan datang. Sejumlah rubrik baru mengangkat sejumlah platform yang non-mainstream yaitu Open- Raga Erian Citra 42 source (membahas dunia sekitar Linux dan opensource) dan iTech (mengangkat informasi untuk kalangan pengguna Irfan Nugroho Macintosh dan produk-produk lainnya dari Apple). Semoga kesemuanya ini dapat memberikan wawasan tambahan 44 untuk kita semua. Amiin. Illustrator : Putra Adi Tama 47 Salam MyJalah! Promosi : M. Andi Alfan 49 Tim MyJalah Web : Ibnu Hadi Sumitro 51 52 MyJalah 3 Edisi 5 - Mei 2009
  4. 4. 1 2 TANYA DIA Halo, apa kabar Bajaj? 3 Melki : Baik. Aden : Lebih baik setelah jadi 4 bajaj. Isa : Ngikut temen2, baik. Bajaj, grup komedi yang 7 berisikan 3 pemuda kreatif Bisa ceritakan kesibukannya ini berhasil kami ajak untuk 12 akhir-akhir ini? menjadi cover MyJalah edisi Kita lg ngerjain sinetron Para ke-5. Sempat menemani kita 16 Pencari Tuhan jilid 3, acara musik pada dua Ramadhan yang lalu di SCTV (hiphiphura) & lagi melalui sinetron religi “Para 20 siap-siap buat bikin film (doain Pencari Tuhan”, dan kini kerap ya?). muncul melalui acara TV 21 “Cagur Naik Bajaj”. MyJalah Katanya baru saja selesai umroh, pun berhasil mewawancarai 24 ada pengalaman-pengalaman mereka via internet, yang menarik dari sana? hasilnya dapat Anda simak 25 Aden : Sandal gw ilang mulu, berikut ini. Aden : Alhamdulillah Bajaj lebih Bajaj dengan nada kompak : mungkin karena dulu sering maju dari segalaa hal, mulai dari “Rahasiaaaaa donggg...” yg pastil 28 nyolong sandal kali ye. Sampe ekonomi sampe perut. lebih seru, ada jawaban-jawaban sekarang juga suka make sen- Melki : Alhamdulillah semakin dari pertaanyaan penonton yg 32 dalnya Isa tanpa bilang, ga tau tenang dalam menjalani hidup, selaama ini selalu mengganjal tuh termasuk kategori nyolong mungkin kalo tinggal di hutan dihati. Hahahah... 35 apa ngga. Allah kan tw kalo gw bakalan makin tenang, tapi nanti temenan ma Isa. dipanggil tarsan. Ogah ah. Ada keinginan untuk membuat 42 Melki : Semuanya menarik, tidak Isa : Semaakin taat ibadah, kalo film layar lebar? ada yg mendorong. dulu shalat jarang, sekarang Insya Allah dalam waktu dekat 44 Isa : Gw moto didepan Ka’bah makin jarang, eh ngga maksud- kita akan mulai syuting film layar tapi hasilnnya ga ada, ilaang nya semakin rajin. lebar kita yg pertama. Doain ya? 47 semuanya. Kalo soal sendal gw Mudah2an semakin lebar juga ga pernah ilang. Melki maa Aden Salah satu yang mempopouler- rejeki kita, amiin. 49 aja yg ilang sendalnya. kan Bajaj adalah sinetron Rama- dhan “Para Pencari Tuhan (PPT)”, Siapa artis atau grup yang dijadi- 51 Apa yang paling dirasakan se- bagaimana kelanjutannya di kan panutan oleh Bajaj dalam telah menjalani umroh kali ini? Ramadhan nanti? berkarya? 52 MyJalah 4 Edisi 5 - Mei 2009
  5. 5. 1 2 Aden : Warkop DKI. otak blom bisa dikeluarkan dulu. bertahun-tahun, jadi dah ngerti Melki : Banyak bangett.. ampe 3 Melki : Gw beda, gw lebih suka watak masing. Paling berantem bingung mau certain yg mana. Dono, Kasino, Indro. Apa saja impian-impian Bajaj soal materi lawakan, setuju atau malu ah kalo diceritaain, ntar 4 Isa : Srimulat. yang sudah tercapai hingga saat ngga lawakannya dipake. temen2 gw baca lgi, mereka kan ini? taunya gw anak baik2, cukup te- 7 Apa yang diharapkan Bajaj untuk Aden : Bisa makan 3 kali se- Langkah apa yang biasanya men2 gw di sekolah yg tau. masa-masa yang akan datang? hari, muka kita terpampang di diambil untuk menyelesaikan Isa : Ada deh. 12 Sukses dan melegenda... billboard, walau baru dikit dan perselisihan antar personil? Yuhuuuuu... cuma sebentar, main iklan. Kita selalu mengandalkan voting, Kenakalan apa yang paling parah 16 Melki : Sudah banyak, sama karena kita bertiga, pasti ada yg yang pernah dilakukan saat Ada rencana khusus yang ingin kayak yg disebutin Aden. kalah. Jadi kita ambil langkah itu. sekolah? 