Tekanan gas dalam ruang tertutup

20,395 views

Published on

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
20,395
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
25
Actions
Shares
0
Downloads
234
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tekanan gas dalam ruang tertutup

  1. 1. Tekanan Gas Dalam Ruang Tertutup Partikel-partikel gas akan senantiasa bergerak. Partikel-partikel gasdidalam sebuah ruangan yang tertutup akan memberikan tekanan pada dinding ruang.Misalnya, suatu gas yang mengandung sejumlah partikel berada dalam suatu ruangyang berbentuk kubus dengan sisi L dan luas masing-masing sisinya A .
  2. 2. Partikel yang massanya m0 bergerak dengan kecepatan vx dalamarah sumbu x . Partikel menumbuk dinding sebelah kiri yang luasnya A dengankecepatan vx. Karena tumbukan bersifat lenting sempurna, maka partikel akanterpantul dengan kecepatan - vx .Hal ini berpengaruh terhadap momentumpartikel , sebelum molekul menumbuk dinding momentumnya mvX . Setelahmenumbuk dinding molekul dan berubah arahnya,sehingga momentumnyamenjadi -mvX. Jadi, setiap kali molekul menumbuk dinding, molekul tersebutmengalami perubahan momentum sebesar selisih antara momentum sebelumtumbukan dan momentum setelah tumbukan.
  3. 3. P : Tekanan gas (Pa atau N/m2 )p : Momentum molekul gas (Kg m/s2 )V : Volum gas (m3 )v : Kecepatan (m/s2 )N :Jumlah Partikelmo : massa sebuah partikel gas (Kg) : Rata-rata kuadrat kecepatan (m/s2 ) : Energi Kinetik Rata-rata (Joule)F :Gaya (newon)
  4. 4. Perubahan momentum yang terjadi pada partikel gas X dirumuskan: = p1 – p2 = mo vx – (- mo vx) = mo vx + mo vx = 2mo vxPartikel akan kembali menumbuk dinding yang samasetelah menempuh jarak 2L, dengan selang waktu: =
  5. 5. Besarnya tekanan gas dalam kubus adalah :Apabila total gas adalah N molekul dengan komponen kecepatan , makam1=m2=m3=mo
  6. 6. adalah rata-rata kuadrat kecepatan partikel gas pada sumbu x. Dan sebuah ruang (Kubus) merupakan bangun 3 dimensi,Jadi selain mempunyai komponen x ,Kubus juga memiliki komponen y dan komponen z.Partikel-partikel gas tersebut bergerak ke segala arah dengan laju yang tetap(sama), sehingga:Besarnya adalah jumlah dari v di komponen x,y ,dan z.
  7. 7. Jika dimasukkan ke dalam persamaanMaka akan diperoleh :
  8. 8. Tentunya kita masih mengingat mengenai energi kinetik.Jika persamaan energi kinetik dimasukkan ke dalam persamaan tekanan gas tadi ,maka akan menghasilkan sebuah persamaan baru.
  9. 9. Jika diketahui Volume sebuah tangki adalah 10 liter, dan jumlah partikel gas 12,04 . 1023 partikel,Maka tentukanlah besarnya energi kinetik rata-rata jika tekanan gas dalam tangki 18461,3 Pa !
  10. 10. Sebuah tangki yang volumenya 50 liter mengandung 3 mol gas monoatomik.Jika energi kinetik rata-rata yang dimiliki setiap gas adalah 8,2 . 10-21 J, tentukanbesar tekanan gas dalam tangki?

×