Konsep dasar perangkat lunak kompress
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
2,852
On Slideshare
2,852
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
63
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. KONSEP DASAR PERANGKAT LUNAK1. Operating Sistem2. Control Program3. Memory Management4. Processor Management5. Languange Sofware6. Aplication Software
  • 2. Kategori Perangkat Lunak1. Perangkat lunak sistem operasi (operating System) yaitu; program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer.2. Perangkat lunak bahasa (languange Software), yaitu; suatu program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti komputer.3. Perangkat lunak bahasa mesin (System Software), yaitu; program yang ditulis dan diterjemahkan oleh languange software untuk menyelesaikan suatu menyelesaikan suatu aplikasi tertentu.
  • 3. HardwareOperating SystemLanguange SoftwareApplications SoftwareUser
  • 4. Operating Sistem (Sistem Operasi) Banyak disebut dengan Operating System OS,merupakan program yang ditulis untukmengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatandari sistem komputer. OS bisa bertindak multifungsi. Istilah lain dari OS adalah, monitor, executive,supervisor, controller atau master control program. Fungsi dari OS melakukan tugas penjadwalansistem (perform system schedulling) dan menanganiinterupsi sistem (handling system interuption)
  • 5. Control Program Control program umumnya sebagiandisimpan di main memory tepatnya di ROM.Control program ini disebut juga denganresident program atau resident routine.Sebagian control program yang lain tersimpandi disk disebut dengan transient program atautransient routine. Control program yangtersimpan di disk disebut dengan disk operatingsystem (DOS), karena tempatnya berada di diskdan yang terletak di tape disebut dengan TOS(tape operating system).
  • 6. Memory Management (Manajemen Memori)Tergantung dari operating system dan perangkat kerasnya, manajamen memori dapat berupa :1. Single contiguous allocation (alokasi dengan batas tunggal)2. Partitioned allocation (alokasi dengan penyekat/partisi)3. Rellocatable partioned allocation alokasi dengan partisi yang dapat ditempatkan kembali)4. Paged allocation (alokasi dengan halaman)5. Demand paged allocation (alokasi dengan halaman yang dibutuhkan)6. Segmented allocation (alokasi dengan segmen/bagian)
  • 7. Processor Management(Manajemen Prosesor)Fungsi dari processor management adalah :1. Melakukan tugas penjadwalan sistem (perform system schedulling)2. menangani interupsi sistem (handling system interuption)
  • 8. Tugas management processor melakukanpenjadwalan dilakukan oleh OS yaitu ;1. Overlapped processing, penjadwalan yang dilakukan OS dengan cara sebuah program melakukan operasi input, program lainnya melakukan penampilan output.2. Multi programming, meletakkan lebih dari satu program ke main memory dengan membagi main memory menjadi beberapa partisi. Tiap partisi akan menyimpan sebuah program.3. Multi processing, suatu sistem komputer yang menggunakan cara multiprocessing jika memakai lebih dari satu CPU. Jadi instruksi-instruksi dari beberapa program yang berbeda dapat dijalankan secara serentak.
  • 9. Non overlapping Processing Pekerjaan 1 Pekerjaan 2 Pekerjaan 3 Proses Proses Proses
  • 10. Overlapping proses dengan menggunakan Channel : CPUTerminal Tape Drive Disk Drive Printer
  • 11. Tugas manajemen Processormenangani Interupsi sistem ;1. Device management, adalah penanganan dari OS terhadap alat-alat I/O supaya bekerja sesuai dengan yang diinginkan secara efisien dan efektif.2. Information management, suatu sistem komputer yang menggunakan simpanan luar seperti disk magnetik.
  • 12. Operating System Service ;Text Editor, merupakan suatu program yang disediakan untuk menuliskan suatu teks atau program aplikasi yang akan direkamkan ke dalam suatu file di disk magnetik.Linkage Editor atau linker, merupakan program yang digunakan untuk mengkonversikan object program yangs udah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin ke program yang siap untuk dijalankan (executable program).Debugger atau debugging aid (pelacak), merupakan program fasilitas OS untuk melacak dan membetulkan kesalahan program yang sudah berbentuk bahasa mesinCommand (perintah langsung), digunakan untuk menangani disk, file dan peripheral. Command dapat berbentuk internal command atau eksternal command, contoh pada MS-DOS atau PC-DOS.
  • 13. Languange Software Berfungsi sebagai penterjemah antara program yang ditulis dengan bahasa awam sehari-hari menjadi bahasa mesin (machine languange), languange software dapat dikategorikan sbb ; 1. Asembler 2. Compiler 3. Interpreter
  • 14. AssemblerMerupakan program yang digunakanuntuk menterjemahkan program aplikasiyang ditulis dengan bahasa perakit(assembly languange) atau bahasapemprograman simbolis (simbolicprogramming languange) menjadi bahasamesin.
  • 15. Proses pembuatan source program menjadi object program
  • 16. CompilerAdalah suatu bahasa tingkat tinggi digunakan sebagai penterjemah dari bahasa assembly yang masih tetap sulit, hal ini karena ;1. Penulis program harus mengetahui susunan serta fungsi dari masing-masing register di processor.2. Harus mengetahui dengan persis cara alokasi komputer yang digunakan.3. Harus mengetahui fungsi-fungsi yang disediakan oleh OS dan lain-lain.
  • 17. Proses KompilasiSource KompilerProgram Kompilasi Objek Listing Program error
  • 18. InterpreterInterpreter Merupakan program untukmenterjemahkan program yang ditulisdengan bahasa tingkat tinggi menjadibahasa mesin. Interpreter berbedadengan compiler.Kenapa berbeda ? Coba kita lihat secaraanalogi perbedaan interpreter dengancompiler....
  • 19. Anda memberikan semua bahan kepada penterjemah Sang Penterjemah menterjemahkan semua bahan kedalam bahasa isyarat, mengadakan komunikasi dan menampung hasil komunikasi. Orang bisu tuliDiagram : Analogi dari Compiler
  • 20. Sang Penterjemah langsungAnda memberikan Orang bisu menterjemahkan bahan yangsebagian-sebagian diterima, dikomunikasikankepada penterjemah dan langsung memberikan hasilnya kepada anda Gambar : Analogi dari Interpreter
  • 21. Application Software Adalah Perangkat lunak yang digunakan untukmembantu pemakai (user) komputer untukmelaksanakan pekerjaannya. Languange softwareyang yang dapat berbentuk assembler, compilerataupun interpreter. Saat ini sudah banyak program aplikasi yangtersedia dalam bentuk paket-paket program yangsudah ditulis oleh orang lain atau olehperusahaan-perusahaan perangkat lunak
  • 22. Terima kasihSelamat Belajar .. e-mail ; nizar_plg@yahoo.com
  • 23. Microsoft Apple