20 dilakukan dalam waktu dekat ini? Isa : Gw ikut aja dah. Aden : Gonta ganti cewek, kalo Aden : Pengen ngumpulin duit, Tema MyJalah kali ini berte- gw mah selalu bermasalah de- 21 mau beli rumah, sama merintis Apakah pernah terjadi perselisi- makan pendidikan, bagaimana ngan wanita. Tanya Oki MyJalah usaha. han di dalam grup Bajaj? pendapat Bajaj mengenai aja kalo ga percaya. 24 Melki : Nikah. Pernah banget, tapi kita dah keadaan pendidikan di Indone- Melki : Pernah getok kepala Isa : Blom ada rencana khusus, saling ngerti, karena sebelum sia? orang pake gelas. 25 kalo umum ada, tapi masih di- bentuk grup kita dah berteman Pendidikan di Indonesia dah Isa : Apa ya? Paling cabut, trus semaakin baik, apaalagi dengan nongkrong. 28 adaanya standarisasi kelulusan. Kalo menurut kita hal itu bukan- Jika suatu hari tiba-tiba harus jadi 32 nya harusdi demo, tapi disyukuri, guru, mau jadi guru apa? karena akan menambah kualitas Aden : Mau jadi guru agama, 35 anak-anak Indonesia. Amiin, gw mau sharing pengalaman beruntung kita udah kelaar seko- kenakalan-kenakalan gw biar 42 laah... hahahaha... mereka insyap. Melki : Guru BP, karena gw sering 44 Pernah punya masalah selama banget dipanggil ma guru BP. sekolah dulu? Isa : Mau jadi guru olah raga, 47 Aden : Gw sering banget ber- karena gw ga bisa pelajaran lain argumentasi ma guru. Pernaah selain olahraga. 49 di strap satu kelas gara2 bakar singkong. dll. lupa, yg gw inget Hal pertama yang akan kamu 51 cuma masalah dengan wanita. lakukan jika diangkat menjadi hihihh... menteri pendidikan ? 52 MyJalah 5 Edisi 5 - Mei 2009
  6. 6. 1 2 Aden : Sekolah gratis, sampe ke Masih ingat nama satpam waktu Isa : Dua-duaanya boleh kalo Pilih musisi pengiring, Kangen 3 buku-buku. Jangan cuma sampe SMA? mereka suka ma gw. band atau Twilite Orchestra? SMA. Kalo bisa pemerintah pu- Aden : Lupa, gw ga bergaaul ma Aden : Hahahahahah.. Ga usah 4 nya universitas negeri yg khusus satpam, tapi ama aanak sekolah- Mana yang lebih seru, show di ditanya kali, pasti jawabannya buat anak2 kurang mampu yg nya, terutama wanita… yuhuu. tengah Pasar Pagi mangga Dua Kangen Band lahh.. hihihihi.. 7 pengen kuliah. Melki : Lupa, satpamnya ganti2. atau di pedalaman Papua? Melki : Twilite Orchestra.. se- Melki : Pertama2 gw akan Isa : Gw beda ma anak2, gw ga Aden : Gw lebih suka di pedala- ruuu.. banyak alat musiknya. 12 bersyukur, selanjutnya terserah lupa, tapi ga inget sama sekali. man Papua. Punya pengalaman Isa : Asal suara gw bisa masuk Anda.. hahaha... baru. ke musiknya, gw mau aja, sama 16 Isa : Sama kayak anak2, gw Kelas berapa mulai naksir sama Melki : Mangga Dua, deket kalo siapa aja. gabung aja jawabannya. perempuan? mau beli barang elektronik. 20 Aden : TK, gw masih inget na- Isa : Gw mah gimana diundang- Pilih partner host, Magdalena Apa mata pelajaran yang pa- manya bunga. Mungkin dia juga nya aja., gw mah siap aja. atau Budi Anduk? 21 ling disukai dan tidak disukai di akan berkata gitu kalo ditanya Aden : Magdalenaaaaaa.. sekolah? sekarang. insya Allah. Pilih kostum, pakai seragam Segerrrrrrrrr 24 Aden : Yang disuka: Bhs. Inggris, Melki : Kelas 4 SD. militer lengkap dengan tas dan Melki : Budi anduk. Agama, Bahasa Indonesia, yang Isa : SMA kelas 2. senjata asli atau pakai koteka? Isa : Budi anduk.. rada mirip ma 25 ga disuka: Fisika, Matematika, Aden : Seru tuh kalo pake gw. hehehe... Biologi. Ada keinginan untuk pacaran koteka. Tapi ntar masuk angin. 28 Melki : Suka ma olahraga, enak sama artis? Seandainya iya, siapa Melki : Koteka.. Gw pengen tau Pilih undangan acara, Kick Andy bisa keluar kelas. Yang ga suka: yang mau dipacarin? emang ada koteka yg muat di atau Dorce Show? 32 Bhs. Inggris. Aden : Ga mau ah.. Karena me- gw? hahahaha... Aden : Gw pengen banget Isa : Sama banget ma melki, ngga reka pasti ga mau. Isa : Seragam militer.. gagah coy.. masuk KICK ANDY. Kalo Dorce 35 bisa gw Bhs.Inggris. Melki : Gw pengen pacaran ma Show gw dah pernah beberapa Liv Tyler. Tapi gw ga bisa Bhs. Pilih tempat menginap, hotel tua kali. 42 Apa cita-cita semasa sekolah Inggris, suruh dia aja belajar Bhs. yang horor atau rumah