Your SlideShare is downloading. ×
Sejarah Perjuangan Hmi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Sejarah Perjuangan Hmi

8,377
views

Published on

Published in: Spiritual

1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
8,377
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
167
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. SEJARAH PERJUANGAN HMI Oleh: SOHIB MUSLIM Disampaikan Pada LK I Komisariat DAKWAH
  • 2. APA ITU SEJARAH……?  Sejarah adalah pelajaran dan pengetahuan tentang perjalanan masa lampau umat manusia mengenai apa yang dikerjakan, dikatakan dan dipikirkan manusia pada masa lampau, untuk menjadi cerminan dan pedoman berupa pelajaran, peringatan, kebenaran bagi masa kini dan mendatang untuk mengukuhkan hati manusia. KALAU PEJUANGAN…?  Perjuangan adalah suatu kesungguhan yang disertai dengan usaha yang teratur, tertib, dan terencana untuk mengubah suatu kondisi yang buruk kepada kondisi yang baik sebagaimana kita kehendaki menuju keridhoan Allah SWT.
  • 3. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)  merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang turut andil membantu perjuangan bangsa Indonesia. HMI lahir dari kalangan mahasiswa yang memahami situasi dan kondisi bangsa Indonesia dan juga keadaan Islam pada saat itu. HMI berawal dari sekumpulan mahasiswa dan mahasiswi STI—yang sekarang berubah jadi UII—yang dipelopori oleh Lafran Pane, seorang nasionalis muslim. Pada tanggal 5 Februari 1947 bertepatan dengan 13 Rabiul Awal 1366 H, dari sebuah ruang kelas STI, Lafran Pane dan 14 orang mahasiswa- mahasiswi mendeklarasikan organisasi mahasiswa yang berlandaskan Islam, yaitu Himpunan Mahasiswa Islam atau disingkat HMI.
  • 4. Beberapa hal yang mempengaruhi latar belakang berdirinya HMI, yaitu;  Pergerakan pemikiran Islam dan situasi Dunia Internasional saat itu.  Situasi NKRI yang baru merdeka 2 tahun setelah dijajah [terutama] oleh Belanda sehingga menimbulkan dampak diberbagai aspek.  Kondisi umat Islam pada saat itu, yakni kesenjangan dan kejumudan umat Islam dalam pengetahuan, pemahaman, dan penghayatan serta pengamalan ajaran Islam.  Kondisi Perguruan Tinggi dan Dunia Kemahasiswaan.
  • 5. Pada awal pembentukan, HMI bertujuan diantaranya;  Mempertahankan dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia  Menegakkan dan mengembangkan ajaran Islam
  • 6. Faktor pendukung berdirinya HMI antara lain:  Posisi dan arti kota Yogya saat itu, yaitu sebagai ibu kota negara, pusat pergerakan Islam, Pusat kebudayaan, dan berada di tengah pulau Jawa.  Kebutuhan Penghayatan dan Keagamaan Mahasiswa. Dan adanya tuntutan kemerdekaan bangsa Indonesia. Faktor Penghambat berdirinya HMI antara lain:  PMY (Perserikatan Mahasiswa Yogyakarta)  GPII (Gerakan Pemuda Islam Indonesia)  PII (Pelajar Islam Indonesia)
  • 7. Fase-Fase Perkembangan HMI dalam Perjuangan Bangsa Indonesia:  Fase Konsolidasi Spiritual dan Proses Berdirinya HMI (November 1946-5 Februari 1947)  Fase Berdiri dan Pengokohan (5 Februari-30 November 1947)  Fase Pertumbuhan dan Perkembangan HMI (1950- 1963)  Fase Tantangan I (1964-1965)  Fase Kebangkitan HMI sebagai Pelopor Orde Baru (1966-1968)  Fase Pembangunan (1969-1970)  Fase Pergolakan dan Pembaharuan Pemikiran (1970- 1994)  Fase Reformasi (1995-1999)  Fase Tantangan II (2000-sekarang)
  • 8. Bagaimana Karakteristik Gerakan HMI….??? Karakteristik khas pola gerakan HMI sejak awal berdirinya adalah tidak memisahkan gerakan politik dengan gerakan keagamaan. Berpolitik bagi HMI adalah suatu keharusan, sebab untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan HMI haruslah dilakukan secara politis. Hal ini dikuatkan pula oleh pendiri HMI, Lafran Pane, bahwa bidang politik tidak akan mungkin dipisahkan dari HMI, sebab itu sudah merupakan watak asli HMI sejak lahir. Namun hal itu bukan berarti HMI menjadi organisasi politik, sebab HMI lahir sebagai organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan (ormas), yang mennjadikan nilai-nilai Islam sebagai landasan teologisnya, kampus sebagai wahana aktivitasnya, mahasiswa Islam sebagai anggotanya. Background kampus dan idealisme mahasiswa merupakan faktor penyebab HMI senantiasa berpartisipasi aktif dalam merespon problematika yang dihadapi umat dan bangsa, jadi wajar jika HMI tetap memainkan peran politiknya dalam kancah bangsa ini. Selain itu, argumentasi lain dikemukakan oleh Rusli Karim dalam tulisannya; “Walaupun HMI bukan organisasi politik, tetapi ia peka dengan permasalahan politik. Bahkan kadang-kadang karena keterlibatannya yang sangat tinggi dalam aktivitas politik ia dituduh sebagai kelompok penekan (pressure group)”.
  • 9. Sekian dan Terimakasih “Jangan Ragu Bergerak Untuk Perubahan” Yakin Usaha Sampai