Laporan 1 prk installasi

354 views
251 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
354
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Laporan 1 prk installasi

  1. 1. LAPORAN PRAKTIKUM INSTALASI DAN JARINGAN KOMPUTER “Memasang Kabel Jaringan” FANNY OKTAVIARTI 1102651 (3F3) PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2013
  2. 2. A. TUJUAN 1. Mengetahui dan menjelaskan mengenai apa saja bahan yang digunakan sebagai media implementasi jaringan. 2. Mengetahui dan dapat memasang konektor jaringan komputer dari berbagai jenis konektor. B. ALAT DAN BAHAN 1. Tang Klem untuk RJ-45 2. Kabel Tester (Untuk RJ-45 dan BNC) 3. Toolset 4. Kabel UTP 5. Konektor RJ-45 C. MATERI TEORITIS Jaringan komputer pada dasarnya jaringan kabel yaitu dihubungkanya kabel yang satu dengan yang lainya dalam satu system komputer. Masing-masing jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda, untuk itu dibuatlah pengenalan tipe kabel. Beberapa jenis kabel yang menjadi standar dalam penggunaan untuk komunikasi data dalam jaringan komputer adalah: Kabel Coaxial Jenis kabel dengan inti dari tembaga dan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lain, diantaranya terdapat isolator. Gambar 1. Kabel Coaxial
  3. 3. Dikenal dua jenis tipe coaxial cable untuk jaringan komputer, yaitu thick coax cable (mempunyai diameter lumayan besar) dan thin coax cable (mempunyai diameter lebih kecil). Untuk perangkat jaringan, kabel jenis coaxial yang dipakai adalah kabel RG-58. Jenis ini juga dikenal sebagai thin Ethernet. Setiap perangkat dihubungkan dengan konektor BNC-T. Twisted Pair Cable Terdiri dari dua jenis kabel, yaitu UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twister Pair). Kabel UTP atau STP yang umum dipakai adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel terpilin. Gambar 2. Kabel UTP dan Konektor RJ-45 Untuk menghubungkan client ke hub/router terdapat tipe penyambungan kabel jenis UTP, yaitu straight trough cable, crossover cable ditambah satu jenis pemasangan khusus untuk cisco router yaitu roll over cable. Perbedaannya, straight cable dipakai untuk menghubung-kan beberapa unit komputer melalui perantara konsentrator (hub/switch) maupun repeater, sedangkan crossover cable digunakan untuk media komunikasi antar komputer (tanpa hub/ switch) atau dalam kasus tertentu berguna untuk menghubungkan hub ke hub. Adapun cara pemasangan kabel UTP model straight trough: Straight trough T568A
  4. 4. Gambar 3. Pemasangan Straigh T568A Straight trought T568B Gambar 4. PemasanganStraight trought T568B Pemasangan kabel model cross over merupakan penggabungan dari model straight trough T568A (ujung A) dan T568B (ujung B). Jadi, pemasangan kabel pada pin 1, 2 pada ujung A menjadi pin 3, 6 pada ujung kabel B. Gambar 5. Pemasangan kabel cross over Fiber Optic Cable Merupakan kabel yang memiliki inti serat kaca sebagai saluran untuk menyalurkan sinyal antar terminal. Sering dipakai sebagai saluran backbone karena kehandalannya yang tinggi dibanding dengan kabel coaxial cable atau kabel UTP.
  5. 5. Gambar 6. Kabel fiber optic Setiap PC dihubungkan kejaringan internet dengan perantaraan Neteork Interface Card (NIC) yang cocok untuk digunakan dengan kabel coax, twisted pair, atau fiber optic. Agar dapat digunakan, semua NIC harus memiliki device driver untuk setia system operasi. Device driver ini dapat diperoleh dari pembuat operating system maupun dari pembuat NIC itu sendiri. D. LANGKAH KERJA 1. Untuk memulai praktikum siapkan seluruh alat dan bahan yang butuhkan. 2. Potonglah kabel sesuai panjang yang diperlukan yaitu dengan cara (membuang) mengupas bagian pelindung luar kabel, kemudian bersihkan dan rapikan kedua ujung kabel. Gambar 7. Tampak Kupasan Kabel UTP 3. Susunlah warna urutan kabel sesuai dengan kebutuhan apakah kabel digunakan pada hub/switch ke PC atau untuk pemasangan dua buah computer saja. Untuk keperluan pemasangan kabel berikut urutan warna kabel untuk keperluan straigh dan cross. Tabel 1. Susunan kabel yang benar dalam suatu jaringan menggunakan kabel UTP (Kabel Streigh)