pang- Melki : Dorce Show.. dah ngerti dulu? Indonesia. gung dengan alas tikar? medan nya. Kalo Kick Andy, kita 44 Aden : Arsitek dan Sastrawan. Isa : Ma siapa aja deh.. ada yg Aden : Rumah panggung dah.. sebagai apa dis ana? Kebetulan gw ngegambaar ga suka aja dah bersyukur banget. Ga pake tiker juga ga papa, kalo Isa : Lagi-lagi gw jawab, gw ngi- 47 bisa, jadi gagal. Dan gw ga boleh tandingannya rumah tua. kut aja, gmana undangannya. masuk kulliahan yg ada sastranya, Pilih mana, Aura Kasih atau Ta- Melki : Rumah panggung.. hotel 49 kata nyokap nanti hidupnya ga mara Bleszynski? tua mah kagak bagus kaliiii.. Ok, thanks Bajaj. jelas. Aden : Aura kasih.. seksiiiiiiiiiiiii Isa : Yaaa, gw ikut temen2 gw 51 Melki : Wartawan. bangettttttt... lah, masa gw tinggal dihotel tua Isa : Pelawak. Melki : Tamara dong... sendiriannn, ga mauu... 52 MyJalah 6 Edisi 5 - Mei 2009
  7. 7. 1 2 PENDAPAT Rossi Iin 3 Tidak ada satu persepsi maupun asumsi yang dapat menilai pendidikan di Indonesia secara umum. Generalisasi asumsi tentang pendidikan di Indonesia adalah sesuatu yang 4 tidak memiliki dasar ilmiah. Mengapa demikian? Mengikuti kalender Nasional, Data-data menunjukkan bahwa aktivitas pendidikan di Indonesia mengalami variasi di bulan Mei ini kita mempe- 7 pertumbuhan yang amat mencolok antara pedesaan dan perkotaan. Perbedaan kecepa- ringati hari Pendidikan pada tan tumbuh pendidikan ini amat dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan penduduk dan tanggal 2 Mei. Pendidikan se- 12 tingkat pertumbuhan ekonomi di tiap-tiap wilayah. Wilayah-wilayah yang kini tumbuh bagai sebuah kebutuhan vital menjadi perkotaan mengalami peningkatan kwalitas pendidikan yang lebih baik diband- bagi setiap individu merupa- 16 ingkan dengan wilayah-wilayah yang hingga saat ini masih merupakan daerah pedesaan. kan hal penting dan peru di- Perbedaan yang terjadi menjadi amat jauh antara, misalnya Jakarta dan kepulauan lakukan kajian terus menerus 20 seribu, atau, misalnya antara Bandung dan Leuwi Damar (Badui), atau, apalagi, misalnya antara Jakarta dan pelosok terhadapnya.Untuk melihat Papua. Oleh karnanya, menurut saya, tidak ada satu skala ukurpun yang dapat digunakan untuk menggeneralisir pandangan masyarakat kita 21 dunia pendidikan di Indonesia. Kalaupun hal itu dipaksakan maka akan terjadi “ketidak jujuran” dalam memandang terhadap pendidikan, My- Indonesia sebagai sebuah kesatuan bernegara, Atau mungkin semacam “egoisme” atas nama teori. Jalah mengajukan sebuah 24 Jadi menurut saya, dunia pendidikan di Indonesia adalah dunia yang memiliki banyak keunggulan dan banyak ke- pertanyaan singkat kepada tertinggalan. Atas keunggulan kita wajib mensyukurinya, dan atas ketertinggalan yang masih ada hendaknya dira- para pembacanya, yaitu: 25 sakan dan di sikapi sebagai bagian yang harus kita pikirkan bersama sebagai anggota dari sebuah kesatuan besar, Negara Republik Indonesia. Maju terus pendidikan Indonesia, mari bersama kita cerdaskan diri dan Bangsa ini. “Bagaimana Keadaan Pendidi- 28 kan Indonesia menurut Anda Sifa Soraya saat ini?” 32 Pendidikan di Indonesia saat ini menurut saya tidak sesuai standar nasional. Dari sekian banyak sekolah yang ada di Indonesia hanya segelintir saja yang bisa me- 35 menuhi syarat standar nasional yang baik. Kita lihat sosok pengajar di sekolah-sekolah di Indonesia, mereka tidak lagi mementingkan kecerdasan untuk anak bangsa tapi 42 sekarang ini para guru-guru berlomba-lomba untuk mensejahterakan diri mereka sendiri dan melupakan kewajiban dan tanggung jawab mereka sebagai seorang guru. 44 Hanya sedikit sekali guru yang bisa melaksanakan cita-cita bangsa ini. Selain guru yang mendukung pendidikan di Indonesia, pendukung lainnya adalah fasilitas sekolah yang 47 kurang lengkap sehingga para murid2 tidak bisa belajar secara optimal. Seharusnya Indonesia bisa melengkapi fasilitas di sekolah-sekolah, dan menyediakan beasiswa un- 49 tuk siswa yang giat sekolah. Dan uang pendidikan jangan di korupsi lah, kan kasihan. Dari pemerintahnya dapat dana besar dan sampai di sekolah2 malah dapat dana yang lebih kecil. Kalau dibiarkan begitu terus, bangsa ini bakalan 51 hancur. Nggak kasian apa, kalau tunas2 bangsa dibiarkan hancur tak berdaya? 52 MyJalah 7 Edisi 5 - Mei 2009
