• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Tik_ Pengertian Browser
 

Tik_ Pengertian Browser

on

  • 118 views

 

Statistics

Views

Total Views
118
Views on SlideShare
118
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Tik_ Pengertian Browser Tik_ Pengertian Browser Presentation Transcript

    • 1 •Pengertian Browser 2 •Sejarah Browser 3 •Fungsi Browser 4 •Macam-macam Browser
    • SEJARAH BROWSER Pertama kali web browser dibuat oleh Marc Andreessen merilis Mosaic, yang kemudian dikenal sebagai Netscape, yang membuat internet booming pada tahun 1990-an. Mosaic dirilis pada tahun 1993 dan Andreessen segera mendirikan perusahaan sendiri, bernama Netscape, dan merilis Mosaic-Influenced Netscape Navigator pada tahun 1994, dan menjadi web browser paling populer di dunia saat itu. Setelah itu raksasa PC dunia, Microsoft memutuskan untuk memasuki pasar dengan Internet Explorer yang ditambahkan secara langsung dengan Windows. Internet Explorer mendominasi pasar web browser dengan menguasai lebih dari 95 persen pada tahun 2002. kemudian Opera mulai pun keluar pada tahun 1996, meskipun belum pernah menduduki puncak secara global, tetapi penggunanya terus meningkat seiring dengan banyaknya pengguna ponsel atau smartphone. Netscape kemudian mengubah namanya menjadi Mozilla Firefox pada tahun 2003. Pada Januari 2003 Apple merilis web browser Safari. Pada April 2011, saham Safari web browser di dominasi oleh Apple. Pada September 2008 Google merilis web browser Google Chrome. Web browser Google Chrome terus meningkat penggunaannya dari 8 persen menjadi 16 persen dengan mendekati pangsa pasar Internet Explorer. Pada September 2011 Chrome menyalip Internet Explorer dan menjadi browser yang paling banyak digunakan di dunia.
    • 1. Netscape Navigator Netscape navigator adalah perangkat lunak penjelajah web yang terkenal di Era 90-an sebelum hadirnya internet explorer (IE) yang dikembangkan oleh netscape communication corporation serta dipelopori oleh mahasiswa lulusan NCSA (National Center of Supercomputer Application di University of Illionis) dan programer programer paruh waktu. Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation. Browser ini merupakan salah satu dari browser tertua dengan maraknya evolusi internet. Dan menurut wikipedia netscape navigator ini adalah browser web gagasan mozilla firefox. Tapi sayangnya netscape navigator ini telah dihentikan dukungannya oleh pihak pendukung yaitu AOL, Dan memberikannya kepada mozilla foundation.
    • 2. Internet Explorer (IE) Internet explorer yang bisa disingkan IE atau MSIE adalah perangkat lunak untuk browsing internet besutan microsoft yang gratis. internet explorer versi 1 ini diluncurkan pada 16 Agustus 1995. Bahkan tujuh tahun silam, Microsoft boleh berbangga, sebab Internet Explorer 5 adalah web browser terbaik yang ada. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan. Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai browser default disemua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.
    • 3. Opera Opera Mini menjadi salah satu web browser yang populer di kalangan telepon seluler. Opera adalah browser internet, paket perangkat lunak internet antar platform. Opera browser ini dibuat oleh Opera software yang ada di Oslo, Norwegia. Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994. Kala itu Opera merupakan sebuah proyek penelitian di Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Opera dikenal memiliki banyak fitur yang akhirnya ditiru oleh kompetitornya. Dan juga opera browser ini hanya memiliki pangsa yang sedikit. Tetapi untuk penjelajahan internet di hp opera minilah yang nomer satu Selain itu Opera juga menawarkan banyak fitur seperti browser pop-up, integrasi dengan tool translasi, filter URL, low bandwith dan banyak lagi Dengan logo " O " berwarna merah , banyak kalangan yang mengakui kelebihannya. Kelebihan utama browser Opera adalah mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain.
    • 4. Mozilla firefox Browser yang aslinya bernama phoenix ini dikembangkan oleh yayasan mozilla dan ratusan sukarelawan. Yang pasti browser mozilla firefox ini gratis dan bisa dihampir semua OS, semisal windowsXP. Browser ini memiliki keunggulan dalam hal tampilannya yang cukup sederhana. Kinerja akses internetnya Logo Mozilla Firefox memiliki kecepatan yang sangat tinggi, baik untuk download, maupun upload file. Mozilla Firefox versi 1.0 diluncurkan pada 9 November 2004 dan sekarang telah sampai ke versi paling ahkir 5. Bahkan sekarang ini FireFox untuk ponsel sudah dikembangkan untuk sistem operasi Maemo(Sistem operasi yang dikembangkan oleh Nokia dan Intel) dan Android(Sistem operasi milik perusahaan besar Google). Pada versi awalnya FireFox tersebut memiliki kelemahan yaitu akan "crash" jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.
    • 5. Google Chrome Google chrome adalah penjelajah internet besutan Google dengan menggunakan mesin wedering WebKit yang dinamakan Chromonium. Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Google Chrome saat ini bahkan menyediakan web browser terbaru mereka yaitu "Google Chrome With 3D" Browser 3D ini dapat terwujud karena adanya HTML5. HTML yang merupakan singkatan Hyper Text Markup Language merupakan file teks/file ASCII dan berisikan intruksi untuk browser agar menampilkan suatu tampilan grafis pada sebuah halaman web.
    • 6. Safari Browser Safari adalah browser internet buatan Apple inc. Sebenar safari browser berlogo gambar kompas ini ditujukan oleh sistem operasi MAC OS, tapi sekarang sudah bisa dipasang di OS keluarga windows. Browser Safari sekarang ini merupakan browser andalan untuk produk buatan Apple seperti komputer Mac, tablet iPad, ponsel iPhone, dll.