  6. 6. Putih Orange Orange Putih Hijau Biru Putih Biru Hijau Putih Cokelat Cokelat 1 2 3 4 5 6 7 8 Putih Orange Orange Putih Hijau Biru Putih Biru Hijau Putih Cokelat Cokelat Tabel 2. Susunan kabel untuk 2 komputer tanpa HUB/Switch (Kabel Crossover) Putih Orange Orange Putih Hijau Biru Putih Biru Hijau Putih Cokelat Cokelat 1 2 3 4 5 6 7 8 Putih Hijau Hijau Putih Orange Biru Putih Biru Orange Putih Cokelat Cokelat 4. Urutkan pemasangan kabel pada konektor dengan urutan seperti gambar berikut ini. Susunan Kabel Straight Susunan Kabel CrossOver Gambar 8. Posisi urutan kaki pada konektor RG-45 5. Setelah kabel dimasukkan ke konektor, lalu klem (jepitlah) konektor dengan tang klem hingga terminal-terminal menjepit kabel dengan kuat.
  7. 7. 6. Pasang kedua ujung kabel dengan konektor, lalu lakukan pengujian dengan menggunakan kabel tester. 7. Setelah berhasil melakukan pemasangan kabel pada konektor dengan pengetesan dengan kabel tester, rapikan peralatan dan bahan yang telah digunakan. E. EVALUASI DAN ANALISIS 1. Jelaskan perbedaan kabel UTP dan STP ? Jawaban: Perbedaan paling besar dari kabel UTP dan STP ini adalah pada material kabel dan bahan pembungkus kabel. pada UTP, material logam maupun isolator lebih lunak dan material pembungkusnya juga lunak. berbeda dengan UTP, STP material logamnya lebih keras dan secara ukuran lebih besar sedikit. isolatornya pun lebih keras. Sehingga waktu proses crimping, tangan sampai lecet-lecet. Istimewanya adalah material pembungkusnya, pertama terdapat pembungkus plastik bening tipis. kedua alumunium foil dan ada satu kawat yang fungsinya untuk ground. Paling luar lapisan pembungkus mirip dengan UTP, tetapi lebih tebal dan lebih liat, warnanya pun bukan abu-abu tetapi putih. 2. Kenapa pada kabel UTP/STP kabel berjumlah 8, sedangkan yang dipasang / yang digunakan (seperti pada gambar 5) hanya sebanyak 4 terminal ? Jawaban: Karena prinsip kerja yang digunakan oleh saluran utama hanya 4 terminal saja yaitu TX(-) TX(+) RX(-) RX(+) 3. Buatlah kesimpulan dari praktkum yang telah dilakukan. Jawaban: Jaringan komputer pada dasarnya yaitu hubungan antara duabuah komputer atau lebih dimana hubungan tersebut menggunakan kabel yang satu dengan yang lainya dalam satu kesatuan sistem komputer, dimana setiap kabel mempunyai spesifikasi tersendiri.
  8. 8. Ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum, yaitu twisted pair (UTP unshielded twisted pair dan STP shielded twisted pair) dan coaxial cable. Tipe kabel yang lain adalah fiber optic, tipe kabel ini mempunyai kecepatan transfer data cukup tinggi. Dengan demikian harga untuk tipe kabel fiber relative mahal. Pada praktikum ini kami menyusun kabel jenis UTP (Kabel Straight) dan kabel untuk 2 computer tanpa HUB/Switch (Kabel Cross). Langkah-langkah yang di lakukan adalah : Pertama: potonglah kabel sesuai dengan panjang yang diperlukan yaitu dengan cara (membuan) mengupas bagian pelindung luar kabel, kemudian bersihkan dan rapikan kedua ujung kabel.Kedua: Susunlah warna urutan kabel sesuai dengan kebutuhan apakah kabel dipergunakan pada hub/switch ke PC atau untuk pemasangan dua buah computer saja. Untuk keperluan pemasangan kabel berikut urutan warna kabel untuk keperluan straight dan crosh.

×