  8. 8. 1 2 Ian Eryanto Wongso Tedjo 3 Belum tepat rasanya jika kita bi- Pendidikan Indonesia sekarang sudah sa- lang bahwa keadaan pendidikan ngat amat maju banget! Yap, itulah yang bisa 4 di Indonesia sudah bagus. Begitu kita lihat jikalau anda sekalian memerhatikan juga dengan sebaliknya. Keadaan Jakarta dan kota besar lainnya di pulau Jawa. 7 pendidikan di Indonesia masih Coba tengok atau bahkan palingkan mata kita dalam zona abu-abu. Meskipun seperempat detik untuk melihat kehidupan 12 pemerintah sudah menerapkan di luar Jawa Tepatnya di Indonesia timur sana. berbagai progarm-program yang Dada saya sakit kalau melihat perjuangan 16 layak diacungkan jempol seperti anak-anak SD di sana (Irian, khususnya) ber- BOS, sekolah gratis, program lomba-lomba naik perahu cuma untuk seko- 20 wajib belajar 9 tahun yang merupakan tanda kepedulian terhadap bidang lah, yang masuknya bukan jam 6.30 seperti di pendidikan, usaha mereka tidak berbuah manis akibat kurangnya prasa- sini, tapi jam 8 mengingat jarak waktu tempuh 21 rana yang mendukung dan juga minimnya kesadaran pihak-pihak yang ke sekolah itu memang memakan waktu ba- terlibat. nyak, sehingga banyak sekolah di daerah terpencil di Irian mematok waktu 24 khusus (dispensasi) untukmasuk sekolah jam 8. Padahal mereka begitu Adit bersemangat untuk sekolah, tapi apa daya pemerintah hanya membangun 25 Kondisi pendidikan Indonesia menu- sekolah yang ok cuam untuk pulau Jawa. Miris... Jadi, berbahagialah anda rut hemat saya masih memprihatinkan. semua yang tinggal di pulau Jawa. 28 Pertama, masalah infrastruktur, masih terdapat gedung sekolah yang tidak Pamungkas Edi Kurnianto 32 representatif untuk digunakan siswa untuk Kualitas pendidikan di Indonesia sangat belajar terutama pada sekolah tingkat memprihatinkan, Maknanya adalah, jelas ada 35 dasar s.d atas (SD s.d SMU). Kedua, masih something wrong (masalah) dalam sistem pen- mahalnya biaya pendidikan, masih terda- didikan Indonesia. Ditinjau secara perspektif 42 pat pungutan-pungutan liar dari oknum ideologis (prinsip) dan perspektif teknis (prak- guru di sekolah terutama pada sekolah tis), berbagai masalah itu dapat dikategorikan 44 tingkat dasar s.d atas (SD s.d SMU). Ketiga, dalam 2 (dua) masalah yaitu : Pertama, masalah kualitas guru/pengajar, masih banyak guru/ mendasar, yaitu kekeliruan paradigma pen- 47 pengajar yang hanya mengajarkan teori didikan yang mendasari keseluruhan penye- saja tidak memberikan penjelasan implikasi antara teori yang diajarkan lenggaran sistem pendidikan. Kedua, masalah- 49 dengan kondisi dunia kerja terutama pada tingkat universitas. Tapi saya masalah cabang, yaitu berbagai problem yang melihat sudah ada usaha yang serius dari pemerintah untuk meningkatkan berkaitan aspek praktis/teknis yang berkaitan dengan penyelenggaraan 51 anggaran pendidikan pada APBN. Kita tunggu saja implementasinya. pendidikan, seperti mahalnya biaya pendidikan, rendahnya prestasi siswa, rendahnya sarana fisik, rendahnya kesejahteraaan guru, dan sebagainya. 52 MyJalah 8 Edisi 5 - Mei 2009
  9. 9. 1 2 Jhonqdal kebangkitan dan kemajuan bangsa di bidang pendidikan. Dari seseorang 3 Menurut saya keadaan pendidikan di yang buta aksara, menjadi bisa. Dari yang maunya susah membaca jadi Indonesia pada saat ini adalah: Belum gemar membaca. Sesuatu hal yang sebenarnya sederhana, jika kita mau 4 mencukupi dari kabutuhan dasar di- meningkatkannya negara kita akan maju, dalam pembangunan dari aspek mana pendidikan yang diberikan masih pendidikan yang satu ini. Pemerintah pun dengan langkah-langkah yang 7 berupa pada tahap mengajarkan murid ada waktu demi waktu juga meningkatkan aspek pendidikan ini. Ujian bisa membaca dan berhitung saja, akan- Nasional bagi siswa ditingkatkan dari tahun ke tahun. Sudah saatnya kini 12 tetapi tidak mengajarkan murid mandiri masyarakat memang sadar akan pentingnya pendidikan. Dan Indonesia dan kreatif. pun sudah saatnya menjadi negara dengan orang-orang yang mempunyai 16 pendidikan ataupun skill yang terampil dan dapat diandalkan. Joean 20 Pendidikan di Indonesia saat ini masih belum Irfan Musthafa Kamil merata. Janji Pemerintah menggeratiskan Biaya Keadaan pendidikan indonesia saat 21 Pendidikan belum maksimal masih banyak orang sekarang ini secara umum, masih tidak mampu tidak bisa bersekolah karena tidak belum dapat dikatakan sebagai 24 bisa membayar biaya pendidikan. Pelajaran budi keadaan yang ‘cukup baik’. Dalam pekerti harus di aktifkan lagi karena begitu ba- arti segala infrastruktur yang sangat 25 nyak generasi muda sekarang yang kurang tata vital untuk pembangunan pendidi- krama dan sopan santun. Pendidikan agama juga kan yang menuju ke arah SDM yang 28 harus di prioritaskan agar generasi muda punya berkualitas belum direalisasikan tuntunan dalam era globalisasi sekarang ini. biar mereka bisa mengontrol secara merata di seluruh penjuru 32 emosi dan tidak mudah terpengaruh dengan himpitan hidup sekarang ini. indonesia, terutama ketersediaan tenaga pengajar yang benar da- 35 Dicki Arisandi pat mendidik para siswanya untuk Berbicara Masalah Pendidikan. Bulan Mei berpikir dan mencetak paradigma 42 adalah bulan yang kita kenal sebagai bulan dalam pengajaran tentang keberlangsungan belajar dalam hidup (longlife pendidikan. Tidak lepas dari sejarah masa learning) dan cara mengaplikasikan apa yang sudah diberikan di sekolah 44 lalu. Pendidikan Di Indonesia ini merupakan ke dalam kehidupan nyata yang menjadi fondasi utama dalam pendidikan modal utama dalam pembangunan bangsa. dan pembangunan suatu masyarakat. Apabila hal itu sudah bisa ditanam- 47 Baik pembangunan sumber daya manusia kan pada masyarakat, maka sarana & prasarana lain seperti infrastruktur ataupun juga mempengaruhi pembangunan fisik (seperti bangunan, buku, komputer, perpustakaan publik, dll) akan 49 di segala bidang. Aspek yang satu ini banyak bisa sedikit demi sedikit direalisasikan oleh masyarakat sekitar karena mempengaruhi masalah masalah yang ada di pentingnya pendidikan itu sendiri dengan sendirinya dan tentunya dari 51 sekitar kita. Dari sejak jaman dahulu, sosok pemerintah pula sebagai regulator dan pengayom masyarakat. seorang R.A. Kartini pun menjadi sebuah 52 MyJalah 9 Edisi 5 - Mei 2009
  10. 10. 1 2 Febrian Setiadi mentalnya adalah mental kolusi maka akan jadi apa siswa-siswa nya. Saya 3 Pendidikan di Indonesia adalah sebuah Pekerjaan yakin masih ada guru seperti Bu Muslimah di Laskar pelangi yang tulus dan Rumah yang besar bagi kita semua. Menurut saya penuh kasih, guru seperti inilah yang bisa membentuk 4 setidaknya ada 3 masalah dasar, yaitu sistem pen- karakter siswa sejak dini. Memang siswa yang baik tidak selalu dibentuk didikan, tenaga pendidik, dan siswanya sendiri. Ada dari guru yang baik, tapi guru yang baik bisa merubah siswa yang biasa2 7 yang salah dalam sistem pendidikan indonesia, kita saja menjadi brilian ambil contoh sederhana, seorang siswa SMP atau Dibalik itu semua, tingkat pendidikan Indonesia dibandingkan negara 12 SMA yang hampir semuanya mengikuti bimbingan lain, jika dilihat dari partisipasi di kompetisi atau olimpiade internasional belajar di akhir kelulusannya untuk mencapai ting- tidaklah kalah. Ada banyak pemenang medali di berbagai kompetisi dan 16 kat pendidikan selanjutnya, bimbel untuk SNPTN Olimpiade Internasional, 2-3 tahun yang lalu pemenang medali emas Ab- intensif dan lain2 itu terjadi karena sistem pen- solut untuk Olimpiade Fisika Internasional (IPHO) berasal dari Indonesia. 20 didikan yang sakit. Bahwa masih terjadi gap antara universitas dan lulusan Potensi inilah yang perlu ditemukenali dari awal, dan terus dibina, dan jika SMU/SMK, masalah ini mulai diatasi dengan mulai dianggapnya hasil UN sudah menjadi siswa brilian, jangan sampai dibajak negara tetangga, hehe. 21 untuk seleksi masuk universitas di tahun 2010. Memang biasanya orang-orang pintar tersebut dari awal memang ‘diba- Kedua, di level pendidikan menengah, ada kebijakan batas nilai kelulusan jak’ oleh negara lain, NTU dari Singapura misalnya, menawarkan beasiswa 24 UN yang kerap menjadi kontroversi, memang agak tidak wajar mengingat penuh untuk pemenang medali Internasional. Lalu apa kompensasinya?, tingkat pendidikan diseluruh wilayah indonesia sungguhlah tidak merata, ada ikatan dinas 10 tahun untuk bekerja di 25 dari mulai siswa, tenaga pendidik, kurikulum sampai ke siswanya sendiri. Singapura, membangun Singapura. Ironis memang. Maju terus pendidikan Padahal yang paling tau kemampuan siswa adalah guru di sekolah terse- Indonesia! 28 but, apa efeknya?, hal ini dijadikan sebagai gimmick bagi sekolah, Sekolah A tingkat kelulusan 100%, pasti sekolah berkualitas, meskipun belum Sukma Nugraha 32 tentu. Sampai sekarang saya selalu berang- Yang nyatanya bahwa karena gimmick tersebut, setiap sekolah berusaha gapan bahwa pendidikan di negeri ini 35 meluluskan setiap siswanya, jadi baru 100% lulus secara de Jure. Untuk hal kerap kali dilihat sebagai solusi jangka ini perlu ada komite audit pendidikan independen dari pemerintah untuk panjang. Tetapi saking panjangnya 42 mengkaji lebih lanjut hal ini, seperti KPK nya pendidikan lah, hehe.. malah jadi semakin tidak terurus :-) Masalah lain yang nggak kalah seru adalah, dari tenaga pengajar itu sen- Buat saya, bukan sekolah/pendidikan 44 diri, dari selentingan kemarin bakal ada kenaikan kesejahteraan untuk para gratis yang dibutuhkan melainkan guru. Maka berbondong-bondonglah semuanya menjadi PNS khususnya pendidikan berbasis budi pekerti 47 tenaga pendidik, apa yang terjadi?, sebelum kesejahteraan guru dinaikkan seperti visi pendidikan Ki Hadjar pun, banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk menjadi seorang Dewantara. Pendidikan yang membe- 49 guru meski berujung penipuan, ironis. Untuk menjadi seorang guru SMP baskan jiwa, memerdekakan manusia misalnya, harus membayar minimal 60 juta kepada oknum tertentu yang untuk berkembang sesuai dengan 51 memberikan NIK atau yang memberi SK. Sayangnya, pada guru-guru inilah potensi masing-masing sehingga tiap- pola karakter dasar siswa dibentuk, guru selayaknya digugu dan ditiru, jika tiap orang menjadi berdaya. 52 MyJalah 10 Edisi 5 - Mei 2009
  11. 11. 1 2 Anita Pratanti Hadi Wibowo 3 Pada dasarnya pendidikan di Hohoho... bingung jg utk membuat persespsi Indonesia saat ini sudah lebih maju ttg pendidikan di Indonesia secara global. 4 dibandingkan dengan masa-masa terlalu tidak adil utk mengambil benang yang lalu. Contohnya, banyak hal merah untuk sekedar membuat pendapat 7 yang sudah dipelajari oleh anak- dari setiap kesenjangan yg terlihat oleh mata, anak/pelajar SD masa kini, yang pendidikan di indonesia yg perkembangan- 12 dulu baru dipelajari oleh pelajar nya terlihat begitu lambat ga bs serta merta SMP bahkan mungkin baru di SMA. kita salahkn kepada pemerintah ataupun 16 Banyak hal yang memudahkan anak- kepada instansi pendidikan, mgkn mrk pny anak sekarang untuk mengakses tnggung jwb besar untuk menjawab keberhasilan pendidikan di Indo- 20 informasi dari berbagai sumber, nesia tp ap iya kita jg bakal lepas tangan. bagaimana dgn pendidikan di baik melalui berbagai macam ba- lingkungan mereka, bagaimana dengan pendidikan yang mereka dapat- 21 caan (buku-buku), maupun referensi kan di rumah?? kita bs mulai dari ap yg kita bisa utk memulai perubahan (dari internet). Sudah banyak pula pendidikan indonesia ke arah yang jauh lebih baik,, jangan cuma menuntut 24 pelajar-pelajar Indonesia yang me- tanpa ada aktualisasi yang mengarah pada perbaikan, bkn cuma aktifitas menangkan lomba-lomba bertaraf fisik yg terlihat tp kdg sebagian orang hanya mampu berbagi ide, pikiran 25 Internasional, seperti Olimpiade Fisika, Matematika, dsb. ato pendapat yg menurut gw semuanya bs dimaksimalkan untukmencapai Namun yang menjadi persoalan adalah semakin banyak pengetahuan yang tujuan yg diharapkan. CAYOOO.. 28 harus dipelajari, yang terkadang membuat para pelajar tersebut menjadi kurang fokus dalam memahami setiap bidang pengetahuan yang dipela- TAMPILKAN PENDAPAT ANDA 32 jarinya. Hal lain yang juga menjadi persoalan adalah kurang meratanya pendidikan DI MYJALAH EDISI BERIKUTNYA! 35 di Indonesia. Pendidikan di kota-kota besar, terutama yang ada di Pulau Jawa ternyata memiliki standar yang lebih tinggi daripada pendidikan di Halo readers! Berikut ini pertanyaan untuk rubrik PENDAPAT di 42 luar Jawa. MyJalah edisi berikutnya di bulan Juni 2009: Tentunya tidak hanya guru-guru yang berkualitas yang diperlukan untuk 44 mengatasi persoalan-persoalan di atas, namun juga komitmen pemerintah Presiden seperti apa yang ideal untuk Indonesia sekarang ini? untuk mau mengalokasikan anggaran yang lebih besar lagi bagi dunia pen- Dan siapa orang yang cocok untuk itu? (boleh siapapun dan 47 didikan di Indonesia, yang dapat terserap tidak hanya di satu-dua tempat dari profesi apapun). saja, tapi juga menyeluruh ke seluruh pelosok Indonesia. Selain itu para 49 pendidik-pun (guru maupun orang tua) perlu lebih memperbaharui pola E-mail jawaban Anda, sertakan data UMUR, PROFESI, alamat SITUS/ pengajaran mereka, agar lebih sesuai dengan tuntutan jaman, dan sesuai BLOG Anda dan jangan lupa untuk lampirkan file FOTO PRIBADI 51 pula dengan karakteristik dan sifat pelajar saat ini. Anda. Kirim ke: pendapat@myjalah.com 52 MyJalah 11 Edisi 5 - Mei 2009
  12. 12. 1 2 KOLOM 3 “Internet : 4 Tempat Belajar Murah 7 dan Lengkap” 12 Oleh : Oki 16 Di masa lalu, saat kita ingin mem- gaimana jika tempat belajarnya di sejumlah wilayah kota kecil Belajar merupakan hal mut- pelajari sesuatu keahlian khusus pun terlalu jauh atau bahkan sekalipun. Berbagai layanan 20 lak untuk dilakukan orang seperti bahasa asing, komputer, tidak ada di wilayah tempat ting- untuk mencari dan berbagi sepanjang waktu untuk dapat akuntansi, dsb, yang terjadi ada- galnya? Bagaimana jika orang itu informasi seperti search engine, 21 tetap berkarya dan bertahan lah begitu sibuknya kita mencari tidak memiliki waktu yang cukup e-mail, portal, forum, blog, dsb, hidup. Namun bagi sebagian lembaran-lembaran brosur untuk mendatangi pergi ke lokasi telah disediakan oleh sejum- 24 besar orang belajar di suatu penawaran tempat kursus untuk belajar dan mengikuti kelasnya? lah perusahaan dan kelompok institusi pendidikan terasa mempertimbangkan kualitas dan Haruskah hasrat seseorang untuk orang yang menguasai teknologi 25 begitu berat dengan biayanya harganya. Bahkan tak segan- mempelajari sesuatu harus pu- internet. yang tinggi. Salah satu solusi segan kita mensurvey tempatnya pus hanya karena faktor-faktor 28 yang relatif murah untuk be- Search Engine, Mencari dengan mendatanginya hanya tersebut? Untuk itu, ada solusi lajar saat ini adalah internet, Apapun yang Anda Mau untuk sekedar melihat lokasi dan sederhana yang dapat diusa- 32 gudang informasi tanpa batas bangunannya dari pinggir jalan. hakan agar seseorang dapat dari berbagai bidang. Selanjutnya kita akan mengi- mendapatkan sejumlah wawasan Google dan Yahoo adalah dua 35 kuti proses pengisian formulir dan pemahaman tentang bidang istilah yang mungkin paling se- pendaftaran sekaligus mem- yang diminatinya, yaitu melalui ring Anda dengar dari kalangan 42 bayarkan sejumlah uang untuk Internet. pengguna internet. Fasilitas yang biaya belajar di tempat itu. sangat mengagumkan ini sebe- 44 Internet, sebuah layanan akses narnya masih belum dipergu- Di balik fenomena di atas terda- informasi global yang sudah nakan dengan begitu maksimal 47 pat sejumlah pertanyaan yang cukup tersebar luas keberadaan- oleh sejumlah besar masyarakat perlu diperhatikan, bagaimana nya dapat kita manfaatkan untuk kita, bahkan oleh pengguna 49 jika seseorang yang sangat mencari berbagai informasi internet sekalipun. ingin mempelajari sesuatu tidak penting dan berguna. Warnet, 51 memiliki biaya untuk mengi- kafe internet dan hotspot sudah Di ruang kerja, antar bilik-bilik kuti sekolah atau kursusnya? Ba- dapat ditemui dengan mudah meja para karyawannya masih 52 MyJalah 12 Edisi 5 - Mei 2009
  13. 13. 1 2 E-mail, Fasilitas Berkirim Pe- kerap terdengar pertanyaan- yang tersedia, lalu klik tombol internet sudah banyak penyedia 3 san Online pertanyaan seperti, “Eh, rumus Search, selanjutnya Google akan jasa e-mail gratis dengan ukuran nilai rata-rata di Excel itu apa mencarikan untuk Anda sejum- yang cukup besar seperti Yahoo 4 ya?”, yang sebenarnya per- lah link menuju halaman-halaman Di setiap kartu nama para pro- Mail, Google Mail, Hotmail, dsb. tanyaan semacam itu dapat website yang berkaitan dengan fesional sekarang ini, alamat 7 langsung terjawab jika mereka kata-kata yang Anda ketikkan e-mail adalah sesuatu yang wajib Dengan e-mail, kita dapat mengetikkannya di situs pencar- tadi. Jika tidak terdapat hasil hukumnya. Terlepas dari murah- menuliskan surat yang panjang- 12 ian seperti Google atau Yahoo. yang memuaskan dari kata-kata nya biaya SMS atau pun menele- nya tak terbatas dengan variasi berbahasa Indonesia, Anda pon dengan handphone CDMA tampilan huruf yang beragam, 16 Cukup akses ke situs www. dapat menggunakan kata-kata kesayangan, e-mail tetap meru- dari aspek jenis, ukuran dan google.com, ketikkan kata kunci berbahasa Inggris untuk menda- pakan layanan berkirim pesan warna. Dan yang paling pen- 20 atau pertanyaan Anda di kotak patkan hasil yang lebih banyak. yang paling penting. Di dunia ting adalah terdapatnya fasilitas 21 24 25 28 32 35 42 44 47 49 51 52 MyJalah 13 Edisi 5 - Mei 2009
  14. 14. 1 2 Portal, Situs Informasi Ber- untuk melampirkan sejumlah file karena penuh dan tercampur mendaftarkan dirinya untuk 3 sama seperti foto, dokumen, bahkan dengan informasi pribadi yang kemudian mendapatkan akses video sekalipun. tidak penting. Melalui e-mail, untuk mendapatkan informasi 4 seseorang juga dapat mengirim Berbeda dengan website kon- atau bahkan pemberitahuan E-mail merupakan elemen dan menerima lampiran file, vensional yang hanya menyedia- secara aktual tentang update 7 penting dalam aktivitas belajar sehingga memungkinkan adanya kan informasi searah dan hanya informasi yang muncul di portal melalui internet. Dalam sebuah aktivitas pengerjaan sesuatu se- berkisar pada sesuatu yang melalui e-mail pemberitahuan. 12 institusi belajar, guru dan pe- cara bersama-sama secara jarak lingkupnya kecil, portal pada serta belajar dapat saling berko- jauh. umumnya memberikan fasilitas Saat ini portal banyak dikelola 16 munikasi tanpa mengenal batas untuk menampung dan menyaji- oleh perusahaan-perusahaan tempat dan waktu. Berbeda kan sejumlah besar informasi. Di yang sengaja membangunnya 20 dengan melalui telepon ataupun mana di da- untuk mengajak semua orang SMS, e-mail cenderung mengar- lamnya mendatangi situsnya dan me- 21 sip semua surat yang masuk setiap nikmati informasi yang terdapat dan keluar, terlebih lagi orang di dalamnya. Dengan begitu, 24 jika ukuran penyim- dapat seperti media massa pada um- panan e-mailnya umnya, perusahaan dapat men- 25 cukup lega. jual space iklannya ke para calon Jika melalui pemasang iklan yang berminat 28 SMS, besar memasang iklan di websitenya. kemung- Dengan adanya portal-portal 32 kinan semacam ini, para pengguna akan internet akan mendapatkan 35 dihapus wadah-wadah informasi Inbox yang beragam dan lengkap. 42 atau- Hampir semua media massa pun pun membuat versi online- 44 Sent- nya, seperti Kompas.com, box- TempoInteraktif.com, dsb. 47 nya Sejumlah portal berbahasa Indonesia yang patut dikun- 49 jungi dalam rangka mencari informasi diantaranya 51 adalah Wikipedia. org, Fotografer.net, 52 MyJalah 14 Edisi 5 - Mei 2009
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×